Mengintip Negeri Atas Awan dari Bukit Scotter

oleh Ella Fitria
Bukit Scotter @bajalananblog

Banguuun! Banguuun! Udah subuh nih. Suara itu memekikan telingaku, sepontan aku membuka mata dengan paksa. Ah sialnya, lampu kamar sudah menyala membuat kepalaku pening. Maklum aku nggak biasa tidur dengan lampu terang, apalagi pas melek mata langsung kena cahaya, silau…. Sesilau lihat pacar jalan bareng orang *tendang pintu*

Tanganku segera meraih hp di ujung meja samping tempat tidur, dengan mata sedikit terpejam aku memencet layar hp, terlihat pukul empat pagi. Udara Dieng yang sangat dingin membuat tubuh sedikit kaku, tubuhku enggan digerakkan, tapi mau nggak mau harus segera beranjak dari tempat tidur. Aku mengumpulkan tenaga untuk menyingkirkan selimut, mengambil air wudlu, shalat subuh dan prepare tracking ke bukit Scotter. Bukit ini teretak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di sebelah utara obyek wisata kompleks Candi Arjuna. Bukit Scotter ini berada di ketinggian kurang lebih 2.200 mdpl.

Tiket masuk bukit Scotter hanya lima ribu rupiah, kita bisa menikmati Dieng dengan spot terbaik dari atas bukit. Pukul 05.20 kita mulai tracking menuju bukit Scotter, sekitar 30 menit melakukan tracking aku tiba di bukit. Kalau kalian jalannya cepet, bisa cuma 15 menitan sampai bukit loh. Soalnya aku banyak berhentinya, sebentar-bentar berhenti ‘ckrek‘, sebentar-bentar berhenti balik badan dan nengok ke belakang. Nggak papa nengok ke belakang, lha wong pemandangannya bagus banget, asal nggak nengok ke belakang cuma buat melihat ‘masa lalu’ terus-terusan ya, hahaha

Masih setengah jalan, pemandangannya udah seindah ini @RoisArdian

Medan yang dilalui juga aman kok, nggak susah, nggak nanjak banget, cuma becek sedikit doang. Bukit Scotter ini bisa dibilang cocok untuk piknik keluarga. Kenapa? Karena medannya mudah dilalui, ada gazebonya juga, dan pemandangannya bisa untuk memperkaya pengetahuan anak. Jadi kapan kita berkeluarga lalu ajak anak kita piknik kesana? Hahaha

Yeay akhirnya kita sampai di bukit Scotter. Kebayang kan indahnya? Indahnya tuh melebihi kenyataan mantan minta balikan. Dududududu

Muka-muka belum mandi dan sarapan. Kita sampai di bukit Scotter Dieng @bajalananblog
Terlihat semburan asap dari kawah di belakang kita @RoisArdian
Di bukit Scotter kita nggak kebagian menikmati sunrise sesuai rencana. Ya gimana dong, kita aja naiknya kesiangan. Yah walaupun kita nggak bisa melihat matahari nongol, kita nggak kecewa kok karena view dari bukit Scotter ini indah banget. Serius nggak bohong. Dari atas sini kita bisa melihat hamparan pertanian kubis, kentang, kacang, lalu nampak pemandangan gunung yang berdiri dengan kokohnya seperti Gunung Sindoro dan Gunung Prau, juga ada telaga, kawah dan candi Arjuna terlihat dari atas sini. Pemandangan ini yang membuat Dataran Tinggi Dieng dikenal dengan “Negeri Atas Awan”. Pokoknya dari sini kelihatan semua deh, yang nggak bisa kelihatan disini itu “j-o-d-o-h” Wkwkwk

Bukit Scotter @bajalananblog

Setelah puas mengambil foto, kita turun bukit lalu menuju penginapan D’Qiano untuk mandi dan sarapan. Buat kamu yang mau tracking bukit Scotter jangan lupa sarapan dulu, kalau kiranya masih terlalu pagi untuk sarapan, usahakan bawa bekal ya. Jangan lupa sampahnya dibawa pulang, sayangi alam juga dong, jangan cuma sayang sama gebetan orang *emm

Liburan di Dieng nggak bakal selesai untuk dijelajah dalam waktu satu hari. Ada banyak keindahan yang mesti kamu nikmati jika berkunjung ke negeri atas awan ini. Selain bukit Scotter, kalian bisa mampir ke kawasan Candi Arjuna, Telaga Merdada, dan Waterpark tertinggi di Indonesia

“Tulisan ini merupakan rangkaian kegiatan Famtrip Blogger dan Media diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banjanegara”

Ella Fitria

You may also like

Beri Komentar