5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangkat Ibadah Haji

oleh Ella Fitria
JNE Berangkatkan 140 Karyawan ke Tanah Sucii

Ada beberapa hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ibadah haji bagi calon jamaah. Namun, sebelum kita membahas lebih dalam kita akan mengulas sedikit mengenai ibadah haji ini. Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat memang sangat menuntut persiapan, baik secara fisik, mental, maupun keuangan. Hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ibadah haji.

Tentunya sebagai ibadah untuk umat Islam, haji memiliki makna yang sangat berarti. Inilah mengapa para calon jamaah haji berusaha keras untuk mempersiapkan segala hal demi kelancaran ibadah hajinya. Adapun hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ibadah haji yaitu

Perkaya Pengetahuan Tentang Ibadah Haji

Kita harus memperkaya wawasan atau pengetahuan kita tentang ibadah haji. Selagi menunggu antrean keberangkatan, kita bisa mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan cara beribadah haji yang baik dan benar. Hal ini memang diwajibkan bagi para calon jamaah haji, biasanya akan dilaksanakan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Tidak hanya itu saja, ada baiknya jika kita rutin mendatangi majelis taklim untuk memperdalam ilmu agama.

Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah segalanya. Oleh karena itu, sebelum berangkat haji persiapan yang sangat penting yang harus kita lakukan adalah persiapan fisik dan kesehatan. Hal ini terjadi karena kondisi cuaca di Tanah suci sangat berbeda dengan cuaca di Indonesia. Jika kita tidak memiliki kondisi fisik yang prima, kita akan rentan mengalami sakit karena faktor perbedaan cuaca.
Mulai sekarang cobalah secara rutin mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta memeriksa kesehatan secara berkala.

Mulai Packing Barang Bawaan

Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, tentunya para jamaah harus mempersiapkan segala hal yang akan dibawa. Barang tersebut akan digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari jamaah saat tinggal di tanah suci. Oleh karenanya, kita harus mencari tips agar barang bawaan yang dibawa tidak melampaui kapasitas. Salah satu tips packing yang biasa dilakukan traveler yaitu menggulung pakaian sebelum diletakkan di dalam koper. Tips ini bisa membantu kita menghemat ruang jika dibandingkan dengan melipat baju. Selain itu, kita harus memprioritaskan barang yang nantinya benar-benar kita butuhkan.

Tukar Uang Sebelum Keberangkatan

Uang sangat penting untuk digunakan sebagai alat transaksi. Untuk itu, pastikan kita telah menukar uang sebelum berangkat ke tanah suci. Sebaiknya, kita menukarnya dari jauh hari atau tidak terlalu dekat dengan waktu keberangkatan. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin ketersediaan stok uang Riyal. Jangan lupa, untuk menjamin keamanan selama menjalankan ibadah, usahakan agar kita tidak membawa uang dalam jumlah yang terlalu banyak.

Memiliki Pulsa dan Kuota Internet

Hal lain yang mesti kita persiapkan yaitu pulsa dan kuota internet yang bisa digunakan di luar negeri. Kuota ataupun pulsa sangat penting untuk menunjang komunikasi bersama keluarga yang ada di tanah air. Kita bisa pergi ke layanan operator telekomunikasi untuk berkonsultasi tentang pilihan pulsa telepon terbaik yang bisa digunakan di luar negeri. Selain itu kita juga bisa membeli kartu SIM lokal di Arab Saudi untuk bisa mendapatkan kuota internet yang murah.

Obat-obatan

Persiapan ibadah haji selanjutnya yaitu obat-obatan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan.
Adapun obat-obatan yang dimaksud:

  • obat dengan resep dari dokter
  • obat pereda nyeri
  • obat batuk
  • suplemen daya tahan tubuh
  • vitamin c

JNE Berangkatkan 140 Karyawan ke Tanah Suci

Jadi ingat, beberapa hari yang lalu tepatnya pada 16 – 24 Mei 2022 ada 140 Ksatria dan Srikandi JNE yang diberangkatkan umrah gratis oleh JNE. Jadi, setelah dua tahun sempat tertunda akhirnya para karyawan dari berbagai cabang JNE dapat diberangkatkan ke tanah suci. Ternyata, umrah gratis JNE diadakan untuk para karyawan yang sudah mengabdi kepada JNE selama lebih dari 12 tahun.

Banyak cerita haru yang dari teman-teman Ksatria dan Srikandi JNE yang merasakan kebahagiaan bisa beribadah di tanah suci. Semoga kita semua bisa mendapatkan kesempatan untuk beribadah di tanah suci baik umrah ataupun haji. Lalu, kita bisa merasakan keberkahan serta ketenangan yang luar biasa, ya. Aamiin

Itulah hal-hal yang perlu disiapkan sebelum berangkat ibadah haji. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita.
Jangan lupa untuk mengecek kembali setiap barang yang sudah di-packing untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal.

You may also like

1 komentar

Mayuf 24 Juni 2022 - 07:52

Wah betapa bahagianya bisa umrah gratis ya

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: