Khawatir Beli Laptop via Online? Tenang Saja! Berikut Tips Aman Beli Laptop Secara Online!

oleh Ella Fitria
Tips membeli laptop secara online

Jujur, awalnya aku ragu ketika ingin membeli laptop secara online. Takut laptopnya rusak saat pengiriman, takut laptopnya nggak sesuai dengan pesanan, hingga banyak ketakutan lainnya. Namun, karena laptop tersebut nggak ada yang menjual di daerahku, akhirnya aku pun bismillah saja dan modal nekat.

Mungkin, bagi sebagian orang membeli barang-barang secara online sudah menjadi hal yang lumrah. Sebenarnya aku pun demikian, tetapi untuk membeli barang elektronik yang harganya puluhan juta, jujur baru kali ini, sih. Biasanya aku hanya belanja kebutuhan harian dan printilan yang lucu-lucu. Lalu, bagaimana sih caranya beli laptop via online tanpa rasa khawatir?

Langkah-langkah Membeli Laptop Secara Online

Nah, supaya aman membeli laptop secara online, teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, ya. Siapa tahu tahun ini teman-teman diberkahi rezeki untuk memiliki laptop idaman. Siapa yang nggak mau, kan? Emm, aku ikutan aamiinkan, ya. Hihihi. Yuk lanjut, kita bahas tips aman membeli laptop via online:

Usahakan Beli Laptop di Marketplace Terpercaya

Saat ini banyak cara membeli laptop secara online. Bisa dari website tertentu, media sosial, dan lainnya. Namun, sebaiknya teman-teman membeli laptop melalui marketplace populer untuk menghindari penipuan. Karena, nggak sedikit yang tertipu jual beli online dengan modus pembeli transfer terlebih dahulu lalu barang baru dikirimkan.

Nah, bila kita membeli laptop di marketplace atau melalui pihak ketiga, tentu akan meminimalkan risiko penipuan. Alasannya, karena bila laptop nggak kita terima, kita bisa mengajukan pengembalian dana. Marketplace atau pihak ketiga menjadi penengah bila pembeli mengalami kendala. Penjual nggak akan menerima pembayaran dari pihak marketplace apabila pesanan kita nggak sesuai atau nggak dikirimkan.

Cari Official Store agar Lebih Kredibel

Setelah menentukan marketplace mana yang akan kita gunakan untuk membeli laptop, selanjutnya teman-teman perlu mencari official store. Hal ini untuk menghindari produk palsu atau produk abal-abal, apalagi jika kita membeli barang elektronik termasuk laptop. Nggak mau kan? Kalau kita menerima laptop dalam kondisi baik, tetapi mesin laptopnya rusak. penjual.

Makanya, ketika kita membeli barang apapun, usahakan pilihlah official store agar terjamin keasliannya. Nggak apa-apa kalau official store menawarkan harga yang lebih tinggi daripada star seller. Toh, kalau kita membeli produk elektronik di official store terdapat garansi produk.

Baca Ulasan dan Review Pembeli Lain

Nah, poin ini nggak kalah penting karena saat ini nggak sedikit official store yang kurang profesional. Makanya, aku menyiasati dengan membaca ulasan dan review pembeli lain agar terhindar dari hal tersebut. Selain membaca ulasan dan review dari pembeli lain, aku juga harus jeli membaca spesifikasi yang tertera pada deskripsi produk. So, jangan sampai kita nggak membaca deskripsi produk yang tertera, ya.

Pastikan Pengiriman Laptop dengan Packing Kayu

Untuk meminimalkan rasa khawatir kalau laptop rusak ketika pengiriman, aku sarankan lapisi laptop dengan packing kayu. Sudah dua kali aku menerima paket laptop dengan packing kayu, Alhamdulillah semuanya aman sampai pelukanku. Padahal, rumahku lumayan jauh dari kota pengiriman, lho.

Selain packing kayu, teman-teman juga harus jeli dalam memilih jasa ekspedisi, ya. Kemarin kedua laptopku dikirim menggunakan jasa ekspedisi JNE. Selain pelayanan yang cepat dan aman, kurirnya juga grecep. Uhu, jadi kangen dapat paket packing kayu, nih. Hahaha

JNE Bantul Membuka Smart Point untuk Tingkatkan Kapasitas Pengiriman

Marsudi Head Regional Jateng-DIY melakukan potong tumpeng sebagai tanda dibukanya Smart Point JNE Bantul

Eh, ngomongin JNE jadi ingat kalau pada 31 Januari 2022 lalu JNE Bantul membuka Smart Point yang berlokasi di Dawang RT 12 Jl Parangtritis km 11 Manding, Sabdodadi Bantul, Yogyakarta. Saat ini JNE Bantul memiliki dua gedung yang berfungsi sebagai kantor, sales counter, dan warehouse. Keren ya, pembangunan infrastruktur ini semoga bisa membuat pelanggan makin mudah dalam menjangkau titik layanan JNE.

Pembukaan Smart Point Bantul dihadiri oleh Marsudi, Head Regional Jateng-DIY dan Adi Subagyo selaku Kepala Cabang JNE Yogyakarta. Selain itu, dihadiri juga oleh pejabat pemerintahan setempat dan tamu undangan mitra sales counter JNE di wilayah Bantul maupun relasi JNE. Smart Point Bantul resmi beroperasi pada 1 Februari 2022, lho.

Tentunya, pembukaan Smart Point ini akan meningkatkan pelayanan JNE. Terlebih menurut Adi Subagyo selaku Kepala Cabang JNE Yogyakarta menuturkan bahwa hingga Januari 2022 jaringan JNE di Daerah Istimewa Yogyakarta berjumlah 147, 37 di antaranya berada di Kabupaten Bantul. Semoga infrastruktur JNE makin merata supaya memudahkan proses pengiriman, ya. Duh, ini kok jadi kangen dapat paket dengan packing kayu, sih? Semoga tahun ini keturutan, deh. Aamiin

You may also like

3 komentar

Mutiara 19 Maret 2022 - 01:14

Masih takuuut buat beli online, sebetulnya kalo pengiriman bisa disiasati memang. Yang ga bisa itu kalo laptopnya sendiri yg bermasalah. Nanti ribet tuker-tukernya karena jauh dari rumah. Tapiii memang boleh dicoba sihh, kadang memang kalo beli di luar kota, apalagi kota besar, lebih banyak stok yang baru-baru heheh

Balas
ursula meta rosarini 16 Maret 2022 - 10:20

Jujur aja La sampe saat ini aku blm berani beli laptop online hihi, pengennya liat barangnya dulu sebelum beli, kalau cuma liat gambarnya doang kurang puas aja rasanya wwkwk

Kalau beli hp online aku berani, pernah sekali, tapi tetep lebih puas dtg ke storenya sih wkkwk, kecuali bnr2 ga sempat, sibuk bgt, beli online udah paling solutif

Balas
ainun 23 Februari 2022 - 00:20

nah ini yang sempet aku alami beberapa bulan lalu
bingung mau beli online apa dateng ke store, dateng ke store tapi masih inden sekian lama
mau beli online, takut ada kenapa-napa, meskipun awalnya udah tau kalau bakalan dipacking kayu
dan rumus untuk beli di toko resminya memang bener, kadang kalau liat di toko online lain ada perbandingan harga yang murah dikit, tapi lebih baik memang milih di toko resminya, lebih terjamin kalau ada apa-apa

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: