Pedasnya Mi Ayam Bumbu Bali Bikin Ketagihan

oleh Ella Fitria
Mi Ayam Bumbu Bali, Pedasnya Bikin Ketagihan
Akhir pekan memang waktu yang selalu kami tunggu. Seperti biasa, kami berbagi tugas supaya pekerjaan rumah cepat terselesaikan. Kalau sudah selesai, kami bebas rebahan dan scroll time line media sosial. Hahaha
Lagi-lagi aku terhasut oleh utas di twitter yang membahas berbagai macam mi ayam di area Semarang. Tanpa pikir panjang, aku langsung melontarkan pernyataan.

Mas, makan mi ayam bumbu Bali kayaknya enak, nih!

Ia hanya tersenyum seolah mengiyakan ajakanku.

Yuk, mau makan mi ayam bumbu Bali di daerah mana? Tanyanya sembari meraih dompet yang tergeletak di meja kamar.

Lokasi Mi Ayam Bumbu Bali

Lokasi Mi Ayam Bumbu Bali
Lokasi Mi Ayam Bumbu Bali
Aku menunjukkan google maps yang berisi rute menuju mi ayam bumbu Bali. Alhamdulillah lokasinya nggak begitu jauh dari tempat tinggal kami. Tepatnya di Jl. Bringin Raya Ngaliyan, Semarang. Jika ditempuh dari kota Semarang lumayan jauh karena lokasi mi ayam bumbu Bali ini terletak di Semarang bagian atas.
Aksesnya mudah kok, bisa di lalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, aku kurang paham keberadaan angkutan umum untuk menuju mi ayam Bali ini. Etapi sekarang kan gampang, banyak ojol. Tinggal pilih mau pakai bike atau car, bisa banget!

Aneka Menu di Mi Ayam Bumbu Bali

Setelah membelah jalanan kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, akhirnya kami tiba di Mi Ayam Bumbu Bali. Kami buru-buru masuk ke warung mi ayam bumbu Bali yang semi terbuka. Angin sepoi terasa hingga bagian dalam.
Mataku mengamati banner besar yang berisi aneka menu mi ayam. Ternyata, di warung mi ayam ini nggak cuma menyediakan mi ayam bumbu Bali saja, lho. Ada bakso sapi, bakso beranak, miyasa (mi ayam biasa), miyaba (mi ayam biasa bakso), mibuli (mi ayam Bali), mibuliba (mi ayam bumbu Bali bakso), ceker ayam, dan kerupuk.
Mi Ayam Bumbu Bali
Mi Ayam Bumbu Bali
Kami memesan dua porsi mibuli (mi ayam bumbu Bali) dan dua gelas es teh manis. Setelah pesanan kami tercatat, kami disilakan untuk memilih tempat duduk yang masih tersedia. Tiap meja dan bangku panjang dilengkapi bumbu mi ayam seperti kecap, saus, dan sambal. Oh ya, nggak lupa ada kerupuk rambaknya.

Pedasnya Mi Ayam Bumbu Bali Bikin Keringat Bercucuran

Setelah menunggu sekitar 5 menit, mi ayam kami siap disantap. Tampilan mi ayam bumbu Bali ini berbeda dengan mi ayam pada umumnya. Sebenarnya yang membuat beda adalah ayam bumbu Balinya. Terlihat pedas dengan rempah dan cabai halus yang aromanya menggugah selera. Untuk kuah mi ayam bumbu Bali ini disiapkan terpisah. Kalau kuahnya sih sama seperti kuah mi ayam pada umumnya. Keruh dengan irisan daun bawang.
Pelan-pelan aku mencampurkan kuah mi ayam ke dalam mangkuk. Setelah kuahnya tercampur rata, aku nggak sabar untuk mencicipinya. Ku raih sendok dan ku sesap sedikit demi sedikit kuah mi ayam bumbu Bali ini. Beuuuh rasanya rempah dan pedas, padahal aku belum memberinya saus atau pun sambal.
Tekstur Mi Ayam Bumbu Bali
Tekstur Mi Ayam Bumbu Bali
Untuk tekstur minya sama seperti mi ayam pada umumnya. Gilingan minya nggak begitu kecil dan nggak begitu besar. Aku prefer menambahkan kecap lebih banyak karena nggak begitu suka dengan rasa pedas. Namun, jika kamu penyuka makanan pedas sepertinya mie ayam bumbu Bali ini tetap masih kurang pedas deh. Soalnya suamiku pun masih menambahkan sambal, padahal menurutku sudah lumayan pedas.

Harga Mi Ayam Bumbu Bali

Untuk harga semangkuk mi ayam bumbu Bali sangat terjangkau, kok. Cukup merogoh kocek Rp11ribu/porsi kamu bisa menikmati sensasi beda mi ayam pada umumnya. Untuk harga minuman dan kerupuk juga standar kok. Segelas es teh cuma Rp3 ribuan saja. Kalau untuk kerupuk rambaknya Rp1 ribuan, sayangnya nggak sempat foto kerupuk rambaknya. Ehehehe

Kalau ke Ngaliyan, Nggak Ada Salahnya Cobain Mi Ayam Bumbu Bali

Mi Ayam Bumbu Bali
Mi Ayam Bumbu Bali
Mi Ayam bumbu Bali ini sudah beroperasi kurang lebih 4 tahunan yang lalu. Katanya, pemilik sengaja mencari inovasi supaya mi ayam yang ia jual berbeda dengan mi ayam pada umumnya. Kalau menurutku, mi ayam bumbu Bali ini mirip dengan mi ayam rica-rica. Bedanya kalau mi ayam bumbu bali rempahnya terasa sekali, sedangkan mi ayam rica-rica yang sangat terasa adalah bumbu mericanya.
Kapan-kapan aku tulis cerita menikmati beberapa mi ayam di Semarang, ya. Kalau teman-teman ada rekomendasi mi ayam enak di Semarang bisa komen di bawah ini. Soalnya aku dan suami sama-sama pecinta mi ayam garis keras! Hahaha
Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 19 Agustus 2021 - 03:33

iya nih mbak Maria, jadi ngiler lagi aku tu

Balas
Maria Tanjung Sari 31 Juli 2021 - 08:57

Wah kelihatannya enak nih rasanya mbak. Saya suka bumbu bali dan mie ayam. kalau dipadu padankan jadi menarik utk dicoba

Balas
Ella Fitria 7 Juli 2021 - 07:47

Selamat ngiler ya, Mas. wkwk

Balas
Ella Fitria 7 Juli 2021 - 07:47

mbak tinggal di mana, mbak? Cus cobain mi ayam bumbu bali 😀

Balas
Ella Fitria 7 Juli 2021 - 07:46

Enak dong ini, apalagi yang suka pedas. Mantap lah, soalnya kuah mi ayam bumbu bali pedes banget

Balas
Al Ghuroba 1 Juli 2021 - 01:46

Wah bikin Ngiler Mbak, kok kayak enak sekali Mi nya hehe

Balas
Siti Faridah 29 Juni 2021 - 12:48

Baru tahu kalau di Ngaliyan ada mie ayam bumbu Bali. Kalau aku belum pernah sama sekali makan mie ayam bumbu Bali. Baca postingan ini jadi pengen makan mie ayam bumbu Bali nih aku.

Balas
Khanif 27 Juni 2021 - 11:11

wih enak banget nih kayaknya mbak, aku belum pernah makan mie ayam bumbu bali, rasanya pasti enak banget 😀

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: