Bingung Mengolah Daging Kurban? Yuk, Bikin Bakso Sapi Saja!

oleh Ella Fitria
Resep basko sapi

Iduladha tahun ini, teman-teman mudik nggak, nih? Kebetulan, tahun ini kami nggak mudik ke rumah mertua karena kondisiku yang belum bisa diajak pergi-pergi ke luar kota. Doakan biar dede di perut sehat dan sempurna hingga lahiran nanti, ya! Aamiin

Biasanya, tradisi saat Iduladha kalian ngapain aja, sih? Nyate? Bikin rendang? Atau bikin steak? Alhamdulillah, di dusun ku sudah banyak yang tergerak hatinya untuk berkurban. Biasanya hanya dua atau tiga sapi dan lima ekor kambing, sekarang ada tujuh sapi dan satu ekor kambing. Luar biasa untuk cakupan dusun, kan?

Makanya, setiap kepala keluarga mendapat daging yang lumayan banyak. Bahkan, sudah diolah menjadi rendang dan sate tetap masih banyak. Belum lagi kalau ikut berkurban, tentu jatah daging makin banyak. Mblenger nggak tuh? But, tetap bahagia karena masih bisa merasakan momen Iduladha dengan sehat plus bareng keluarga.

Moment Iduladha 1443 H JNE bersama TIKI

Berbicara soal daging kurban, kemarin JNE bersama TIKI juga membagikan sebanyak 4.000 daging hewan kurban. Sebagian di antaranya dikurbankan dalam acara #TIKIJNEIdulAdhaBareng pada hari Minggu, 10 Juli 2022 bertepatan di Yayasan Taman Yatim Piatu & Tuna Netra (Yatuna) Suprapto Suparno Jl. Pusdiklat Depnaker, Kec. Makasar, Jakarta Timur. Seluruh daging kurban ini dibagikan kepada ribuan kaum dhuafa dan yatim piatu di sekitar kantor pusat dan cabang JNE di 62 kota.

Selain ikut perayaan Iduladha, menjelang usianya yang ke-32 tahun, JNE juga mengadakan giveaway dengan hadiah 32 kambing. Periode kuis ini sudah dimulai sejak 6-10 Juli 2022. Nggak hanya program giveaway, JNE juga memberikan diskon 20% untuk tujuan kiriman ke Negara Timur Tengah (Arab Saudi, Turki, Qatar, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman, Yordania, Kuwait, Bahrain, Oman) tanpa minimal berat, lho. Promo ini berlangsung sejak tanggal 7-17 Juli 2022.

Jangan khawatir untuk member JNE Loyalty Card (JLC) karena ada program menarik berupa Double Point untuk Service International pengiriman ke Negara Timur Tengah. Eh jadi lupa lagi ngomongin resep bakso sapi, ya! Ahahaha, yuk yuk aku bocorkan resep daging sapi andalan kami.

Olahan Daging Sapi yang Paling Disukai Keluarga Kami

Proses membentuk adonan bakso sapi

Entah sejak tahun berapa keluargaku memiliki tradisi mengolah daging sapi menjadi bakso. Duuuh, kuah baksonya seger dan gurih banget. Belum lagi, daging baksonya empuk dan terasa banget daging sapinya. But, nggak bikin eneg!

Kadang, bikin sekilo daging sapi bisa habis dalam waktu dua atau tiga hari. Soalnya, kalau sudah dibuat bakso, mau dibikin bakso goreng bisa, bakso bakar bisa, atau bakso kuah juga bisa. Makannya, nggak ada bosan-bosannya sama sekali. Nah, barang kali teman-teman butuh referensi bagaimana membuat bakso daging sapi, bisa simak tips di bawah ini.

Cara Membuat Bakso dari Daging Sapi

Sebenarnya, aku belum pernah membuat bakso sapi sendiri. Alias, selalu dibuatkan oleh ibu atau budeku. Namun, tenang saja! Sudah aku intipkan resep bakso sapi andalan kami. Kebetulan, Iduladha ini sudah membuat bakso sapi dua kali.

Maklum lah, hampir setiap hari di tempat kami hujan deras. Jadi, rasanya nikmat banget hujan-hujan makan bakso sapi dengan kuah yang panas. Berikut ini resep bakso sapi andalan keluarga kami. Yuk recook, yuk!

Bahan Bakso Sapi

Adonan bakso sapi yang sudah dihaluskan

1 kg daging sapi (boleh mix dengan otot atau lemak sapi, tapi kalau kami prefer full daging tanpa lemak atau otot sapi)
250 gram tepung tapioka
1 sdm lada bubuk
2 butir telur
6 siung bawang putih
1/2 sdt baking powder
100 gram es batu

Bahan Kuah Bakso

1 liter air
5 siung bawang putih (haluskan dan digoreng)
8 siung bawang merah (haluskan dan digoreng)
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt kemiri bubuk
1 sdt garam
1 sdt kaldu sapi bubuk

Untuk Pelengkap Bakso

Pelengkap bakso sapi

2 batang daun bawang (iris pendek-pendek)
1 batang daun seledri (iris pendek-pendek)
Daun cesim sesuai selera
Toge segar

Langkah-langkah Membuat Bakso Sapi

  1. Campurkan semua bahan bakso sapi lalu haluskan menggunakan cooper daging atau bisa haluskan di penggilingan khusus daging yang ada di pasar-pasar.
  2. Setelah adonan bakso sudah jadi, saatnya mencetak adonan dengan cara diremas-remas hingga menjadi bulat atau sesuai selera.
  3. Langsung masukkan setiap adonan bakso yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Tunggu hingga bakso naik ke atas permukaan.
  4. Siapkan kuah bakso dengan mencampur semua bahan kuah bakso (jika ingin lebih praktis gunakan bumbu sachet kuah bakso saja)
  5. Pindahkan bakso yang sudah direbus ke dalam panci yang sudah berisi kuah bakso.
  6. Siapkan mangkuk berisi bahan pelengkap bakso, lalu siramkan kuah bakso yang mendidih.
  7. Bakso siap disajikan.

Duuuh, nulis resep bakso malah jadi ngiler, nih. Untung masih punya stok bakso di kulkas. Jadi, bisa langsung bikin. Kalau teman-teman, lebih sering mengolah daging kurban seperti apa, nih? Share di kolom komentar yuk, siapa tahu aku ingin recook dan jadi rajin masak. Ahahahha!

Anyway, selamat Iduladha teman-temanku. Semoga segala amal dan kerelaan kita untuk berkurban menjadi bekal kita di akhirat. Aamiin. Semoga juga, kita masih bisa bertemu dengan Iduladha tahun depan. Lancar dan sehat selalu untuk teman-temanku. Peluk jauh dari Purbalingga!

You may also like

5 komentar

Lantai Vinyl Rumah Sakit 5 Agustus 2022 - 18:46

dapat daging kita puas2in bakar bakaran dah.

Balas
fanny_dcatqueen 21 Juli 2022 - 18:12

Tadinya aku mau bikin bakso juga dari daging2 yang didapat mba, tapi dipikir2 kok ya lagi kepengen asem2 daging, yg segeeeeer . Soalnya tahun lalu, dagingnya kami masak bakso sih.

THN ini cari resep lain.

Tapi memang kalo bakso ga bakal bosen . Mau dijadiin bakso biasa, bakso goreng, bakso isi dll, ttp aja jadi favorit sekeluarga

Balas
ainun 18 Juli 2022 - 22:54

idul adha kemarin,aku juga nggak pergi kemana-mana mbak.
kayaknya tiket ke surabaya udah full semua 😀
pas udahdapet pembagian daging sapi, sama orang rumah langsung dibuat rendang, beberapa hari makan rendang mulu hahaha, kadang aku beli sate ayam aja diluar, lahh kok tiap hari daging
terus beberapahari terakhir ini dikasih bakso yang udah jadi, tinggal santap aja, hehehe mayan

Balas
Ursula Meta Rosarini 18 Juli 2022 - 16:18

Aku dari dulu pengen bgt nih La bikin bakso sapi, soalnya si bocil suka bgt bakso, cuma blm nemu tempat penggilingan daging dkt rumah hhahaha, hrs beli chopper kali ya haha

Balas
Mayuf.ID 18 Juli 2022 - 09:30

Wah bener banget nih kak, dirumahku juga kaya gtu lebih ke dibikin bakso aja, cuma kalo aku gak buat sendiri kak, pernah si buat cuma kurang, jadinya lebih ke tukang giling terus kalo udah jadi bahan tinggal di bentuk sendiri sesuai selera

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: