4 Potensi Wisata Alam di Banjarnegara yang Patut Dikunjungi

oleh Ella Fitria
4 Potensi Wisata Alam di Banjarnegara yang Patut Dikunjungi
Cie, Dawet Ayu Banjarnegara juara 1 tuh. *isi chat singkat seorang teman yang sukses bikin aku senyum-senyum sendirian.

Ya, hal sepele memang, tapi bangga banget saat mengetahui minuman khas kota kelahiran bisa menjuarai kategori minuman tradisional terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berprofesi sebagai penjual Dawet Ayu dilakoni sebagian orang di kecamatanku, mereka rela merantau untuk menghidupi keluarganya dengan berjualan Dawet Ayu. Nggak kebayang sih, bagaimana bangganya bisa menjadi perantara minuman tradisional ini makin dikenal oleh masyarakat luas.

Dawet Ayu juga menyabet gelar sebagai minuman favorit pada ajang API Award 2020 loh. Harapanku, semoga tahun depan destinasi wisata di Banjarnegara bisa masuk nominasi API Award, yaa. Aamiin.

Nah, barangkali kamu sedang berada di kota Banjarnegara, Jawa Tengah atau kamu tinggal di Banjarnegara, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata alam yang sangat asri dan menantang, berikut ini 4 potensi wisata alam yang bisa kamu kunjungi:

Curug Pitu

Curug Pitu
Curug Pitu
Salah satu potensi wisata di Banjarnegara adalah jajaran curug (air terjun) dengan ketinggian yang nggak nanggung-nanggung. Seperti Curug Pitu yang berlokasi di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.
Rute menuju Curug Pitu dari alun-alun Banjarnegara cukup mudah, tinggal lurus saja ke arah timur sekitar 10 KM hingga menjumpai gapura Curug Pitu di kanan jalan. Dari gapura sudah nggak begitu jauh kok, medannya juga bagus bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.
Untuk tiket masuknya sangat terjangkau, sekitar Rp 4 ribu/orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan dan kesegaran curug Pitu dengan fasilitas yang cukup memadai.

Karang Gemantung

Karang Gemantung
Karang Gemantung
Aku masih ingat betul saat tahun 2018 mengeksplore Karang Gemantung yang terletak di desa Kebutuh, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara. Dulu, akses jalan menuju Karang Gemantung luar biasa sulitnya, hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua, itu pun beberapa kali kami terpaksa menuntun motor karena medannya yang terjal. POkoknya rute ini sangat cocok buat kamu yang suka menguji adrenalin.
Meski medannya cukup menantang, tapi begitu tiba di area Karang Gemantung mata ku nggak berhenti menjelajah ke segala arah. Karang Gemantung menyuguhkan keindahan karang-karang yang menjulang tinggi dan kokoh. Eksotis dan terlihat alami banget. Terlebih angin sepoi dan hawa sejuk membuat betah berlama-lama di sana meski sekadar duduk bersantai.
Dulu, masuk Karang Gemantung belum ada ticketing/ tarif parkir, tetapi saat ini sepertinya sudah dikenakan tiket masuk dan tarif parkir karena sudah dibuka untuk wisata.

Tebing Tampomas

Tebing Tampomas
Tebing Tampomas
Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Tampomas yang terletak di Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kalau kamu dari kota Banjarnegara membutuhkan waktu sekitar 20-25 menit untuk tiba di Tampomas. Askes menuju Tampomas ini sangat mudah kok, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.
Tampomas merupakan sisa gunung batu yang sudah ditambang dari puluhan tahun lalu, sekarang ini Gunung Tampomas menyisakan tebing batu serta kolam yang bisa dikelilingi dengan perahu wisata. Jika kamu berencana mengunjungi Tampomas, disarankan untuk berkunjung pada pagi/sore hari supaya tidak terlalu panas.
Untuk tiket masuk Rp5 ribu/orang, sedangkan tiket menaiki perahu kayu juga Rp 5 ribu/orang sudah termasuk pengaman life jacket.

Rafting Sungai Serayu

Rafting Sungai Serayu
Rafting Sungai Serayu
Nah, destinasi terakhir adalah Rafting Sungai Serayu. Siapa sih yang nggak tahu sungai serayu? Aku yakin deh, jika kamu menyukai wisata yang memacu adrenalin, rafting sungai serayu ini wajib dicoba. Ya, bagaimana nggak wajib dicoba, wong kamu akan diajak mengarungi sungai Serayu sepanjang 14 KM, dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Seru, kan?
Lokasi untuk Rafting Sungai Serayu ada di The Pikas Artventure yang beralamat di Jl. Raya Madukara No. 1, Ds. Kutayasa, Kec. Madukara, Kec. Banjarnegara, Jawa Tengah. Jika kamu berniat rafting, ada baiknya lakukan reservasi terlebih dahulu, ya! Bisa kepoin akun instagram @ThePikasArventure.

Selalu Terhubung dengan Internet untuk Mencari Rekomendasi Lainnya

Jujur, tanpa koneksi internet apalah aku. Hampir semua informasi yang aku dapatkan mengenai tempat-tempat wisata ini melalui internet. Aku juga selalu mengandalkan google maps yang terhubung dengan koneksi internet untuk menuju tempat-tempat di atas. Memang ya, di era digital seperti sekarang, internet bisa memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas, salah satunya traveling.
Gokil Max Smartfren
GOKIL MAX Smartfren
Fyi, Smartfren memiliki paket GOKIL MAX loh. Paket GOKIL MAX bisa kamu dapatkan dalam dalam bentuk voucher data, kartu perdana, maupun paket data yang tersedia di aplikasi MySmartfren. Untuk harga paket GOKIL MAX sangat terjangkau, apalagi kamu bisa mendapatkan kuota paling besar yang bebas digunakan di waktu pagi, siang, atau malam.

Berikut ini pilihan paket GOKIL MAX:

  • Rp30.000 mendapatkan total kuota 39 GB (Kuota  Nasional 3 GB, Kuota Lokal 6 GB, Extra Kuota (01.00-05.00) 30 GB, dan masa berlaku 30 hari);
  • Rp50.000 mendapatkan total kuota 71 GB (Kuota Nasional 7 GB, Kuota Lokal 14 GB, Extra Kuota 50 GB (01.00-05.00) dan masa berlaku 30 hari);
  • Rp70.000 mendapatkan total kuota 106 GB (Kuota Nasional 12 GB, Kuota Lokal 24 GB, Extra Kuota 70 GB (01.00-05.00), dan masa berlaku 30 hari).
Smartfren GOKIL MAX sudah bisa diperoleh di total 144 kota yang meliputi provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara loh.
Oya, untuk kuota lokal ini hanya bisa digunakan di dalam kota kamu, ya. Sementara jika kamu harus pergi ke luar kota, tetap bisa menggunakan paket kuota GOKIL MAX karena dibekali dengan Kuota Nasional yang bisa digunakan di berbagai kota. Terus nih, yang suka melek malam atau begadang bisa juga memanfaatkan Extra Kuota yang bisa digunakan pada pukul 01.00-05.00 WIB.
Yuk, berburu informasi potensi wisata yang ada di daerahmu, biar nanti kalau covid-19 sudah musnah kamu sudah memiliki wish list destinasi wisata yang akan dikunjungi. Jika kamu sedang di Banjarnegara atau berniat mengunjungi kota Banjarnegara, silakan bisa kontak aku, ya! Siapa tahu kita bisa seru-seruan bareng.
Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Arief Chasan
29 Mei 2021 22:15

belum pernah ke banjarnegara 🙁

Ainun
29 Mei 2021 22:15

semoga nanti ada kesempatan explore kotanya mba Ella
rafting ini emang paling seru ya, kangen mainan air yang bisa bisanya sama si guide nya sengaja dibalik perahunya biar kecebur semua hahaha

Ella Fitria
4 Juni 2021 23:41

Kalau main ke Banjarnegara berkabar saja yaa

Dian Restu Agustina
10 Juni 2021 06:37

Wah, baca ini bisa nambah wishlist-ku, mengunjungi potensi wisata di Banjarnegara. Keren-keren…dan biar mudah cari rekomendasi lain pas kalau pakai GOKIL MAX Smartfren

Okti Li
11 Juni 2021 03:02

Penasaran dengan tebing tampomas. Pengen coba melakukan panjat tebing di sana jadinya.
Sungai Serayu itu sangat terkenal lho ya tapi saya malah batu tahu kalau sekarang bisa dibuat untuk rafting

atiq - catatanatiqoh
12 Juni 2021 04:02

Cakeeeep-cakep nih 🙂 jadi pengen jalan-jalan huhuu.. paling cocok nih buat liburan di masa pandemi gini ya, alam terbuka biar gak stress di rumah terus haha

M. Norfahrul
12 Juni 2021 13:19

Wahh keren juga yah wisata yang ada di banjarnegara tp sayang jauh dr tempatku…

Loh kok terakhirnya jd ngiklan sih wkwkwkwk

Han
Han
12 Juni 2021 13:19

Wahh ternyata mba ella asli banjarnegara tohh. Hihi.
Cakep2 yah ternyata di sana destinasi wisatanyaa. Mudah-mudahan suatu saat bisa mampir

blogger parenting
12 Juni 2021 13:19

Yes kak.. di Medan sini pun dawet ayu dipasarkan oleh penjual berjalan kaki. Mereka ambil dari satu produsen besar.
Ooh ya ternyata dari Banjar negara.

Memang kalo traveling gak boleh putus internet. Kalo gak bakalan ribet deh urusan maps dan cek in hotel.

Nurhilmiyah
12 Juni 2021 22:27

Menarik sekali informasinya Mbak Ella… ada tebing Tampomas juga ya di sana, saya pernah baca tentang Tampomas nama gunung di Jawa Barat mirip nama kapal yang tenggelam zaman dulu kala. Trus ada raftingnya juga ya, seruu. Btw jadi tahu nih rahasinya Mbak Ella bisa mendapatkan segala macam info keren kayak gini ternyata online nya pakai Smartfren Gokil MAX yaa, noted. Tfs.

Zen
Zen
12 Juni 2021 22:27

Jawa memang terkenal dengan wisata alamnya yang melimpah. Kalau aku di Kalimantan sebenarnya ada sih wisata alam; pantai. Cuma memang karena jaraknya yang jauh (dan mager buat ke sana) jadinya ya jarang liburan ke tempat wisata alam.

Akarui Cha
12 Juni 2021 22:27

Teenyata ada wisata rafting juga di Banjarnegara. Aku taunya ya Banjarnegara iru setengah bagian dari Dieng. Kalo nggak salah, candi Arjuna masuk wilayah Banjarnegara bukan ya?

Marita Ningtyas
13 Juni 2021 03:14

Indonesia memang luar biasa indahnya ya, setiap kotanya menyimpan potensi wisata yang super cantik. Salah satunya ya Banjarnegara ini. Cocok nih jadi referensi kalau kapan-kapan main ke kota ini. Pengen banget rafting..

Mei Daema
14 Juni 2021 03:33

lihat ini jadi pengen traveling, sudah lama sekali ga traveling. pengen ke Tampomasnya kayaknya batu-batuannya bagus ya buat fotoan hehehe penasaran

Ella Fitria
24 Juni 2021 09:39

Wah kalau main ke Banjarnegara berkabar yak mbak. Xixixi
Iya sudah lama sungai Serayu bisa untuk rafting mbak

Ella Fitria
24 Juni 2021 09:40

Bener mbak. Tapi nanti dulu deh ditahan liburannya soalnya kasus pandemi ini lg naik2nya. Huhu

Ella Fitria
24 Juni 2021 09:43

Iya kak Han.. Main2 ke Banjarnegara kl corona dah pergi yaa..

Ella Fitria
24 Juni 2021 09:44

Waah di Medan ada juga Dawet Ayu tah. Bener banget nih, kl mau liburan atau traveling mesti siap siaga jaringan internet stabil biar nggak bingung mau kesana kesini cari referensi

Ella Fitria
24 Juni 2021 09:55

Iya mbak Mei. Wisata alam memang selalu bikin takjub. Main2 ke Banjarnegara kl corona sudah hilang yaa