Sensasi Rafting Di Sungai Progo Magelang

oleh Ella Fitria
Rafting Sungai Progo, Magelang
Kali ini aku mau menjajal rafting di Sungai Progo, Magelang, Jawa Tengah. Kalian tahu Jawa Tengah kan, tahu? Itu lho provinsi yang memiliki tagline JATENG GAYENG yang menjadi identitas Pemerintah Jawa Tengah dalam rangka memasarkan dan mempromosikan berbagai potensi serta produk di wilayah Jawa Tengah. Nggak hanya itu, slogan dan logo ini menjadi pemersatu masyarakat Jawa Tengah agar makin mencintai Provinsi Jawa Tengah dan bersama-sama membangun Jawa Tengah menjadi lebih maju.
Tahun 2015 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara resmi meluncurkan Logo dan Tagline Branding Jawa Tengah dengan JATENG GAYENG, setelah hampir tiga tahun tagline itu diupgrade menjadi GAYENG REBORN. Jadi nggak cuma hati dan otak yang butuh diperbaharui, tagline pun perlu supaya melahirkan dan menjadikan sesuatu baru lahir kembali.

Pagi itu, dering telpon terdengar samar. Aku memaksa membuka mata perlahan, ku raih handphone yang tak jauh dari tempat tidur. Dari kejauhan terdengar suara B Rois berusaha membangunkanku, yakali baru tidur beberapa jam doang udah siang. Hmmm, dibangunin jam 6, melek jam setengah 8, padahal rafting dimulai jam 8. Ehehehe belum mandi dan belum sarapan. Oh tenang aja, mandinya kita skip, ye kan mau basah-basahan juga. *alasaaan kan kan 😹

Setelah cuci muka, gincuan dan nggak lupa semprot minyak wangi. Kami sarapan dulu dong, biar tenaganya makin kuat untuk mengarungi bahtera rumah tangga, eh bahtera sungai Progo ding.😅 Pertama banget rafting di rute Progo atas dengan grade III sepanjang 9 km. Dulu zaman masih pacaran, pernah mau nyoba rafting di sungai Progo ini, belum juga kesampaian rafting bareng pacar eh udah putus duluan. Bisa apa aku?😭

Sebelum rafting tetep dong, wajib narsis!

Sebelum terjun bebas ke Sungai Progo, kami dibekali arahan oleh riverguide, mulai dari bagaimana memegang dayung, sampai bagaimana melindungi diri jika perahu terbalik. Sementara di belakang kami, gemuruh aliran sungai Progo seakan melambai lembut mengajak kami untuk segera turun. Sedang kami masih sibuk memakai helm dan life jacket, tetap dong safety first! Sakjane aku khawatir kalau kaki kram kaya waktu tubing, ya gimana baru bangun tidur banget nih udah mau rafting aja. Meskipun melakukan warm up bareng riverguide sih.

Tim Rafting Penuh Kasih Sayang Sungai Progo

Selanjutnya kami membentuk kelompok, idealnya dalam satu perahu karet diisi oleh 4-6 orang, nah aku bareng Mas Aji (ebret), Mas Yasir, BB Idah, dan Mbak Yani. Formasi depan diisi oleh Mas Aji dan Mas Yasir, di tengah ada aku dan BB Idah, lalu mbak Yani menempati posisi belakang, eh belakangnya lagi ada mas Suket ding sebagai riverguide.

Kami menempati perahu sesuai formasi, aliran sungai Progo atas masih cukup tenang, ye meski tenang tetap harus dayung dong ya, kan kompak *padahal ku pura-pura dayung doang, hahaha
Tenang aja, ada Mas Aji dan Mas Yasir, meski mulut mereka julid banget tapi tenaga mereka bisa kami andalkan kok.

Baru beberapa meter perahu kami melaju, tiba-tiba perahu Om Capik melempari kami dengan plastik yang berisi air, “pyar” pecah dong ya kami basah kuyup. Pertanda perang dunia ke II siap dimulai, padahal kami tuh anak baik-baik, nggak pernah nakal apalagi balas dendam. *percaya kan? Hahaha

Salah satu jeram di Sungai Progo

Tiupan angin di sungai Progo seloah menghipnotis kami, tenang, damai, sejuk, berasa hanya ada satu perahu karet di aliran sungai Progo, padahal kami rafting bareng teman-teman GenPI se-Jateng dan IMMJ (Ikatan Mas Mbak Jawa Tengah). Kalian bisa bayangin nggak kalau Mas Mbak Jateng rafting bareng kami? Gilee, bertolak belakang banget 3.600.000 derajat dengan kami. Ya gimana, kalau kami ketemu jeram, mulut udah kaya pakai toa teriak kencang banget, belum kalau lagi becanda trus ngakak. Lha kalau Mas Mbak Jateng tuh dinakalin tetap senyum, dicipratin air senyum, perahu karetnya ditabrak senyum, diteriakin senyum, sampai perahu terbalik masih tetap senyum. Allahu, anggun gila nggak sih, udah gitu duduknya juga beraturan, nggak kaya kita petatak petetek senyamannya 🙊
Eh udah jangan bahas IMMJ terus, ndak aku pengin daftar jadi Mbak Jateng. *belum daftar udah pasti langsung ditolak😅

Jeram di Sungai Progo Atas cocok banget bagi pemula yang ngebet rafting, jeramnya cukup aman nggak begitu ekstrim, apalagi karena kami melakukan rafting saat musim kemarau jadi jeramnya santai, beberapa kali perahu kami malah tersangkut batu, aliran sungainya juga cukup tenang kok. Enak lha buat rafting sama pacar orang *lha kok 😂

Detik-detik perahu karet tersangkut, Sungai Progo

Meski perahu karet sempat tersangkut batu, tapi alhamdulillah perahu kami nggak terbalik dong. Tapi kurang afdol aja sih kalau udah di air nggak terjun bebes sekalian, meskipun nggak jago renang. Ehehehe
Sialnya saat udah nyemplung dan pengin naik ke perahu karet, aku nggak bisa, padahal udah berusaha pegangan tali pun. Trus mas Suket nanya “mbak, mau dinaikin?” sepontan ku jawab dong “maaaauuu Mas! Cepetan naikin! ” lha semua pada ngakak, cie ella mau dinaikin sama mas Suket, cie.. Kampreettt!!! Naik ke atas perahu karet woiii, emang tuh otak mereka mesti di kasih bayclin biar bersih.

Hampir satu jam kami mengarungi sungai Progo, capek? Lumayan, karena semalam cuma bobok sebentar. Alhasil kami menepi bareng perahu yang lain, sebenarnya bukan mau istirahat, tapi cuma mau foto doang. Ahehehe, apalah piknik tanpa konten, ya kan.🙊

Mode on semua uy, rafting sungai Progo
Nggak ada capeknya, rafting sungai Progo
Kami melanjutkan menyusuri sungai Progo dengan raut bahagia, dibeberapa titik terlihat aktivitas orang yang sedang memancing, ku kira nggak ada ikannya lha jebul kata mas Suket ada banyak ikan di sungai Progo Atas, tau gitu sih bawa jaring. *eh

Nggak terasa kami sampai finsih dengan urutan ke dua, mayan lah. Teriak-teriak kita selama dua jam nggak percuma. Oke sip, satu persatu kami turun dari perahu karet yang sudah menepi. Dilanjutkan jalan kaki menuju angkutan yang sudah siap membawa kami kembali ke start. Sebelum naik mobil jemputan, kami disuguhi kelapa muda dan getuk lho. Duuuh, lemesnya langsung ilang nih. Tinggal ganti beser, pengin pipis terooos kalau minum kelapa muda. 😹

Merasa keren finish ke dua, rafting sungai Progo
Buat kalian yang sedang berada di Magelang, wajib menjajal rafting Sungai Progo Atas biar merasakan sensasi liburan di Magelang, karena Magelang nggak cuma Candi doang. Cukup membayar 200K, kalian bisa menaklukan aliran sungai Progo Atas sepanjang 9 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Alamat basecamp Rafting Progo Atas berada di Hotel Puri Asri Magelang, Jl. Cempaka No. 9, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Btw, sekarang udah mulai masuk musim hujan lho, kamu nggak pengin ngajakin aku mengarungi hatimu gitu? Eh mengarungi sungai Progo maksudnya. Kesel sih, demen kamu tapi kamu demen yang lain. *TAMAT*😹