Search
Close this search box.

Ibu Hamil Kerap Mual saat Gosok Gigi? Yuk, Atasi dengan Pasta Gigi Berbahan Alami Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Table of Contents

Sungguh, menjalani peran sebagai ibu hamil membutuhkan persiapan baik fisik dan mental yang luar biasa. Dulu, saat masih gadis, aku nggak pernah membayangkan seberat apa menjadi ibu hamil. Namun, terlepas dari itu semua, menjadi ibu hamil adalah kesempatan terbaik dan anugerah terindah yang Tuhan berikan.

Setiap tendangan dan gerakan yang aku rasakan di dalam rahim, seolah meringankan semua hal yang terasa berat. Menjadi ibu hamil, memang bukan perkara mudah. Terlebih, aku yang pernah keguguran saat mengandung anak pertama. Maka, nggak heran jika di kehamilan kali ini, aku dan suami sangat selektif untuk mengupayakan yang terbaik agar janin yang aku kandung ini sempurna, sehat, kuat hingga waktunya persalinan tiba. Aamiin

Perubahan pertama yang aku rasakan saat hamil adalah rasa mual setiap kali menggosok gigi. Padahal, frekuensi menggosok gigi setiap hari kan sering banget, ya? Huhuhu, lantas sebenarnya kenapa sih ibu hamil kerap kali merasa mual saat gosok gigi?

Penyebab Ibu Hamil Mual Saat Gosok Gigi

Beberapa kali aku mencoba sharing dengan teman yang sedang hamil terkait rasa mual yang sering aku rasakan saat menggosok gigi. Ternyata, permasalahan serupa juga dialami oleh beberapa temanku yang sedang hamil. Karena penasaran, aku coba mencari tahu penyebab mual yang dialami oleh ibu hamil saat gosok gigi.

Perubahan hormon saat hamil menjadi salah satu pemicu kondisi mulut menjadi lebih asam, lho. Terlebih, biasanya aroma dan rasa pasta gigi yang terlalu kuat juga menjadi pemicu munculnya rasa mual. Alhasil, aku jadi malas berkumur, padahal residu yang tersisa di rongga mulut setelah gosok gigi berbahaya jika tertelan dan terakumulasi di dalam tubuh.

Selain itu, nggak mungkin juga kalau aku nggak menggosok gigi selama hamil, kan? Apalagi, saat hamil sangat disarankan untuk menjaga kebersihan rongga mulut agar bakteri nggak mudah berkembang biak dan berujung menyebabkan gigi dan gusi menjadi lebih sensitif.

Perubahan hormonal ini juga menjadi salah satu penyebab penyakit pada rongga mulut, seperti gingivitis (gusi bengkak) hingga periodontitis (infeksi gusi yang parah). Nah, kalau kesehatan rongga mulut nggak dijaga dan dirawat, tentu saja bisa berakibat fatal ke janin, seperti si kecil lahir prematur atau si kecil lahir dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Rongga Mulut Ibu Hamil

Aku jadi teringat, beberapa tahun lalu saat menghadiri event Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, dua narasumber dokter spesialis bedah mulut memaparkan betapa sulitnya menghadapi pasien ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil dengan penyakit gigi atau mulut sangat berisiko terhadap keselamatan janin. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan penanganan khusus mengingat nggak boleh mengonsumsi obat sembarangan.

Memang ya, pada 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) yang dihitung saat janin mulai terbentuk, kesehatan rongga mulut dan gigi menjadi salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga. Bahkan, dokter gigi pun menganjurkan untuk mengatasi permasalahan gigi dan mulut secara tuntas sebelum memutuskan hamil. Nah, berikut ini beberapa langkah yang aku lakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi selama hamil.

Menggosok Gigi Secara Teratur

Meskipun ada rasa mual saat menggosok gigi, hal ini nggak boleh jadi penghalang untuk nggak menggosok gigi. Mengingat, risiko penyakit gigi dan mulut yang mengintai ibu hamil bisa berakibat fatal. Pokoknya, aku punya prinsip harus selalu menggosok gigi meskipun terasa mual. Toh, aku masih bisa mensiasatinya dengan berbagai cara. Misalnya, mengganti sikat gigi yang lebih kecil dengan bulu yang lebih halus supaya terasa nyaman saat menggosok gigi. Selain itu, carilah pasta gigi dengan aroma dan bahan aktif yang nggak memicu mual berlebihan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Rasanya klise banget membahas kebutuhan nutrisi ibu hamil, ya? Namun, kebutuhan nutrisi ibu hamil yang terpenuhi akan membantu perkembangan tulang dan gigi si kecil. Jadi, selain menggosok gigi secara teratur, aku juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi oleh dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, fosfat, vitamin A, C, dan D. Fungsinya, untuk membantu membentuk struktur tulang dan gigi si kecil.

Pilih Pasta Gigi Khusus Ibu Hamil

Pasta Gigi Berbahan Alami Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Selain menerapkan cara di atas, memilih pasta gigi yang direkomendasikan khusus untuk ibu hamil juga nggak kalah penting, lho. Hal ini bertujuan untuk mengurangi mual dan menjamin kesehatan ibu dan janin. Memangnya, ada pasta gigi khusus ibu hamil, ya? Tentu saja ada, dong! Namun, sebelum membahas pasta gigi khusus ibu hamil, cari tahu dulu yuk seberapa penting memilih produk-produk khusus untuk ibu hamil.

Pentingnya Memilih Produk Alami dan Organik untuk Ibu Hamil

Aku kagum dengan inovasi baru dari Motherlove. Pasalnya, Motherlove memiliki produk baru yakni Gentle Toothpaste for Moms khusus untuk ibu hamil. Motherlove merupakan salah satu brand yang setia menemani perjalanan ibu dan anak dalam 1.000 hari pertamanya. Produk-produk yang ditawarkan oleh Motherlove juga menggunakan bahan dasar natural dan organik.

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms adalah pasta gigi yang diformulasikan dengan kandungan bahan 99% alami yang tersertifikasi. Yang paling aku suka dengan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini adalah nggak meninggalkan residu berbahaya. Selain itu, menurutku, pasta gigi ini memiliki rasa yang mild jadi nggak memicu mual saat aku menggosok gigi. Bau dan busanya juga sudah disesuaikan untuk gusi sensitif saat kehamilan. Menariknya, busanya terbuat dari kelapa yang terekstrak, lho.

Alasanku Memilih Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Alasanku Memilih Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Tentu saja bukan tanpa alasan aku memilih Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini. Produk ini merupakan pasta gigi pertama untuk ibu hamil dan menyusui yang mengandung folic acid dan honey propolis. Selain itu, kandungannya juga sudah teruji aman di Korea Selatan untuk ibu hamil dan menyusui.

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms juga dapat membantu mencegah cavity dan plak (bakteri), lho. Selain karena dapat meminimalkan rasa mual, alasanku memilih pasta gigi ini karena kandungan utamanya 99% natural. Nah, berikut beberapa kandungan dan bahan utama yang terkandung di dalam Motherlove Gentle Toothpaste for Moms.

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms
  • Ekstrak Eucalyptus, Sage, dan Honey Propolis: untuk mencegah gigi berlubang dan merawat kesehatan gusi.
  • Ekstrak Mint & Green Tea: membantu menyegarkan nafas dan mencegah bau mulut.
  • Xylitol: membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.
  • Ekstrak Aloe vera dan Folic acid: untuk merawat dan menenangkan gusi.

Cara Menggunakan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms

Menurutku, untuk tekstur pasta gigi ini seperti gel. Cara menggunakan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms sama seperti menggunakan pasta gigi pada umumnya, kok.

Tekstur Gel Alasanku Memilih Motherlove Gentle Toothpaste for Moms
  • Pertama, basahi sikat gigi dengan sedikit air.
  • Kedua, keluarkan pasta gigi sebesar biji kacang polong pada sikat gigi.
  • Ketiga, mulailah menggosok gigi selama dua menit.
  • Keempat, kumur dan buang sisa pasta gigi.

Pastikan kita selalu menggosok gigi dua kali sehari, ya!

Yuk, Dapatkan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms dengan Mudah!

Nah, untuk mendapatkan Motherlove Gentle Toothpaste for Moms mudah banget, kok! Teman-teman bisa membelinya di e-commerce, baby shops, atau supermarket. Untuk menambah informasi seputar bayi, ibu hamil, dan menyusui teman-teman bisa mengikuti akun Instagram Motherlove https://www.instagram.com/motherlove_id/ atau kunjungi website Motherlove di http://www.motherlove.id.

Oya, untuk harga Motherlove Gentle Toothpaste for Moms Rp99.000/100 gr. Menurutku worth it karena manfaat yang didapatkan bisa untuk mengurangi rasa mual saat ibu hamil menggosok gigi. Plus, kandungan dan bahan aktifnya natural dan organik. Terlebih, kalau lagi beruntung kita bisa mendapatkan harga diskon, lho! Jadi, yuk berikan yang terbaik untuk buah hati sejak dalam kandungan salah satunya dengan memperhatikan penggunaan produk yang alami dan organik.

Yuk Baca Lainnya!

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

4.8 6 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
37 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
hamimeha
28 November 2022 05:46

beneran deh, menggosok gigi adalah salah satu aktivitas yang sering dihindari ketika hamil. sebab merangsang buat muntah . padahal gak enak banget kan g gosok gigi hiks.. wah seneng banget ada prouk motherlove ini, sayang baru tahu tapi bisa nih di rekomendasikan ke para bumil .

Allamandawi
22 November 2022 06:30

Way baru tau produk satu ini. Orang yang nggak hamil aja sering mual pas gosok gig krn rasa dan busanya. Ini cocok jg nggak buat yg nggak hamil?

Analisa Muya
19 November 2022 15:39

mantab nih pasta giginya, kandungan bahan 99% alami dan tersertifikasi. Klo sikat gigi lama2 kdang aku jg mual…terimakasih mbak rekomendasinya…sangat bermanfaat dn membantu

Naqiibah
19 November 2022 13:37

Apakah hanya untuk bumil ya, Mbak. Jujur soalnya saya beberapa kali sering mengalami mual pas gosok gigi, apalagi masuk angin :D. Apakah pasta gigi ini bisa digunakan untuk selain bumil 😀

Dailyrella
19 November 2022 11:34

Ahhh, makasih bangeetttt rekomendasi toothpaste untuk bumil ini. Yup, benar…tiap pagi kalau belum sikat gigi mual, eh pas sikat gigi juga muaal jadinya serba salah.

Dian
19 November 2022 11:13

Motherlove Gentle Toothpaste for Moms ini jadi pilihan terbaik para bumil untuk menjaga kesehatan giginya ya mbak

nunu
19 November 2022 09:36

owww ada pasta gigi khusus buat mubil ternyata. hehe sy sj yg bukan bumil kalau lg siikat gigi kadang mual

lendyagassi
19 November 2022 09:30

MashaAllah~
kabar kehamilan memang selalu menjadi berita yang menyenangkan ya.. Dan merawat kesehatan sang Ibu hamil ini juga harus jeli dan teliti agar sang ibu sehat, janin juga tumbuh sehat. Menggunakan Motherlove Gentle Toothpaste agar bisa terus sehat untuk kondisi gigi dan mulut sehingga mual dan muntah bisa diminimalisir.

Kata Nieke Blog
19 November 2022 09:16

Bagus nih ada pasta gigi yang kandungannya organik sehingga aman untuk bumil ya. Gigi sehat dan aman untuk bumil dan kandungannya.

Dyah Kusuma
19 November 2022 09:03

wah baru tahu nih ada pasta gigi untuk ibu hamil, sepakat ibu hamil perlu menggunakan produk-produk yang aman karena nanti akan berpengaruh juga pada pertumbuhan janin
bahan penyusunnya alami ya, layak dicoba nih untuk bumil lainnya

Anggita R. K. Wardani
19 November 2022 07:59

Betul mba harus pintar-pintar pilih pasta gigi biar ga bikin sakit gigi. Soalnya kalo misal sampe gigi sakit bakal susah karena dokter biasanya ngga mau kasi obat, takut ngaruh ke janin

Uniek Kaswarganti
19 November 2022 07:51

Alhamdulillah ada pasta gigi dari bahan alami dan organik yang aman untuk bumil gini. Menggosok gigi pun jadi berasa nyaman, tidak diserang aroma pasta gigi yang terlalu kuat, yang seringnya mendorong munculnya sensasi ingin muntah saat menggosok gigi.

Mega
19 November 2022 05:25

Oalah ada pasta gigi ibu hamil juga ya sekarang, aku baru tau loh. Motherlove punya lagi, pasti bagus deh gak diragukan lagi. Next kalo hamil lagi mau beli ini juga ah. Biar gigi tetep terjaga

Juwita
19 November 2022 05:04

Ya benar banget ..mengatasi mual itu sangat susah jadi penyebab bisa salah pasta gigi juga ya. Masya Allah semoga lahirannya dimudahkan ya mom

Eni Martini
18 November 2022 08:52

Aman banget ya ini buat bumil, dan bisa jadi solusi rajin gosok gigi. Karena pengalamanku tuh saat hamil, mual jadi males gosok gigi

Julia Pascq
18 November 2022 08:28

Bener banget kaya apa ni Mbak Ella kalau bumil gak gosok gigi, huaaaaaaa. Untung ada produk pasta gigi yang dikhususkan untuk ibu hamil ya. Aku juga baru tahu produk Motherlove gentle toothpaste ini.

Anyway, semoga kehamilan Mbak Ella sampai persalinan dimudahkan oleh-Nya. Bayi dan ibu semuanya sehat. Aamiin

Oemy Ikbar
18 November 2022 07:37

Alhamdulillah sekarang sudah ada pasta gigi buat ibu hamil jadi enggak akan mual mual lagi. Terimakaaih infonya

Aji Ervanto
16 November 2022 08:43

Wah komposisinya natural dan aman untuk ibu hamil ya! Dari segi kemasan juga menarik dan eyecatching

Nurul Rahma
Balas ke  Aji Ervanto
19 November 2022 07:55

Pastinya bumil.busui sukaaa produk ini
Sangat berfaedah
Makasiii infonya mbaa

Lailatul Istiqomah
Balas ke  Ella Fitria
24 November 2022 17:47

wah saya baru tahu nih kak, dulu waktu hamil kalau mau gosok gigi emang bikin mual. Jadi recomend bgt ya