Djuragan Maryam : Cafe Kekinian di Banjarnegara

oleh - Januari 09, 2020

You are my sunshine, my only sunshine
You make me happy when skies are gray
You'll never know dear, how much I love you
Please don't take my sunshine away

Lagu andalan terdengar merdu di headset yang kukenakan. Motor yang ku kendarai melaju pelan,  pandanganku sesekali memperhatikan sisi kiri sembari mencari ruko Djuragan Maryam yang berada di depan SMP N 3 Banjarnegara. Baru kali ini aku berkunjung ke sini bersama teman-teman Kelas Blogging Banjarnegara. Ruko berwarna kuning bertuliskan Djuragan Maryam tepat di depanku, aku masih duduk santai di atas jok motor karena cafe ini masih tutup. Selang beberapa menit, datang mas-mas membuka pintu cafe.
Outdoor Djuragan Maryam
Aku bersama Ika dan Havid melangkahkan kaki masuk. Mas-mas tadi mempersilakan kami duduk dan naik ke lantai atas. Fyi, cafe ini memiliki dua lantai, lantai satu digunakan untuk dapur dan pembuatan roti Maryam, sedangkan lantai dua digunakan untuk menikmati hidangan menu Djuragan Maryam. Di lantai dua juga ada area outdoornya lho, cocok buat gebetanmu yang suka ngrokok. *lha memang punya gebetan? Ehehehe
Kelas Blogging Sesi 4
Kebetulan Kelas Blogging sesi 4 bertempat di Djuragan Maryam, tema kali ini adalah  membahas seputar mini SEO. Tapi di tulisan ini aku nggak akan bahas SEO, ya iyalah wong judulnya aja udah jelas. Jadi tuh kemarin belajar SEOnya dapat, konten reviewnya juga dapat. Aha dasar ya! Udah ah, yuk kita mulai kenalan aja sama Djuragan Maryam, karena katanya kalau nggak kenal maka nggak sayang. Eh tapi buat apa kenal kalau udah sayang lalu ditinggal. Uwwww

Kenapa Djuragan Maryam?

Kemarin Mbak Ella selaku owner Djuragan Maryam sempat berbagi cerita. Btw ini ada kesamaan nama ya, sama-sama Ella. Ya doakan aja, Mbak Ella yang satu udah jadi Djuragan Maryam, nah Mbak Ella yang ini semoga segera jadi Djuragan juga. Wes mbuh Djuragan apa bae lah. Aamiin doong, aamiinin!

Menurut Mbak Ella, penggunaan nama Djuragan menjadi harapan dan sebuah doa baik karena Djuragan mempunyai arti "orang yang memiliki usaha" atau kita biasa menyebut Djuragan sama dengan Bos. Trus kenapa Maryam? Ya karena menu andalannya Roti Maryam. Usaha Djuragan Maryam ini dimulai tahun 2017 lalu, bermula dari jualan saat Car Free Day di alun-alun Banjarnegara, hingga pindah ke ruko ini. 
Varian Rasa Roti Maryam
Roti Maryam ini diproduksi sendiri oleh rekanan yang ada di Banjarnegara lho, senang deh kalau mendengar banyak yang bersinergi gini. Roti Maryam juga tersedia dengan kemasan frozen yang masih mentah. Jadi bisa buat sarapan di rumah, atau buat nyemil pas hujan-hujan sambil bayangin gebetan. Wqwqwq
Oya, kata Mbak Ella penyajian Roti Maryam dengan kemasan frozen bisa langsung di panaskan atau dipanggang menggunakan teflon kok, jadi gampang banget. Varian rasa kemasan frozen ada original, keju, dan coklat.

Untuk menu andalan di cafe ini sudah pasti Roti Maryam. Wong nama cafenya aja Djuragan Maryam. Tetapi selain Roti Maryam juga ada Roti Bakar, Roti Jhon, kentang goreng, dll.

Varian Menu di Djuragan Maryam 

Roti Maryam Toping Saus
Roti Maryam Toping Greentea
Jujur aku nggak begitu suka mencoba makanan kekinian yang aneh-aneh. Ya kalian tahu kan, makananku cuma mbulet di soto, bakso, mie ayam, nasgor, sop, trus ciki-cikian yang berbau micin. Gitu aja terus, tapi pas nyoba Roti Maryam dengan toping Abon masih masuk sih, cuma menurutku rasa rotinya asiinnn, padahal aku demen asin tapi menurutku masih tetap keasinan. Roti Maryamnya nggak empuk tapi nggak keras juga, tipisnya pas. Btw, untuk toping Roti Maryam ada banyak banget, mulai dari greentea, oreo, keju, coklat susu, meses, nutella, dll.
Roti Bakar Djuragan Maryam
Nah untuk Roti Bakarnya juga lumayan enak, satu potong udah bikin perut kenyaaang banget. Isi dalamnya juga lumayan banyak, kemarin aku nyicip yang rasa coklat. Karena memang nggak suka rasa yang aneh-aneh. Lha memang ada rasa aneh? Adaaa. Dasar lidahnya nggak bisa upgrade dengan rasa kekinian ala milenial. Huhu

Untuk varian rasa Roti Bakar juga buanyak macamnya, pilihan topingnya sama kaya Roti Maryam.
Roti Bakar Rasa Coklat
Oya, kebetulan untuk Roti Jhon aku nggak nyicip karena memang nggak suka. Kata Havid dan Ika sih Roti Jhonnya enak. Empuk dan isiannya banyak. Memang ini Djuragan Maryam nggak pelit isian roti ya. Hihihi. Untuk varian Roti Jhon kalian bisa memilih mau extra daging atau extra mozzarella.
Roti Jhon Djuragan Maryam
Roti Jhon Djuragan Maryam
Selain roti-rotian di atas, ku juga mencoba menu Rice Bowl Ayam Saus Teriyaki. Nasinya banyaaak, ayamnya juga banyak. Cuma saus teriyakinya lebih kaya ke ayam yang dikasih bumbu tabur, jadi nggak yang saus encer kental gitu. Menurutku kurang banyak aja sausnya, rasanya ya lumayan lah. *daaan, kulupa nggak kufoto sebulum di makan. Ekekek

Sebenarnya banyak banget menu di Djuragan Maryam ini, tapi nggak mungkin kusebutin satu-satu ye kan? Yang jelas ada banyak cemilan kaya kentang goreng, jamur kripsi, dll. Untuk makan berat juga ada indomieeee. Uuugh! Menu minuman juga banyak pol, tinggal pilih aja mau yang mana.

Fasilitas Djuragan Maryam

Konsep cafe yang mengusung board game memang cocok dikunjungi bersama keluarga, pacar, teman, gebetan, bahkan mantan sekalipun. Di Djuragan Maryam nggak menyediakan wifi dengan tujuan pengunjung bisa lebih qtime. Uwwww.. Tapi kalau menurutku,  cafe nggak ada wifinya tuh tetap aja rasanya kurang, soalnya hambar banget tanpa internet uy. Ya meskipun tahu waktu dan batasan penggunaan gadget ketika sedang bertemu teman-teman. Soalnya, tempat duduknya tuh nyaman banget buat ngadep laptop sambil ngetik-ngentik manja. Apalagi bagian outdoornya, duhh. Manis banget dengan ornamen tanaman bunga yang digantung di dinding.
Djuragan Maryam
Sayangnya di Djuragan Maryam nggak ada mushalanya, tapi nggak papa sih karena seberang cafe ini ada masjid. Yang penting mah ada toiletnya. Kebiasaan beseeeer.🤣

Untuk pelayanannya oke sih, mas-masnya ramah. Sedangkan untuk harga juga masih masuk kantong anak sekolah lah.

Lokasi Djuragan Maryam

Kalau dari Alun-alun Banjarnegara bisa ditempuh dengan waktu sekitar 5 menitan, dekat kok. Dekat area Surya Yudha Park. Tepatnya di depan SMPN 3 Banjarnegara. Di Jl. Rejasa, Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Djuragan Maryam buka setiap hari kecuali hari jumat, ya. Buka mulai pukul 11.00-20.00 WIB. Kalau kalian pengin nyicip Roti Maryam tapi mager, bisa kok order via grabfood. Atau mau aku jemput aja nih? Ekekekek

Mungkin Kamu Suka

36komentar

  1. Balasan
    1. iyaa enak, tp aku lebih suka sm roti bakarnya.. hihi

      Hapus
  2. Pertama, mau bilang kalau lagu You're my Sunshine, My only Sunshine itu juga lagu favorit saya ahahahaha~ :D

    Ke dua, mau bilang kalau roti maryam sama roti john-nya kok menggugah selera sekali fotonya. Hihi. Saya termasuk penyuka roti-rotian juga, makanya habis lihat foto-foto di sini jadi ingin makaaaan :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos duluuu yok sinii.. hihihi
      ku baca ulang aja jadi laper eh, wkwkwk

      Hapus
  3. Wah enak tuh roti bakarnya djuragan Maryam, apalagi ada free WiFi nya, jadi sambil nunggu roti bakar dibikin kita bisa internetan.😃

    BalasHapus
  4. Sesekali bolehlah saya ikut diajarin soal SEO
    Lagi pengen banget sebabnya
    Tempatnya asek sekali ya
    Kalau saya lebih suka yang outdoor, bisa ngerokok sebabnya
    Roti bakarnya sangat menggugah selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya q yang minta ajarin SEO sama bang Djangkaru Bumi nih.. iya kl yg ngrokok enakan yang outdoor, bebas, aman. asapnya nggak mengganggu yang lain, hihi

      Hapus
  5. Oohh Maryam toh,Tak kira Mariam si manis jembatan ancol..hampir saya lari lho mbak Ell.😄😂😂


    Tempat Cafenya Sederhana rapih kayanya lebih enak untuk berdua-duan sama pacal ketempat seperti ini.😂😂

    Ketimbang beramai-ramai. Karena ada nuansa2 sejuknya gitu Dan cocok juga nih tempat untuk mengungkapkan isi hati.😱😱😱😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. PACAAAAAL TEROOOSSS. huhuu
      enakan buat curhat gegaloan, soalnya beneran nyaman bgt tempatnya

      Hapus
  6. Bahkan sekarang roti Maryam pum ada yang kekinian. Padahal dulu kalau kenal roti ini paling ya beli dipinggir jalan dengan toping mises :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, berbagai varian toping ditawarkan. udahlah rasanya macam-macam segala rupa. wkwkwk

      Hapus
  7. Udah semenjak kapan ya ga makan roti Maryam, fotonya bagus banget Mbak...kelihatan ini yg bikin emang ada ilmunya, hahaha.
    Kalau ke Banjarnegara wajib ini mampir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mampir mbak, tempatnya nyaman kok.. menu yang ditawarkan juga banyak.. nggak cuma roti maryam aja, ehe

      Hapus
  8. Suasana cafenya asik mbak, sepertinya saya suka semua deh yang ada di sini, pengen diicip semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, asyik.. nyaman.. enak buat ngbrol.. kl ke Banjarnegara silakan mampir aja mbak.. jangan lupa berkabar, hehe

      Hapus
  9. Lama juga ga beli Maryam sekarang, salah satu makanan cemilan favorit sih ini, sekarang banyak pilihan topingnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak bangeeet, sampai toping oreo pun ada.. :D

      Hapus
  10. Kirain tadi salah blog waktu baca nama juragannya Ella, ternyata namanya sama. Hehhehe.
    Saya suka roti Maryam, sayang jauh banget tempatnya. Apalagi fotonya keren, yang lihat jadi ngiler, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, sama2 namanya Ella mbak.. bedanya yang satu udah jd juragan nah yang ini masih sibuk gegalauan. huhu

      Hapus
  11. Aduduuu..langsung lapeeer deh.. Kapan ya bisa nyicip langsung di situ..hiks..

    BTW, lagu andalanmu kok sama La! Haha..
    Please don't take..my sunshine awaaayyy....*nyanyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu sini mbaaak, kita nyanyik bareng ayo.. hihi
      besok kl main ke Banjarnegara ku ajak ke sini yaaa

      Hapus
  12. Ada frozennya juga ya, bsa disimpan di kulkas buat kapan-kapan mau, enak dimakan dengan curry ayam atau daging sapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kemasan frozennya praktis banget tinggal dipanasin pakai oven atau teflon. trus kasih toping sesuai selera deh

      Hapus
  13. Enak banget kayaknya buat nulis sore-sore sambil nyemil dan minum yang anget-anget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, buka laptop trus ngetik-ngetik tau2 udah dapat seribu kata :D

      Hapus
  14. Tempatnya bikin betah, rotinya bikin ngiler. Komplit mupeng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau main ke Banjarnegara tak ajak ke sini bang, hihi

      Hapus
  15. Tempatnya cozy kayaknya belajar bloggging jadi betah deh apalagi disuguhi roti maryam yg kekinian duh mba saya jadi ngiler liat roti john-nya :D

    BalasHapus
  16. Yuhuu,,, namanya sama kayak aku, mudah-mudahan bisa ketuleran jadi djuragan, hihihi... btw thank's sharingnya mba :)

    BalasHapus
  17. Jujur aku agak risih makan Roti Maryam berbagai topping begituan hahaha. Yang enak pakai kari daging sapi. Memang hanya di Indonesia saja rasanya makanan diolah ala-ala kekinian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa. Hahaha
      Nggak bisa nerima rasa yg aneh2. Huhu

      Hapus
  18. Roti Maryam nya menggugah selera banget kak...kekinian sekali.tapi aku tetap paling suka yang ori, ada asin2nya gt hahaha

    roti bakarnya terlihat makyus.sayang jauh dr tempatku haha..mahal di ongkos kalau kesini deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya samaa. Aku juga lebih suka yg rasa ori, ihihi
      Roti bakarnya sungguh mengenyangkan

      Hapus