Tips Memulai Smart Home dengan Mudah

oleh Ella Fitria
Tips Memulai Smart Home dengan Mudah
Mengontrol device jarak jauh saat sedang keluar kota

Dulu, sebelum menikah aku nggak kepikiran memiliki rumah pintar. Rumah pintar atau istilahnya smart home merupakan rumah yang dilengkapi dengan berbagai smart device yang bisa dikontrol secara otomatis. Selain itu, pengendalian perangkat smart device ini cukup dengan suara atau pun sentuhan di layar handphone kita. Jadi, tugas-tugas di dalam rumah bisa dikendalikan dengan smart home system tanpa kita harus bergerak.

Awalnya, aku mengira smart home ini nggak perlu-perlu amat, kok. Toh, aku masih mampu melakukan tugas-tugas seperti menyalakan sakelar lampu dan lainnya. Namun, begitu menikah, ternyata segalanya berubah. Nggak lain karena suamiku interested banget dengan berbagai produk elektronik. Sampai akhirnya, aku ikut terhasut dengan kecanggihan produk-produk smart device zaman sekarang.

Smart Device Mudahkan Kehidupan Sehari-hari

Smart Device Mudahkan Kehidupan Sehari-hari
Smart Device Mudahkan Kehidupan Sehari-hari
Terkadang, saat kami sedang berada di luar kota atau sedang staycation, kebiasaan memberikan perintah ke smart device masih terbawa. Jadi, sering banget kalau sudah malam, tiba-tiba aku bilang “ok google, waktunya tidur” padahal mah kami sedang tidur di hotel. Akhirnya, kami saling tatap dan berujung saling tertawa. Hahaha. Seperti biasa, ujung-ujungnya suami yang mengalah mematikan sakelar lampu kamar hotel. 

Terus terang, kalau kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi, rasanya tuh memudahkan hidup, ya. Terlebih, kami sama-sama pelupa. Tentunya, dengan bantuan produk-produk smart device bisa menjadi solusi untuk kami. 

Memang hunian kami masih belum cukup dikatakan smart home. Soalnya, belum semua produk elektronik yang kami miliki bisa dikendalikan dengan otomatis. Namun, kami pelan-pelan meng-upgrade produk-produk elektronik yang kami miliki. Selain itu, ada beberapa tips untuk memulai smart home dengan mudah. Simak poin-poin berikut, ya. 

Pastikan Memiliki Akses Internet atau Wi-Fi

Hal pertama yang wajib dimiliki untuk mengoperasikan smart home adalah internet atau jaringan Wi-Fi. Tanpa internet, kita nggak akan bisa melakukan controling. Akhirnya, fungsi produk smart device menjadi kurang optimal. Ibaratnya, produk tersebut nggak ada bedanya dengan produk biasa yang nggak dilengkapi dengan smart system

Internet atau Wi-Fi ini berfungsi untuk menyambungkan smart device. Nah, jika sudah tersambung, kita bisa mengontrol semua perangkat smart home di mana pun dan kapan pun. Mau pagi, siang, sore, malam, jauh, atau dekat. Bahkan, ketika kita bepergian ke luar pulau atau luar negeri pun masih bisa mengontrol perangkat smart home dari jarak jauh. Asalkan, bisa terhubung dengan jaringan internet atau Wi-Fi

Prioritaskan Ruangan yang Sering Digunakan

Hal yang nggak kalah penting adalah mengetahui seluk beluk ruangan yang ada di rumah kita. Lalu, prioritaskan produk smart device diletakan di ruangan yang paling sering digunakan untuk beraktivitas. Misalnya, ruang tamu, ruang kerja, dan kamar tidur.

Jika teman-teman menggunakan smart speaker dan mic, sebaiknya letakkan produk tersebut di ruangan yang paling sering kita jangkau. Sama halnya dengan penempatan CCTV, letakan di area yang ingin diawasi. Oya, jangan lupa pilih CCTV sesuai penempatannya, ya. Karena ada 2 jenis CCTV, yakni indoor dan outdoor

Siapkan Device Pendukung untuk Controling 

Selanjutnya hal yang perlu disiapkan untuk mewujudkan smart home adalah device pendukung yang digunakan sebagai controling. Memang, kita bisa menggunakan smartphone untuk mengontrolnya. Namun, akan lebih praktis dan efektif ketika kita menggunakan perangkat tambahan berupa speaker dan mic yang support dengan google home assistant

Ada banyak fungsi dari perangkat perangkat speaker dan mic yang support dengan google home assistant. Salah satunya, untuk memberikan perintah dengan suara. Selain itu, bisa digunakan sebagai output media musik dan lainnya. Kita hanya perlu berbicara dengan smart speaker dan mic. Misalnya “Ok google, bangunkan aku jam 4 pagi”. Maka, otomatis alarm berbunyi pada pukul 4 pagi. 

Mulai Memilih Produk Smart Home Sesuai dengan Kebutuhan

Seiring banyaknya produk smart home, kadang membuat kami kalap. Ada produk baru yang keren dan multifungsi auto pengin. Namun, kami tetap menerapkan konsep membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. *bilang aja pelit. Hahaha

Nggak, nggak. Bukan pelit, tetapi biar smart device-nya juga terpakai dong. Kan sayang kalau beli karena keinginan doang berujung nggak dimaksimalkan penggunaannya. Alhamdulillah, pelan-pelan kami sudah memiliki produk smart device CCTV indoor, smart speaker dan mic, beberapa smart power on/off, smart TV, dan beberapa smart lamp

Ngomongin smart lamp jadi ingat smart lamp dari AVARO Wifi Smart LED, nih. Soalnya, harganya terjangkau dibandingkan dengan produk serupa. Kira-kira dengan harga yang cukup terjangkau, apa saja sih keuntungan menggunakan AVARO Wifi Smart LED? Yuk, kita bahas, yuk! 

Kenalan dengan AVARO Wifi Smart LED

Fyi, Wifi Smart LED merupakan lampu dengan fitur canggih yang bisa dikontrol dengan aplikasi. AVARO Wifi Smart LED juga cocok dengan Google Home, Amazon Alexa, Siri melalui aplikasi via Wifi AVARO Smart Home. Untuk menggunakan semua fitur AVARO Wifi Smart LED kita perlu men-download aplikasi Avaro di Playstore / App Store. 

Keuntungan Menggunakan AVARO Wifi Smart LED

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, aku dan suamiku merasa terbantu sekali dengan adanya Wifi Smart LED. Kami nggak perlu repot tiap pagi dan sore menyalakan sakelar lampu. Nah, berikut ini keuntungan lain dari AVARO Wifi Smart LED. 

Warna Lampu Bisa Disesuaikan hingga 16 Juta Warna

Siapa yang nggak bisa tidur dengan warna lampu yang terang? Alhasil kudu punya lampu tidur, kan? Namun, jika kita menggunakan AVARO Wifi Smart LED, kita nggak perlu repot-repot memiliki lampu tidur khusus. Karena AVARO Wifi Smart LED bisa diredupkan dan disesuaikan warnanya hingga 16 juta warna. Mau warna hijau ada, merah ada, kuning ada, ungu ada. Semua warnanya ada pokoknya! Bisa juga diredupkan sesuai keinginan kita. 

Kontrol Lampu dan Aplikasi dengan Smartphone

Kontrol Lampu dan Aplikasi dengan Smartphone
Kontrol Lampu dan Aplikasi dengan Smartphone

Karena mobilitas kami yang cukup tinggi, kami sangat membutuhkan lampu yang bisa dikontrol dari mana saja. Kan nggak mau selama ninggalin rumah 7 hari, lampu teras tetap nyala dalam waktu 7×24 jam? Namun, kalau lampu teras nggak dinyalain selama 7 hari rasanya ngeri-ngeri sedap karena menandakan rumah kami kosong. Ya kan nggak mau mengundang hal-hal yang nggak diinginkan. 

Makanya, adanya AVARO Wifi Smart LED ini bisa jadi solusi kami untuk mengontrol lampu dari jarak jauh. Meskipun kami meninggalkan rumah hingga satu minggu, insya Allah aman. Karena lampu teras tetap nyala di waktu malam dan mati di siang hari. Jadi, berasa rumah menandakan masih ada penghuninya. Hihihi

Bisa Di-setting untuk Penjadwalan On/Off, lho! 

Naaah, fitur AVARO Wifi Smart LED yang nggak kalah keren adalah bisa di-setting untuk penjadwalan on/off. Kami juga selalu menjadwalkan lampu teras dan kamar tiap pagi dan malam. Jadi, selain membuat listrik lebih irit, kami juga diingatkan ketika larut malam kami belum tidur. Kadang, jam 23.00 WIB nggak sadar masih asyik dengan laptop atau buku. Maka, ketika lampu kamar otomatis mati, berasa jadi alarm tidur untuk kami. 

Daya Rendah, 9 Watt

Dulu saat aku kecil, aku masih ingat betul dengan lampu-lampu yang ada di lingkungan rumahku. Semua lampunya berwarna kuning. Kalau kata Mbahku, biar irit listrik jadi menggunakan lampu bohlam kuning. Sampai akhirnya, aku merasa bersyukur banget karena saat ini ada inovasi smart lamp dari AVARO Wifi Smart LED. Daya watt-nya hanya 9 Watt dengan volatase 200 – 240V. Cukup hemat listrik, bukan? 

Garansi 1 Tahun dan Masa Pakai Hingga 15.000 Jam

“Ngapain beli smart lamp, paling belum ada setahun rusak!” Ooo, tenang saja, tenang. AVARO Wifi Smart LED menawarkan garansi selama 1 tahun, lho. Masa pakai AVARO Wifi Smart LED diklaim hingga 15.000 jam. Jadi, nggak usah khawatir karena ketahanan produknya terjamin. 

Di mana Pembelian AVARO Wifi Smart LED? 

Pembelian Avaro Wifi Smart LED di Marketplace Shopee dan Tokopedia
Pembelian Avaro Wifi Smart LED di Marketplace Shopee dan Tokopedia
Untuk pembelian produk AVARO Wifi Smart LED bisa dilakukan secara online, ya. Pastikan teman-teman membeli produk ini di Avaro Official Shop. Bisa ditemukan di marketplace Shopee & Tokopedia, kok.

Menurutku harganya cukup terjangkau untuk produk smart lamp. Cukup merogoh dompet Rp85.000 saja kita bisa memulai mewujudkan smart home dengan mudah, lho.

Yuk, cobain smart device deh! Terus rasakan nikmatnya dan kemudahan memiliki smart device. Btw, teman-teman sudah memiliki smart device apa saja? Aku lagi pengen dan butuh smart device vacuum cleaner, nih.

Semoga tahun ini bisa kesampaian punya vacuum cleaner yang dilengkapi dengan smart system. Tujuannya, tentu biar lantai rumah kinclong tanpa repot. Ahaha. Boleh minta tolong bantu amiin-kan? Atau kalau mau beliin juga boleh banget, nih. Xixixi

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ainun 10 Januari 2022 - 14:47

ini mah praktiss pake banget namanya
tinggal koar-koar "pleasee nyalain dong", gitu bisa kali ya mbak.

Balas
Akhmad Muhaimin Azzet 5 Januari 2022 - 09:06

Waaah boleh juga nih AVARO. Makasih banyak yaaa….

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: