Cara Percantik Konten Blog atau Media Sosial agar Lebih Menarik

oleh Ella Fitria

Jujur, rasanya baru kemarin aku menjadi seorang blogger yang awalnya nggak disengaja. Aku masih ingat betul, tahun 2016, saat aku masih menyelesaikan tugas kuliah, semua mahasiswa di kelasku diwajibkan memiliki blog. Fungsinya, untuk meng-upload tugas-tugas seperti makalah dan jurnal. Begitu selesai menjalani semester itu, blogku pun nganggur alias mati.

Lambat laun, ternyata aku menikmati proses menulis puisi yang aku publish di blogku yang gratisan. Sampai akhirnya, aku memutuskan menekuni dunia blogging untuk berbagi apa pun yang aku sukai. Aku memutuskan membeli domain dan belajar membuat konten yang lebih menarik.

Bikin Konten Blog Jadi Menarik? Susah Nggak, Sih?

Sungguh, awalnya membuat konten yang bisa menarik minat pembaca rasanya susah banget! Bingung mau dimulai dari mana karena saking banyaknya ide yang nggak terealisasikan. Malah, ngeblog tuh berasa jadi beban! Sampai akhirnya, aku merasa nyaman begitu menemukan polanya. Nah, teman-teman penasaran bagaimana polanya? Yuk, simak poin-poin berikut ini:

Cara bikin konten blog jadi menarik

1. Menulislah dengan Hati atau Based on Experience

Sering banget aku memiliki segudang ide, tetapi bingung bagaimana menuangkannya melalui tulisan. Namun, begitu berhasil menuliskan satu kalimat pembuka, tiba-tiba auto lancar menulis hingga akhir. Hal yang paling penting dalam menulis sebuah konten adalah tulisan yang kita buat memiliki jiwa. Seolah-olah, tulisan tersebut mampu hidup karena berasal dari hati.

Pokoknya menulislah apa pun yang ingin dituliskan, tetapi pastikan tulisan kita mengandung informasi, ya. Dengan begitu, ketika pembaca mengunjungi blog kita, mereka akan menemukan informasi yang mereka cari. Seenggaknya ada esensi yang membuat pembaca menemukan benang merah dari tulisan kita.

Selain itu, konten kita akan lebih unik dan menarik ketika kita menuangkannya based on experience. Kenapa? Karena nggak semua orang memiliki atau merasakan pengalaman yang kita miliki. Biasanya, tulisan based on experience ini sering banget dilirik oleh juri jika kita mengikuti blog competition.

2. Belajar Copywriting dan Storytelling

Dulu, boro-boro tahu apa itu copywriting. Alhamdulillah, meski dulu aku nggak tahu seluk beluk copywriting, sekarang aku bisa mendapat pekerjaan di posisi writer di salah satu perusahaan asing. Tentunya, berkat andil blog ini juga!

Belajar copywriting dan storytelling memang nggak gampang. Namun, the power of copywriting bisa membuat konten kita makin enak dibaca. Pembaca nggak akan bosan dengan informasi yang kita sampaikan. Selain itu, dengan kita belajar copywriting dan storytelling juga akan meningkatkan kualitas konten yang kita buat.

3. Buat Tampilan Blog yang User Friendly

Teman-teman pernah nggak sih berkunjung ke salah satu blog atau website yang navigasinya nggak lengkap? Misalnya, nggak ada kolom search atau menu label yang tertera. Hal ini tentu akan membuat pembaca nggak betah berlama-lama di blog kita kan, bukan? Karena nggak mungkin pembaca akan scroll laman per laman hanya untuk menemukan tulisan atau tema yang mereka mau.

Selain itu, template yang dipasang di blog juga nggak kalah penting, lho. Usahakan yang eye catching dan clean supaya enak dilihat dan nggak membuat pembaca pusing dengan template kita. Ya meskipun, template sebuah blog tergantung selera tiap orang, sih. Hehehe.

4. Percantik Konten dengan Infografis yang Ciamik

Percantik konten dengan infografis yang ciamik

Banyak tulisan di blogku ini dilengkapi dengan infografis. Nggak heran banyak DM masuk bertanya aku membuat infografis menggunakan aplikasi atau software apa. Nggak lain, tentu saja dengan aku membuat infografis menggunakan Canva. Selain mudah digunakan oleh orang awam sepertiku, Canva juga praktis banget.

Canva juga tersedia di semua platform, seperti iOS, Android, Windows dan Web. Semuanya terkoneksi ke akun kita di cloud. Jadi, pekerjaan desain kita akan selalu tersimpan kapan pun kita akan mengaksesnya.

#CanvaBanyakBisanya cocok digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan pelajar, pekerja kantor, content creator, hingga profesional bisa memanfaatkan Canva sebagai alat komunikasi visual yang efektif. Bayangkan saja kalau sebuah konten blog nggak disertai infografis, tentu konten kita terasa hambar, bukan?

Langkah-langkah Membuat Infografis untuk Blog atau Media Sosial

Karena #CanvaSayangKamu, makanya banyak kemudahan yang akan kita dapatkan. Terlebih, kalau membuat infografis menggunakan Canva Pro. Banyak template yang bisa kita pilih, plus banyak fitur Canva yang memudahkan kita membuat infografis yang menarik. Nah, berikut langkah-langkah membuat infografis dengan Canva.

Langkah membuat infografis di Canva
  1. Buat akun di Canva

Teman-teman bisa mencoba Canva Pro secara gratis selama 30 hari, lho! Kita bisa mendesain dengan ribuan template gratis, fitur dan pustaka konten superlengkap. Untuk mencoba Canva Pro gratis, silakan klik di link berikut https://partner.canva.com/ellafitria

  1. Pada laman beranda Canva, kita cari “Infografis” untuk mulai membuat infografis
  2. Pilih template

Tentukan konten/tema apa yang akan kita buat infografis. Kita bisa memulai membuat infografis dari template baru alias template kosong yang akan kita desain dari 0. Selain itu, kita juga bisa menggunakan ratusan template Canva Pro yang sudah ada. Kerennya, kita bisa memilih template berdasarkan tema, warna, dan gaya, lho. Jadi, kita tinggal edit-edit sesuai dengan kreativitas kita.

  1. Sempurnakan infografis dengan berbagai elemen

Kita bisa menelusuri jutaan gambar, ilustrasi, dan grafis di Canva. Selain itu, kita juga bisa menemukan ribuan desain panah untuk diagram, plus kita bisa mengatur ulang untuk kebutuhan infografis kita.

  1. Simpan dan bagikan infografis

Setelah selesai membuat infografis, selanjutnya adalah kita bisa mengunduh dan menyimpan infografis dalam format PNG, JPG, atau PDF. Bahkan, kita juga bisa membagikannya di semua akun media sosial kita, lho. Praktis banget, kan?

Keunggulan Membuat Infografis di Canva Pro

Selain untuk menarik minat pembaca, infografis juga menjadi sarana untuk menyampaikan poin-poin penting dengan lebih singkat dan jelas. Infografis umumnya bisa digunakan untuk melengkapi sebuah konten tulisan di blog atau untuk konten di media sosial. Dengan menggunakan Canva Pro, kita bisa membuat infografis dalam hitungan menit tanpa perlu keahlian desain. Menarik, bukan?

Lalu, apa sih keunggulan lain membuat infografis di Canva Pro?

Keunggulan membuat infografis di Canva Pro
  • Membuat Grafis Profesional dengan Pilihan Template

Seperti yang aku sebutkan di atas, di Canva Pro kita bisa membuat infografis dengan template yang sudah di desain dengan profesional oleh pihak Canva. Selain itu, kita juga bisa mendesain infografis from scratch atau halaman kosong. Kamu bisa kunjungi link berikut untuk melihat contoh infografis yang tersedia di Canva https://www.canva.com/id_id/infografis/contoh/.

  • Membuat Grafis Lebih Mudah dengan Berbagai Fitur

Menurutku, fitur Canva Pro ini sangat memudahkan pengguna untuk mendesain dengan mudah. Ada fitur background remover, magic resize, brand kit, latar belakang transparan, template premium, animasi premium, font premium, konten tak terbatas, content planner, dan lainnya.

  • Mudah Share Karya ke Berbagai Media Sosial

Fyi, kita bisa membagikan hasil desain infografis secara langsung ke media sosial, lho. Kita juga bisa meng-unduh infografis dengan resolusi tinggi. Selain itu, kita juga bisa menambahkan desain ke presentasi, dan lainnya. Pokoknya #CanvaBanyakBisanya deh!

Yuk, coba Canva Pro gratis 30 hari

Jadi, bagaimana? Sudah tahu rahasiaku membuat infografis, kan? Silakan teman-teman bisa mencoba Canva Pro gratis 30 hari untuk mendesain dengan ribuan template gratis dan segudang fiturnya. Fyi, untuk mengklaim Canva Pro gratis 30 hari, kita harus melalui proses verifikasi. Selain itu, kita juga harus menyiapkan Kartu Kredit atau Debit online (Bank Jago atau BTPN Jenius) yang sudah diverifikasi untuk melakukan pembayaran.

Tenang saja! Setelah saldo kita terpotong, nantinya akan langsung dikembalikan oleh pihak Canva, kok! Nah untuk mengklaim Canva Pro gratis 30 hari ini, kita harus mendaftarnya melalui web browser, ya! Yuk, buat desain mengagumkan dengan Canva Pro yang memiliki fitur superlengkap! Dengan begitu, membuat infografis untuk blog dan media sosial tak lagi kesulitan.

Kalau teman-teman ingin mendapatkan informasi seputar penggunaan Canva, meningkatkan skill dan berdiskusi bisa kunjungi Grup Facebook Canvalove Indonesia.

You may also like

36 komentar

Marita Ningtyas 2 Agustus 2022 - 17:36

Aku juga selalu pakai Canva nih buat segala macam kebutuhan desain. Dari bikin infografis blog sampai materi presentasi, Canva punya pokoke. Berkat Canva, orang yang nggak bisa desain juga bisa bikin desain kece wkwk.

Dan tentunya harus beli yang legal seperti apa yang dibagikan mbak Ella di artikel ya.

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: