Search
Close this search box.

Bisnis Makin Terhubung Tanpa Bingung

Pakai KiriminAja

Di sela-sela kesibukan menulis, saat ini aku mulai tertarik dengan dunia bisnis seperti online shop. Ketertarikan ini berawal saat aku dan suami membuat desain hijab untuk bahan artikel tentang memulai bisnis hijab. Di dalam artikel tersebut, kami membuat rancangan desain hijab kekinian yang menggambarkan gaya muda, simpel, dan elegan.

Rancangan desain hijab oleh Ella Fitria
Rancangan desain hijab oleh Ella Fitria

Setelah desain dan artikel memulai bisnis hijab dipublikasikan, aku pun mulai membagikan desain hijab serta artikel tersebut ke media sosial. Kami tidak menyangka, ternyata banyak dari teman-temanku dan kenalan di media sosial yang antusias dengan desain hijab kami. Padahal awalnya kami hanya ingin membuat desain hijab sebagai contoh referensi saja. Bahkan, kami belum ada niatan untuk memproduksinya dalam jumlah banyak.

Berawal dari situ, aku mulai memiliki tekad serius untuk memulai bisnis hijab yang lebih matang. Memang butuh banyak persiapan dan tantangan yang harus dilakukan, seperti manajemen online shop, distribusi, hingga sumber daya. Namun, berbekal dari pengalamanku berjualan hijab saat di bangku sekolah dan dukungan suami dalam proses manajemen online shop, rasanya tidak ada alasan untuk menunda menghidupkan kembali bisnis hijab ini.

Kukila Beauty:

Bisnis Online Shop Hijab yang Mulai Aku Tekuni

Memiliki bisnis tentu membutuhkan branding, bukan? Nah, kemarin aku sempat berdiskusi dengan suami terkait nama bisnis hijab yang akan aku bangun. Kami memutuskan untuk memberi nama “Kukila Beauty”. Aku mengusulkan nama tersebut karena rasanya sweet dan kekinian ketika didengar ataupun diucapkan. Selain itu, Kukila memiliki arti seekor burung yang mengandung filosofi bahwa bisnis kami dapat terbang nan jauh menghampiri orang-orang tepat yang membutuhkan produk kami. Hal tersebut sesuai dengan tujuan awal kami, yaitu memberikan layanan jual beli hijab premium dengan mudah, kapan pun dan di mana pun.

Pelan-pelan, bisnis online shop hijab ini akan kami promosikan lewat media sosial dan website. Pelanggan dapat membeli langsung via direct message, chat ataupun melalui web ecommerce yang sedang kami kembangkan. Alasan kami mempertimbangkan membuat situs e-commerce kukila.beauty untuk membangun branding yang kuat dan eksklusifitas produk dibandingkan dengan produk hijab-hijab lainnya yang ada di pasaran.

Website e-commerce Kukila Beauty yang masih dalam tahap pengembangan
Website e-commerce Kukila Beauty yang masih dalam tahap pengembangan

Membangun branding dan menjalankan online shop terbilang tidak mudah meski kami sudah memiliki bekal resources dan pengalaman dalam berjualan. Terlebih, bisnis online shop ini kami jalankan sebagai part time job atau pekerjaan sampingan dari pekerjaan utama kami. Karena itu, perlu dedikasi dan upaya besar agar bisnis yang kami jalankan tetap berjalan lancar dan dapat berkembang mengudara sesuai namanya “Kukila”.

Tantangan Online Shop

yang Beroperasi Di Pedesaan

Setiap hasil yang memuaskan tentu membutuhkan proses termasuk melalui beberapa tantangan dan kendala yang tidak mudah, bukan? Menjalankan bisnis online shop dari pelosok desa seperti kami memiliki tantangan tersendiri. Yang paling krusial adalah keterbatasan penyedia layanan pengiriman.

Jujur saja, bagi kami cukup sulit menemukan penyedia layanan pengiriman yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan rumah kami. Hal ini mungkin karena kami belum lama pindah ke rumah yang saat ini kami tempati sehingga kesulitan mencari penyedia layanan pengiriman. Nah, di bawah ini aku akan mencoba menjabarkan beberapa tantangan yang kami alami dalam memulai bisnis online shop hijab ini.

Keterbatasan Geografis

Keterbatasan geografis merupakan salah satu hambatan awal yang kami alami. Pasalnya, lokasi rumah kami berada di “pelosok” desa dan jauh dari pusat kota sehingga membuat kami harus menyediakan effort lebih. Kami harus menanggung biaya yang lebih mahal untuk mengirim bahan pasokan dan stok produk dari pemasok di kota besar. Hal ini tentu berbeda jika bisnis yang kami jalani berada di perkotaan besar yang memiliki kemudahan layanan dan distribusi. Selain itu, letak bisnis kami yang jauh dari perkotaan dan pusat keramaian mengharuskan kami untuk memasarkan produk dalam ranah online.

Biaya, Waktu, dan Distribusi Pengiriman

Rintangan keterbatasan geografis menyebabkan masalah baru dalam bisnis kami. Misalnya, biaya pengiriman ke konsumen yang lebih mahal dan waktu pengiriman yang lebih lama karena distribusi pengiriman terhambat. Terkadang, kami cukup kesulitan untuk mencari ekspedisi pengiriman yang tersedia di lingkungan dekat rumah kami. Maklum, beberapa ekspedisi hanya tersedia di kecamatan atau di kecamatan tetangga. Bahkan, kami harus menempuh berkilo-kilo meter untuk menuju beberapa ekspedisi pengiriman terdekat.

Tracking dan Layanan Pelanggan

Karena bisnis online shop ini secara keseluruhan dijalankan secara online, maka manajemen tracking pengiriman dan layanan pelanggan akan menjadi pekerjaan yang cukup menguras tenaga. Terlebih, aku belum bisa membayangkan bagaimana jika harus mengirimkan banyak produk dalam sehari dan harus mengelolanya secara bersamaan. Kami harus drop off produk ke beberapa ekspedisi, memberikan nomor resi ke beberapa pelanggan, memberikan follow up, hingga layanan pelanggan, seperti komplain, pengembalian produk, ataupun masalah lainnya.

Integrasi Sistem Pengiriman

Integrasi sistem pengiriman ini merupakan poin dan tantangan yang cukup penting mengingat online shop kami juga akan tersedia di situs e-commerce. Membangun situs e-commerce tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain membangun situs, kami juga perlu memilih layanan integrasi sistem pengiriman atau Application Programming Interface (API) yang andal untuk mendukung bisnis supaya berjalan lancar dan terintegrasi dengan baik. Nah, untuk mendukung sistem pengiriman yang terpusat dan andal, kami berinisiatif menggunakan KiriminAja, sebuah platform order pengiriman multi ekspedisi.

Pakai KiriminAja

Buat #BisnisJadiTenang

Kami cukup lega ketika menemukan sebuah platform yang dapat membantu bisnis kami naik to the next level berkat kemudahan dan inovasinya. Meski baru tahap memulai dan dalam pengembangan bisnis hijab, aku dan suami makin optimis berkat fitur lengkap yang ditawarkan oleh KiriminAja. Mungkin bagi sebagian teman-teman, sudah tidak asing dengan layanan KiriminAja, ya? Nah, sebenarnya apa saja sih layanan KiriminAja? Yuk, simak beberapa poin di bawah ini, barangkali ada teman-teman yang sedang membutuhkan informasi serupa untuk mewujudkan bisnisnya naik level.

Yuk, Kenalan dengan KiriminAja!

KiriminAja merupakan sebuah platform yang memberikan layanan pemesanan jasa ekspedisi dalam satu aplikasi yang mudah. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mencari jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa membandingkannya dengan praktis. Dengan begitu, pengguna bisa mengirimkan paket menggunakan beberapa ekspedisi sekaligus hanya dalam satu aplikasi. Menariknya, KiriminAja juga menyediakan layanan Cash on Delivery (COD) dan pickup untuk memudahkan penjual ataupun pembeli dalam proses transaksi.

Alasanku Memilih Layanan KiriminAja sebagai Partner Aggregator Logistik

Kami memilih platform KiriminAja bukan tanpa alasan. Sebelum memilih, tentunya kami sudah melakukan research dan trial terlebih dahulu. Hal ini kami lakukan untuk menjamin kepuasan pelanggan, apakah dengan pemilihan platform order ekspedisi ini dapat memenuhi ekspektasi kami ataupun pelanggan? Jawabannya, iya! Berikut ini beberapa alasannya.

Nah, bagaimana? Ada banyak kelebihan yang ditawarkan layanan KiriminAja, kan? Hal ini menjadikan kami makin mantap untuk menggunakan layanan KiriminAja sebagai partner logistik andalan Kukila Beauty. Jika teman-teman penasaran bagaimana penggunaan dan tampilan aplikasi KiriminAja, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Mari Tengok Fitur Dashboard KiriminAja

First impression ketika menggunakan aplikasi KiriminAja, aku sangat terkesan dengan UI/UX yang user friendly banget. Baik tampilan web app dan mobile app-nya terbilang clean dan intuitif. Kami bisa dengan mudah bernavigasi ke beberapa fitur tanpa merasa bingung.

Tampilan Dashboard Mobile App dan Web App KiriminAja
Tampilan Dashboard Mobile App dan Web App KiriminAja

Pada dasarnya KiriminAja menyediakan dua jenis pengiriman paket. Ada pengiriman paket reguler dan paket instant. Paket reguler dari KiriminAja memiliki banyak jasa ekspedisi yang dapat dipilih seperti AnterAja, JNE Express, J&T Express, Sicepat, Ninja Xpress, POS Indonesia, Lion Parcel, NCS Courier, SAP Express, dan masih banyak lainnya. Umumnya, paket reguler ini memerlukan waktu paling cepat satu hari atau beberapa hari tergantung layanan yang dipilih.

Sementara itu, paket instant tersedia dua kurir yaitu Gosend dan Grab Express. Pengiriman instant memungkinkan paket dikirim pada hari yang sama dengan waktu pengiriman yang relatif singkat sekitar 1-3 jam. Paket instant ini sangat berguna untuk penunjang bisnis yang berada pada cakupan layanan Gojek dan Grab.

Beberapa waktu lalu aku mencoba pengiriman paket reguler untuk mengirim sample desain hijab ke konsumen sebelum diproduksi massal. Pengalamanku menggunakan KiriminAja terbilang mudah, fleksibel, dan nyaman. Bayangkan saja, aku hanya perlu menginputkan data pengirim, detail barang, dan opsi pengiriman. Mudah dan praktis banget, kan? Terlebih, KiriminAja bisa diakses melalui aplikasi smartphone ataupun via website.

Kirim paket reguler menggunakan opsi non-cod dan penjemputan (pickup)
Kirim paket reguler menggunakan opsi non-cod dan penjemputan (pickup)

Kami juga dapat membuat daftar penerima dan katalog produk supaya memudahkan kami saat mengirim produk yang sama tanpa harus menginputkannya kembali. Ada juga opsi penjemputan paket (pickup) yang membuat kami merasa nyaman dalam menjalankan bisnis online tanpa keluar rumah.

Selain fitur utama di atas, KiriminAja dilengkapi dengan fitur pendukung seperti cek ongkir, cek resi, keuangan, laporan, layanan konsumen, hingga voucher dan poin. Lengkap banget, ya? Kami dapat menggunakan fitur seperti laporan dan keuangan sebagai data analisis dan rekap penjualan yang mudah. Fitur-fitur ini tentu sangat berguna dalam mendukung bisnis online kami naik to the next level.

Fitur pendukung bisnis online dan follow up WhatsApp
Fitur pendukung bisnis online dan follow up WhatsApp

Tak hanya itu, KiriminAja juga memiliki layanan follow up WhatsApp yang nantinya dapat kami gunakan supaya selalu terhubung dengan pelanggan. Fitur ini terbilang baru dan merupakan fitur yang menurutku bagus banget. Dengan fitur follow up WhatsApp, kami dapat mengirimkan pemberitahuan tentang status paket ke pelanggan secara otomatis via WhatsApp. Terdapat juga template pesan yang bisa disesuaikan sesuai selera.

Oh iya, apakah teman-teman tahu jika KiriminAja juga menawarkan voucher dan program poin yang dapat digunakan, lho. Makin sering kita menggunakan layanan KiriminAja, makin banyak poin yang didapatkan dan tentunya banyak keuntungan yang akan dirasakan. Kemarin ketika aku mendaftar, aku langsung mendapatkan promo NOVEMBERHEMAT dengan potongan 80% ongkir dong. Asyik, bukan?

Nah, selain fitur-fitur di atas, menurutku ada salah satu fitur yang sangat penting untuk operasional e-commerce Kukila Beauty online shop, yaitu website API Integration. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, integrasi pengiriman di web toko online ini merupakan salah satu tantangan dan poin penting.

Untungnya, KiriminAja memiliki layanan API yang sudah terintegrasi dengan platform Wordpress dan WooCommerce. Nantinya, web toko online berbasis Wordpress yang sedang kami bangun akan diinstall plugin agar website kami bisa terintegrasi dengan layanan KiriminAja.

Integrasi layanan API pengiriman ke website e-commerce berbasis Wordpress + WooCommerce
Integrasi layanan API pengiriman ke website e-commerce berbasis Wordpress + WooCommerce

Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah bertransaksi dan membeli produk via website dan bisa memilih ekspedisi pengiriman sesuai selera mereka. Pembeli juga dapat memprakirakan biaya pengiriman dan pilihan jenis layanan seperti sameday, next day, dan sebagainya dengan lebih mudah.

Bersama KiriminAja

#BisnisJadiTenang dan Aman

Rasanya, aku sudah tidak sabar untuk segera me-launching produk Kukila Beauty. Meskipun baru di tahap awal pembuatan sample dan proses pengiriman ke beberapa pelanggan, bahagianya sudah meletup-letup. Terlebih, saat menemukan layanan KiriminAja yang bisa membuat proses pengiriman produk jadi lebih mudah dan simpel.

Jujur, aku sempat kaget saat kemarin menggunakan layanan KiriminAja dengan metode pick up. Pasalnya, aku tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari jasa ekspedisi yang jarang ditemukan. Awalnya, aku kira layanan KiriminAja tidak bisa meng-cover lokasiku, ternyata dugaanku salah. Bahkan, ada banyak jasa ekspedisi yang bisa aku pilih dan bisa aku bandingkan dengan mudah. Bersyukurnya, KiriminAja juga memiliki banyak fitur dan diskon menarik. Alhasil, biaya pengiriman bisa hemat berkali lipat.

Buat teman-teman yang sedang merintis bisnis atau teman-teman yang ingin mengirimkan barang, aku sangat merekomendasikan menggunakan layanan KiriminAja. Caranya juga gampang, kok. Teman-teman cukup mengunduh aplikasi KiriminAja di Google Play dan App Store.

Yuk, membangun bisnis yang saling terkoneksi dengan berkolaborasi bersama layanan yang super easy. Let's connect to make bigger impact!

Sumber dan referensi:

  • https://kiriminaja.com/
  • https://kiriminaja.com/about
  • https://kiriminaja.com/integration
  • Pengalaman pribadi
  • Gambar screenshot milik pribadi
  • Olah grafis oleh Ella Fitria dari sumber creative common gratis freepik
  • Olah animasi oleh Ella Fitria dari sumber creative common gratis lottiefiles
0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
2 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
VAF
VAF
20 Januari 2024 09:15

Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat! Saya selalu mencari sumber berita yang dapat memberikan wawasan mendalam seperti yang diberikan oleh website ini. Sangat membantu untuk tetap terhubung dengan berita terkini dan relevan.

ainun
29 November 2023 06:27

penasaran sama produk Kukila, wahh sukses buat bisnisnya mbak
Dan ternyata KiriminAja ini punya fitur yang lengkap ya, ada fitur chat dengan pelanggan, kadang aku suka memanfaatkan fitur chat, soalnya sebelum beli pengen nanya nanya dulu mengenai produknya