Grand Maerakaca : Taman Rekreasi Dan Edukasi

oleh Ella Fitria
Grand Maerakaca Semarang

Yang sebentar lagi libur panjang, mana suaranya? Duh libur lebaran ditambah libur semester genap bikin planning liburan makin terrencanakan. Gimana nggak, libur sehari aja bisa piknik ke Semarang, apalagi libur panjang yang hampir satu bulan?

Kamu tipe tim piknik mendadak atau tim piknik yang kudu nyiapin itinerary? Kalau aku sih hayuk aja. Malah lebih seru piknik mendadak, bisa menemukan hal-hal yang bikin deg-degan. Kaya kemarin tuh, posisi jam 10 pagi aku masih di kantor, tiba-tiba ada chat masuk “besok tanggal merah, lho. Kamu nggak pengin main ke Semarang? Tiket kereta api juga masih banyak yang tersedia”. Yawes gas dong, sepulang dari kantor buru-buru mengepak baju, terus cabut ke stasiun. Selama perjalanan ke stasiun ‘senam jantung’ mulu, ya gimana. 30 menit lagi kereta jalan, aku masih di perjalanan. Dan masih jauh! Alhamdulillah boarding sambil lari-lari. Akhirnya bisa bernapas lega setelah duduk di dalam gerbong kereta. Fufufu!!!

Sesampainya di stasiun Semarangponcol barulah kami menentukan mau dibawa kemana hubungan kita? Eh lah malah nyanyi. Nggak, nggak. Maksudnya kami menentukan destinasi pertama ke Grand Maerakaca.

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca Anjungan Jepara

Menurut laman wikipedia Grand Maerakaca adalah salah satu bagian taman dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Di kawasan ini terdapat rumah adat yang disebut dengan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Yosh, keliling Jawa Tengah bisa dalam waktu satu hari dong. Uniknya di dalam rumah adat masing-masing kota dan kabupaten terdapat hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh masing–masing daerah. Ella diajakin ke sini ya kawus nggak mau diajak pulang, panas-panasan, keringetan, masih semangat banget keliling Grand Maerakaca. Sempet ndawet juga di dekat anjungan Kabupaten Banjarnegara dong.

Di dalam anjungan Kabupaten Banjarnegara terdapat berbagai macam kerajinan tangan dan gerabah yang terbuat dari keramik Klampok, pelepah pisang kering, maupun bambu. Seneng aja masuk ke anjungan Kabupaten sendiri, berasa ada kebanggan melihat display produk unggulan Banjarnegara. Yang paling bikin bahagia itu ketika nemu miniatur Candi Cetho, duh langsung senyum-senyum sendiri masa, apalagi pas ketemu miniatur gapura Kabupaten Kudus dan Demak. Auto pose tanpa disuruh, padahal ngakunya kalem. Pret!

Salah satu handycraft di Anjungan Banjarnegara

Kami juga sempat shalat dzuhur di miniatur masjid Agung Demak, lho kok miniatur bisa digunakan untuk shalat? Yakali miniaturnya gede kok, nggak mini. Tapi ya memang nggak segede masjid aslinya. Miniatur masjid Agung Demaknya lebih mirip mushala.

Lokasi Grand Maerakaca

Miniatur Candi di Grand Maerakaca

Grand Maerakaca terletak di Jalan Yos Sudarso Semarang, sekitar 5 Km dari Tugu Muda. Tinggal buka maps aja gengs, lokasinya mudah di cari kok. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Kalau mau minta temenin aku ke sana juga hayuk, masih belum puas muter di anjungan provinsi Jawa Tengah. Masih pengin foto sok candidi lagi, wkwkwk


Fasilitas Grand Maerakaca

Selain rumah adat dan miniatur objek wisata Jawa Tengah, di Grand Maerakaca juga terdapat taman rekreasi air seperti sepeda air dan perahu, ada pula hutan mangrove. Duh lah lengkap banget ini tempat, cukup membayar tiket masuk Rp. 10 Ribu/orang udah bisa puas keliling Jawa Tengah dan ngadem di hutan Mangrove Grand Maerakaca. Senengnya lagi banyak tempat sampah yang tersebar dibeberapa titik, jadi nggak perlu masukin sampah ke ransel. Mushala juga oke, toilet juga oke.

Hutan Mangrove Grand Maerakaca

Hanya saja menurutku tempat parkirnya yang masih semrawut, ada motor yang bisa masuk ke area pintu masuk Grand Maerakaca. Kalau aku bilang sih Grand Maerakaca ini cocok banget buat wisata keluarga, bisa menambah pengetahuan dan wawasan lebih dalam mengenai Provinsi Jawa Tengah. Kalau kamu nggak suka panas, takut kulit gosong, tapi pengin main ke Grand Maerakaca jangan lupa pakai sunblock! Bawa payung sekalian juga boleh, kalau aku sih nggak perlu bawa payung, udah adem tuh di deket kamu. eak!

Booking Tiket Kereta Api Melalui Pegipegi

Nggak kebayang kalau pesan tiket harus antri di loket stasiun, untung aja kemarin pesan tiket kereta api lewat Pegipegi, meski udah ‘senam jantung’ tapi akhirnya nggak jadi ketinggalan kereta dong. Booking tiket kereta api secara online emang banyak keuntungannya. Selain menghemat waktu, di Pegipegi juga banyak diskonnya, dasar pengabdi diskon! Dan yang paling memudahkan pesan tiket di aplikasi Pegipegi kita bisa memfilter berdasarkan kisaran harga, kelas kereta api, waktu berangkat, waktu tiba, dan memilih kereta Api. Nanti setelah diterapkan, barulah muncul kereta api sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, pilihan metode pembayarannya juga banyak, bisa transfer via bank, transfer via ATM, Virtual Account, kartu Kredit, Internet Banking, dan bisa membayar melalui Minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

Emang sih kereta api itu trasnportasi ter-nyaman, ter-enak, ter-menyenangkan, dan ter-membahagiakan. Apalagi kalau dapat tempat duduk dekat jendela, bisa buat nyender dong mblo. Ha ha ha
Btw, kemarin ada yang ketagihan naik kereta lho, cieee cieee. Jadi, udah siap libur panjang naik kereta api lagi belum?

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Bara Anggara
1 Mei 2019 10:16

kalau aku tergantung, jalan sebentar bisa langsung go show.. jalan sebulan lebih kaya jelajah sulawesi dan indonesia bulan januari kemarin tu persiapan dan gonta ganti itinerary tu ngabisin waktu berbulan2..

-Traveler Paruh Waktu

Kang Nata
2 Mei 2019 04:47

Wah…ceria banget nich menyambut liburan panjang, sumringah senyumnya, hahaha…..

ingat blog ini, saya jadi ingat blog Mas Himawan Sant, soalnya ia suka berpoto -poto di depan objek wisata, lagi pula ia blogger traveling juga. 🙂

HEri Heryanto
2 Mei 2019 04:47

wisata murah meriah ini…
bener banget [ernah kesana kalau siang matahari sangat menyengat. MAklum deket pantai. JAdi wajib pake sunblock, atau minimal pake lotion

Nasirullah Sitam
2 Mei 2019 06:54

Kalau daerah Maerakaca enaknya nginap di sekitaran kota lama. Jadi pas mau ke lokasi tidak terlalu jauh.

t h y a
2 Mei 2019 06:54

kalau aku tim nyiapin ittenary kayaknya.. hehe, eh tapi tergantung, kalo pergi nya deket mah dadakan hayuk aja.. 😀

zunif
2 Mei 2019 16:55

baru tahu nih kak ternyata dalemannya maerokoco bagus juga ya, sering lewat padahal dulu hehehe 😀
jadi pengen juga nih kapan2 buat main ke maerokoco, tapi bingung mau kesana sama siapa 😀

Hanna Ridha
3 Mei 2019 06:24

Saya bisa masuk tim mana aja sih, dadakan ayo, nyiapin itinerary ayo. Asal jelas aja hehe.
Akhir tahun kemarin sempet main ke semarang, tapi belum sempet juga main ke grand maerakaca ini.

Zalfaa Azalia
3 Mei 2019 12:31

hmm, cung.. termasuk tipe yang hayuk atuh mau diajak kemana oke oke aja haha
belum pernah ke grand maerakaca ni, sepertinya tempat yg asyik yaa buat menghabiskan waktu dan berekreasi

Wisnu Tri
4 Mei 2019 09:28

Harga tiket masuk Maerakaca'ne sendiri, berapa, La? Aku dadi pengen keliling Jawa Tengah dalam sehari iki XD

Michael "Dije" David
4 Mei 2019 17:35

Pengen naek kereta lagi saya. Enak emang kalo naik kereta itu. Terakhir naik kereta pas ada retreat sekolah ke desa :D.

Yoga Akbar S.
11 Mei 2019 00:11

Tim terencana bisa, dadakan bisa. Kalo dadakan yang penting tuh berangkat sendirian atau temen seperjalanannya asyik. Kadang ada orang-orang yang ngedumel dan nyesel gitu selama di perjalanan. Mungkin enggak sesuai ekspektasi mereka. Padahal spontanitas ada keseruan tersendiri.

Miniatur segede musala. Oke.

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:22

nah ini, kl mau jalan jauh dan lama sih mesti siapin intinerary yg matang, Mas..

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:23

ya dong, Kang. Apalagi lagi bulan puasa gini, kudu tetep sumringah.. eh iya Mas Him yg postingannya selalu bkin ngiler, abisnya dia nulis candi trus, dan diriku suka banget sm candi

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:24

yups, Mas.. Puanas banget memang, keringetan tp bodo amat, takjub bgt sm anjungan2nya

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:25

yap, kmrin aku nginep di sekitar simpanglima sih, Mas

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:27

yap kak Thya, tergantung kemana mainnya. hhh
kl perjalanan bisa dijangkau dalam waktu 5 jam masih hayuk dadakan

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:27

yap mas, bagus kok.. anjungan tiap kabupaten unik2
pacarnya diajak dong ya, hhh

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:33

anjungan yg dulu terbakr masih dibiarkan, Mas. Malah kmarin aku liat lg buat foto2 anak2 hits. hhh
foto dong di anjungan Banyumas. buat koleksi pribadi, wkwk

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:35

tos dulu sini mbak Hana.. tahun ini main Semarang lagi yuk

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:36

yap bener, sama berarti. Asal perginya nggak berminggu2 tanpa itinerary mah hayuk aja