Spektakuler, Semarang Night Carnival 2019!

Table of Contents

Semarang Night Carnival 2019

Bersyukur banget nggak sih bisa menyaksikan Pawai Budaya Nusantara dari seluruh daerah di Indonesia? Bahkan bukan hanya dari Indonesia, tetapi dari beberapa negara tetangga juga ikut memeriahkan event bertaraf internasional ini. Yap, kemarin tanggal 3 Juli 2019 telah digelar event tahunan Semarang Night Carnival 2019 dengan Tema Pelangi Nusantara. Empat kostum utama yang dipamerkan di event ini adalah Wayang Jawa, Minang Sumatera, Enggang Kalimantan dan Papua.

Apalah aku anak desa yang lihat karnaval Agustusan tingkat Desa aja udah riang gembira, apalagi menyaksikan Pawai Budaya Nusantara macam gini. Gila sih, spektakuler buanget saat ribuan peserta mulai memamerkan kekayaan budaya dan kesenian dari daerah masing-masing. Ya gimana, delegasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) membawa pasukan dari daerahnya untuk ikut serta dalam Pawai Budaya Nusantara.

Berasa diajak keliling Indonesia woiiii, bisa menyaksikan kesenian dan kebudayaan dari tiap daerah di Indonesia. Setiap perwakilan daerah dengan bangga dan totalitas memamerkan potensi daerah masing-masing, bahkan saat pawai berlangsung ada beberapa daerah yang membagi-bagikan makanan khas dan souvenir dari daerah mereka. Aku dapat syal Arema saat kontingen Malang melempar syal-syal ke penonton dong. Ada juga yang mendapatkan pouch dari Lampung, buah apel dari Batu Malang, pempek dari Palembang, dll.
Semarang Night Carnival 2019
Semarang Night Carnival 2019

Seriusan, semua perwakilan tiap daerah menyita perhatianku sampai lupa rasanya berdesakkan mengambil gambar. Apalagi saat perwakilan dari Singkawang memamerkan atraksi Tatung. Ya gustiiii, auto njerit saat melihat besi runcing ditusukkan ke pipi kanan hingga tembus ke pipi kiri. Ngeri banget, takut! Nggak berani lihat, tapi pengin lihat, ya gimana dong!

Makin seru saat beberapa daerah menampilkan tarian dengan kostum ciri khas daerahnya, bahkan ada yang mengenakan kostum rumah Padang dong. Nggak kebayang berat kostumnya berapa kilo, tapi mbak-mbak modelnya masih tetap senyum anggun. Nggak cuma mbak dan mas yang menjadi model Pawai Budaya Nusantara sih, tapi beberapa anak kecil juga ada yang menjadi peserta. Mereka pakai kostum-kostum yang beratnya kayak kangen kamu tapi nggak bisa ketemu. Halah!
Ada narasi yang dibacakan mengenai sejarah, prestasi, dan kekayaan daerah saat peserta kontingen sedang menunjukan kebolehannya di depan Balaikota Semarang. Sampai sekarang aku tuh masih terngiang-ngiang pas mendengar narasi dari Kota Ambon Manise. Pengin ke Ambooon. Huhuhu
Semarang Night Carnival 2019
Semarang Night Carnival 2019
Semarang Night Carnival 2019
Rute Pawai Budaya Nusantara ini dari Jl. Bonjol, Jl. Pierre Tendean, dan berakhir di Jl. Pemuda depan Balaikota Semarang. Oya, di tribun belakang kami ada sekitar 90n Walikota di seluruh Indonesia, ada juga tamu undangan dari beberapa negara. Aku bareng teman-teman blogger dari berbagai kota memilih stay di jalan depan Balaikota biar agak leluasa mengambil gambar, meski tetap aja berdesakan karena saking banyaknya media yang meliput. Ya daripada duduk bareng Walikota nanti nggak bisa petakilan dan mengambil gambar dong. Akakakkaak
Pokoknya tahun depan kudu nonton Semarang Night Carnival lagiiiii. Nggak mau melewatkan event berkelas gini ya ampun. Terima kasih Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS) serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Tahun depan ajakin aku lagi, ya! Hahaha

Ella Fitria

Yuk Baca Lainnya!

Latest Posts

Part of Community

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Delonix Vanesta
8 Juli 2019 00:57

Mantap jiwa, pengen ikut

lenny
8 Juli 2019 02:36

Bagus yahhh moga tahun berikutnya makin seru, tertib dan makin terdengar gaungnya 🙂

Azka Kamil
8 Juli 2019 03:48

aku sering banget nie tugas kantor ke semarang, ke PLTU tambak lorok dan pandean lamper.. keren kotanya

Nasirullah Sitam
8 Juli 2019 04:20

Kemarin sih niatnya mau meliput ini. Apa daya kesibukan luar biasa. Jadi cukup memantau di lini masa saja.

mawardi
8 Juli 2019 09:47

Carnaval budaya pengundang wisatawan

Mechta
8 Juli 2019 09:47

Keren bangeeet.. sayangnya hari kerja jadi aku ga bisa lihat..huhuhu… TFS ya La..

ratutips.com
8 Juli 2019 19:22

Wah keren abiz ini acaranya yaa.. btw tar kalau diajak tahun depan ajak2 juga aku yaa.. hihi salfok sama kameranya nih pake kamera apa? keren abiz fotonyaaaa

Muyassaroh
9 Juli 2019 06:40

Keren banget, Mbak event kayak gini..mau juga dong diajakin..kwkwk

Sabda Awal
9 Juli 2019 06:40

wahh pengen juga berada di tekapeh saat ada pawai level internasional begini, banyak momen yang bisa diabadikan, dan jadi banyak tau, kalau indonesia ituu kaya

Riza Alhusna
9 Juli 2019 06:40

Lu mah tau aja ya mbak ada tontonan gini. Lah gw, ngendon aja di rumah, wkwkwk

Djangkaru Bumi
9 Juli 2019 08:06

Wah meriah sekali ya, ambon saya ingin kesana. Atraksi singkawang bikin serem.

Matius Teguh Nugroho
10 Juli 2019 06:06

Seru banget pake acara lempar-lempar suvenir. Siapa tau terus cepet kawin yekan (elah gie, dikate dapet bucket bunga)

Kostumnya bagus-bagus, nggak kalah dari JFC. Padahal aku belom pernah nonton JFC juga.

Bang Day
11 Juli 2019 08:29

Meskipun namanya Semarang tapi menampilkan juga kekhasan dari daerah lain yah. Inovasi yang bagus dari penyelenggara

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:45

Aakk iya Mbak.. Moga tahun depan bisa ambil gambar tanpa berdesakan. Wkwk

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:46

Wah iya.. Meski kl siang macet dan cuacanya puanas bgt.. Maklum aku anak gunung. Wkwk

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:46

Emmm iya iya. Sibuuuk. Sibuuuuk

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:46

Eh bagus juga jd headline. Wkwkwk

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:47

Ah iya mbak. Kebetulan bgt aku pas libur kerja.. Wkwkwk

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:50

Wkwkwk. Haayuk tahun depan kita gruduk Semarang. Pke Sony A5100 mbak. Lensa 50mm

Ella Fitria
11 Juli 2019 23:51

Tahun depan yukk.. Ke sana, kapan lg coba bisa nonton seru2an pawai budaya nusantara gini. Hhh