Kreasi Masakan Idulfitri dengan Resep Yummy App

oleh Ella Fitria
Kreasi Masakan Idulfitri dengan resep Yummy App

Gema takbir terdengar menggetarkan semesta sejak semalam. Meski pandemi belum usai, namun langit malam Idulfitri tak terasa sunyi. Lantunan takbir terdengar hingga matahari terbit. Idulfitri kali ini memang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, segala aktivitas dilakukan di dalam rumah hingga pelaksanaan salat Idulfitri sekalipun. Namun, buatku Idulfitri kali ini tetap istimewa terlepas kita hanya bisa silaturahmi via online.

Berbagai masakan khas lebaran tersaji di meja makan lengkap dengan kerupuk udangnya. Toples-toples kue kering juga tertata rapi di meja ruang tamu. Selepas sungkeman dengan kedua orang tua, aku melirik toples besar berisi kurma sisa Ramadan. Tanganku lincah membuka toples dengan hati-hati, ku ambil satu buah kurma lalu ku masukan ke dalam mulut. Tiba-tiba ibuku bertanya “Nggak bosan makan kurma terus, nih? Ada 1 toples kurma lagi di almari tuh, coba dibikin apa kek. Pisang di meja juga sudah 3 hari nggak ada yang mau makan” aku mengangguk setuju sambil sibuk mencari resep di mesin pencarian.
Dalam hitungan detik aku langsung menemukan resep Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona di website Yummy.co.id, setelah memastikan alat dan bahan untuk membuat resep ini lengkap, kami ramai-ramai langsung eksekusi memanfaatkan pisang dan kurma yang dilirikpun nggak pernah  karena saking bosannya tiap berbuka dan sahur selalu makan kurma.

Bahan Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona

Sebelum membuatnya, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dong, ya. Nah bahan untuk membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona ini terbagi menjadi 2, yaitu:

Bahan pertama, membuat Dalgona

2 sdm gula pasir 

2 sdm bubuk coklat 
4-6 sdm air hangat 
1/2 sdt emulsifier (SP/Ovalet/TBM)

Bahan kedua, membuat Smoothies
2 buah pisang segar
100gr kurma
100ml susu cair
3 skup ice cream vanilla
es batu secukupnya
saus cokelat (bisa pakai kental manis cokelat)

Cara Membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona

Di Yummy app ada 4 step membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, meskipun 4 step tetapi sebenarnya simpel kok. Nih simak langkah-langkah membuatnya:

1 / 4

2 / 4

3 / 4

4 / 4

Step 1
Dalgona: Campurkan semua bahan dalgona (gula pasir, bubuk coklat, air hangat, dan emulsifier). Kocok dengan menggunakan mixer hingga kaku selama 1 menit. Sisihkan.

Step 2:
Siapkan blender masukkan pisang dan kurma. Proses blender hingga semua bahan tercampur rata (tambahkan susu cair, ice cream vanilla, es batu secukupnya)
Step 3:
Siapkan gelas yang sudah diberi saus cokelat, tuangkan smoothies kemudian tambahkan dalgona di atasnya.
Step 4:
Yummy. Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona siap dinikmati.
Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona by Ella Fitria

Hari pertama Idulfitri kami rayakan dengan Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, dong. Udah pasti sehat karena  kita tahu bahan yang digunakan, steril juga karena kebersihan tetap terjaga. Ya kan bikin sendiri, jadi semuanya aman. Pun bisa memanfaatkan bahan makanan yang tersisa karena sudah bosan menikmati dengan cara itu-itu saja. Dari bahan makanan yang biasa saja bisa kita buat menu makanan atau minuman yang lebih bervariasi. Kalau kata adekku, Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona resep Yummy ini nikmat banget rasanya, manisnya oke, kurmanya terasa, pisangnya juga enak, dalgonanya mantap. Auto berasa jadi chef dadakan nggak sih? Ahahaha (padahal mah bisanya cuma ngerebus air doang)

Selain mencoba resep Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona, aku juga mencoba resep Daging Bumbu Merah. Kebetulan di lemari es ada daging sapi dan bingung mau dimasak apaan. Akhirnya iseng mencari resep di Yummy App, ketemulah resep Daging Bumbu Merah yang simpelnya nggak ketulungan. Nah berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan Daging Bumbu Merah

Berikut ini bahan yang diperlukan untuk membuat Daging Bumbu Merah.

Bahan Bumbu untuk Daging Bumbu Merah
Bahan
250 gr daging sapi (potong sesuai selera)
2 batang serai
1 sdm gula
3 sdt garam
2 sdt penyedap rasa (aku skip)
1 sdt lada
700 ml air
Bahan Bumbu

4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
7 buah cabai merah besar
2 cm jahe
3 cm lengkuas
Air secukupnya

Cara Membuat Daging Bumbu Merah

Estimasi waktu memasak Daging Bumbu Merah ini kurang lebih selama 40 menit. Dengan bahan-bahan yang sudah ku tulis di atas bisa dinikmati untuk 4-6 orang. Ada 5 step untuk membuat Daging Bumbu Merah, seumur-umur baru pernah masak daging sapi segampang ini. Huhu

Step 1:
Masukan semua bahan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, lengkuas, dan air) ke dalam blender, lalu haluskan.

Step 2:
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, tunggu hingga harum lalu tambahkan serei.

Step 3:
Tambahkan air, gula, garam, lada, penyedap rasa ke dalam tumisan lalu masak dengan api sedang hingga mendidih.

Step 4:
Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan, masak dengan api besar hingga mendidih dan kuahnya berkurang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

Step 5:
Siapkan wadah lalu tuangkan Daging Bumbu Merah ke dalamnya lalu taburi dengan bawang goreng.

Daging Bumbu Merah by Ella Fitria

Sungguh merasa terharu banget bisa masak daging sapi dengan cara sesimpel ini. Kepulan asap dari dagingnya menggoda selera, daging yang empuk dengan rasa gurih yang menyatu membuat momen Idulfitri terasa hangat meski nggak bisa berkumpul dengan keluarga besar. Ternyata #MasakItuGampang, ya. Tinggal kitanya aja pintar-pintar mencari sumber resep yang teruji dan terpercaya supaya nggak gagal. 

Cari Inspirasi Resep Makanan? Buka App Yummy Aja! 

Btw, saat pertama membaca resep keseluruhan di website Yummy.co.id, muncul pop up notifikasi kalau ternyata Yummy memiliki aplikasi yang bisa didownload melalui play store. Nggak pakai mikir lama, aku langsung download supaya makin mudah menemukan resep-resep yang lainnya. Daftarnya gratis pula! Dasar penikmat gratisan. Ahahaha

Tampilan Yummy App dan Yummy via Browser

Menurutku Yummy App ini sangat unik karena terdapat tutorial berupa video singkat cara membuat menu makanan/minuman. Selain itu, informasi resepnya lengkap banget. Ada estimasi waktu pembuatannya, jadi sebelum memutuskan membuat resep, kita bisa mempertimbangkan durasinya terlebih dahulu. Lalu ada juga keterangan disajikan untuk berapa porsi, serta estimasi harga bahannya pun ada. Mantul banget nggak sih? Kemarin saat membuat Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona sesuai dengan estimasi waktu di Yummy App dong, cukup sekitar 25 menit udah bisa menikmati segarnya Pisang Kurma Smoothies Choco Dalgona. Lalu saat membuat Daging Bumbu Merah menghabiskan waktu kurang lebih 40 menit.

Beberapa Fitur Yummy App

Besok lusa mau nyoba resep yang lain, ah. Karena memang kategori resep yang tersedia di Yummy App banyak banget, mulai dari Yummy tips, Yummy resep dasar, makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, camilan, makanan pendamping hingga minuman. Kerennya di Yummy App ini kita bebas berkreasi meskipun hanya punya 2 bahan makanan aja, tinggal pilih menu ‘masak’ lalu kita pilih bahan yang kita punya, klik terapkan,
yuhuyyy bakal muncul berbagai resep rekomendasi yang bisa kita coba.

Fyi, di Yummy App juga terdapat akun official lho, isinya para master chef dengan berbagai resep yang bisa kita coba. Itung-itung bisa menambah skill memasak sebelum berumahtangga. Akakakak

Btw, kalian yang baru belajar masak biasanya ngintip resep di mana nih? 
Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Riza Alhusna
29 Mei 2020 07:27

Ditunggu kirimannya sampai Jakarta…

Alfan Ismail
29 Mei 2020 11:26

boleh lah rsep pisang kurmanya…saya bosen dengan menu adat yaitu opor hehehehehe…dari zaman majapahit dirumah saya pasti nggak ketinggalan opornya…sekali2 experimen lah pisang kurma

CREAMENO
29 Mei 2020 13:03

Duuuuhhhhh mba Ella jago banget masaknya, itu Daging Bumbu Merahnya looks so yummyyyyy :9 agak mirip-mirip rendang yang pastinya nggak mudah dibuat, but you did it, mba :> hihi ~ ohya, suka sama cara penjelasan mba mengenai aplikasi Yummy yang mudah dipahami dan mengalir saat dibaca :3 kebetulan saya pakai aplikasinya juga dan sudah mengikuti resep-resep Yummy dari jaman hanya feed Instagram ~

Memang Yummy ini salah satu yang paling mudah diikuti resep-resepnya dan pilihannya pun ada banyak meski yang saya coba biasanya yang gampang-gampang dan materialnya ada saja — belum sampai sejago mba Ella ahahaha :)))

Hermansyah
29 Mei 2020 13:03

Bisa dibilang makanan pisang kurma smoothies choco dalgona itu jadi karena ada tantangan dari ibu ya.

Sepertinya pisang kurma smoothies choco dalgona itu enak banget dan bisa di coba nih kebetulan di rumah masih ada sisa setoples kurma tinggal nyari pisangnya nih btw kalau pisangnya diganti sama mangga bisa ngga ya?

KANG NATA
29 Mei 2020 21:01

Duhh..si embak, bagi bagi gambar makanan ajah, coba sesekali bagi – bagi makanannya, kirim – kirim ke rumah gitu, siap nerima kok, hahaha…..bercanda Mbak.

Kalau masalah masakan, biasanya lelaki terima beres ajah yah, hahaha…

Gallant
29 Mei 2020 21:01

aku ada satu menu yg mungkin bisa mbak coba di rumah:
– strawberry yg disangrai, campurin gula, sambil diremet-remet biar keluar sari-sarinya.
– kalo udah, masukin ke gelas, tuang susu sama es.

kayaknya enak. hahaha

sama ada lagi smoothies, tapi aku lupa apa gitu.

Ridsal
29 Mei 2020 21:00

Godaan nih kak. Untung udah kakak kasih tahu aplikasinya, jadi tinggal bikin aja nih 🙂

Kelvin Cipta
29 Mei 2020 21:00

Enak nih

Azka Kamil
30 Mei 2020 02:18

boleh nie di kirim ke bekasi 🙂

Ikrom Zain
30 Mei 2020 03:09

huwa huwa mbak ella ini, saya jadi pingin hayo dikirim ke Malang mbak hihi

wah auto download saya nih biar lebih enak daripada buka buka yutub

eh maaf lahir batin ya mbak

Khanif
30 Mei 2020 03:09

tanganku lincah memebuka tutup toples wkwkwk.. gw pikir untuk membuka toples harus ada kelincahan dan keahlian tersendiri yah mbak haha 😀

resep masakan biasany gw intip-intip di youtube, tapi cuma lihat-lihat tok, karna ga bisa masak 😀

morishige
30 Mei 2020 07:54

Resep dalgona-nya itu menarik juga kayaknya dicoba, Mbak Ella. Sampai sekarang saya masih bikin yang standar aja. Kemarin ada temen cerita kalau dia nambahin mint di adonan dalgona. Barusan, Mbak Ella bikin di-mix dengan cokelat, kurma, dan pisang. Keknya saya perlu berkreasi juga, nih. 🙂

Menarik juga kayaknya aplikasi yummy ini. Lumayan nambah-nambah pustaka resep saya yang masih dikit banget ini hahaha…

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:23

Iya mas, silakan coba kurma pisangnya. Enaaak, segerrr bgt kl esnya banyak. Hhh

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:24

Gampang bgt kok mas Him.. Asal ada ovalet/TBM pasti bisa ngembang. Hihihi
Cm kl cuma ngandelin kopi memang nggak semua kopi bisa dimixer lalu mengembang sih.. Cobain deh 😀

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:25

Ahahaha. Aku menggodamu mas? Bukan heni yg menggoda nih? Eh
Iya bener, td siang aja masih nyoba bikin lagi. Seger bgt diminum pas panas2

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:27

Bisa dibilang begitu kak El.. Yak cobain aja, seger bgt diminum pas siang.. Bikin kenyang pula 😀

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:28

Wohoho kl rumah kang Nata cm selemparan batu udh q kirimin nih. Syangnya kan jauuuh, smpe situ udah basi dong ya. Hhhh

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:36

Udh pernah dong. Wkwk
Sygnya q nggak begitu suka strawberry, jd rasanya ya biasa aja. Kl adekku suka bgt dia

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:36

Ahaha.. Iya bener. Tinggal intip aja di Yummy app. Cus bikin deh

Ella Fitria
30 Mei 2020 10:38

Apalagi smoothies pisang kurmanya yak. Hhh