Rekomendasi 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

oleh Ella Fitria
Rekomendasi 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM
 Rekomendasi 5 Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Membangun UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memang bukan sesuatu yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar UMKM yang sedang dibangun dapat meraih kesuksesan. Salah satu hal yang penting tersebut adalah pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan akan menjadi penentu kesehatan dari keuangan UMKM dan juga akan menjadi penentu keberhasilan UMKM tersebut, oleh karenanya pastikan kamu mengelola keuangan UMKM ini dengan baik. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan dan cara paling mudah adalah dengan software akuntansi. Software akuntansi memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, khususnya keuangan UMKM.

Pengertian Software Akuntansi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang software akuntansi, sebenarnya apa sih software akuntansi ini? Software akuntansi adalah sebuah perangkat lunak dengan fitur-fitur akuntansi yang akan membantu penggunanya melakukan pengelolaan keuangan. Software akuntansi ini akan membantumu melakukan pencatatan sehingga kamu nggak perlu melakukan pencatatan keuangan secara manual atau memasukan rumus seperti halnya di Excel. Nggak hanya itu, dengan software akuntansi kamu juga bisa mendapatkan laporan keuangan secara otomatis tanpa harus repot membuatnya.

Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM

Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM
Software Akuntansi Terbaik untuk UMKM
Memilih software akuntansi untuk UMKM merupakan sesuatu yang penting. Pastikan kamu memilih software akuntansi terbaik untuk membantu keuangan UMKM yang kamu kelola. Berikut beberapa rekomendasi software akuntansi untuk UMKM yang wajib kamu coba:

1. Kledo

Kledo merupakan software akuntansi yang sangat cocok untuk pengelolaan keuangan UMKM. Terlebih dengan basis cloud yang ada di dalamnya membuat Kledo dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Selain itu Kledo juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan UMKM, seperti invoice, purchasing, inventory, biaya, aset tetap, dan laporan. Terdapat 3 (tiga) paket yang dapat dipilih di Kledo, yaitu paket gratis selamanya, paket pro, dan paket elit. Dengan paket gratis selamanya kamu bisa menggunakan Kledo secara gratis selamanya, namun ada fitur-fitur tertentu yang nggak dapat digunakan. Untuk bisa menggunakan semua fitur yang ada di Kledo kamu bisa memilih paket pro atau paket elit.

2. GNU Cash

GNU Cash bisa menjadi salah satu pilihan buat kamu yang ingin menggunakan software akuntansi yang cocok untuk UMKM. GNU Cash didesain khusus agar mudah digunakan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM. GNU Cash telah dilengkapi fitur-fitur membuat pengelolaan keuangan jadi super mudah, yaitu mulai dari fitur account invoicing, fitur receivables, fitur account payables, fitur account investasi, fitur depresiasi nilai, pajak, akun kredit, hingga fitur pinjaman. Selain fitur-fitur di atas, GNU Cash juga mampu melacak pendapatan, rekening bank, beban, dan juga saham. Namun untuk menggunakan GNU Cash kamu harus mengunduh dan menginstalnya di komputer.

3. Zipbook

Rekomendasi software akuntansi terbaik untuk UMKM selanjutnya adalah software akuntansi dari Zipbook. Zipbook adalah software akuntansi yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun bisa digunakan secara gratis, Zipbook memiliki fitur yang lengkap. Buat kamu yang membutuhkan software akuntansi untuk pengelolaan keuangan freelance atau tenaga lepas, Zipbook ini sangat cocok. Zipbook telah dilengkapi live chat untuk semua penggunanya yang membutuhan bantuan saat menggunakan Zipbook. Sayangnya, karena Zipbook belum ada di Indonesia, membuat kamu harus menyesuaikan jam kerja di luar negeri saat ingin menggunakan live chat yang ada di Zipbook.

4. Wave

Masih membutuhkan rekomendasi software akuntansi gratis lainnya? Mungkin software akuntansi dari Wave bisa menjadi salah satu pilihan. Wave merupakan software akuntansi yang dapat digunakan secara gratis. Meskipun gratis, Wave tetap memberikan fitur-fitur terbaiknya, mulai dari invoice, pencatatan laporan keuangan, hingga membuat kuitansi secara online. Selain itu, Wave juga dapat digunakan untuk menghubungkan rekening bank dan kartu kredit tanpa adanya batasan ke pembukuan. Dengan semua kemudahan dan fitur yang ada di dalamnya, Wave telah digunakan oleh jutaan orang baik versi gratis ataupun berbayar.

5. Cloudbooks

Cloudbooks menjadi rekomendasi software akuntansi selanjutnya yang dapat digunakan secara gratis dan di sana kamu dapat menambahkan pengguna secara bebas, dapat membuat invoice, membuat proyek, melacak pengeluaran, melacak waktu yang terintegrasi, hingga untuk memberikan perkiraan. Selain gratis, software akuntansi ini juga dapat digunakan dengan berbayar dan mendapatkan fasilitas pengiriman invoice lebih dari 5 untuk setiap bulannya dan juga dapat melakukan pembayaran online.

Kesimpulan

Software akuntansi menjadi pilihan paling tepat bagi UMKM yang ingin mengelola keuangan dengan mudah. Ada berbagai jenis software akuntansi yang dipilih. Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi yang telah dijelaskan di atas dan pastikan dengan software akuntansi tersebut keuangan usaha menjadi lebih sehat dan dikelola dengan baik.

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 23 Februari 2021 - 10:00

wah iya kah? kepoin aahh

Balas
Fajarwalker.com 23 Februari 2021 - 09:55

Ada yang kurang nihh. Paper.id andalankuh gratisan ehehehe

-Fajarwalker.com

Balas
Ella Fitria 14 Februari 2021 - 00:28

iya mas Dodo, aku pun iseng nyobain. ya gimana, gratis sih, wkwkkwk

Balas
Kangg Mas Joe 12 Februari 2021 - 02:48

Hooo, software ini sangat bermanfaat mbak. Terima kasih atas rekomendasi nya, akan saya coba nih..

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 04:13

iya kak Bayu, software akuntansi ini memang memudahkan banget buat para UMKM dan pembisnis 🙂

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 04:13

iyap mbak Mutia, bener banget. tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan kita 🙂
soalnya kalau soal keuangan dicatat manual riskan banget untuk tingkat kesalahan

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 04:10

iya mbak Mei, bakal bermanfaat banget buat para UMKM dan pembisnis buat mencatat pembukuan penjualan 🙂

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 03:31

Iya mbak Mia, bener banget. kl pilih paket Kledo pro bisa mengakses semua fitur 😀

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 03:26

eh mbak Farah, cus kepoin software akuntansinya kak. siapa tahu bisa berguna buat referensi software yang cocok untuk UMKM

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 03:04

iya, kak. silakan dikepoin mau pakai software akuntansi yang mana. ehehe
banyak pilihannya juga, bisa free dan yang berbayar

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 03:03

yap! software akuntansi macam ini bisa banget membantu pencatatan dan penmbukuan para UMKM

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 03:01

yap, bisa kak Zen

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 02:59

bener banget, biar makin efektif dan efisien mesti menggunakan pilihan software akuntansi 😀

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 02:57

semua tergantung kebutuhan kita kak, jadi sebelum menentukan mau menggunakan software yang mana pastikan kita sudah tahu apa saja yang kita butuhkan. baru deh konsultasikan dengan pihak penyedia layanan softwarenya

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 02:56

iya kak Bayu, sebenarnya ada banyak software semacam ini, tinggal kita sesuaikan saja dengan kebutuhan yang kita perlukan

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 02:45

iya mbak Dian, dulu masih manual dan ribetnya nggak ketulungan. sekarng ini banyak software akuntansi yang memudahkan para pembisnis untuk mencatat keuangan

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 02:44

bener sekali mbak, tinggal pintar2 kita melihat peluang dan mencari tahu software apa yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan pencatatan laporan 🙂

Balas
Ella Fitria 9 Februari 2021 - 02:37

benar sekali mbak Muginar.. dengan pilihan software beragam ini bakal membantu dalam pencatatan dan pembukuan akuntansi 😀

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: