Smartfren WowLabs: Wadah Kreator Muda Indonesia

oleh Ella Fitria
Smartfren WowLabs
Smartfren WowLabs

Buatku, bisa merasakan jaringan internet dengan stabil adalah hal yang sangat mewah. Maklumlah, di desa tempatku tinggal hanya ada satu dua provider yang bisa memberikan jaringan internet cukup stabil. Padahal, di luar sana segala sesuatu sudah go digital ya? Meski demikian, aku nggak pernah menyesali tinggal di desa yang jaraknya berpuluh kilo meter dari kota. Nggak lain karena aku masih bisa terhubung dengan internet, pun aku masih bisa menjelajah dunia luar dengan leluasa. 

Menurut data dari hotsuite pada Januari 2020 Pengguna Smartphone Terkoneksi di Indonesia mencapai 338,2 juta, sedangkan Pengguna Internet sebanyak 175,4 juta, dan Pengguna Aktif Media Sosial 160 juta. Selain itu tercatat adanya peningkatan digital dan aktivitas ecommerce, sebanyak 93% masyarakat mencari ulasan produk di internet sebelum membelinya, lalu ada 90% mengunjungi toko online, 88% membeli produk secara online, 25% membeli produk via laptop, dan 80% membeli produk via smartphone. 

Bisa dibayangkan bagaimana peran teknologi saat ini kan? 

Manfaatkan Teknologi di Era Digitalisasi

Smartfren WOWLabs
Manfaatkan Teknologi bersama Smartfren WOWLabs
Siapa nih yang sudah memanfaatkan teknologi? Aku yakin sih, banyak orang sudah melakukannya. Meskipun di lingkunganku masih ada yang beranggapan bahwa perkembangan teknologi ini sangat berbahaya, terlebih internet karena banyak hal negatifnya. Tapi buatku, segala sesuatu tergantung dengan niat kita, kan? Kalau kita bisa memanfaatkan dan memilah informasi yang baik, otomatis feed back ke kita pun baik. Malah menurutku kalau kita bisa manfaatkan teknologi dan bisa mengikuti perkembangan teknologi, banyak keuntungan yang kita dapatkan, salah satunya sebagai berikut:

Memudahkan Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang aku sebutkan di atas, saat ini gaya hidup masyarakat pelan-pelan berubah. Yang tadinya segala sesuatu dilakukan secara offline, saat ini mau nggak mau harus dilakukan secara online, terlebih adanya pandemi yang mengharuskan kita untuk di rumah saja. Jujur, aku merasa terbantu banget dengan teknologi dan jaringan internet yang stabil. Karena aku bisa berbelanja hanya dengan rebahan saja, bisa mengajar online dengan duduk manis di rumah saja, bahkan kalau sakit bisa konsultasi dengan dokter online tanpa harus ke Rumah Sakit, dan yang paling penting adanya teknologi dan internet stabil bisa melepas rindu meski hanya dengan video call. Dududu

Menghasilkan Pendapatan 

Sepakat nggak kalau dari teknologi dan internet kita bisa mendapat penghasilan? Sepakat kan? Ya kan? Ya dong! Soalnya aku sudah membuktikan, gaji bulananku justru lebih besar dari penghasilan memanfaatkan teknologi dan internet. Ahahaha, sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari teknologi dan internet, salah satunya dengan jualan online, atau jika kita punya skill seperti menulis, desain grafis, programer, videografi, fotografi, dll bisa juga menawarkan jasa kita dengan bergabung di situs freelance. 

Mengasah Skill

Yap! Dengan teknologi dan dukungan internet yang stabil aku bisa leluasa belajar apapun yang aku mau. Sungguh, contoh kecilnya dulu boro-boro aku tahu apa itu blog, boro-boro aku tahu bagaimana membuat desain grafis, boro-boro tahu tools apa yang digunakan untuk mengedit video. Tapi, saat ini tinggal buka google ketikkan apa yang ingin kita tahu, otomatis google akan menampilkan segudang info yang kita mau. Selain itu, saat ini juga banyak webinar keren-keren lho, banyak tema yang menarik untuk diikuti. Nggak kehitung deh, selama pandemi ini aku sudah ikutan webinar berapa kali, lumayan karena bisa menambah wawasan dan mengasah skill supaya bisa bersaing di dunia digital.

Berkreasi Tanpa Batas

Dengan teknologi dan jaringan internet yang stabil kita bisa berkreasi tanpa batas. Apa pun bisa kita kerjakan, nggak ada batasan. Yang membatasi adalah diri kita sendiri, jika memang hal positif hayuk gas terus, tapi jika itu hal negatif maka pelan-pelan kita batasi. Syukur-syukur dengan kita berkreasi bisa bermanfaat buat orang lain, intinya mari lakukan apapun yang kita mau selagi itu positif meski dari hal kecil sekalipun. Asah skill, perbanyak belajar, dan we can do it!

Smartfren Luncurkan WOWLabs Sebagai Wadah Kokreasi

WOWLabs Sebagai Wadah Kokreasi
WOWLabs Sebagai Wadah Kokreasi
Berbicara soal kreasi tanpa batas memang nggak bisa terlepas dari dunia teknologi dan jaringan internet yang memadai ya? Salah satu provider jaringan internet yang sangat peduli dengan generasi konten dalam berkarya adalah Smartfren. Aku masih kagum banget saat mengetahui Smartfren meluncurkan WOWLabs. WOWLabs ini sebagai wadah kokreasi untuk generasi konten Indonesia. 

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren menuturkan bahwa melalui WOWLabs, Smartfren ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Fyi, WOWLabs ini bukan hanya menginspirasi, tetapi juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mengasah skill dan mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs ibarat sebuah kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua. Berasa tertular semangatnya nggak sih?

Terlebih, hasil penjualan produk khusus WOWLabs ini akan didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah dan siapapun yang membutuhkan. Auto merapal doa-doa, semoga WOWLabs ini bisa sukses dan bisa menginspirasi banyak orang untuk saling membantu sesama. Pun semoga makin banyak anak muda yang berani berkreasi tanpa batas mewujudkan ide-ide dan karya mereka sehingga dapat mengubah wajah Indonesia.

Smartfren WOWLabs Gandeng Kreator Lokal

Smartfren WOWLabs
Produk limited edition Smartfren WOWLabs
Kerennya lagi, Smartfren WOWLabs telah menggandeng beberapa brand dan kreator lokal ada Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store. Senang banget saat tahu kreator lokal ini berkolaborasi untuk menghasilkan karya limited edition yang hasilnya nggak kalah dengan kreator Internasional. Saat ini, produk kolaborasi yang sudah tersedia adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops yang keduanya dibuat dengan desain karya Addy Debil. 

Memang ya dengan memanfaatkan teknologi dan internet kita bisa berkreasi tanpa batas, ada kepuasan tersendiri terlebih jika hasil penjualannya disalurkan untuk membantu sesama, seperti sebagian hasil penjualan produk limited edition kolaborasi dari Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store yang digunakan untuk memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Salah satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren.

Saat ini Smartfren Community memiliki 11 Rumah Kreatif lho, salah satunya ada di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, dan Cilacap. Buat teman-teman yang ingin bergabung di Rumah Kreatif bisa banget dong, ada banyak hal seru yang bisa didapatkan. Itung-itung untuk mengasah skill dan mengembangkan kemampuan diri.

Fyi, sebelum meluncurkan WOWLabs, Smartfren juga menjalin kemitraan dengan berbagai kreator muda Indonesia lho. Ada Addy Debbil merupakan seniman grafis yang hasil karyanya ditampilkan dalam WOW Virtual Concert 2020 lalu. Selain itu, desain karya Addy Debbil juga disematkan dalam kaus dan masker yang dijual melalui Ahha Official Store dan hasil penjualannya didonasikan melalui Benih Baik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Yuk ah, meski pandemi gini kudu tetap semangat berkarya! Jangan mau kalah dengan para kreator di atas dong, ya meskipun apalah aku dibanding dengan mereka (sadar diri woi). Ahahah, eh tapi nggak ada salahnya untuk terus berproses, ya!

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Mayuf
9 Desember 2020 17:27

Wih mantul nih Smartfren, aku juga pengguna setia Smartfren unlimited wkwk

Ashan
10 Desember 2020 01:42

semakin berkembang melebarkan sapap~

Ella Fitria
11 Desember 2020 00:42

iya mas Mayuf, kenceng juga jaringannya 😀
apalagi Smartfren punya banyak program yang mendukung generasi milenial buat semangat berkarya 🙂

Ella Fitria
11 Desember 2020 00:43

ahahaha, sa ae Mas Ashan.. berkembang melebarkan jaringan iya 😀

Obat Sakit 2011
11 Desember 2020 01:29

iya mbak bos
tinggal menawari mata kita kuat apa ndak melihat gadget tiap hari

Farah Salsabila
11 Desember 2020 06:06

mantap sih! semoga program nya lancar dan bener bener bisa membantu masyarakat terutama dalam menghadapi pandemi ini sekarang

Ella Fitria
14 Desember 2020 01:08

ahahaha, iya nih. pintar2 atur waktu istirahat biar matanya tetap sehat dong

Ella Fitria
14 Desember 2020 01:10

iya mbak Farah, semoga program WOWLabs ini sukses dan bisa membantu masyarakat sekitar 🙂

Hermansyah
14 Desember 2020 04:37

Sebuah inovasi yang benar-benar bisa membantu para kreator untuk terus berkembang.

Ikrom Zain
14 Desember 2020 22:20

tinggal pinter pinternya kita dalam memanfaatkan teknologi ya mbak
tapi smartfren ini keren si udah menjangkau banyak kota buat menggandeng kreator lokal biar bisa berkembang
sering banget ngadain acara yang bermanfaat

My Naden Milen
15 Desember 2020 06:59

Wih cocok nih kartu smartfren untuk konten creator. Semanagat ngeblognya kak

Ainun
15 Desember 2020 22:30

aku pemakai smartfren juga dan selama ini baik-baik aja kecuali kalau dibawa ke gunung hehehe
sekarang makin berinovasi aja si smartfren ini dan suka sama programnya smartfren wowlabs ini, demi memajukan generasi muda sekarang
kalau aku dikasih wadah kayak gini, udah pasti nggak mau menyiakan

Ella Fitria
18 Desember 2020 03:06

iya nih kak El, tanpa jaringan internet apalah aku.. sungguh deh, wkwkwk
untung aja di tempatku smartfren ini kenceng banget jaringannya 🙂

Ella Fitria
18 Desember 2020 03:18

iya mas Ikrom, sekarang ini kalau bisa memanfaatkan teknologi banyak untungnya. ya kan era digital gini nggak menyesuaikan keadaan bakal ketinggalan kan? bener banget sih, di desaku aja jaringan smartfren ini kuat banget 😀

Ella Fitria
18 Desember 2020 03:18

iya kak Milen, semangat ngeblog juga yak!

Ella Fitria
18 Desember 2020 03:21

iya mbak Ainun, bener banget di desaku aja sinyal smartfren kuat banget 😀
padahal mah disini jaringan internet lumayan susah, hanya beberapa provider yang support. yuk yuk produktif yuk 😀

Fenni Bungsu
18 Desember 2020 08:08

Lewat online tetep bisa berpenghasilan dong, karena kreativitas tanpa henti apalagi didukung dengan jaringan internet yang stabil ini nih sehingga bekerja daring nggak ada masalah

Yustrini
18 Desember 2020 17:51

Lewat internet jadi bisa berkreasi di mana aja ya. Sekalipun di desa rejeki kota hehe..Smartfren provider yang bagus dan murah paket datanya

Diah Alsa
20 Desember 2020 06:39

semangat berkarya ya Kak
di tempatnya Smartfren ini udah masuk kan? jadi bisa lebih leluasa bekerja doong ya Kak, makin banyak karya yang bisa dihasilkan lagi dan bermanfaat tuk orang lain 🙂

Sarieffe
20 Desember 2020 21:34

Mantap juga nih program wowlabs dari Smartfren ini. Sampai sudah ada 11 rumah kreatif yang menyalurkan bakat minat para kreator.