Kreasi Masakan Idulfitri dengan Resep Yummy App

oleh Ella Fitria
Kreasi Masakan Idulfitri dengan resep Yummy App

Gema takbir terdengar menggetarkan semesta sejak semalam. Meski pandemi belum usai, namun langit malam Idulfitri tak terasa sunyi. Lantunan takbir terdengar hingga matahari terbit. Idulfitri kali ini memang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, segala aktivitas dilakukan di dalam rumah hingga pelaksanaan salat Idulfitri sekalipun. Namun, buatku Idulfitri kali ini tetap istimewa terlepas kita hanya bisa silaturahmi via online.

Berbagai masakan khas lebaran tersaji di meja makan lengkap dengan kerupuk udangnya. Toples-toples kue kering juga tertata rapi di meja ruang tamu. Selepas sungkeman dengan kedua orang tua, aku melirik toples besar berisi kurma sisa Ramadan. Tanganku lincah membuka toples dengan hati-hati, ku ambil satu buah kurma lalu ku masukan ke dalam mulut. Tiba-tiba ibuku bertanya “Nggak bosan makan kurma terus, nih? Ada 1 toples kurma lagi di almari tuh, coba dibikin apa kek. Pisang di meja juga sudah 3 hari nggak ada yang mau makan” aku mengangguk setuju sambil sibuk mencari resep di mesin pencarian.
Dalam hitungan detik aku langsung menemukan resep Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona di website Yummy.co.id, setelah memastikan alat dan bahan untuk membuat resep ini lengkap, kami ramai-ramai langsung eksekusi memanfaatkan pisang dan kurma yang dilirikpun nggak pernah  karena saking bosannya tiap berbuka dan sahur selalu makan kurma.

Bahan Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona

Sebelum membuatnya, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dong, ya. Nah bahan untuk membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona ini terbagi menjadi 2, yaitu:

Bahan pertama, membuat Dalgona

2 sdm gula pasir 

2 sdm bubuk coklat 
4-6 sdm air hangat 
1/2 sdt emulsifier (SP/Ovalet/TBM)

Bahan kedua, membuat Smoothies
2 buah pisang segar
100gr kurma
100ml susu cair
3 skup ice cream vanilla
es batu secukupnya
saus cokelat (bisa pakai kental manis cokelat)

Cara Membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona

Di Yummy app ada 4 step membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, meskipun 4 step tetapi sebenarnya simpel kok. Nih simak langkah-langkah membuatnya:

1 / 4

2 / 4

3 / 4

4 / 4

Step 1
Dalgona: Campurkan semua bahan dalgona (gula pasir, bubuk coklat, air hangat, dan emulsifier). Kocok dengan menggunakan mixer hingga kaku selama 1 menit. Sisihkan.

Step 2:
Siapkan blender masukkan pisang dan kurma. Proses blender hingga semua bahan tercampur rata (tambahkan susu cair, ice cream vanilla, es batu secukupnya)
Step 3:
Siapkan gelas yang sudah diberi saus cokelat, tuangkan smoothies kemudian tambahkan dalgona di atasnya.
Step 4:
Yummy. Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona siap dinikmati.
Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona by Ella Fitria

Hari pertama Idulfitri kami rayakan dengan Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, dong. Udah pasti sehat karena  kita tahu bahan yang digunakan, steril juga karena kebersihan tetap terjaga. Ya kan bikin sendiri, jadi semuanya aman. Pun bisa memanfaatkan bahan makanan yang tersisa karena sudah bosan menikmati dengan cara itu-itu saja. Dari bahan makanan yang biasa saja bisa kita buat menu makanan atau minuman yang lebih bervariasi. Kalau kata adekku, Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona resep Yummy ini nikmat banget rasanya, manisnya oke, kurmanya terasa, pisangnya juga enak, dalgonanya mantap. Auto berasa jadi chef dadakan nggak sih? Ahahaha (padahal mah bisanya cuma ngerebus air doang)

Selain mencoba resep Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, aku juga mencoba resep Daging Bumbu Merah. Kebetulan di lemari es ada daging sapi dan bingung mau dimasak apaan. Akhirnya iseng mencari resep di Yummy App, ketemulah resep Daging Bumbu Merah yang simpelnya nggak ketulungan. Nah berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan Daging Bumbu Merah

Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat Daging Bumbu Merah.

Bahan Bumbu untuk Daging Bumbu Merah
Bahan
250 gr daging sapi (potong sesuai selera)
2 batang serai
1 sdm gula
3 sdt garam
2 sdt penyedap rasa (aku skip)
1 sdt lada
700 ml air
Bahan Bumbu

4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
7 buah cabai merah besar
2 cm jahe
3 cm lengkuas
Air secukupnya

Cara Membuat Daging Bumbu Merah

Estimasi waktu memasak Daging Bumbu Merah ini kurang lebih selama 40 menit. Dengan bahan-bahan yang sudah ku tulis di atas bisa dinikmati untuk 4-6 orang. Ada 5 step untuk membuat Daging Bumbu Merah, seumur-umur baru pernah masak daging sapi segampang ini. Huhu

Step 1:
Masukan semua bahan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, lengkuas, dan air) ke dalam blender, lalu haluskan.

Step 2:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, tunggu hingga harum lalu tambahkan serei.

Step 3:
Tambahkan air, gula, garam, lada, penyedap rasa ke dalam tumisan lalu masak dengan api sedang hingga mendidih.

Step 4:
Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan, masak dengan api besar hingga mendidih dan kuahnya berkurang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Step 5:
Siapkan wadah lalu tuangkan Daging Bumbu Merah ke dalamnya lalu taburi dengan bawang goreng.

Daging Bumbu Merah by Ella Fitria

Sungguh merasa terharu banget bisa masak daging sapi dengan cara sesimpel ini. Kepulan asap dari dagingnya menggoda selera, daging yang empuk dengan rasa gurih yang menyatu membuat momen Idulfitri terasa hangat meski nggak bisa berkumpul dengan keluarga besar. Ternyata #MasakItuGampang, ya. Tinggal kitanya aja pintar-pintar mencari sumber resep yang teruji dan terpercaya supaya nggak gagal. 

Cari Inspirasi Resep Makanan? Buka App Yummy Aja! 

Btw, saat pertama membaca resep keseluruhan di website Yummy.co.id, muncul pop up notifikasi kalau ternyata Yummy memiliki aplikasi yang bisa didownload melalui play store. Nggak pakai mikir lama, aku langsung download supaya makin mudah menemukan resep-resep yang lainnya. Daftarnya gratis pula! Dasar penikmat gratisan. Ahahaha

Tampilan Yummy App dan Yummy via Browser

Menurutku Yummy App ini sangat unik karena terdapat tutorial berupa video singkat cara membuat menu makanan/minuman. Selain itu, informasi resepnya lengkap banget. Ada estimasi waktu pembuatannya, jadi sebelum memutuskan membuat resep, kita bisa mempertimbangkan durasinya terlebih dahulu. Lalu ada juga keterangan disajikan untuk berapa porsi, serta estimasi harga bahannya pun ada. Mantul banget nggak sih? Kemarin saat membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona sesuai dengan estimasi waktu di Yummy App dong, cukup sekitar 25 menit udah bisa menikmati segarnya Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona. Lalu saat membuat Daging Bumbu Merah menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit.

Beberapa Fitur Yummy App

Besok lusa mau nyoba resep yang lain, ah. Karena memang kategori resep yang tersedia di Yummy App banyak banget, mulai dari Yummy tips, Yummy resep dasar, makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, camilan, makanan pendamping hingga minuman. Kerennya di Yummy App ini kita bebas berkreasi meskipun hanya punya 2 bahan makanan aja, tinggal pilih menu ‘masak’ lalu kita pilih bahan yang kita punya, klik terapkan,
yuhuyyy bakal muncul berbagai resep rekomendasi yang bisa kita coba.

Fyi, di Yummy App juga terdapat akun official lho, isinya para master chef dengan berbagai resep yang bisa kita coba. Itung-itung bisa menambah skill memasak sebelum berumahtangga. Akakakak

Btw, kalian yang baru belajar masak biasanya ngintip resep di mana nih? 
Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 14 Juli 2020 - 22:26

Iya mbak. Stay safe di sana yaa

Balas
Ella Fitria 14 Juli 2020 - 22:25

Cus masak mbaaak 🙂

Balas
dear anies 10 Juli 2020 - 05:26

saya percaya orang Malaysia pasti akan merindui dalgona coffee selepas berakhirnya lockdown / PKP hehehe

Balas
rini 2 Juli 2020 - 05:04

wahh aku jadi kepengen belajar masak juga mbak ella..

Balas
Ella Fitria 28 Juni 2020 - 23:25

ehehehe iya, bikin makin semangat memasak. 🙂

Balas
Daris 27 Juni 2020 - 23:10

Mantul… sekarang udah banyak muncul startup digital dibidang kuliner.

Balas
Ainun 13 Juni 2020 - 22:51

cuman pengen diolesi mentega sama meises aja rotinya mba hahaha

Balas
Ella Fitria 9 Juni 2020 - 13:12

Cus download aja mbak Anis 🙂

Balas
Anis lotus 9 Juni 2020 - 09:52

Ini app saya butuhin banget mba. Soalnya suka bingung mau masak apa sehari2.. emak2 galaunya itu2 aja

Balas
Ella Fitria 5 Juni 2020 - 01:23

Bener mbak Rey. Remaja macam q juga butuh bgt Yummy app ini (Remaja) ahahaha

Balas
Ella Fitria 5 Juni 2020 - 01:22

Hihi cus buat aja mbak
Diminum siang hari sewger bangettt. Wah trs nemu resep kue cubit nih?

Balas
Reyne Raea / Rey 3 Juni 2020 - 09:30

Wewwwww, asyik banget nih, banyak resep siap praktik ya 😀
Aplikasi ini bakalan jadi kesayangan mamak-mamak dan semua pecinta masakan nih,termasuk saya yang keahlian memasaknya masih sangat kurang hahaha

Balas
1 2 3

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: