Makin Populer, Kenali Apa Itu Mata Uang Kripto

oleh Ella Fitria

Investasi maupun trading makin populer saat ini, salah satunya yang dilakukan dengan menggunakan mata uang kripto atau cryptocurrency. Kripto merupakan mata uang digital yang mempunyai beragam jenis dan bisa diperjualbelikan untuk mendapatkan keuntungan. Trading kripto saat ini makin diminati terutama oleh kalangan millenial muda untuk menambah penghasilan mereka.

Apa Cryptocurrency atau Mata Uang Kripto Itu?

Kemajuan teknologi memang membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia termasuk penggunaan mata uang digital crypto. Hingga saat ini sudah tercatat setidaknya terdapat 10 ribu jenis mata uang kripto yang beredar di seluruh dunia. Sedangkan untuk Indonesia sendiri jumlahnya telah mencapai 229 jenis kripto yang terdaftar di Bappebti dan bisa diperdagangkan. 

Lantas apakah yang disebut dengan cryptocurrency atau mata uang kripto itu? Cryptocurrency berasal dari kata cryptography yang artinya kode serta currency yang berarti mata uang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa cryptocurrency alias mata uang kripto adalah mata uang berbentuk digital atau virtual yang menggunakan dan dilindungi oleh suatu kode tertentu.

Cara Mendapatkan Mata Uang Kripto

Kripto makin diminati dan populer karena bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar meskipun risikonya juga tinggi. Agar dapat memperoleh keuntungan pastinya seseorang harus mempunyai aset kripto dulu untuk diperdagangkan (trading) serta pengetahuan yang mumpuni untuk bisa melakukannya. Bagaimanakah cara untuk mendapatkan aset kripto tersebut? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Daftar di Crypto Exchange

Langkah pertama agar bisa melakukan trading adalah dengan mendaftar lebih dulu di platform crypto exchange yang sudah cukup banyak di Indonesia. Hanya saja untuk meminimalkan risiko pilih platform crypto exchange yang sudah terpercaya seperti Indodax. Indodax memiliki reputasi yang baik dan terpercaya, serta sudah mengantongi izin dari Bappebti.

2. Buat Akun dan Verifikasi Data

Langkah selanjutnya adalah membuat akun pada platform tersebut dan isi semua data yang diperlukan. Lakukan verifikasi data agar akun bisa segera digunakan untuk membeli ataupun menjual aset kripto. 

3. Tentukan Jenis Aset Kripto

Nah, sebelum membeli aset kripto tentukan dulu jenis yang akan dipilih. Aset kripto yang paling populer saat ini, yaitu Bitcoin lalu ada Ethereum, Dogecoin dan lain sebagainya. Pilih mana jenis aset kripto yang ingin dibeli dengan mempertimbangkan prospeknya dan trennya di pasar.

4. Lakukan Deposit Dana

Untuk bisa membeli aset kripto yang sudah dipilih tersebut tentunya harus ada dana yang tersedia. Bagaimana caranya? Lakukan deposit dana pada akun tersebut dan gunakan untuk membeli aset kripto sesuai pilihan. Sebaiknya untuk pemula yang baru akan memulai trading kripto jangan membeli dalam jumlah yang terlalu banyak lebih dahulu mengingat risikonya yang lumayan tinggi.

5. Beli Aset Kripto

Terakhir, masuk ke crypto market untuk membeli aset kripto ataupun menjualnya kepada orang lain. Melalui crypto market tersebut kita juga dapat melihat jenis-jenis aset kripto lainnya untuk dipertimbangkan dan dibeli. Agar risiko kerugian bisa diperkecil memang sebaiknya tidak hanya membeli satu jenis aset kripto saja.

Beli juga aset tambahan di samping mata uang kripto yang Anda pilih misalnya Bitcoin dengan tambahan Ethereum. Langkah seperti ini mirip dengan diversifikasi pada instrumen investasi lain dimana tujuannya adalah untuk memperkecil resiko kerugian ketika harga aset kripto tertentu sedang mengalami penurunan.

Demikian penjelasan singkat mengenai mata uang kripto yang makin populer saja di kalangan muda milenial. Namun kalau belum paham juga mengenai cryptocurrency tersebut langsung saja masuk ke kanal Indodax Academy untuk mempelajari lebih dalam tentang kripto. Setelah itu segera lakukan jual beli aset kripto melalui mobile Apps maupun website resmi Indodax.

Sumber :

https://www.liputan6.com/crypto/read/4905650/apa-itu-mata-uang-kripto-begini-penjelasannya
https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/02/21/mengenal-mata-uang-kripto-yang-kini-jumlahya-capai-10-ribu-jenis-di-dunia?page=3
https://www.liputan6.com/crypto/read/4868283/cara-dapatkan-bitcoin-melalui-platform-dan-menambang

You may also like

Beri Komentar