Jelajahi Aceh, Saksikan Ritual Aceh Seumuleung Unik ini

oleh Ella Fitria
Seumuleung
Seumuleung (Sumber: e-newsbagus.blogspot.com)

Ditempat kamu masih sering ada ritual adat nggak, sih? Kalau di tempatku masih ada, cuma udah jarang. Memang nggak sedikit ritual daerah yang udah mulai luntur seiring dengan perkembangan zaman di era teknologi yang tak terbendung ini. Eh tapi jangan salah, ternyata masih banyak wilayah yang melakukan ritual adat secara kontinu, termasuk Daerah Istimewa Aceh.

Ritual adat ini merupakan salah satu khasanah budaya nusantara yang terasa unik di zaman now. Tentu upacara semacam ini perlu diapresiasi sebagai cara untuk mendekatkan diri pada adiluhung warisan leluhur. Ritual ini sekaligus menjadi daya tarik wisatawan baik bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya maupun turis mancanegara. Nah, berikut ritual adat yang sering ditunggu-tunggu oleh masyarakat lokal dan sayang banget kalau dilewatkan saat kamu sedang berlibur di Aceh.

Seumuleung, Ritual Memuliakan Keluarga Raja di Aceh Jaya

Seumuleung atau yang bermakna memuliakan raja, atraksi budaya ini merupakan ritual adat yang dilakukan saat lebaran Idul Adha tiba. Atraksi budaya ini pun udah berlangsung turun temurun dan biasanya dihadiri oleh para raja dari berbagai wilayah Aceh. 

Untuk tahun 2019 ini, deretan para raja dari Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Trumon, Singkil, Pase Pidie, Aceh Selatan, Linge Takengon, dan Meulaboh, memenuhi undangan dari Teuku Saifullah, Raja Aceh Daya. Selain itu, acara ritual adat ini juga dihadiri oleh pejabat kabupaten setempat mulai dari bupati, ketua DPRK, serta unsur SKPK. 

Semuanya berkumpul dengan tujuan memuliakan raja dari Daya sebagai generasi penerus dari Sulthan ‘Alaiddin Ri’ayat Syah atau yang dikenal dengan nama Po Teumeureuhom Day. Jasad sang sulthan ini berada di puncak bukit Gle Jong, Kecamatan Jaya (Lamno), Kabupaten Aceh Jaya. Doa dan lantunan zikir pun terdengar di langit Lamno. Ugh, khidmat banget nggak sih? 

Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Pantai Lamno
Pantai Lamno (Sumber: youtube.com)

Ratuasan ribu warga dari Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Kota Banda Aceh pun berkumpul di pinggir pantai Lamno, tempat prosesi ini dilaksanakan. Sayangnya ritual adat yang unik dan menarik wisatawan ini masih kurang mendapat perhatian khalayak.

Para pengunjung menaiki anak tangga ke puncak bukit. Di puncak bukit ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan panorama lautan dan bukit hijau Lamno. Tak hanya melulu panorama cantik, warga Lamno, Kabupaten Aceh Jaya dikenal sebagai keturunan Bangsa Portugis, sehingga secara kasat mata terlihat melalui fisik mereka yang rupawan dan bermata biru.

Nah, itulah sebuah ritual adat yang bisa kamu saksikan kalau kebetulan mengunjungi Aceh saat hari ke-3 setelah Hari Raya Idul Adha. Khusus buat kamu yang tinggal jauh dari Aceh dan ingin datang menyaksikan acara ini, kamu bisa memesan tiket pesawat online ke Aceh melalui website Airy atau aplikasi Airy. Promonya bikin ngebet keliling daerah. Huhuhu

Selain penginapan, Airy juga menyediakan tiket pesawat murah lho, jadi kamu bisa terbang ke Aceh dengan lebih hemat. Di website Airy atau aplikasi yang bisa diunduh di Android dan iOS ini, kamu bisa menemukan berbagai pilihan maskapai penerbangan untuk mengunjungi berbagai kota di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah maskapai Citilink, Tiket Citilink ini bisa kamu pesan dengan harga terjangkau. *apalagi kalau pas tanggal mudaaaa, terasa makin terjangkau karena gajian tiba😅

Metode pembayarannya pun sangat mudah dan praktis, kamu bisa membayar melalui kartu kredit, bank transfer, serta tunai di gerai Indomaret terdekat. Udah harganya murah, pembayarannya mudah, disediakan layanan refund dan reschedule tiket pesawat pula. Kurang apa coba? Eh ada satu lagi, transaksi di Airy juga bebas dari unsur penipuan lho. Nah kan aman banget, nggak akan kena tipu-tipu, cukup kena tipu gebetan aja. Kalau urusan cicis mah jangan. Wkwkwk

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Mechta
23 Agustus 2019 11:20

Laaa..yuk kpn kita ke Aceh bareng?? Hehe.. BTW, Airy pancen oye La..aku tuh sering pakai juga..

Aris Armunanto
23 Agustus 2019 12:21

Aceh jauh sekali mbak, nggak ngebayangin main kesana,..tapi dulu pernah singgah di hati, seseorang keturunan Aceh hehehe

Aorlin
23 Agustus 2019 13:07

salam dari aceh kak! 🙂

Sahabat Gratisan
23 Agustus 2019 19:04

Setu pasti ya kaka

Nasirullah Sitam
24 Agustus 2019 03:16

ndang dolan neng Aceh, ben stok tulisane wakeh..

Maman Achman
24 Agustus 2019 04:30

Aceh adalah salah satu wilayah impian saya untuk dikunjungi, entah kapan bisa terwujud, semoga bukan hanya sekedar angan-angan 🙂

Asep Rohimat
24 Agustus 2019 21:51

Salam untuk Aceh dari Garut ya.

idWarta
26 Agustus 2019 05:08

dari dulu kepingin sekali ke negeri serambi mekah, kapan ya bisa kesampaian..

Ursula Meta Rosarini
26 Agustus 2019 05:08

Wahhh seru banget mbak, aku suka liat acara adat kaya gitu, karna skrg udh banyak yg mulai pudar / ditinggalkan. Duh kapan ya aku bisa sampe aceh

Ikrom Zain
26 Agustus 2019 10:27

aceh itu heritage dan alamnya keren banget
apalagi pernah jadi kerajaan lama upacaranya bener2 kekayaan budaya bangsa

Djangkaru Bumi
26 Agustus 2019 22:57

Ritual atau adat yang unik sekali ya
Ditempat saya ritual hampir sudah tidak ada.
Jadi sepi.