Braling Grand Hotel by Azana, Satu-satunya Hotel Bintang 4 di Purbalingga

oleh - Mei 27, 2021

Braling Grand Hotel by Azana
 Braling Grand Hotel by Azana

“Setelah lebaran kayanya enak deh menginap di hotel yang asri, adem, dan sejuk. Rasanya sudah suntuk banget cuma ngantor - ngadep monitor - dinas luar - macet. Ada referensi hotel yang unik nggak, bu?” *sahutnya sepulang kerja.

Memang risiko menikah 4 hari sebelum bulan Ramadan ya begini, belum sempat jalan-jalan dan vacation. Cuma jalan-jalan ke Solo dan menginap semalam di sana, itu pun karena suami ada kerjaan. Mentok-mentoknya kami cuma makan di luar, menonton film, belanja, dan masak bareng. 

Makanya begitu aku menyusun planing mudik ke Banjarnegara, dia antusias banget mencari referensi hotel unik yang rada jauh dari kesibukan perkotaan. Akhirnya kami sepakat memutuskan untuk menginap di Braling Grand Hotel by Azana satu-satunya hotel bintang 4 di Purbalingga, Jawa Tengah.

Lokasi Braling Grand Hotel by Azana

Teman-teman tahu kabupaten Purbalingga, kan? Purbalingga ini salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Banyak destinasi wisata dan kuliner yang ditawarkan, mulai dari wisata alam, waterboom, aquarium, hingga destinasi wisata religi. Selain itu wisata kuliner di Purbalingga juga enak-enak banget, ada soto Bancar, es durian, gulai Melung, sate Blater, dll.

Nah lokasi hotel Braling Grand by Azana ini nggak jauh dari destinasi wisata dan kuliner yang ada di Purbalingga loh. Meskipun, hotel ini terletak di pusat kota Purbalingga, tetapi suasana asri dan sejuk sangat terasa karena berada di area persawahan. Makanya, suamiku antusias banget menemukan hotel bintang 4 di tempat yang adem dan nyaman begini.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Ltjen S. Parman No. 50, Purbalingga, Jawa Tengah. Kalau dari alun-alun Purbalingga cuma 5 menitan doang. 

Sensasi Berbeda Menginap di Loft Room Braling Grand Hotel by Azana

Begitu kami tiba di lobby hotel dan key card sudah di tangan, kami melangkahkan kaki menuju lantai 2 nggak sabaran. Ya bagaimana dong, kamar yang akan kami tempati unik banget, ada dua lantai dengan desain yang homy banget. Lantai satu digunakan untuk bersantai, dilengkapi dengan LED, 1 set meja dan sofa, toilet, lemari es mini, telepon, dan coffee maker.

Loft Room Braling Grand Hotel by Azana
Loft Room Braling Grand Hotel by Azana
Lantai 1 Loft Room Braling Grand Hotel by Azana
Lantai 1 Loft Room Braling Grand Hotel by Azana

Untuk toilet di Loft Room ini sama seperti di hotel bintang 4 pada umumnya kok, amenities toiletnya cukup lengkap. Ada bath towel, bath sheet, bath mat, rissue roll, hair dryer, gelas kumur, hingga toiletries (body shower, shampoo, soap bar, pasta gigi, sikat gigi, sisir, shower cap, & cotton buds).

Yang paling kami suka adalah desain interior kamarnya minimalis dengan perpaduan warna cream dan ada sentuhan kayu. Tangga menuju lantai dua pun dilapisi dengan kayu sehingga menimbulkan kesan hangat dan nyaman. Nah, di lantai dua ini terdapat bed, meja rias lengkap dengan kaca, kursi, lemari baju, bath robes, brankas, dan sandal.

Bed Loft Room Braling Grand Hotel by Azana
Bed Loft Room Braling Grand Hotel by Azana

Konsep Loft Room ini menjadi salah satu pilihan kami untuk menikmati suasana baru menginap di hotel, ya kan biasanya konsep kamar hotel begitu-begitu saja. Eh tapi kalau kamu nggak suka dengan konsep Loft Room ini nggak masalah kok, karena Braling Grand Hotel by Azana juga menawarkan tipe kamar superior, deluxe, suite, dan presidential.

Breakfast at Padi Restaurant

Duh masih kebayang segarnya bangun tidur buka gorden kamar lantai bawah disambut oleh pepohonan hijau dan hamparan sawah yang luas banget, uy. Pagi itu, kami mandi terlebih dahulu sebelum menuju ke Padi Restaurant untuk sarapan. 

Breakfast at Padi Restaurant
Breakfast at Padi Restaurant

Menurutku, menu breakfast yang ada di Braling Grand Hotel by Azana beragam banget dari yang traditional hingga makanan modern. Dari apptizer, soup, main course, hingga dessert ada semua!

Kami mencoba beberapa menu sarapan di sana, kesukaanku sih mendoan disiram sambal pecel, nasi goreng dengan potongan potato, dan bubur ketan hitam yang disiram dengan santan. Duh, sumpah deh, baru kali ini merasakan bubur ketan hitam yang enaknya nggak ketulungan. Rasa manisnya pas, gurih, dan santannya nggak bikin mual. Oya, buah-buah di sana juga segar-segar banget.

Gym dan Swim di Braling Grand Hotel by Azana

Fitnes Center Braling Grand Hotel by Azana
Fitnes Center Braling Grand Hotel by Azana

Setelah selesai sarapan, kami bergegas menuju lantai 4. Di sana ada cafe Sky B Louge, Fitnes Center, dan Swiming pool. Kami sempat mencoba fitnes center dengan fasilitas super lengkap, alat olahraganya juga baru-baru semua uy, tempatnya juga bersih banget sampai kaca-kaca temboknya kinclong banget. 

Selesai nge-gym, kami lanjut berenang. Ku kira, air kolamnya akan terasa dingin karena hawanya sejuk dan adem, tetapi ternyata airnya nggak sedingin bayanganku dong. Auto nyebur dan berenang di bawah langit Purbalingga deh. Sayangnya, pagi itu agak mendung sehingga kami nggak bisa menyaksikan gunung Slamet dari swiming pool Braling Grand Hotel by Azana.

Swimming Pool Braling Grand Hotel by Azana
Swimming Pool Braling Grand Hotel by Azana

Btw, kalau kamu ingin berenang atau ingin gym di Braling Grand Hotel by Azana bisa banget kok, meskipun kamu nggak menginap di sana. Tiket masuknya juga worth it, cuma Rp55ribu kamu sudah bisa nggym, berenang, dipinjami handuk, dan mendapat makan + minum. Atau, kalau kamu ingin merasakan sensasi floating breakfast juga bisa banget, cuma Rp195ribu/couple. 

Lunch at Padi Restaurant

Puas nge-gym dan berenang, kami lanjut tidur siang. Memang konyol banget ya, baru kali ini bisa menikmati kenyamanan di hotel sampai bisa tidur siang dan enggan keluar hotel. Ya, bagaimana dong, di sana tuh nyaman banget. Begitu bangun tidur siang, kami bergegas ke Padi Restourant untuk makan siang. 

Lunch, Rawon Spaghetti dan Sop Iga Bakar
Lunch, Rawon Spaghetti dan Sop Iga Bakar

Lagi-lagi, makannya enak banget. Sungguh! Pelayanannya juga ramah, berasa menjadi ratu dan raja seharian. Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya makanan kami siap dihidangkan. Ada Rawon Spaghetti dan Sop Iga Bakar yang sambalnya super pedas. *lah ini kenapa jadi membayangkan makan siang di sana lagi. Ahahaha

Fyi, Padi Restourant juga dibuka untuk selain tamu hotel loh. Jadi, misalkan kamu sedang di Purbalingga bisa banget mencoba sarapan/makan siang di Padi Restourant Braling Grand Hotel by Azana.

Candle Light Dinner di Sky B Lounge

Nggak hanya breakfast dan lunch saja, kami juga mencoba candle light dinner di Sky B Louge Braling Grand Hotel by Azana. Sungguh, dinner pertama setelah menikah ini spesial banget. Cieee, nggak menyangka di Purbalingga ada tempat yang bisa digunakan untuk candle light dinner super romantis. 

Candle Light Dinner di Sky B Lounge
Candle Light Dinner di Sky B Lounge

Angin spoi tertiup pelan malam itu, menerpa pelan lilin-lilin yang ada di meja kami. Langit Purbalingga menjadi atap kami, gerlap kerlip hamparan bintangnya seolah ikut merayakan kegembiraan yang kami rasakan. Kolam renang Braling Grand Hotel by Azana berubah menjadi sangat hangat dengan sorotan lampu yang redup.

Sungguh, konsep candle light dinner ini romantis banget. Menu dinner-nya juga lengkap, terlebih pelayanan di sana super ramah sehingga membuat kami semakin nyaman. Sedari pukul 17.00 WIB mereka mengkonfirmasi melalui telepon kamar kalau candle light dinner bisa dinikmati pukul 18.30 WIB. Lalu, pukul 18.15 WIB mereka menelepon lagi mengkonfirmasi kalau candle light dinner sudah bisa dinikmati. Memang ya, pelayanan di Sky B Louge Braling Grand Hotel by Azana waw banget. 

Dessert Brownies with Vanila Ice Cream
Dessert Brownies with Vanila Ice Cream

Untuk menu dinner juga enak-enak, ada Potato Cream Soup, lalu main course-nya Tenderloin Steak Salmon, dan dessert-nya Brownies with Vanila Ice Cream. Suka semua!

Fasilitas Braling Grand Hotel by Azana

Seperti yang sudah aku sebtukan di atas, kalau fasilitas Braling Grand Hotel by Azana ini super lengkap, ada fitness center, restaurant, cafe, swimming pool, grand ballroom, meeting room, dan ada play ground. Kalau kamu butuh venue untuk event (wedding, brithday, atau meeting) bisa banget cus di Braling Grand Hotel saja.

My Impression about Braling Grand Hotel by Azana

Jujur, salah satu kamar hotel unik yang pernah ku cobain ya Loft Room ini. Untuk kebersihan kamar, toilet, gym, swimming pool, restourat, dan cafe oke banget sih. Selain bersih, aromanya juga wangi, ya namanya juga hotel, kan? Ehehe. Oya, untuk welcome treatment-nya juga oke banget, sampai terharu karena begitu masuk kamar hotel disambut oleh cake red velvet lengkap dengan foto kami dan ucapan untuk kami. Kami juga mendapatkan goodie bag berisi kue kering khas lebaran. 

Prokes Braling Grand Hotel by Azana
Prokes Braling Grand Hotel by Azana

Braling Grand Hotel by Azana juga menerapkan standar protokol kesehatan, sebelum masuk lobby wajib menggunakan hand sanitizer dan cek suhu tubuh. Ketika breakfast semua tamu hotel diwajibkan menggunakan sarung tangan plastik supaya makanan tetap higienis. Besok lusa aku ingin menginap di sana lagi ah, mau candle light dinner lagi, mau berenang lagi, mau nge-gym lagi di Braling Grand Hotel by Azana. Kalau kamu lagi di Purbalingga, cobain deh menginap dengan sensasi berbeda di loft room Braling Grand Hotel by Azana.

Rate Room Braling Grand Hotel by Azana
Rate Room Braling Grand Hotel by Azana
Untuk rate room Braling Grand Hotel by Azana masih menggunakan Walk in Rate ya, malah kalau lagi ada promo spesial harganya bisa di bawah itu loh. Oya, rate di atas sudah include breakfast dan bisa menikmati semua fasilitas hotel. Sedangkan untuk lunch dan dinner-nya exclude, ya. Yuk, reservasi dari sekarang!

Contact:

Email: info@bralinggrandhotel.com

Instagram: @bralinggrandhotelbyazana

Facebook: Braling Grand Hotel by Azana

Website: www.bralinggrandhotel.com

Mungkin Kamu Suka

47komentar

  1. Demi apapun aku baru tahu kalau hotel itu ada versi Loft Roomnya, jadi nggak membosankan kaya ruangan hotel biasanya ya, Mbak Ell.

    Btw untuk satu malam di Loft Room Braling Grand Hotel tarifnya berapa, Mbak? Terus sudah include breakfastnya atau belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Marfa, nggak bosen karena konsepnya loft room gini. Wkwkwk
      Untuk loft room 1.9 juta/malam udah include breakfast ya. Tp sekarang harganya lg promo jd 1 jutaan deh. Cus cobain nginep di sana, ajakin keluarga😍

      Hapus
  2. Hai, mbak Ella😊 Aku pembaca baru. Langsung tenggelam di rentetan tulisanmu. Jadi ikut membayangkan gimana serunya staycation di sana. Oiya, hotel Braling akhirnya masuk dalam list hotel yang nanti semoga bisa aku kunjungi bareng suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih mbak. Semoga suatu saat bisa main2 ke Purbalingga dan ke Braling ya, mbak. Kabar2 aja siapa tahu pas aku mudik :D

      Hapus
  3. bagussss mbakkk, suka sama detail kamarnya yang loft ini, minimalis tapi nyaman
    menu makannya juga ehmmmm kok enak iku ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ainun, cus eksplor kota Purbalingga trs nginepnya di Braling😅
      Makanannya enak2, servicenya juga oke

      Hapus
  4. Konsep loft room yang ada di
    Braling Grand Hotel by Azana ini mirip apartemen ya kak.
    Iya deh.. wajar kalo sampe bobok siang.. kan pengantin baru.. hihihi

    Gak nyangka juga Purbalingga punya hotel nyaman dan view keren begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, konsepnya mirip apartemen. Duh pengantin baru mana nih, wkwkwk
      Aku jg ga nyangka kl Purbalingga ada hotel bintang 4 dg konsep yg unik😍

      Hapus
  5. kece banget kak, btw ini yang dokumentasiin dari hotelnya juag?? follow back ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini dokumentasiin sendiri mbak, kl foto berdua pke tripod.. Hehehe
      Oke, mbak Atiq

      Hapus
  6. Sejauh ini saya baru main ke Purwokerto dan Banyumas. Nanti kalau lanjut ke Purbalingga, bisa jadi hotel ini bakal masuk daftar list nih. Lokasinya enak dan tampak nyaman ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udh eksplor Banyumas nih, kemana aja mbak Okti? Cus kl main ke Purbalingga bisa nginep di Braling, dekat dr pusat kota juga😉

      Hapus
  7. Tempatnya keren mbak (yaelah namanya juga hotel bintang4) tapi harga sewa hotelnya berapaan mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di flayer atas ya, Mas. Silakan dipilih mau tipe room yg mana🤣

      Hapus
  8. Keren sekali hotel Braling Hotel by Azana ini. Deket di Purbalingga mah bisa stay dan nyoba staycation di sana Kak ella. Kalau ada rezeki, hehe... Tertarik dengan fasilitas kamar, kolam renang, dan tempat makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Iim domisili mana? Cus cobain nginep di Braling mumpung harganya masih promo😆

      Hapus
  9. pas ngliat ini di story mbak Ella udh mupeng, dan ternyata sebagus itu yaaaa, rekomended deh kalo ke daerah sana. makanannya jg menggiurkan, protokol kesehatannya jg sangat diterapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Elsa, rekomended buat quality time sama orang keluarga. Konsepnya juga beda dr hotel pd umumnya, makanannya ena2🤪

      Hapus
  10. Pertamax lihat Mba Ella review hotel di mana da foto barunya sama suami. Hehehe. Langgeng selalu mba. Kalo kata saya dan suami mah, nginap di mana aja asal sama kamu, hotel melati berasa hotel berbintang. Apalagi bisa di hotel bintang 4 kayak Grand Hotel by Azana ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha aamiin mbak Mutia, terima kasih doanya yaa.. Iya asal sama suami mah dimana aja nyaman. Xixixi

      Hapus
  11. Wah enak ya mengistirahatkan diri dari suntuknya kehidupan sehari-hari yang serba cepat dan serba terburu-buru. Aku juga pengen nanti istirahat dari kesibukan perkotaan ini. Bagus banget memang hotel bintang 4. Tempatnya juga bersih. Dan biayanya cukup terjangkau untuk hotel bintang 4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget mas Zen, nikmat! Wkwkwk
      Abis itu produktif pula, karena rasanya otak udah fresh lagi..

      Hapus
  12. Duh penganten barunya honeymoon euy. Hotelnya kece banget, konsepnya juga berbeda dari yang lain. AKu keknya belum pernah lihat konsep hotel macam begini deh. Terus itu candle light dinnernya kok so sweet amat, duh, penganten lamanya jadi mupeng honeymoon lagi kalau begini, wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nggak honeymoon mbak, tp masuk ke wish list honeymoon tipis2🤣🤣🤣
      Iya aku aja nagih pengen candle light dinner lagi. Yuk double date😄

      Hapus
    2. Hahaha nggak honeymoon mbak, tp masuk ke wish list honeymoon tipis2🤣🤣🤣
      Iya aku aja nagih pengen candle light dinner lagi. Yuk double date😄

      Hapus
  13. Asik banget bisa sekalian candle light dinner pas staycation. Sudah begitu, kolam renangnya apik pula. Ditambah dekat sama pusat kulineran. Apa itu Gulai Melung dan Sate Blater? Jadi penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik banget mbak, romantisnya dapet duh.. Wkwk
      Gulai melung udah pernah ku ulas di blog ini mbak, silakan mampir baca2 ya. Ehehehe
      Kl sate blater blm pernah ku tulis nih, pankapan yaak

      Hapus
  14. Baru kali saya liat hotel dengan konsep loft room gini cocok banget memang buat pasangan muda, di foto dari atas bagus bgt hasilnya, trus staycationnya bikin betah apa aja ada ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku juga nih baru pertama nginep di hotel dg konsep apartemen gini. Lucu dan unik bgt. Fasilitasnya jg lengkap

      Hapus
  15. Unik ya Mbak, jadi berasa di apartemen di kamar Loft di Braling Grand Hotel by Azana ini ya. Ada 2 lantai dan interiornya menarik, cream warna pastel gitu ya jd berefek menenangkan ya. Hmm, berkesan banget deh apalagi diinapi sama manten anyar, hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi mbak Mia bisa aja. Jadi pengen nginep di sana lg nih mbak. Sayangnya pandemi lg ngeri banget ya. Huhu

      Hapus
  16. Wow, suasananya mirip resort ya mbak. Kece banget deh. Saya jadi pingin staycation lagi nih, lumayan buat buang streaa dan refreshing 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Unik dan nyaman bgt. Berasa lg nginep di mana gt, padahal cuma di Purbalingga aja

      Hapus
  17. Bagus sekali yaaa hotelnya nih, comfy dan cozy, plus kamarnya juga seru tuh jadi ada lantai mezaninenya plus ada living room, cocok memang buat staycation sama orang terkasih yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget mbak. Nyaman dan semua fasilitas ada. Makanannya enak juga. Kamarnya bersih😍

      Hapus
  18. look cozy banget kak hotelnya jadi pengen segera traveling deh, kangen dah lama ga jalan-jalan kemana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget deh mbak. Nunggu pandemi musnah dlu baru traveling yak. Aku pengen juga bobok di sana lagi huhu

      Hapus
  19. Wah aku belum pernah ke purbalingga nih. Nice info klo ada kesempatan kesana, boleh dicoba hotelnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kak. Rekomended kl pas ke Purbalingga bobok di sini

      Hapus
  20. Akhir tahun saya akan singgah di Purbalingga untuk suatu acara ..sepertinya Hotel ini bakal jadi tempat menginap saya sekeluarga ..Terima Kasih ya ulasannya ..senang banget saya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa silakan kak. Semoga acaranya lancar yaa. Pun semoga pandemi cepet kelar biar bebas beraktivitas :)

      Hapus
  21. Duh, jadi ingin ikutan liburan, Mbak. Apalagi sebentar lagi ada liburan sekolah. Kalau sedang mampir ke Purbalingga, hotel ini bisa buat rekomendasi. Tempatnya menarik dan bakal bikin betah dengan fasilitas yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Asih. Enak banget buat liburan bareng anak2. Fasilitasnya oke bisa bikin anak2 seneng tanpa harus kemana2

      Hapus
  22. Aih hotel Ini langsung menyita perhatian Saya mbak... Kalau ke purbalingga sepertinya bakal nginap kesini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak Aisyah. Silakan. Semoga bisa segera ke Purbalingga ya. Sembari nunggu pandemi kelar

      Hapus
  23. Cocok pas sekarang Purbalingga punya bandara sendiri, bisa makin ramai saja jika traffic kunjungan meningkat. Hotel² bisa tumbuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuk Kang.. Bandara sudah beroperasi, meski baru rute2 tertentu tp aku senang sekali😍

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti