Ini Dia, 5 Tips Buka Usaha dengan Modal Terbatas

oleh Ella Fitria

Ketika ingin memulai usaha, mungkin kamu akan merasa bingung kira-kira ingin mulai dari mana. Kebanyakan orang berpikir jika membuka usaha harus memiliki modal yang besar. Padahal kenyataannya, kamu yang memiliki modal terbatas atau bahkan tidak memiliki modal sama sekali tetap bisa membuka usaha.

Salah satu solusi yang sering kali menjadi pilihan masyarakat adalah dengan mendapatkan bantuan modal usaha perorangan gratis. Selain itu kamu juga bisa mengikuti tips buka usaha modal terbatas.

5 Tips Buka Usaha Modal Terbatas

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai sebuah usaha, cobalah untuk memahami kemudian mempraktikkan 5 tips buka usaha modal terbatas berikut ini:

1. Menentukan Jenis Usaha

Tips menarik pertama yang baiknya dilakukan saat ingin memulai usaha apapun adalah Kamu harus menentukan jenis usaha apa yang sesuai. Usaha tidak selalu tentang barang, namun juga bisa berupa jasa. Apabila Kamu memiliki kemampuan yang bisa dijual misalnya saja kemampuan akademis, kemampuan mendesain, kemampuan menjahit atau yang lainnya maka ini juga bisa menjadi peluang usaha yang sangat menarik.

Atau jika Kamu memiliki kemampuan untuk menjual barang misalnya bisa membuat produk makanan, minuman, pakaian atau yang lainnya maka itu juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Supaya tidak bingung menentukan jenis usaha, cobalah untuk menuliskan bisnis apa yang menarik dan Kamu sukai. Tuliskan semuanya kemudian coba untuk memilih mana yang kira-kira paling pas.

2. Memanfaatkan Barang yang Ada

Tips buka usaha selanjutnya, Kamu juga bisa meminimalkan modal dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah. Misalnya Kamu ingin membuka usaha seperti jasa bimbel, manfaatkanlah meja dan kursi yang ada di rumah tanpa harus menyewa toko atau gedung lain.

Makin kreatif dalam memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, tentu Kamu tidak harus mengeluarkan modal yang besar dalam membuka bisnis atau usaha.

3. Melakukan Riset Kompetitor

Tips berikutnya adalah berusaha untuk melakukan riset kompetitor pada bidang bisnis yang akan Kamu geluti. Coba untuk memahami bagaimana target market dan bagaimana kompetitor menjalankan bisnisnya agar Kamu bisa bersaing.

4. Pilih Bahan Baku Terjangkau

Agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, cobalah untuk memilih bahan baku yang terjangkau, terutama jika Kamu membuka bisnis produk. Sedangkan untuk bisnis jasa, Kamu bisa memperhitungkan sendiri kira-kira bagaimana untuk meminimalkan modal yang dikeluarkan.

Umumnya jasa akan tetap membutuhkan modal untuk perlengkapan atau barang-barang yang menunjang usaha. Sebagai contoh, jika Kamu ingin membuka usaha seperti membuka jasa jahit, bimbingan belajar, atau bahkan bengkel, maka carilah mesin atau perlengkapan yang tidak harus selalu baru. Hal ini cukup efektif meminimalkan biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha.

5. Tetap Kumpulkan Modal

Ketika bisnis sudah mulai berjalan, hal yang perlu dilakukan adalah berusaha mengumpulkan modal agar bisa mengembangkan bisnis. Kamu tentu ingin jika bisnis yang dijalani semakin besar dan berkembang. Selanjutnya, Kamu dapat memanfaatkan keuntungan yang didapatkan untuk memperbesar usaha.

Menjalani usaha memang membutuhkan pengetahuan. Karena itu, penting sekali bagi setiap pengusaha untuk terus belajar mendalami ilmu tentang bisnis. Kamu bisa belajar menjalani bisnis dari berbagai sumber misalnya saja buku, mengikuti seminar, mengikuti pelatihan, dan lain sebagainya. Semakin banyak ilmu yang dimiliki tentang dunia bisnis, maka akan semakin mudah bagi Kamu untuk bertahan dalam usaha yang dijalani.

Penjelasan tentang buka usaha dengan modal minim. Semoga tips buka usaha di atas bisa membantu Kamu untuk mendapatkan penghasilan besar dari bisnis yang telah dipilih.

Sumber:
https://amartha.com/en/blog/usaha-mikro-ukm/tips-bisnis/sukses-5-cara-usaha-modal-kecil-berkembang-dengan-cepat/
https://buku.kompas.com/read/321/ingin-berbisnis-tapi-dompet-tipis-simak-7-tips-memulai-usaha-dengan-modal-kecil-ini
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-10-tips-mengembangkan-usaha-dengan-modal-kecil-secara-cepat/

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
1 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
ainun
29 Februari 2024 00:29

hal yang bikin aku lama memulai usaha karena perasaan ga yakin karena merasa diluaran sana udah banyak yang menjual produk serupa
Dan pastinya juga karena modal, padahal membuka usaha juga bisa dimulai dengan modal yang terbatas seperti reseller