Apa Itu Tes Nutrigenomik dan Manfaatnya

oleh Ella Fitria
tes nutrigenomik

Apakah kamu tahu dengan yang namanya tes nutrigenomik? Nutrigenomik merupakan sebuah ilmu yang mempelajari respon gen terhadap makanan yang kamu makan. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara dini perubahan apa yang bisa terjadi setelah makanan yang dikonsumsi tersebut masuk ke dalam tubuh.

Setiap orang tentu memiliki gen yang berbeda-beda, setidaknya perbedaan tersebut sebesar 0,1% dengan yang lainnya. Sementara untuk tes dengan nutrigenomik sendiri adalah pemeriksaan yang banyak dilakukan oleh orang-orang dengan badan obesitas dan sulit menurunkan berat badan.

Apa Itu Tes Nutrigenomik?

Secara sederhana tes ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin melakukan diet dan juga olahraga, apalagi bagi yang berat badannya sulit turun. Berat badan susah turun karena adanya gen di tubuh yang membutuhkan energi lebih rendah ketika melakukan program diet atau membutuhkan olahraga tertentu saat menurunkan berat badan.

Adapun prosedur melakukan nutrigenomik biasanya dimulai dengan pengambilan sampel melalui air liur dari pasien yang ingin melakukan tes. Pemeriksaan nutrigenomik bisa dilakukan kapan saja melalui laboratorium klinik dengan tes kesehatan yang melayani tes DNA.

Banyak masyarakat yang memahami bahwa tes DNA hanya dilakukan untuk menguji hubungan darah dan ikatan keluarga pada kondisi tertentu. Padahal tidak hanya sampai di situ saja karena tes DNA juga mampu memprediksi risiko penyakit dan menjadi panduan gaya hidup sehat. Maka tidak heran mengapa tes ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kamu.

Manfaat Tes Nutrigenomik

Ada banyak sekali manfaat melakukan tes nutrigenomik untuk kesehatan tubuh manusia. Karena tentu saja tes ini tidak hanya untuk membantu menurunkan berat badan dan juga mengetahui potensi penyakit kronis, tapi masih ada banyak lagi manfaatnya. Nah, berikut ini beberapa manfaat tes nutrigenomik.

Membantu Pemilihan Program Diet Yang Tepat

Ketika akan melakukan diet, tidak semua orang paham jenis diet yang tepat sesuai kebutuhan. Ada orang yang ingin melakukan diet ekstrem padahal tubuhnya sendiri tidak sanggup untuk melakukan hal tersebut. Maka dari itu, kamu harus melakukan tes nutrigenomik terlebih dahulu agar benar-benar paham jenis diet apa yang terbaik.
Kamu jadi bisa tahu bahwa pilihan diet sudah sesuai dengan gen yang ada. Dengan tes ini, lebih memiliki potensi untuk membuat Kamu mudah menurunkan berat badan.

Mudah Penyesuaian Asupan Nutrisi

Melakukan tes kategori nutrigenomik juga sangat tepat bagi kamu yang ingin menyesuaikan asupan nutrisi. Tes tersebut sangat cocok dipilih bagi kamu yang ingin punya stamina prima ataupun seorang atlet. Karena dengan tes jenis nutrigenomik, kamu bisa memperhatikan asupan nutrisi yang ada.

Kamu lebih mampu mengetahui takaran dan sajian yang tepat bukan asal mengonsumsi banyak makanan sehat, tetapi tidak sesuai porsi. Terlebih, setiap individu tentu membutuhkan nutrisi masing-masing jadi bisa dipahami lewat nutrigenomik.
Seseorang yang punya tubuh sensitif juga tidak boleh mengonsumsi sembarangan makanan untuk memenuhi nutrisi harian. Hal ini akan sangat berbahaya dan juga fatal maka kamu harus paham karakteristik metabolisme lewat gen yang dihasilkan dari tes nutrigenomik.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengetahui makanan apa yang boleh dimakan dan makanan yang dilarang untuk menjaga kesehatan.

Menjaga Kesehatan

Sudah saatnya semua orang paham bahwa menjaga kesehatan sangat penting. Terlebih, sangat banyak penyakit yang muncul saat ini yang sebabnya dari apa yang kamu konsumsi. Seperti misalnya penyakit berbahaya obesitas, diabetes, kanker sampai hipertensi hingga autoimun.

Ketika kamu tahu makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak, tentu saja tubuh menjadi lebih sehat. Saat tubuh sehat, secara otomatis serangan penyakit berbahaya bisa diminimalkan.

Sangat penting melakukan tes nutrigenomik untuk mengenali tubuh kamu dan asupan yang sesuai. Melakukan tes ini harus pilih tempat tes terbaik salah satunya yaitu dengan memilih Tanya DNA. Tempat ini menggunakan teknologi canggih untuk pengujian genomik, agar Kamu bisa mengetahui apakah pemeriksaan memberikan hasil yang positif ataupun negatif.

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
guest
2 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
ainun
5 Oktober 2022 22:40

aku baru tau istilah tes nutrigenomik mbak
saat orang orang tes ingin mengetahui penyebab berat badan susah turun, aku malah susah naik 😀
yang pasti asupan nutrisi tetep diperhatikan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, kadang meskipun diimbangi sama olahraga, malah stuck aja nggak turun turun, soalnya juga sering nyemil
niat dan konsistensi kayaknya penting juga