5 Destinasi Wisata Populer Dekat Stasiun Surabaya

oleh Ella Fitria
5 Destinasi Wisata Populer Dekat Stasiun Surabaya

Hingga kini, bepergian naik kereta api memang menjadi favorit banyak orang. Selain harga tiketnya yang relatif terjangkau, banyak juga yang menyukai perjalanan darat dan berbagai pemandangan menarik selama perjalanan.

Jika kamu akan mengunjungi Surabaya dalam waktu dekat dan menggunakan kereta api untuk menuju kota ini, jangan lupa mampir ke destinasi wisata populer Surabaya berikut ini, ya! Lokasinya nggak begitu jauh dari Stasiun Gubeng Surabaya kok.

1. Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam atau yang juga dikenal dengan nama Monkasel merupakan salah satu museum unik dan populer di Surabaya.

Bangunannya bukan terbuat dari batu bata seperti bangunan pada umumnya, tetapi merupakan kapal selam asli KRI Pasopati 410 yang dulunya dipakai dalam Pertempuran Laut Aru dalam misi pembebasan Irian Barat.

Kamu bisa mengelilingi tujuh ruangan yang ada di kapal selam sepanjang 76,6 meter ini. Kamu bisa mengetahui kondisi detail di dalam kapal selam hingga tempat tinggal para perwira. Kamu juga bisa menonton film tentang Angkatan Laut RI pada zaman memperjuangkan kemerdekaan. Ada banyak spot foto keren di museum ini lho!

Di bagian luarnya juga terdapat banyak cafe untuk bersantai di pinggir Sungai Kalimas yang tertata dengan rapi.

2. Arca Joko Dolog

Tempat wisata populer di Surabaya lainnya yang dekat dari Stasiun Gubeng adalah Arca Joko Dolog yang juga dikenal sebagai arca perwujudan Prabu Kertanegara; raja dari kerajaan Singasari.

Arca ini memang dibuat untuk menghormati Raja Singasari yang dikenal memiliki keinginan untuk mempersatukan semua kerajaan melalui ekspedisi Pamalayu.

Wisata cagar budaya peninggalan zaman kerajaan Singasari ini masih berdiri dan terawat dengan baik. Di bagian badan arca ini terdapat syair tentang pembagian kerajaan Jawa menjadi Panjalu dan Jenggala yang ditulis dalam bahasa Sanskerta.

3. Museum Kanker

Museum yang berjarak sekitar 3 menit jalan kaki dari Stasiun Gubeng ini juga menarik untuk dikunjungi. Museum kanker pertama di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2013.

Disini kamu bisa mendapatkan banyak informasi terperinci mengenai kanker. Selain itu disini kamu juga bisa melihat berbagai organ tubuh yang terkena kanker dan sudah diawetkan.

4. Bonbin Surabaya (Kebun Binatang Surabaya)

Destinasi wisata populer di Surabaya selanjutnya adalah kebun binatang Surabaya yang juga dikenal dengan Bonbin Surabaya. Tempat ini cocok dikunjungi jika kamu ke Surabaya bersama keluarga.

Koleksi hewan di kebun binatang ini tergolong lengkap. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di kebun binatang ini. Seperti misalnya memberi makan gajah, jerapah, buaya, komodo, unta, rusa, domba dan juga monyet di hari-hari tertentu. Kamu juga bisa berfoto dengan ikon Kota Surabaya, yaitu patung Sura dan Baya.

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, pengunjung diwajibkan memakai masker, jaga jarak dan juga rajin mencuci tangan selama berada di dalam kawasan Bonbin Surabaya.

5. Es Krim Zangrandi

Bagi kamu yang suka dengan wisata kuliner, jangan sampai kelewatan kesempatan mencicipi es krim legendaris di Surabaya ini ya. Es krim Zangrandi terletak sekitar 1,2 kilometer Stasiun Gubeng.

Gerai es krim ini termasuk salah satu yang tertua di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1930. Disini kamu bisa mencicipi banyak menu es krim dengan cita rasa klasik dan tentu saja enak. Beberapa menu es krim Zangrandi yang patut kamu coba adalah es krim soda, Macedonia dan banana split.

Selain es krim, kamu juga mencicipi menu menarik lainnya, seperti pancake, omelette, waffle dan banyak lainnya.

Selain 5 tempat wisata di atas, ada juga mal di dekat Stasiun Gubeng yang bisa kamu kunjungi jika ingin ngadem begitu tiba di Surabaya. Contohnya saja Delta Plaza yang jaraknya sekitar 350 meter saja dari pintu Stasiun Gubeng. Mal ini berada di dekat Monumen Kapal Selam lho!

Booking Tiket Kereta Api via Traveloka
Booking Tiket Kereta Api via Traveloka

Sudah semakin nggak sabar berkunjung ke Surabaya? Jangan lupa beli tiket kereta api ke Surabaya secara online dengan mudah lewat Traveloka. Melalui website atau aplikasi Traveloka kamu bisa cek jadwal lengkap kereta api ke Surabaya dan memesannya dengan mudah. Saat ini, kamu bisa memesan tiket kereta api untuk keberangkatan hingga 30 April 2021, lho!

Pastikan juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada agar perjalanan kamu aman dan juga nyaman ya.

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Sintia Astarina
18 April 2021 11:10

Dulu waktu ke Surabaya belum explore banyak. Lain kali ada kesempatan, boleh nih cobain 5 tempat wisata ini. Aku penasaran sama es krimnya!

Bang Day | Bede
18 April 2021 11:10

2018 pernah nginap hotel yang dekat monumen kapal selam. Entah knp waktu itu gak kepikiran untuk masuk ke dalam.

Farida Pane
20 April 2021 00:11

Aku baru tahu soal museum kanker. Zangrandi otentik banget rasanya.
Delta Plaza udah lama diganti namanya jadi Plaza Surabaya. Kalau masih terbiasa nyebut delta plaza, berarti kita sezaman hihihi..

Ella Fitria
20 April 2021 12:57

Ahahah, kl aku main ke Surabaya mau kabarin mbak Farida ahhh

Novri Yanti
22 April 2021 08:16

dari kelimanya, saya cuma baru pernah ke bonbin, hehe.. eh es krim zangrandy katanya sudah tutup mba, apa buka lagi ya, Sayang juga sih kalau beneran tutup, sudah melegenda dan khas suroboyo banget..

Hastin Pratiwi
24 April 2021 10:36

Wuahhh … terakhir ke Surabaya udah lamaa, tahun 2012 karena transit di Juanda. 😀 Itu pun cuma mampir Tunjungan Plaza aja, gak sempat ke mana-mana. Seandainya bisa ke sana lagi, aku pengen naik kereta api aja ah, beli tiket lewat Traveloka biar hemat, terus makan es krim Zangrandy. Gitu aja udah bahagia kalau aku mah… *eeeaaa

Maria Tanjung Sari
25 April 2021 07:00

Saya paling senneng kalau liburan lewat stasiun gubeng mba. Kalau pasar turi agak jauh. Emang bner nih kalau ke gubeng banyak tempat kuliner, wisata tipis2.

denik
25 April 2021 07:00

Jadi kangen ke Surabaya. Aku belum main ke museum kapal selam nih. Penasaran.

Yeti Nurmayati
25 April 2021 07:00

Blog mbak Ella mah selalu keren. Selalu berisi. Saya pernah tinggal di daerah Berbek industri dan dekat Surabaya, tapi nggak tahu sedetil itu soal Surabaya hehe

Lisa Lestari
25 April 2021 11:20

Jadi inget, terakhir ke bonbin surabaya itu pas masih kelas 3 sd atau 2 sd ya. Udah lama banget, nggak pernah ke Surabaya. Membaca tulisan ini, berasa jalan-jalan ke sana lagi

Diah Alsa
25 April 2021 15:48

Berapa kali ke Surabaya sayangnya belum sempat mampir ke tempat-tempat icon Surabaya ini deh, noted nih semua tempatnya, semoga ada rejeki dan kesempatan lagi bisa ke Surabaya.

Rasanya setelah kejadian KRI Nanggala 402 ini, bakalan banyak yang penasaran dengan kapal selam dan pasti ingin melihat langsung keadaan di dalam kapal selam, Museum kapal selam bakalan diserbu nih.

Risma Mualifatun Ni'mah
25 April 2021 15:47

Kalo ke Surabaya kayaknya nggak cuma cukup untuk urusan penting aja. Next harus jalan-jalan ke tempat-tempat yang disebutkan mbak Ella.

Antung apriana
26 April 2021 00:51

aku pernahnya ke kebun binatang surabaya aja waktu ke surabaya dulu. Semoga aja bisa ke surabaya lagi biar bisa eksplor lebih banyak tempat wisatanya

Ella Fitria
26 April 2021 02:09

masih buka kok mbak, agendakan kl pandemi sudah kelar kulinerean di Surabaya, xixi

Ella Fitria
26 April 2021 02:10

mau juga aku tu, wkwkw
abis pandemi lah, gas Surabaya lagi naik kereta, trus kulineran mamam es krim zangrandy

Ella Fitria
26 April 2021 02:12

iya mbak, lebih ramai juga ya.. bisa lah sembari nunggu jadwal tiket main2 dlu di sekitar stasiun Gubeng 😀

Ella Fitria
26 April 2021 02:12

kalau pandemi dah kelar main2 ke Surabaya ya mbak 😀

Ella Fitria
26 April 2021 02:13

ahaha, mbak Yeti bisa aja.. nah kalau pas nostalgia main2 ke Surabaya cobain mampir ke tempat2 di atas 😀

Ella Fitria
26 April 2021 02:14

wah udah puluhan tahun dong mbak Lisa? Semoga kapan2 bisa nostalgia ke Surabya lagi yak 😀

Ella Fitria
26 April 2021 02:16

Aamiin mbak Diah, semoga ada rejeki dan kesempatan lagi buat main ke Surabaya ya..
sepertinya tebakan mbak Diah benar deh, bisa jadi museum kapal selam akan ramai karena pd penasaran dengan kapal selam. btw, salam hormatku untuk para prajurit KRI Nanggala 402 yang bertugas dikeabadian..