Traveloka PayLater: Alat Bayar Andalan untuk Berbagai Kemudahan

oleh Ella Fitria
Terus terang, menjalani kehidupan setelah menikah ternyata banyak kebiasaan yang berubah. Bukan hanya kebiasaan rutinitas saja, melainkan kebiasaan berbelanja dan finansial juga ikut berubah. Terlebih, saat ini aku tinggal di jantungnya provinsi Jawa Tengah.

Dulu, saat aku tinggal di desa yang jaraknya puluhan kilometer dari kota, segala sesuatu masih terbilang konvensional. Maklumlah, boro-boro di desa tempat tinggalku ada mesin ATM, di tingkat kecamatan saja hanya terdapat beberapa mesin ATM. Makanya, begitu aku tinggal di kota, kebiasaan finansial terasa berubah drastis.

Memulai Beradaptasi dengan Pembayaran Cashless

Jujur, rasanya susah sekali saat memulai beradaptasi dengan pembayaran cashless. Namun, lama-lama kebiasaan melakukan pembayaran cashless justru membuatku lebih nyaman. Alasannya, karena banyak keuntungan yang aku rasakan, seperti kepraktisan pembayaran tanpa repot saat nggak ada uang kembalian. Selain itu, dengan pembayaran cashless juga mempercepat proses transaksi.

Solusi Drama Pembayaran Konvensional

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan pembayaran cashless aku terapkan untuk segala kebutuhan. Sekarang aku dan suamiku jarang sekali memiliki uang fisik. Hal ini dikarenakan lingkungan dan kebiasaan kami yang lebih prefer menggunakan pembayaran cashless. Selain itu, semua pendapatan kami juga langsung masuk ke rekening bank. Jadi, rasanya makin praktis menyelesaikan transaksi tanpa harus mengambil uang dulu ke ATM dan menggunakan uang fisik.

Waktu Kerja Fleksibel, Membuat Aku Leluasa Bepergian

Makin ke sini, mobilitasku ternyata makin tinggi. Salah satu penyebabnya adalah pekerjaanku sebagai writer yang nggak perlu ke kantor. Jadi, aku bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Hal ini seperti sudah digariskan Tuhan, semua seperti serba kebetulan. Kenapa? Karena suamiku juga punya pekerjaan yang sering berpindah tempat untuk dinas luar. Dengan kefleksibelan waktu kerjaku, alhasil aku bisa menemani suami bekerja di luar kota.

Ikut Suami Dinas Luar ke Berbagai Daerah

Kadang, kami keluar kota hingga 5 kali dalam sebulan. Oleh karena itu, kami nggak bisa lepas dari tiket transportasi seperti pesawat dan kereta api. Selain itu, kami juga harus mempersiapkan hotel dan segala kebutuhan ketika bekerja di luar kota jauh – jauh hari. Lagi – lagi, untuk mengurus segala kebutuhan tersebut juga menggunakan pembayaran cashless.

Karena kami sering ke luar kota, tentu waktu belanja kebutuhan rumah kadang terbengkalai. Makanya, aku sering banget belanja kebutuhan rumah secara online. Dengan belanja online, aku bisa menyelesaikannya hanya dengan rebahan dan menunggu barang dikirimkan ke rumah. Terlebih, saat ini kemudahan pembayaran belanja, booking tiket dan hotel, hingga urusan makanan bisa diselesaikan dengan Traveloka PayLater.

Traveloka PayLater, #JujurGunaBanget untuk Booking Tiket Transportasi dan Hotel

Nah, meskipun ada rasa bahagia ketika menemani suami bekerja di luar kota, sayangnya urusan booking tiket dan hotel nggak selalu berjalan mulus. Sering kali kami kehabisan tiket maupun kamar hotel. Selain itu, kami pun sering melakukan pembayaran dengan uang pribadi terlebih dahulu. Hal ini karena anggaran perjalanan dinas belum tentu cair pada saat itu juga. Makanya, saat tahu bisa membayar semua keperluan perjalanan menggunakan Traveloka PayLater, Jujur Guna Banget!

Traveloka PayLater untuk Bayar Hotel dan Akomodasi
Kami nggak perlu lagi mengambil dana darurat untuk sekadar membayar tiket dan hotel. Jadi, keuangan kami aman dan nggak akan ribet tercampur dengan keuangan yang digunakan untuk kepentingan perjalanan kantor. Alhasil, uang tabungan atau dana darurat kami nggak ‘terusik’ untuk membayar keperluan tersebut.

Traveloka PayLater, #JujurGunaBanget untuk Rasakan Experience Baru

Terus terang, aku makin speechless saat mengetahui Traveloka PayLater bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai produk Traveloka. Mulai dari kategori Xperience, Health, Spa & Kecantikan, Atraksi, Bioskop dan lainnya.

Rasakan Xperience Baru dengan Traveloka PayLater

Terkadang di sela-sela kerja, ide terasa sudah mentok dan berujung nggak produktif. Rasanya butuh sekali hiburan untuk sekadar meningkatkan mood dan produktivitas. Buatku, Traveloka PayLater ini #JujurGunaBanget karena aku bisa menikmati experience baru tanpa menunggu gajian terlebih dahulu. Begitu nanti gajian, alokasi dana hiburan bisa digunakan untuk membayar Traveloka PayLater.

Namun, untuk menggunakan Traveloka PayLater di berbagai produk Xperience, kita harus berada di level Silver. Eh, memangnya Traveloka PayLater terdapat level-level-an, ya? Jawabannya, iya! Nanti akan aku bahas lebih lanjut, ya. Siapa tahu ada teman-teman yang butuh info level Traveloka PayLater.

Traveloka PayLater, #JujurGunaBanget untuk Belanja di Situs Belanja dan E-commerce Kesayangan

Sungguh, rasanya makin bahagia karena Traveloka PayLater juga bisa digunakan untuk belanja di berbagai e-commerce kesayangan. Aku nggak perlu lagi ribet untuk top up ke e-wallet e-commerce. Ya, maklumlah salah satu hobiku adalah berburu diskon dan belanja online. Terbukti, dalam waktu satu tahun ini, aku berbelanja di salah satu e-commerce hingga 825 kali! Wow.

Memang aku sangat menyukai belanja online karena nggak perlu capek untuk memilih produk yang aku inginkan. Aku juga nggak perlu jalan dari toko satu ke toko lainnya hanya untuk membandingkan harga. Cukup rebahan, terkoneksi dengan sinyal dan Traveloka PayLater, semua pasti beres!

Pembayaran dengan Virtual Number PayLater di Shopee

Kemarin aku mencoba membeli seprai di Shopee dengan pembayaran Traveloka PayLater. Ternyata, proses pembayarannya nggak kalah cepat. Aku hanya menggunakan fitur kartu virtual number dari Traveloka PayLater. Klik-klik, selesai deh! Jadi bisa Beli Dulu, Bayar Belakangan! Uniknya, kartu virtual number hanya valid untuk 15 menit dan satu kali transaksi. Jadi, saat ingin melakukan transaksi lain, kita harus mengaktifkan kembali virtual number milik kita. Rasanya, jadi lebih aman melakukan pembayaran online di berbagai tempat.

Situs belanja yang didukung Virtual Number dari Traveloka PayLater

Traveloka PayLater Virtual Number juga bisa digunakan di situs belanja online dan e-commerce seperti, Lazada, BukaLapak, BliBli, dan JD.ID. Nggak hanya itu, bisa juga digunakan belanja di Zalora, IHERB, RUPARUPA, Uniqlo, Oriflame, IKEA, Zara, Samsung, H&M, Sociolla, Youngliving, Planetsports, HDI, Eraspace, Decathlon, Sephora, Charles Keith, Bath and Body Works, Hartono Mall, dan MapClub.

Yuk! Kenalan dengan Traveloka PayLater

Traveloka PayLater merupakan layanan keuangan dari Traveloka yang bisa digunakan untuk semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali beberapa produk pembayaran tagihan dan top up pulsa. Selain itu, Traveloka PayLater juga mengeluarkan PayLater Card dan virtual number untuk bertransaksi online di luar aplikasi Traveloka.

Menurutku, Traveloka PayLater ini berguna banget untuk memudahkan penggunanya, apalagi tanpa ada biaya administrasi bulanan / tahunan. Hal ini tentu dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan pembayaran yang mendesak.

Traveloka PayLater Aman dan Nyaman diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Oh iya, saat ini, Traveloka PayLater didukung oleh Caturnusa Sejahtera Finance. Perusahaan keuangan tersebut berbasis teknologi dan berizin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, nggak perlu khawatir jika ingin mendaftar Traveloka PayLater karena kredibilitasnya terjamin. Terlebih, Traveloka juga bekerja sama dengan perusahaan keuangan yang berizin OJK.

Traveloka PayLater, PayLater Card dan PayLater Virtual Number? Serupa, Tetapi Tak Sama!

Sudah tahu apa itu Traveloka PayLater, kan? Singkatnya, Traveloka PayLater adalah layanan keuangan dari Traveloka yang memungkinkan pengguna untuk membayar pembelian dengan cicilan dalam jangka waktu tertentu. Tentunya, dengan menyediakan limit bagi penggunanya sesuai dengan kebutuhan.

Kita bisa menggunakan Traveloka PayLater di aplikasi Traveloka dan situs belanja online yang sudah bekerja sama dengan Traveloka PayLater. Namun, Traveloka PayLater nggak bisa digunakan untuk melakukan transaksi fisik di pusat perbelanjaan.

Perbandingan PayLater dengan PayLater Card

Jika kita menginginkan alat bayar yang bisa digunakan di mana saja dan kapan saja, maka kita perlu memiliki PayLater Card. PayLater Card berfungsi sebagai kartu kredit yang diterbitkan oleh Bank BRI berkolaborasi dengan Traveloka dan Visa.

Makanya dengan Traveloka PayLater Card kita bisa bebas melakukan pembelian di tempat-tempat berlogo Visa di seluruh dunia. Sayangnya, saat ini yang bisa mengajukan permintaan PayLater Card hanya pengguna yang sudah menerima undangan dari Traveloka.

Tampilan Fisik Traveloka PayLater Card

Sebenarnya, Traveloka PayLater dan PayLater Card sama-sama bisa digunakan untuk cicilan, untuk belanja, dan sama-sama bebas biaya tahunan selamanya. Perbedaannya adalah PayLater Card bisa digunakan untuk belanja apa saja dan di mana saja. Sementara Traveloka PayLater hanya bisa digunakan di aplikasi Traveloka dan berbagai situs belanja online. Selain itu, setiap kita berbelanja dengan  PayLater Card akan juga menambah Traveloka Poin.

Nah, bagi kamu yang belum bisa menikmati fitur Traveloka PayLater Card, kamu bisa coba PayLater Virtual Number. Virtual number ini merupakan metode pembayaran dari Traveloka PayLater berupa kartu virtual yang dapat digunakan di beberapa situs belanja yang telah bekerja sama dengan Traveloka.

Perbandingan PayLater dengan Virtual Number

Perbedaan yang paling mencolok antara Traveloka PayLater dengan PayLater Card adalah Virtual Number. Jadi, Traveloka PayLater hanya memiliki virtual number yang diaktivasi setiap kali kita akan melakukan pembayaran demi keamanan. Sementara itu, PayLater Card memiliki kartu fisik dan bisa digunakan untuk bertransaksi berkali-kali. Oh iya untuk detail perbandingan lengkapnya bisa lihat di tabel di atas, ya!

Jadi, sudah tahu perbedaan dan persamaan antara Traveloka PayLater, PayLater Card dan PayLater Virtual Number, ya? Kalau saat ini, kami merasa sangat cukup menggunakan Traveloka PayLater dan Virtual Number saja untuk memenuhi kebutuhan. Namun, belum tahu ke depannya, bisa jadi suatu saat kami juga membutuhkan PayLater Card. Ehehehe. Yuk ah, kita lanjut membahas Traveloka PayLater!

Cara Kerja Traveloka PayLater

Untuk menikmati layanan Traveloka PayLater kita harus melakukan pendaftaran PayLater terlebih dahulu. Jika kita dianggap memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, maka kita bisa langsung menggunakan Traveloka PayLater. Jadi, bisa “Beli Dulu, Bayar Belakangan” deh!

Limit Traveloka PayLater

Jika pendaftaran Traveloka PayLater kita sudah disetujui, kita akan memperoleh limit Rp1.000.000 hingga Rp50.000.000. Untuk pengguna baru seperti suamiku, limit-nya Rp5.400.000 karena masih di level perkenalan. Namun, kita bisa meningkatkan limit Traveloka PayLater, kok.

Tiga Level PayLater

Nantinya, setelah level perkenalan terlewati, kami akan memasuki level Silver hingga Platinum. Jadi, makin naik levelnya, maka semakin banyak limit Traveloka PayLater dan makin banyak benefit yang dirasakan.

Tiga Langkah Mendaftar Traveloka PayLater

Sebelum mendaftar Traveloka PayLater, suamiku sudah menyiapkan waktu dan tempat yang nyaman. Karena barangkali pihak Traveloka akan melakukan video call untuk verifikasi. Namun, ternyata proses pendaftaran Traveloka PayLater cepat dan mudah banget nggak perlu video call.

Sebenarnya, syarat utama untuk mendaftar Traveloka PayLater adalah memiliki KTP Indonesia, berusia 17-70 tahun, dan memiliki pekerjaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tiga langkah mendaftar Traveloka PayLater:

Pendaftaran Traveloka PayLater
  1. Siapkan KTP, kemudian kunjungi halaman TravelokaPay di menu Akun Saya pada Aplikasi Traveloka, pilih PayLater;
  2. Isi data diri kita, keluarga, dan pekerjaan. Lalu, lampirkan foto selfie dan foto KTP. Kemudian lampirkan foto tulis tangan berupa kode dari Traveloka untuk keperluan verifikasi;
  3. Selanjutnya, tunggu proses verifikasi dan persetujuan. Kamu akan mendapat email setelah proses selesai.

Kemarin saat suamiku mendaftar, proses verifikasinya cepat sekali. Hanya hitungan menit pengajuan Traveloka PayLater disetujui. Jadi, suamiku nggak perlu buang-buang waktu untuk proses pendaftaran dan verifikasi.

Keuntungan Menggunakan Traveloka PayLater

Semenjak suamiku mengajukan Traveloka PayLater, aku sudah nggak khawatir lagi jika kami tiba-tiba harus ke luar kota. Aku nggak deg-deg-an lagi ketika uang perjalanan dari kantor suami belum turun karena bisa mengandalkan Traveloka PayLater. Urusan booking tiket, hotel, dan sewa mobil di sana langsung aman dan terkondisikan. Selain itu, masih banyak keuntungan menggunakan Traveloka PayLater, lho, di antaranya:

Keuntungan Menggunakan Traveloka Paylater

Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Saat suamiku akan melakukan pendaftaran Traveloka PayLater, dia sudah siap sedia. Karena biasanya untuk mengajukan hal demikian ada verifikasi dengan video call. Namun, untuk Traveloka PayLater benar-benar praktis banget. Nggak perlu video call, nggak perlu bukti gaji, dan nggak perlu menunggu lama. Cukup mengisi data pribadi, foto KTP, foto selfie, dan tulisan tangan berisi kode. Proses verifikasinya juga cepat, kemarin hanya menunggu sekitar 5 menit-an.

Bisa “Beli Dulu, Bayar Belakangan”

Nah, keuntungan selanjutnya menggunakan Traveloka PayLater yakni kita bisa mendapatkan atau membeli sesuatu terlebih dahulu, lalu bayar belakangan. Hal ini tentu akan menjadi kemudahan untuk kita saat menghadapi situasi yang mendadak dan nggak bisa ditunda. Kita bisa melakukan cicilan tanpa kartu kredit sehingga lebih efisien.

Dapat Digunakan untuk Produk Traveloka dan Berbagai Situs Belanja

Kemarin aku membutuhkan seprai karena ukuran seprai yang aku miliki semuanya oversize di kasur kami. Lalu, suamiku berinisiatif membayarnya menggunakan Traveloka PayLater. Buru-buru aku nyeletuk

“Memang bisa belanja di e-commerce terus dibayar menggunakan Traveloka PayLater? Jangan ngaco, deh!”

Suamiku malah senyum-senyum sendiri dan sepersekian detik keranjang belanjaanku ter-check out. Keren banget memang Traveloka PayLater.

Limit Kredit Tinggi

Jujur aku sempat kaget saat limit Traveloka PayLater suamiku Rp5.400.000. Padahal baru level perkenalan sudah dikasih limit lumayan. Terlebih, jika sudah masuk level selanjutnya bisa sampai Rp50.000.000, lho. Dududu, limit Rp50.000.000 bisa digunakan perjalanan kerja ke luar kota berapa kali, ya? Xixixixi. Oh iya untuk besaran limit Traveloka PayLater ini ditentukan oleh sistem Traveloka yang mengacu pada gaji dan kondisi keuangan masing – masing ya. Jadi tiap orang limit awalnya akan berbeda – beda.

Simpel, Aman, dan Banyak Promo yang Ditawarkan

Traveloka PayLater didukung oleh perusahaan keuangan berbasis teknologi dan berizin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk data-data kita juga aman karena ada sistem enkripsi penuh, proteksi sistem, dan audit berlapis dari Traveloka PayLater. Selain itu, banyak promo yang ditawarkan ketika menyelesaikan pembayaran menggunakan Traveloka PayLater. #JujurGunaBanget sih Traveloka PayLater ini.

Bunga Rendah dan Bebas Biaya Administrasi

Menurutku, untuk cicilan bunga Traveloka PayLater terbilang rendah, mulai dari 2.25% hingga 4.78% setiap bulannya. Bunga tersebut juga berlaku flat atau rata untuk setiap bulannya. Selain itu, kita juga bisa menggunakan cicilan dengan skema 1 bulan hingga 12 bulan, lho. Jadi, kita bebas menentukan waktu cicilan sesuai dengan keuangan kita.

Sementara untuk biaya keterlambatan jika melewati batas waktu pembayaran akan dikenakan biaya sebesar 5% dari total jumlah yang belum dibayar. Kerennya, Traveloka PayLater ini bebas biaya administrasi, uy!

Meskipun “Beli Dulu, Bayar Belakangan” Wajib Bijak Saat Menggunakan

Kemarin aku sempat membaca Jurnal Riset Bisnis dan Investasi Vol. 7, No. 1, April 2021 57 P-ISSN 2460-8211 E-ISSN 2684-706X. Jurnal tersebut meneliti ‘Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia’ dengan sampel 404 orang. Nah dari jurnal ini menyebutkan bahwa kemudahan dalam penggunaan teknologi PayLater memberikan pengaruh sebesar 6,4% terhadap perilaku pembelian impulsif pengguna e-commerce di Indonesia.

Makanya, kita harus bijak dalam menggunakan metode pembayaran PayLater. Tujuannya, supaya layanan PayLater ini sesuai fungsinya. Selain itu, agar kita juga terhindar dari impulse buying. Untuk itu, kita bisa melakukan, pertama, perencanaan yang matang sebelum melakukan sesuatu, baik itu perjalanan atau pembelian sesuatu. Kedua, bayar tagihan tepat waktu, hal ini akan membuat keuangan kita tetap stabil dan dapat meningkatkan limit Traveloka PayLater, lho.

Dulu, aku juga pernah memandang sebelah mata terkait layanan dan fitur Traveloka PayLater. Namun, makin tinggi mobilitasku, ternyata aku makin butuh Traveloka PayLater. Terlebih, konsep Traveloka PayLater berbeda dengan Pinjaman Online (Pinjol).  Justru dengan Traveloka PayLater ini kami bisa mengontrol arus keuangan yang keluar karena limit yang ditentukan berdasarkan kondisi keuangan kami.

Yuk, Permudah Segala Kebutuhan dengan Alat Bayar Andalan

Bersyukur sekali aku dan suamiku bisa menggunakan Traveloka PayLater karena bisa untuk mengontrol pengeluaran secara real time. Kami bisa memantau ke mana keluarnya uang yang kami gunakan. Secara nggak langsung, Traveloka PayLater ini membantu kami dalam pencatatan keuangan. Berapa banyak biaya yang digunakan untuk perjalanan kantor ke luar kota dan juga berapa banyak yang kami gunakan untuk belanja online.

Hidup di era digital ini memang banyak kemudahan yang  bisa kami rasakan. Salah satunya ketika kita memiliki Traveloka PayLater. Kita bisa menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan berbagai kepentingan. Ibaratnya, Traveloka PayLater ini bisa membantu mewujudkan hal-hal yang mendadak dan nggak bisa ditunda.

Jujur Guna Banget buat kami yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Jadi, kami nggak perlu ribet dan cukup menggunakan satu aplikasi yang all in one seperti Traveloka untuk menyelesaikan pembayaran. Yuk, aktifkan Traveloka PayLater untuk Memenuhi Segala Kebutuhan, Bayar Kemudian!

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://money.kompas.com/read/2021/10/30/134344326/mudah-begini-cara-menaikan-limit-traveloka-paylater?page=all
  • https://www.traveloka.com/id-id/travelokapay/paylater
  • https://bri.co.id/web/cc/traveloka-paylater-card1
  • Jurnal Riset Bisnis dan Investasi (Vol. 7, No. 1, April 2021 57 / P-ISSN 2460-8211 E-ISSN 2684-706X)
  • https://www.youtube.com/watch?v=5BBABnieWk4
  • Raw source: Freepik
Ella Fitria

You may also like

22 komentar

Erny Kusumawaty 13 Juni 2022 - 08:59

Memang guna banget nih Traveloka Paylater. Keren bisa buat jaga2 pas ada kebutuhan mendadak

Balas
Maria Tanjung 23 Januari 2022 - 23:18

Wah bisa belanja di shopee juga ya mbak. Beneran baru tahu aku. Segera deh aku install lagi traveloka yg udh sempat pensiun

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: