5 Destinasi Wisata Populer Dekat Stasiun Surabaya

oleh Ella Fitria
5 Destinasi Wisata Populer Dekat Stasiun Surabaya

Hingga kini, bepergian naik kereta api memang menjadi favorit banyak orang. Selain harga tiketnya yang relatif terjangkau, banyak juga yang menyukai perjalanan darat dan berbagai pemandangan menarik selama perjalanan.

Jika kamu akan mengunjungi Surabaya dalam waktu dekat dan menggunakan kereta api untuk menuju kota ini, jangan lupa mampir ke destinasi wisata populer Surabaya berikut ini, ya! Lokasinya nggak begitu jauh dari Stasiun Gubeng Surabaya kok.

1. Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam atau yang juga dikenal dengan nama Monkasel merupakan salah satu museum unik dan populer di Surabaya.

Bangunannya bukan terbuat dari batu bata seperti bangunan pada umumnya, tetapi merupakan kapal selam asli KRI Pasopati 410 yang dulunya dipakai dalam Pertempuran Laut Aru dalam misi pembebasan Irian Barat.

Kamu bisa mengelilingi tujuh ruangan yang ada di kapal selam sepanjang 76,6 meter ini. Kamu bisa mengetahui kondisi detail di dalam kapal selam hingga tempat tinggal para perwira. Kamu juga bisa menonton film tentang Angkatan Laut RI pada zaman memperjuangkan kemerdekaan. Ada banyak spot foto keren di museum ini lho!

Di bagian luarnya juga terdapat banyak cafe untuk bersantai di pinggir Sungai Kalimas yang tertata dengan rapi.

2. Arca Joko Dolog

Tempat wisata populer di Surabaya lainnya yang dekat dari Stasiun Gubeng adalah Arca Joko Dolog yang juga dikenal sebagai arca perwujudan Prabu Kertanegara; raja dari kerajaan Singasari.

Arca ini memang dibuat untuk menghormati Raja Singasari yang dikenal memiliki keinginan untuk mempersatukan semua kerajaan melalui ekspedisi Pamalayu.

Wisata cagar budaya peninggalan zaman kerajaan Singasari ini masih berdiri dan terawat dengan baik. Di bagian badan arca ini terdapat syair tentang pembagian kerajaan Jawa menjadi Panjalu dan Jenggala yang ditulis dalam bahasa Sanskerta.

3. Museum Kanker

Museum yang berjarak sekitar 3 menit jalan kaki dari Stasiun Gubeng ini juga menarik untuk dikunjungi. Museum kanker pertama di Indonesia ini sudah berdiri sejak tahun 2013.

Disini kamu bisa mendapatkan banyak informasi terperinci mengenai kanker. Selain itu disini kamu juga bisa melihat berbagai organ tubuh yang terkena kanker dan sudah diawetkan.

4. Bonbin Surabaya (Kebun Binatang Surabaya)

Destinasi wisata populer di Surabaya selanjutnya adalah kebun binatang Surabaya yang juga dikenal dengan Bonbin Surabaya. Tempat ini cocok dikunjungi jika kamu ke Surabaya bersama keluarga.

Koleksi hewan di kebun binatang ini tergolong lengkap. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di kebun binatang ini. Seperti misalnya memberi makan gajah, jerapah, buaya, komodo, unta, rusa, domba dan juga monyet di hari-hari tertentu. Kamu juga bisa berfoto dengan ikon Kota Surabaya, yaitu patung Sura dan Baya.

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, pengunjung diwajibkan memakai masker, jaga jarak dan juga rajin mencuci tangan selama berada di dalam kawasan Bonbin Surabaya.

5. Es Krim Zangrandi

Bagi kamu yang suka dengan wisata kuliner, jangan sampai kelewatan kesempatan mencicipi es krim legendaris di Surabaya ini ya. Es krim Zangrandi terletak sekitar 1,2 kilometer Stasiun Gubeng.

Gerai es krim ini termasuk salah satu yang tertua di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1930. Disini kamu bisa mencicipi banyak menu es krim dengan cita rasa klasik dan tentu saja enak. Beberapa menu es krim Zangrandi yang patut kamu coba adalah es krim soda, Macedonia dan banana split.

Selain es krim, kamu juga mencicipi menu menarik lainnya, seperti pancake, omelette, waffle dan banyak lainnya.

Selain 5 tempat wisata di atas, ada juga mal di dekat Stasiun Gubeng yang bisa kamu kunjungi jika ingin ngadem begitu tiba di Surabaya. Contohnya saja Delta Plaza yang jaraknya sekitar 350 meter saja dari pintu Stasiun Gubeng. Mal ini berada di dekat Monumen Kapal Selam lho!

Booking Tiket Kereta Api via Traveloka
Booking Tiket Kereta Api via Traveloka

Sudah semakin nggak sabar berkunjung ke Surabaya? Jangan lupa beli tiket kereta api ke Surabaya secara online dengan mudah lewat Traveloka. Melalui website atau aplikasi Traveloka kamu bisa cek jadwal lengkap kereta api ke Surabaya dan memesannya dengan mudah. Saat ini, kamu bisa memesan tiket kereta api untuk keberangkatan hingga 30 April 2021, lho!

Pastikan juga untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada agar perjalanan kamu aman dan juga nyaman ya.

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Adi 14 Juli 2021 - 03:06

Mantab, sama-sama anak Surabaya nich. Saya sendiri merasa di Surabaya kurang banget spot wisata, selain mall tentunya. Jadi, rasa-rasanya harus pergi ke luar kota. Tapi memang beberapa yang disebutkan luar biasa keren, kaya Zangrandi dan Bonbin. Sayangnya sekarang Surabaya harus berjuang melawan pandemi.

Balas
sandra 18 Mei 2021 - 09:29

Very interesting blog! Thank you for posting.

Balas
Ella Fitria 12 Mei 2021 - 09:49

Iya nih, masukin wishlist kl main ke Surabaya ya

Balas
Ella Fitria 12 Mei 2021 - 09:48

Besok kl pandemi kelar kita main ke Surabaya bareng yukkk

Balas
Ella Fitria 12 Mei 2021 - 09:40

Jadi pengen zangrandi uhuy

Balas
M. Norfahrul 7 Mei 2021 - 11:45

Keren2 yah destinasi yg ada d surabaya

Balas
Ursula Meta Rosarini 5 Mei 2021 - 03:33

Huaaa aku udah lama banget ga ke Surabaya, terakhir waktu SD, dulu ke bonbin dan bbrp tempat wisata sekitar sana.

Balas
Ainun 30 April 2021 - 20:03

memorable banget zangrandi, karena yang di dekat delta plaza udah ditutup

Balas
Ella Fitria 26 April 2021 - 02:19

wah banyak juga yang pernah ke bonbin Surabaya yak, ehehe
aamiin ka Antung, semoga ada rejeki dan kesempatan buat eksplore Surabaya ya

Balas
Ella Fitria 26 April 2021 - 02:17

silakan mbak Risma, nunggu pandemi kelar dlu ya, riskan kalau sengaja jalan2 lagi masa pandemi gini, uhuhu

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: