Rahasia Sajikan Menu Sahur Sehat Anti-Ribet di Bulan Ramadan

oleh Ella Fitria

Menu sahur sehat merupakan hal yang wajib disiapkan saat bulan Ramadan tiba. Memang ya, waktu terasa berlalu begitu cepat, padahal rasanya baru kemarin selesai menjalankan ibadah puasa. Eh, tahu-tahu sudah memasuki bulan Ramadan saja. Terhitung, Ramadan kali ini adalah Ramadan ketiga bersama suami. Plus merupakan Ramadan pertama kami bersama Gentala.

Tinggal berdua bersama suami sambil mengurus newborn memang challenging banget. Terlebih saat memasuki bulan Ramadan karena harus menyiapkan berbagai menu sahur sehat. Jujur saja, tanpa wifi rumah, aku nggak akan bisa menyajikan menu sahur yang sehat dan lezat. Maklumlah, setiap hendak menyiapkan menu sahur aku selalu berselancar di dunia maya terlebih dahulu untuk mencari resepnya. Ehehehe

Tips Sajikan Menu Sahur Sehat Anti-Ribet

Tenang saja, meskipun aku nggak jago memasak, aku punya tips untuk menyiapkan menu sahur sehat dan simpel. Tentunya, berbekal dari pengalamanku di bulan Ramadan sebelumnya. Nah, berikut ini tips sajikan menu sahur sehat, simpel, dan lezat. 

1. Buat Daftar Menu Sahur

Jujur, dulu tuh setiap kali menyiapkan menu sahur dan buka puasa selalu bingung. Namun, aku punya solusinya dengan cara membuat daftar menu sahur. Hal ini bertujuan agar menu sahur yang akan kita sajikan lebih bervariasi karena menunya gonta-ganti.

Selain itu, tujuan membuat daftar menu juga dapat meminimalkan bahan makanan yang terbuang. Jadi, nggak ada lagi sayur atau bahan makanan lain yang layu atau membusuk karena lupa. Oya, biasanya, aku juga belanja bahan makanan berdasarkan daftar menu yang sudah dibuat. Jadi, nggak ada bahan makanan yang terbuang sia-sia.

2. Siapkan dan Racik Bahan Makanan di Sore Hari

Aku nggak punya tenaga lebih untuk meracik bahan makanan dini hari saat akan santap sahur. Kadang, rasa lelah dan kantuk nggak bisa diajak kompromi karena harus bangun lebih awal, kan? Makanya, untuk mengatasi hal tersebut, aku selalu menyiapkan dan meracik bahan makanan di sore hari sekalian menyiapkan masakan untuk berbuka puasa. 

Begitu sudah di racik, bahan makanan disimpan di kotak penyimpanan dan dimasukkan lemari es. Nah, besok paginya tinggal dimasak deh. Nggak perlu lagi ribet memotong-motong atau mencuci bahan makanan saat jam sahur. Alternatif kedua yang bisa dilakukan untuk menghemat waktu saat memasak menu sahur adalah rutin menerapkan food preparation setiap selesai belanja bahan makanan. 

3. Perhatikan Asupan Gizi Seimbang

Menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam tentu membutuhkan asupan gizi agar tubuh tetap sehat dan fit. Selain itu, kita juga wajib memperhatikan asupan serat dan cairan. Biasanya, setiap menyajikan menu sahur, aku perbanyak kandungan protein supaya rasa kenyangnya lebih lama. Alasannya, karena protein dapat menyimpan energi di dalam tubuh kita. Dengan begitu, aktivitas di bulan Ramadan nggak jadi masalah karena terhindar dari rasa lemas dan lesu.

Sup Ceker Ayam Tulang Lunak Tanpa Minyak: Resep Andalan Menu Sahur Sehat

Sup Ceker Ayam Tulang Lunak Tanpa Minyak

Dari sekian banyak resep menu sahur, aku punya resep andalan. Selain menyehatkan, bikinnya pun simpel dan mudah. Jujur, dulu saat baru belajar memasak, rasanya membuat sup untuk menu sahur nggak enak dan nggak pas. Namun, saat menemukan resep sup ceker ayam tulang lunak tanpa minyak, eh ternyata bikin ketagihan! Bahan dan cara membuatnya pun mudah. Berikut bahan-bahan yang diperlukan, plus cara membuatnya. 

Bahan-bahan:

2 siung bawang putih

4 siung bawang merah

1 sdt merica bubuk

1 sdt penyedap rasa

Garam secukupnya

1/2 sdt gula pasir

1/2 kg ceker ayam

100 gr wortel

100 gr brokoli

Daun bawang dan seledri secukupnya

Cara membuat Sup Ceker Ayam Tulang Lunak Tanpa Minyak

1. Rebus ceker ayam (aku pakai panci presto supaya cepat lunak) berserta bumbu di atas

2. Setelah ceker ayam lunak, masukkan brokoli dan wortel, tunggu sekitar 1 menit

3. Jika rasa sudah pas, lanjut masukkan daun bawang dan seledri

4. Sup ceker ayam tulang lunak siap disantap

Cari Resep Menu Sahur Makin Lancar Berkat Wifi Rumah IndiHome

Sebagai ibu muda yang nggak jago masak, aku selalu mengandalkan wifi rumah untuk scrolling mencari resep masakan yang mudah dan menyehatkan. Untungnya, IndiHome hadir untuk membantuku menemukan beragam resep menu sahur.

Wifi rumah dari Telkom Indonesia ini menawarkan kecepatan internet hingga 300 Mbps, lho. Nggak hanya layanan digital internet rumah, IndiHome juga menyediakan layanan telepon rumah dan TV Interaktif (IndiHome TV) dengan banyak pilihan paket. Ibadah puasa pun bisa makin khusuk karena setiap malam mendengarkan murotal Al-Quran.

Kalau nggak ada wifi rumah, mana bisa aku menggunakan internet dengan puas. Selain itu, aku pun jadi lebih leluasa menonton berbagai video tutorial memasak. Berselancar mencari resep menu sahur nggak lagi terkendala kuota berkat wifi rumah IndiHome.

You may also like

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
ainun
25 Maret 2023 13:13

sop cekernya enakkk banget liatnya, seger gitu
udah lama aku ga makan ceker ayam hahaha. Kayaknya perlu juga nih cari menu ceker ayam, ceker ayam pedes sepertinya enak juga ehmm

keberadaan internet bener bener membantu banget ya mbak, mau cari info apa aja ada, termasuk resep masakan

cocoper6
22 Maret 2023 20:44

Wah² bisa dicoba nih … Kayanya enak