Bosen dengan Situs Berita yang Itu-Itu Saja? Saatnya Beralih ke IDN App Saja!

oleh Ella Fitria
IDN App

Bisa nggak sih sehari saja kalian nggak pegang smartphone? Atau bahkan nggak membuka laptop? Mungkin bagi sebagian orang bisa ya, tapi buatku sehari saja tanpa smartphone rasanya hambar, nggak produktif. Apalagi kalau seharian tanpa laptop, duh ya bagaimana kerjaan bisa kelar kalau nggak menggunakan smartphone dan laptop? Terlebih kerjaanku memang mengandalkan media sosial dan sederet kecanggihan teknologi. Apakah jika demikian, aku bisa disebut dengan Generasi Milenial?

FYI, Generasi Milenials atau generasi Y adalah mereka yang lahir pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Sedangkan Generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1998 sampai 2010. Selain kedua generasi tersebut, ada generasi selanjutnya lho. Yap namanya Generasi Alpha, disebut generasi Alpha bagi mereka yang lahir pada tahun 2011-2024. Hayo, kalian termasuk generasi yang mana nih? Generasi Y? Generasi Z? Atau Generasi Alpha?

Generasi Milenials dan Z Selalu Terhubung dengan Internet

Btw, seberapa sering sih kalian mengandalkan gadget untuk memudahkan aktivitas sehari-hari? Sadar nggak sadar, seringkali kita lupa ternyata aktivitas kita sangat bergantung dengan kemajuan teknologi, contoh kecilnya seperti saat kita membutuhkan suatu barang, kita cukup membuka marketplace atau web store lalu selesaikan transaksi menggunakan dompet digital maka barang akan datang ke rumah. Terus nih, kalau kita merasa lapar, kita tinggal membuka aplikasi ojek online, pilih makanan sesuai keinginan, bayar dengan uang digital, dan dalam hitungan menit makanan sampai di rumah dong. Nggak hanya itu, sekarang ini kalau kita sakit bisa langsung konsultasi dan membeli obat secara online tanpa perlu antre dan bertemu dengan dokter di klinik atau pun rumah sakit. Semua itu bisa dilakukan dengan di rumah saja, sambil gegoleran! Serba praktis nggak sih? Belum lagi kecanggihan-kecanggihan lainnya.

Beberapa hal di atas merupakan contoh kecil kemudahan teknologi yang bisa kita rasakan. Memang sekarang ini bisa dikatakan sebagai era digital Generasi Milenials (Gen Y) dan Generasi Z. Kenapa demikian? Karena dua generasi ini sangat erat kaitannya dengan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer. Generasi ini nggak bisa lepas dengan smartphone dan media sosial sebagai sarana untuk berekspresi. Mereka menginginkan segala sesuatu yang serba cepat, nggak bertele-tele dan berbelit-belit. Makanya generasi ini sering dikenal dengan generasi micin karena maunya serba instan! Ahahaha

3 Media Utama yang Digunakan Generasi Y dan Generasi Z

Oya, menurut studi oleh Goldman Sachs mengungkapkan bahwa hampir setengah dari Gen Z terhubung secara online selama 10 jam perhari bahkan lebih lho. Ada tiga media utama yang digunakan oleh Generasi Y dan Generasi Z yakni; Internet, TV, dan Radio. Pola konsumsi internet memperlihatkan peningkatan dalam lima tahun terakhir, dimana pada kuartal kedua 2016 penetrasi internet pada anak-anak meningkat 13% sedangkan pada remaja meningkat 29% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2011.

IDN App Wadah Informasi Untuk Gen Y dan Gen Z

Jujur, aku yang ngaku sebagai Generasi Milenials (Gen Y) akhir-akhir ini mulai merasa jenuh mengkonsumsi informasi, kenapa? Mungkin karena seiring pertumbuhan Gen Y dan Gen Z sehingga banyak platform baru yang bermunculan tanpa memperhatikan konten berita yang berbobot. Istilahnya mereka hanya mencari viewers semata. Yakali, meski kami dikenal dengan generasi micin seenggaknya kami bisa sedikit kritis terhadap informasi atau berita yang bertebaran di lini masa. Apalagi masa pandemi seperti ini, kita benar-benar dituntut untuk mencari informasi yang menghibur, netral, serta akurat.

Untungnya platform digital IDN Times yang memiliki segudang informasi saat ini hadir dengan menyuguhkan aplikasi mobile yang mudah diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. IDN Times merupakan media multi-platform online yang memiliki visi untuk mendemokratisasi akses informasi yang akurat, seimbang, bermanfaat, dan positif.

Btw, IDN Times ini bagian dari IDN Media yang saat ini mengoperasikan 4 media digital lho, yakni ada IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, dan Yummy. Ke empat media digital tersebut memiliki target pembaca sendiri-sendiri, makanya nggak heran kalau IDN App sangat cocok untuk kalangan generasi Milenials dan generasi Z dengan fitur-fitur yang belum dimiliki oleh aplikasi berita lain karena IDN App memang hadir khusus ditunjukkan untuk gen Y dan gen Z. Nah, kira-kira apa saja ini fitur dari IDN App? Yuk simak lengkapnya:

Beberapa Fitur Unggulan di Aplikasi IDN

Fitur Topik Pilihan

Topik Pilihan

Aplikasi baca berita ini memiliki 42 topik yang bisa kita pilih, kadang suka malas ya membaca informasi yang nggak sesuai dengan minat kita. Tapi dengan memiliki IDN App ini kita bisa mengatur topik apa saja yang kita suka, nah fitur pemilihan topik ini juga bisa diedit lho. Misalnya kita sudah nggak suka dengan topik yang pernah kita pilih, maka tinggal hapus saja, pun kita bisa menambahkan topik yang lainnya lagi. Buatku fitur ini berguna banget sih, baca berita atau mencari informasi makin nyaman karena sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Fitur Tanya Jawab (Tukar Pendapat)

Tanya Jawab

Salah satu fitur yang membedakan antara aplikasi portal berita dan IDN App salah satunya adalah fitur tanya jawab (tukar pendapat) antar sesama pembaca. Kita bisa mengajukan pertanyaan seperti halnya update di media sosial, nah nantinya pertanyaan kita akan ditanggapi oleh pembaca lain dengan memberikan jawaban berdasarkan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki, kerennya tiap kali kita mengajukan pertanyaan bisa langsung memilih topik supaya mempermudah user menjawab pertanyaan kita lho. Topiknya pun beragam, mulai dari destinasi, DIY, jurnal, recipe, economy, story, humor, dan masih banyak lainnya. Pertanyaan dan pendapat yang telah terkirim akan muncul di halaman topik yang dipilih dan siap untuk menerima tanggapan dari pengguna lain.

Label Kategori yang Lengkap 

Beragam Kategori dan Sortir Berita di Beranda

Sebenarnya untuk label di IDN App ada banyak sekali, jadi begitu kita masuk ke aplikasinya maka akan muncul tampilan label yang bisa kita pilih. Salah satunya ada label rekomendasi, nah di label rekomendasi ini berisi berita pilihan dari topik yang kita pilih. Selain itu, ada juga label terbaru yang berisi berita terbaru dari semua topik IDN supaya kita makin up to date. Salah satu label yang paling kusuka saat membutuhkan hiburan adalah label ‘unik’ karena menyuguhkan informasi yang sifatnya menghibur. Apalagi di masa pandemi begini, kalau buka portal berita biasanya panik duluan gara-gara dimana-mana selalu membahas virus Covid-19, bukan berarti masa bodoh dan nggak peduli ya. Menurutku update perkembangan Covid-19 wajib banget, tapi aku juga membiasakan diriku untuk memfilter informasi Covid-19 yang belum tentu kebenarannya. Selain kategori di atas, ada juga kategori populer yang menyuguhkan artikel-artikel terpopuler dari beragam topik dan kategori artikel terbaru supaya kita selalu update.

Fitur Bookmark

Fitur Bookmark

Siapa hayo yang suka baca berita ketika sedang berada di perjalanan? Aku termasuk salah satu orang yang suka membaca informasi ketika sedang dalam perjalanan atau sekadar untuk mengisi waktu luang, tapi nggak jarang sih ketika sedang asyik membaca berita ada hal yang nggak bisa ditinggalkan, maka auto tutup handphone dong. Nah giliran mau melanjutkan membaca kudu mencari link berita yang tadi sedang kita baca, iya kalau langsung ketemu, nah kalau sudah berusaha mencari ujungnya nggak nemu kan bikin badmood karena memendam rasa penasaran. Wkwkwk. Untung di IDN App ada fitur bookmark yang memudahkan pembaca saat ingin membaca ulang atau akan melanjutkan membaca. Selain ada fitur bookmark, ada juga fitur terakhir dibaca, jadi memang memudahkan banget saat kita membutuhkan informasi tersebut untuk dibaca ulang.

Fitur Event dan Promo

Event dan Promo

Kalau fitur yang satu ini berada di bagian teratas hompage. Awalnya ku kira hanya berisi iklan, ternyata fitur event dan promo berisi campaign seperti challange, informasi lomba, quiz, dan reward penulisan artikel yang terbit. Selain itu ada juga informasi event yang diadakan oleh IDN Media seperti mengundang community writers IDN Times yang tinggal di kota-kota besar, setahu aku sebelum ada pandemi ini IDN Times selalu rutin mengadakan event serupa, namun karena ada pandemi yang membatasi aktivitas kita di luar rumah, IDN Times tetap mengundang community writes namun via grup WhatsApp. Menarik bukan?

Di fitur event dan promo juga terdapat filter yang memudahkan pembaca untuk memfilter event dan promo yang ditawarkan dari yang terbaru hingga event yang akan segera berakhir. Jadi, kita nggak perlu khawatir ketinggalan info event dan promo kan? Oya, mungkin ke depannya filter ini bisa ditambah berupa sortir menurut jenis promo atau event supaya lebih memudahkan pembaca mencari yang mereka butuhkan dan minati.

Mode Tampilan yang Bisa Disesuaikan

Mode Malam

Uniknya tampilan IDN App ini bisa disesuaikan mode terang, gelap, atau pun bisa kita pilih auto lho. Membaca berita sudah macam lagi main media sosial saja ya. Untuk pengaturan mode tampilan ini ada di pojok kanan atas tepatnya di icon setting, tinggal klik dan pilihan mode tampilan, maka mode tampilan akan langsung muncul. Tampilan mode malam ini bisa membuat mata kita nggak cepat lelah saat membaca. Ya walaupun aku lebih suka dengan mode terang sih, soalnya kalau mode gelap justru cepat pusing. Wkwkwk

Kemudahan Menjadi Kontributor Melalui IDN App

Menjadi Kontributor

Kalian suka menulis? Atau seorang blogger yang ingin mendapat penghasilan tambahan? Bisa banget menuliskan artikel di IDN App untuk mengumpulkan poin yang bisa ditukar menjadi uang. Ahahah, eh tapi kalau kamu baru belajar menulis nggak usah bingung atau ragu untuk berkarya melalui IDN App ya, karena di menu profil ada fitur panduan penulis dengan informasi yang lengkap banget. Kalian tinggal pilih mau belajar menulis melalui artikel, video, atau podcast. Di menu profil juga terdapat sub menu yang berisi informasi draft, artikel terbit, artikel revisi, artikel dimoderasi, dan artikel ditolak. Jadi, kita bisa memantau artikel mana saja yang sudah terbit atau artikel yang perlu direvisi.

Cara Men-download IDN App

Download IDN

Sebenarnya tanpa kalian men-download IDN App ini, kalian tetap bisa mengaksesnya melalui website IDN Times kok. Tapi akan lebih praktis dan simpel jika teman-teman men-download aplikasinya. Jadi, kalau butuh informasi atau pun berita tinggal buka aplikasinya saja. Cara mendownload IDN App ini melalui Play Store/ AppStore, gampang banget dong:

–       Buka Play Store/ AppStore

–       Download IDN App

–       Daftar menggunakan email dan nomor telpon yang aktif

–       Jika sudah masuk laman home, kalian bisa memilih kategori sesuai keinginan. Yuhuuuy, fitur-fitur di atas bisa langsung kita nikmati lho.

Keunggulan IDN App

Seperti yang sudah ku katakan di atas, kalau IDN App ini memang diperuntukkan untuk generasi Y dan generasi Z sebagai wadah dalam memperoleh dan menyebarkan informasi positif. Menurutku IDN App ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan aplikasi berita yang lain. Mau tahu apa saja keunggulan IDN App ini? Yuk disimak!

Mengakses Informasi Serasa Bermain Media Sosial

Kalau kalian sudah mendownload IDN App, kujamin membaca berita berasa main media sosial karena kita bisa berinteraksi dengan pembaca di fitur tanya jawab. Selain itu, tampilan IDN App juga sangat user friendly mudah digunakan serta ramah bagi pengguna baru. Oya, kerennya aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang sangat disukai oleh gen Y dan gen Z lho, yakni adanya fitur mode tampilan yang bisa diganti menjadi terang, gelap, atau pun auto. Lalu ada fitur follower yang sangat berguna supaya kita selalu update dengan tulisan writer favorit kita. Ada juga sistem ranking mingguan, bulanan dan all-time yang didapat dari berapa banyak tulisan yang dipublish, keaktifan dan follower-nya. Makin berasa seperti main media sosial nggak sih? Hhh

Pembaca Bisa Saling Berinteraksi

Hayo di aplikasi berita mana yang penggunanya bisa saling tanya jawab? Cuma di IDN App kan? Awalnya ku juga speechless dengan fitur ini, karena portal berita biasanya memiliki fitur terbatas yang hanya ada fitur komentar di setiap artikel, makanya membosankan banget. Tapi berbeda dengan IDN App ini, IDN App sangat mengerti karakteristik gen Y dan gen Z yang nggak bisa lepas dari media sosial. Selain kita bisa membuat pertanyaan dengan menyisipkan kategori yang sesuai dengan pertanyaan kita, kita juga bisa saling menjawab atau berpendapat terhadap pertanyaan orang lain. Ibarat bikin status terus kita komenin. Xixixi

Kategori Informasi Terlengkap

IDN App menyuguhkan kategori yang super lengkap, mulai dari informasi yang berat hingga yang bersifat ringan dan menghibur. Beragam kategori tersebut antara lain; News, Bisnis, Otomotif, Sport, Soccer, Travel, Teknologi, Life, Hype, Health, Food, Science, Men, Quiz, Fiction, dan Opinion. Pokoknya dengan satu aplikasi, kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang sangat lengkap. Baca berita hari ini nggak akan terasa bosan apalagi konten yang disajikan menggunakan bahasa yang gampang dipahami. 🙂

Tambah Penghasilan dengan Menjadi Kontributor

Yuk yang punya hobi menulis bisa banget gabung menjadi kontributor IDN, apalagi di IDN App memiliki tampilan baru untuk pengalaman menulis artikel kita. Di menu profil juga terdapat keterangan artikel terbit, artikel revisi, artikel dimoderasi, dan artikel ditolak. Nah supaya artikel kita cepat di edit oleh editor IDN jangan lupa tambahkan pilihan label topik, disini penulis juga nggak perlu bingung untuk mencari gambar dari banyak sumber karena sekarang IDN App menyediakan tambahan galeri yang bisa dipakai untuk artikel kita.

IDN App Solusi Platform Berita Masa Kini

Memang ya, di era digital seperti sekarang banyak pekerjaan yang kaitannya dengan teknologi. Apalagi generasi Y dan Z yang selalu mengekspresikan dirinya melalui media sosial, makanya nggak heran saat ini informasi apapun cepat sekali menyebar. Tapi, kemudahan untuk mendapatkan informasi harus dibarengi dengan kiat cerdas memfilter informasi supaya nggak termakan berita hoax yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Nah, menurutku IDN App merupakan salah satu aplikasi berita terlengkap yang bisa diandalkan untuk memperoleh informasi yang akurat, terpercaya, dan jelas sumbernya.

Selain itu, fitur dan keunggulan IDN App sangat sesuai dengan karakter generasi Y dan Z yang ‘kekinian banget’, termasuk penyajian informasi yang mudah dicerna dan juga tampilan app yang interface. Platform berita ini tampil beda dengan fitur tanya jawab (tukar opini) sekaligus terdapat kemudahan untuk menjadi kontributor IDN melalui IDN App. So, tunggu apa lagi? Yuk install IDN App supaya kita tetap up to date dan selalu bisa menikmati baca berita terkini!

Sumber bacaan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Generasi_Z#Generasi_Alpha

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
dear anies
27 Juli 2020 10:07

kredit untuk mereka yang mencipta apps sebegini… lebih up-to-date! itu yang penting…

Nasirullah Sitam
27 Juli 2020 10:07

Aku seringnya malah agak menjauhi laptop ataupun gawai beberapa waktu terakhir ini. Pengen santai gak mikir kerjaan ahahhahah

Khanif
27 Juli 2020 13:49

gw sama sepertinya, sehari kalo ga pegang hape jadinya pusing.. btw gw termasuk generasi y, makanya itu ya gak bisa lepas dari gadget :D… beberapa kali gw pernah baca berita di idn times, tapi dari webnya, malah baru tau kalo ada appa nya di playstore, dan pastinya bisa mengahsilkan dollar juga ya, hmm mantab deh 😀

Mega Marlina
28 Juli 2020 10:47

Wah emak2 kudet nih saya blm tahu kalau ada aplikasi ini. Must be worth sebab saya kurang suka nonton tv, semua serba HP

Mei Daema
28 Juli 2020 10:47

kalau nontonnya berasa kayak bermain sosial media, pasti ga ngebosenin ya kak pastinya, penasaran pengen nyobain aplikasinya, pengen tahu juga fitur-fiturnya yang sebareg begini. bisa menambah penghasilan pula jadi kontributor ini lebih menarik hehehehe

Salbiah
29 Juli 2020 04:22

Wow, baru tahu ada aplikasi IDN, biasanya sy republika online aja, komplit ya Mbak, fiturnya banyak… Bisa jadi rujukan kalau mau unduh aplikasi berita, smg bawa manfaat dan keberkahan segala informasi yg disebarkan aplialkasi IDN…

Eva Putri
29 Juli 2020 04:22

Selengkap itu ternyata aplikasi IDN. Biasanya kalo lagi nyari sesuatu di Google yang muncul website nya IDN. Ternyata ada aplikasinya toh dan cocok buat generasi milenial seperti aku juga nih

Agoes Supriyono
29 Juli 2020 06:54

terus berinovasi untuk menarik pemirsa

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:52

Iya mbak Anies. Dua anak muda yang keren bangeeet bisa melahirkan portal berita super kece seperti IDN ini

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:52

Lho main gawai dan laptop juga nggak cuma kerja mas. Bisa dapat hiburan juga. Xixixi

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:53

Tos dulu Mas Khanif.. Aku pun, duh tanpa smartphone dan internet rasanya hampa bangeeet. Wkwkwk
Cus atuh download aja Appnya trs jadi kontributor di IDN, hihi

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:54

Sama mbak Mega. Bener2 semua serba handphone. Hihi
Silakan download app aja biar makin up to date kita 😀

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:55

Iya mbak Mei. Bisa baca berita serasa bermain media sosial, silakan coba donwload app-nya aja. Bisa nambah penghasilan dg menjadi kontributornya 🙂

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:56

Iya mbak Salbiah.. Lebih praktis dan nyaman baca berita lewat aplikasi IDN, kategorinya juga lengkap bgt 🙂

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:57

Iya mbak. Awalnya ku kira juga cuma websitenya aja, ternyata ada aplikasinya yang bisa diunduh di playstore atau pun app store. Tos dulu sini, kita sama2 gen y. Xixi

Ella Fitria
29 Juli 2020 07:57

Iya bang Agoes. IDN memang lahir buat para gen Y dan gen Z yang semuanya maunya serba praktis dan ringkas 🙂

www.grandysofia.com
30 Juli 2020 07:36

aku juga suka sama konten-konten yg dibawakan oleh IDN Media ini, apalagi skrg udah running pake apps ya, makin kece ini mah

Eksapedia
31 Juli 2020 00:21

WAh jadi penasaran nih… makin kesini makin banyak yaa platform platform jenis ini, yaa bagus sih.. jadi lebih update untuk melihat berita… Heee

habib hidayat
31 Juli 2020 21:50

wah asik nih gaya penulisannya. semangat berkarya