Tips Menata Area Bermain Anak di Ruangan Sempit

Table of Contents

Aku yakin semua orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Salah satu upaya yang bisa orang tua lakukan adalah menata area bermain si kecil. Menurutku, menata area bermain menjadi salah satu hal penting karena bisa mengurangi resiko cedera dengan memastikan area bermain bebas dari benda-benda berbahaya.

Selain itu, lingkungan yang tertata rapi dan bersih tentunya akan memberikan kenyamanan. Penataan yang baik juga dapat merangsang kreativitas, pembelajaran organisasi, tanggung jawab, dan ketertiban. 

Oya, orang tua atau pengasuh menjadi lebih mudah mengawasi si kecil bila bermain di area yang sudah ditentukan.

Sayangnya, nggak semua rumah memiliki area yang luas. Karena itu, aku ingin berbagi tips bagaimana cara menata area bermain anak di ruangan sempit. Siapa tahu bisa menginspirasi teman-teman yang sedang mencari referensi.

Yuk, Intip Cara Menata Area Bermain Anak di Ruangan Sempit

Bagi keluarga kecil seperti kami, memilih rumah minimalis menjadi pilihan utama. Bisa dibilang, rumah kami cukup kecil karena didesain sesuai dengan kebutuhan kami. Meskipun termasuk rumah minimalis, aku dan suami sepakat membuatkan area bermain untuk anak kami. 

Nah, berikut ini beberapa langkah yang kami lakukan untuk menata area bermain anak di ruangan sempit.

Memilih Furnitur Multifungsi

Memilih furnitur multifungsi di area bermain yang sempit sangat penting untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Furnitur multifungsi memungkinkan penggunaan ruang secara efisien, seperti meja yang bisa dilipat, tempat tidur yang bisa diubah menjadi sofa, atau rak yang juga berfungsi sebagai meja belajar. Dengan begitu, area bermain tetap luas meskipun ruangan terbatas.

Simpan Mainan Secara Terorganisir

Menyimpan mainan secara terorganisir adalah kunci untuk menjaga kerapian dan kenyamanan area bermain, terutama di ruangan yang sempit. Penggunaan kotak penyimpanan berlabel tentunya sangat membantu. 

Dengan kotak berlabel, setiap jenis mainan memiliki tempatnya sendiri sehingga anak-anak dan orang tua dapat dengan mudah menemukan dan menyimpan mainan kembali setelah digunakan.

Pemilihan Warna dan Dekorasi

Pemilihan warna dan dekorasi yang tepat dapat membuat area bermain di ruangan sempit terasa lebih luas dan nyaman. Menggunakan warna cerah pada dinding, furnitur, dan aksesoris adalah salah satu cara efektif untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas. 

Warna-warna seperti putih, kuning, atau pastel memantulkan lebih banyak cahaya dan memberikan nuansa terbuka serta segar pada ruangan.

Zonasi Area Bermain

Zonasi area bermain adalah strategi yang efektif untuk memanfaatkan ruang sempit dengan optimal. Membagi area bermain menjadi beberapa zona kecil, seperti zona kreatif dan zona bermain fisik. Hal ini bisa membantu dalam mengatur aktivitas anak-anak.

Untuk menandai setiap zona, aku menggunakan karpet atau alas. Dengan zonasi yang jelas dan penggunaan karpet atau alas sebagai pembatas, area bermain menjadi lebih terorganisir dan fungsional.

Dengan begitu memungkinkan anak-anak untuk menikmati berbagai aktivitas tanpa membuat ruangan terasa penuh atau berantakan. Selain menggunakan karpet sebagai area zonasi, aku juga menggunakan kasur untuk zonasi area istirahat siang si kecil.

Karpet California By My Love untuk Menandai Zonasi Area Bermain

Menurutku, Karpet California By My Love merupakan solusi ideal untuk menandai zonasi area bermain. Selain pilihan desainnya menarik, kenyamanannya juga bisa diadu. 

Aku memilih motif Jacob ukuran 150 cm x 190 cm karena desainnya klasik dengan perpaduan warna yang menarik. Selain itu, alasanku memilih Karpet California By My Love karena menggunakan material premium polyester yang empuk, tebal, dan halus.

Menurutku, Karpet California By My Love sangat cocok untuk zonasi area bermain anak karena alasnya dilengkapi dengan anti slip. Dengan begitu, karpet nggak akan mudah bergeser sehingga aman digunakan untuk area bermain anak. Terlebih, Karpet California By My Love didesain dengan teknologi Quilting sehingga jahitannya lebih rapi dan menghasilkan motif-motif yang unik. Kalau kataku sih ini karpet bagus banget!

Teman-teman bisa mendapatkan Karpet California By My Love di link pembelian di bawah, ya!

Sprei California By My Love untuk Lengkapi Area Istirahat Si Kecil

Selain karpet, aku juga menggunakan Sprei California By My Love di area istirahat siang si kecil. Aku memilih motif Jerome supaya motifnya menyerupai dengan karpet. Jadi, supaya serasi gitu. 

Alasanku memilih Sprei California By My Love karena pilihan desainnya banyak, pilihan warnanya cerah, dan materialnya lebih tahan lama. Sprei ini juga didesain menggunakan teknik disperse print sehingga dijamin nggak luntur. Selain itu, spreinya lembut karena menggunakan serat 100% Microtex.

Sprei California By My Love memiliki jahitan tepi yang rapi dan dilengkapi dengan karet di bagian pojoknya sehingga mudah dipasang. Terlebih, aku sering banget ganti sprei untuk menjaga kebersihan dan penampilan di ruang bermain anak. 

Hayo lho siapa yang jarang ganti sprei, nih? Padahal ganti sprei secara teratur penting banget supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Sprei California By My Love bisa teman-teman dapatkan di link di bawah ini:

Penutup

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan memanfaatkan dukungan karpet serta sprei My Love, kita bisa menciptakan area bermain anak yang nyaman dan menyenangkan meskipun dalam ruangan yang sempit. 

Karpet dan sprei My Love nggak hanya menambah estetika, tetapi juga memberikan kenyamanan ekstra bagi si kecil. Kreativitas dan pemilihan produk yang tepat akan memastikan anak-anak memiliki ruang untuk bermain dan berimajinasi tanpa mengorbankan kenyamanan dan keteraturan rumah. 

Yuk, berikan hak si kecil seutuhnya dengan dukungan karpet dan sprei My Love!

Yuk Baca Lainnya!

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar