Search
Close this search box.

Asah Otak dan Imajinasi dengan Konsisten Membaca Novel

Manfaat baca novel

Table of Contents

Sejak duduk di bangku SMP, minat bacaku mulai melesat karena kekagumanku dengan perpustakaan termasuk dengan novel romance. Sebenarnya, aku nggak sepakat kalau minat baca orang Indonesia rendah. Pasalnya, bukan minat bacanya yang rendah, melainkan fasilitas atau jangkauan bacaannya yang terbatas.

Kalau ingat saat aku kecil, rasanya jauh sekali dengan buku bacaan. Entah karena lingkunganku yang nggak aware dengan manfaat membaca buku atau memang nggak ada buku untuk jadi bahan bacaan. Makanya, saat aku duduk di bangku SMP, rasa cinta dengan buku termasuk novel makin terasa. Buatku, membaca novel memberikan manfaat positif yang cukup banyak.

Nah, kali ini aku akan sedikit berbagi apa saja manfaat membaca novel yang aku rasakan sekaligus berbagai aplikasi baca novel yang menyediakan berbagai judul novel.

Manfaat Nyata Membaca Novel yang Aku Rasakan

Mungkin sudah banyak penelitian berdasarkan sains terkait manfaat membaca. Aku hanya ingin berbagai dari sisi pribadi. Karena buatku, tanpa sadar manfaat membaca membawaku berada di titik sekarang (menjadi penulis dan writer di salah satu perusahaan asing). Selain itu, berkat membaca novel aku juga merasakan hal-hal berikut ini.

Membuat Mindset Lebih Terbuka dan Berwawasan

Sebenarnya untuk poin ini nggak hanya berlaku untuk bacaan novel, sih. Namun, lebih ke semua genre bacaan akan membuat mindset kita makin terbuka dan berwawasan. Terlebih, jika novel atau bacaan yang kita baca bergenre scientific pasti makin membuka pengetahuan baru untuk kita. Manfaat yang satu ini membuatku senang membaca novel genre apapun termasuk novel romance karena bisa untuk mengasah nalar, memperkaya rasa, dan menambah pengetahuan. Alhasil, saat ngobrol dengan orang lain kita bisa lebih tenang dan kalimat yang keluar dari mulut pun akan tersgruktur.

Meningkatkan Rasa Empati

Menurutku, novel juga bisa menumbuhkan rasa empati. Secara nggak langsung kita diajak untuk berempati saat membaca novel yang dibumbui dengan kisah pilu. Hal ini juga bisa menjadi sarana untuk lebih bersyukur. Bukan bersyukur di atas penderitaan orang lain yang ada di novel. Melainkan bersyukur sebagai wujud terima kasih kepada-Nya. Jujur, aku paling suka dengan novel yang ringan dan membahas mengenai kehidupan. Entah karier, percintaan, persahabatan, dan lainnya.

Mengasah Imajinasi

Siapa yang setuju kalau membaca novel bisa mengasah imajinasi? Menjadi seorang writer di perusahaan asing dan blog pribadi menuntut aku harus selalu memiliki ide-ide yang fresh dan mengikuti tren. Nah, dengan membaca novel, kita akan diajak mengelola emosi dan mengasah imajinasi. Sering kali nih aku membaca novel di part tertentu dan menghasilkan tebakan-tebakan plot twist. Nah, hal ini yang akan otomatis membuat otak berimajinasi. Alhasil, imajinasi kita makin terasah untuk melahirkan berbagai karya.

Mengurangi Stres dan Ketegangan Pikiran

Poin terakhir benar-benar real di aku. Kadang, kalau lagi hectic, bunek, dan capek dengan kerjaan, aku lebih memilih membaca novel. Terlebih, novel yang memiliki genre komedi, rasa capek dan stres auto terhempas dan berujung ketawa lepas. Atau novel romance untuk mengisi waktu luang dan mendapa

Poin ini juga yang membuat aku konsisten dalam membaca novel baik novel secara fisik atau novel digital. Memang ketegangan pikiran bisa diatasi dengan berbagai hal menarik salah satunya dengan membaca novel.

GoodDreamer: Aplikasi Baca Novel Gratis Karya Penulis Indonesia

GoodDreamer merupakan aplikasi novel gratis yang bisa diakses melalui smartphone. Kita nggak perlu repot-repot keluar rumah atau macet-macetan untuk membeli novel karena kita bisa membaca novel di GoodDreamer. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik yang mudah digunakan oleh pengguna. Misalnya nih, ada kolom pencarian yang memudahkan pengguna untuk mencari judul atau genre kesukaan.

Menariknya, aplikasi ini juga memiliki fitur sinopsis. Jadi, kita bisa membaca cerita singkat novel yang akan kita pilih. Ada pula fitur yang menunjukkan rekomendasi novel terbaik sehingga memudahkan pengguna dalam memilih novel yang akan dibaca. Pengguna bebas memiliki lebih dari 1.000 novel online gratis & 20+ sub genre di GoodDreamer.id. Mulai dari novel fiksi, novel horor, novel dewasa, novel sejarah, novel sastra, novel fantasi hingga novel romance semuanya super lengkap. Saat in aku sedang merampungkan novel berjudul Tulang Punggung karya Yulia Cahya.

Yuk, kunjungi https://gooddreamer.id/novel_romantis atau coba download aplikasi GoodDreamer sekarang! Nikmati baca novel kapan pun dan di mana pun.

Yuk Baca Lainnya!

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar