Tips Ngabuburit Tetap Asyik di Tengah Pandemi

oleh Ella Fitria
 Tips Ngabuburit Tetap Asyik di Tengah Pandemi

Nggak terasa sudah masuk hari ke 18 kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, ya? Memang bukan pertama kali menjalani bulan suci ini di tengah pandemi. Tahun lalu, kami pun menjalani puasa Ramadan di tengah pandemi, nggak ada tarawih berjamaah di mushala, nggak ada salat subuh berjamaah, dan nggak suara anak-anak yang berlarian di dalam mushala. Nggak apa-apa, semuanya demi kebaikan kok, buat menjaga sesama biar kita semua bisa melewati pandemi ini.

Buatku Ramadan tahun ini serba baru, pelan-pelan tiap detik harus beradaptasi dengan adanya sosok suami. Aku mesti menemukan pola baru supaya nggak keteteran dan bisa menyelesaikan pekerjaan rumah. Sungguh Ramadan kali ini banyak hal baru yang aku pelajari, belajar bagaimana menyiapkan menu untuk suami, belajar bagaimana bekerjasama dengan suami, belajar bagaimana mengatur keuangan, waktu, dan tenaga untuk keluarga.

5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan untuk Menunggu Waktu Berbuka

Bagi pasangan baru menikah, menghabiskan waktu bersama seolah menjadi ritual yang mesti dilakukan setiap hari. Aku pun demikian, meski suami pulang dari kantor pukul 15.00 WIB, aku nggak mau menyia-nyiakan waktu bersama dong. Kira-kira apa saja sih hal yang bisa dilakukan biar ngabuburit bareng suami tetap seru meskipun di rumah saja?

1. Memasak Bersama

Buatku memasak untuk menu buka puasa sangat menantang karena aku nggak bisa mencicipi rasa masakan, kadang keasinan, kemanisan, pernah juga rasanya nggak karu-karuan. Asam, manis, nggak enak sama sekali. Ahahaha. Untungnya, suami menawarkan diri untuk membantu mengolah makanan setelah pulang dari kantor, meski kami sama-sama nggak jago memasak namun jika dikerjakan bersama hati kami sama-sama lega, toh masak bareng, kalau pun nggak enak ya sudah, nggak ada yang merasa bersalah.

2. Me Time di Rumah Ala Salon

Dulu, saat aku masih kuliah selalu rutin untuk treatment di salon. Setelah lulus kuliah dan kembali ke rumah sudah sangat jarang melakukan treatment. Bagaimana nggak jarang, wong kalau mau melakukan treatment keburu capek di jalan karena harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Nah meskipun sekarang sudah pindah dengan suami di tempat yang akses kemanapun mudah, tapi masih pandemi jadi nggak berani buat treatment. So, kami melakukannya di rumah untuk mengisi waktu luang sembari menunggu waktu berbuka puasa. Biasanya aku duluan yang melakukan faical ke wajah suami, baru deh bergantian. Meskipun nggak menggunakan alat, tapi cukup bikin rileks kok. Oya, kalau mau me time ala salon di sore hari mesti sudah menyiapkan menu untuk berbuka dong biar nggak keteteran.

3. Olahraga Ringan Bersama

Di sela-sela waktu luang saat menunggu buka puasa nggak ada salahnya melakukan olahraga ringan bersama keluarga. Olahraga saat berpuasa memang boleh? Oh tentu saja boleh, asalkan olahraga ringan seperti sit up, push up, yoga, atau naik turun tangga rumah. Nggak ada nikmat yang lebih kecuali tubuh kita sehat kan, ya? Apalagi di tengah pandemi begini, mesti menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan rutin berolahraga.

4. Berkebun

Jujur aku belum pernah berkebun yang menghasilkan sayur mayur, biasanya hanya berkebun tanaman hias doang. Tapi saat kemarin suami kekeuh ingin berkebun menanam cabai, sawi, kangkung, dll kok aku merasa tertantang juga. Ahahah. Seru juga sih menunggu waktu berbuka dengan berkebun dan menyiram tanaman, begitu panen tinggal dimasak, lumayan nggak perlu belanja sayur ke pasar.

5. Live Streaming

Live Streaming UFC
Live Streaming UFC
Hayo, teman-teman lagi senang menonton apa nih? Live streaming juga bisa menjadi salah satu cara ngabuburit asyik meski di rumah saja loh. Aku ingat banget saat duduk di bangku sekolah dasar, tiap sore hingga malam semua keluarga berkumpul di depan televisi untuk menyaksikan acara tinju. Yap! Tinju, apalagi saat ada petinju dari Banjarnegara yang masuk televisi, auto ramai banget jadi perbincangan orang sekabupaten. Wkwkwk

Sayangnya saat ini acara tinju di televisi sudah sangat jarang, untungnya aku masih bisa live streaming di UseeTV karena ada banyak pertandingan yang disajikan oleh Ultimate Fighting Championship (UFC). Fyi, UFC adalah perusahaan promotor seni bela diri campuran yang diadakan sejak tahun 1993. Nah UFC ini memproduksi acara di seluruh dunia yang menampilkan dua belas divisi barat (delapan divisi pria dan empat divisi wanita). Ada acara tinju, kickboxing, jiu-jitsu Brasil, sambo, gulat, muay thai, karate, taekwondo, dan juga judo.

Kita tinggal pilih saja nih, mau menonton acara yang mana. Untuk jadwal bisa langsung dicek di website UseeTV, ya. Lumayan, bisa live streaming gratis sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Kalau teman-teman biasanya melakukan aktivitas apa nih buat ngabuburit di rumah saja?

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Ainun
30 April 2021 20:03

me time ala salon ini aku demen mbak,kadang hair mask sendiri gitu, maksudnya biar hemat 😀

Ella Fitria
3 Mei 2021 01:52

nah benar mbak Ainun, selain biar hemat, rasanya lebih nyaman dan tenang karena nggak kontak fisik dengan orang lain 😀

Maria Tanjung Sari
4 Mei 2021 03:51

Kalau live streaming saya pasti bakal lupa waktu nih mbak, hehehe. Dan me time ini wajib kayaknya untuk kaum hawa cuma saya pribadi suka lupa. padahal ingin banget gitu ga mikirin aktivitas kantor dan pekerjaan beberes rumah

denik
9 Mei 2021 00:06

Wah, me time ala salon? Belum pernah tuh Mba. Boleh juga sesekali di coba ya?

Laily Fitriani
Laily Fitriani
9 Mei 2021 20:37

Wow, kegiatan yang mengasyikkan Mbak. Kalau aq jam-jamh ngabuburit umek di dapur kalau liburan. Kalau hari ngantor pastinya pulang sore dan lelah

Happy Dyah
9 Mei 2021 20:37

Me time ala salon klo aku ya ritual perawatan wajah alias facial sendiri. Maklum, aku juga terima facial panggilan niih

Lisa Lestari
9 Mei 2021 20:37

Me time ala salon, hmm, perlu dipertimbangkan nih, apalagi jika dilakukan bareng suami. Biasanya aku me time sendirian nih, suami nggak pernah ikutan nyalon.

Linda Puspita
10 Mei 2021 01:00

Noted kak, usee TV ya. Semenjak anak anak mulai gerak aktif nih, jarang bisa ngabuburit, uplek aja, tiba tiba udah buka puasa. kadang baru selesai beberes lalu mandi

Aprilely Ajeng Fitriana
10 Mei 2021 01:00

Kalau aku biasanya masak sambil ngangon bocah. Itu kalau di rumah dan suami lagi WFO. Tapi, kalau suami WFH, aku biasa masak sendiri sambil dengerin podcast.

Kayanya, itu deh me time-ku setelah jadi ibu.

Antung apriana
10 Mei 2021 01:00

kalau aku jarang banget ngabuburit selama ramadan ini. paling pulang kerja nyari kue buat buka. kalau sama suami dan anak-anak cuma 1 kali kayaknya

Ella Fitria
12 Mei 2021 09:14

Iya mbak, sesekali me time atau melakukan hal2 yg menyenangkan ya. Biar seimbang, tubuh sehat mental pun sehat 🙂

Ella Fitria
12 Mei 2021 09:15

Iya mbak Denik, biasanya sih creambath atau facial dg skincare ala kadarnya

Ella Fitria
12 Mei 2021 09:16

Iya mbak laily, untung aku masih wfh. Xixixi
Jam kantor suami juga pulang lebih awal kl bulan Ramadan 🙂

Ella Fitria
12 Mei 2021 09:18

Nggak apa2 mbak, yg penting sehat2 yaaa.. Jangan lupa istirahat yg cukup 🙂

Ella Fitria
12 Mei 2021 09:19

Mantap banget me timenya mbak. Boleh nih ku cobain masak sambil dengerin podcast

Nisya Rifiani
16 Mei 2021 08:41

Sebenernya banyaakkk kegiatan yang bisa kita lakukan biar ngabuburit makin asyik. Cuman yaitu, saking banyaknya malah jadi bingung…
Artikel kamu kayak mengingatkan beberapa kegiatan asyik sambil ngabuburit…

Diyanika
17 Mei 2021 01:52

Hahaha, ngomongin tinju, dulu pas ibuku hamil aku, ngidamnya nonton tinju di rumah tetangga, Mbak. Wajar saja kalau dulu aku tuh tomboy banget. Hihihi. Insyafnya pas masuk SMA deh jadi cewek banget karena mulai kenal kerudung.

Ella Fitria
25 Mei 2021 13:13

hehehe, iya mbak, sekarang udah nggak ngabuburit lagi yak? udah nggak puasa soalnya 😀

Ella Fitria
25 Mei 2021 13:14

ahahaha, gemas sekali ngidam nonton tinju mbak 😀
Tapi aku juga dari kecil suka nonton tinju sih, seru aja rasanya