Empat Destinasi Wisata Magelang

oleh Ella Fitria
Destinasi Wisata, Magelang

Apa yang kamu ingat ketika mendengar kota “Magelang“? Pasti langsung ingat Candinya kan? Ya nggak heran sih, karena memang banyak banget Candi yang bisa kita jumpai saat singgah di Kota Magelang. Tapi Magelang nggak cuma Candi doang dong, ada banyak banget tempat wisata yang bisa kita nikmati bareng pacar (orang). Ehehehe

Magelang adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang letaknya cukup strategis karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Kalau ditempuh dari kotaku (Banjarnegara) butuh sekitar 3-4 jam. Termasuk deket kan, daripada ke hatimu butuh 365 hari, nah kalau dihitung berapa ratus jam tuh, udah gitu cuma dapat luka lagi. HAHAHA

Wes ah, mending sekarang ku bisikin aja sini tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi ketika mlipir ke Magelang.

1. Sungai Progo

Rafting Sungai Progo, Magelang

Woi ngapain piknik ke Sungai? Yakali rafting ih. Sekitar tiga bulanan yang lalu ku nyobain rafting di Sungai Progo, Magelang. Maklum ya, namanya juga bocah nggunung, makanya kalau diajak mainan air selalu ‘ngiyain’. Wkwkwk

Pertama banget rafting di rute Progo atas dengan grade III sepanjang 9 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Untuk menikmati Rafting Sungai Progo Magelang kamu cukup membayar Rp. 200 ribu, sebanding deh dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Alamat basecamp Rafting Progo Atas ada di Hotel Puri Asri Magelang, Jl. Cempaka No. 9, Kota Magelang, Jawa Tengah.

2. Taman Ramadanu

Taman Ramadan, Magelang

Siapa sangka coba, kalau di Magelang juga ada Taman Ramadanu. Ya meski namanya juga “Taman” paling isinya bunga doang kan? Memang sih, tapi Taman Ramadanu ini nggak cuma taman biasa a la tamkot gitu. Taman ini memiliki spot foto berupa miniatur rumah dan kincir angin. Bunganya pun, indah banget. Perpaduan warna warni yang nggonjreng bikin mata seger, uy!

Taman Ramadanu terletak di Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah. Kalau di tempuh dari pusat kota Magelang sekitar 35 menit. Jam bukanya dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Menurutku sih lebih enak datang pagi sekalian, biar nggak kepanasan takutnya bikin kulit belang-belang. E tapi meski datang siang hari nggak begitu panas kok, soalnya Taman Ramadanu deket sawah gitu, anginnya semilir, sepoi. Untuk tiket masuknya cuma Rp. 5 ribu.

3. Candi Mendut

Candi Mendut, Magelang

Udah dibilang kan kalau Magelang memang surganya Candi, nggak tahu kenapa ku demen banget mampir ke Candi Mendut setiap mudik ke Yogyakarta. Adem aja gitu rasanya, meski cuma duduk di bawah pohon beringin sambil makan kupat tahu bareng kamu. Eh ya, bareng bapak ibu juga ding.

Candi Mendut memang nggak segede candi Borobudur *yakali beda jauh kalau disamain dengan candi Borobudur. Meski begitu, di komplek Candi Mendut banyak penjual oleh-oleh kok, mulai dari hand craft, kaus, tas kulit, dll.

Candi Mendut bercorak Buddha ini terletak di Jl. Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuknya Rp. 5 ribu.

4. Gereja Ayam

Gereja Ayam, Magelang @minggat_an

Naaah, tahu film AADC 2 kan? Salah satu settingnya ada di Gereja Ayam ini. Sebenarnya bentuk gereja ini adalah burung merpati, tapi mungkin karena lebih menyerupai ayam, jadilah disebut-sebut dengan nama Gereja Ayam. Serah deh, serah! Tapi emang sih lebih mirip ayam lagi duduk, wkwkwk

Gereja Ayam ini terletak di Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk sampai di Gereja Ayam ini, kamu mesti jalan kaki atau memilih naik jeep. Saranku kalau kamu lagi kurang fit, atau lagi malas capek, jangan jalan kaki ya, lumayan cengep-cengep woi. Mending naik jeep aja, cukup bayar Rp. 7 ribu/orang kok.

Kalau kamu lagi di Magelang nggak ada salahnya mampir ke Gereja Ayam ini, dengan tiket seharga Rp. 15rb/orang kamu bisa bebas menjelajah Gereja Ayam ini. Tiket masuknya jangan buru-buru dibuang kaya kenangan kita ya, karena selembar karcis itu bisa ditukarkan dengan sepiring singkong. Kan jadi inget kamu yang demen ngrokok+ngopi+telo. Hmmm hmmm

Sebenarnya aku pengin nulis (panjang x lebar) = luas. Tapi takut kamu mabok bacanya, mending kapan hari ku ulas satu-satu ya. Kalau yang rafting Sungai Progo udah ku ulas di postingan sebelumnya. Boleh dong, tambahin destinasi favoritmu di Kota Magelang, siapa tahu mantanku ngajakin ke Magelang buat kondangan ke selingkuhannya, kan bisa sekalian main. Eeeeekekekekek

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Aris Armunanto
28 September 2018 01:11

Postingan ini sungguh ngingetin saya ama kelezatan Kupat Tahu. Kpn2 wisata lagi ke Magelang ah…

Nasirullah Sitam
28 September 2018 01:11

Coba sesekali menginap di desa wisatanya, pasti jauh lebih asyik.

Djangkaru Bumi
28 September 2018 01:11

Gereja ayam, nah ini yang sering banyak salah menyebutkan nama ya? Merpati kenapa bisa disebut atau dinamakan ayam.

M. Rifan Fajrin
28 September 2018 01:11

Wisata Magelang, tentu saja borobudur dan Taman Kiai Langgeng, Mbak Ella.

Dua tempat itulah, wisata Magelang yang kukenal. Lha wong dulu SD pikniknya ya sana. hehehe

Salam sehat selalu

Matius Teguh Nugroho
28 September 2018 13:42

Sebagai cah nggunung (Bandung ada di dataran tinggi), aku juga ndak akan nolak kalo diajak rafting. Kecuali lagi masuk angin aja.

Btw, aku lebih suka "taman biasa" di mana kita bisa mengamati keseharian warga lokal 🙂

Niki s
28 September 2018 13:42

Terus merpati sama ayam mirip g?
Jadi merpati itu mirip ayam apa ayam yg mirip merpati

Aris Armunanto
29 September 2018 16:45

Mas Bumi, mungkin udh terlanjur banyak yg bilang greja ayam, jadinya keterusan.

Ikrom Zain
29 September 2018 16:45

aku belum pernah ke gereja ayam mbak
tapi sementara pengen ke candi selogriyo dulu deh
belum kesampaian, hiks

Qudsi Falkhi
30 September 2018 09:54

Gara-gara AADC, sempat browsing lokasi gereja ayamnya. Penasaran banget waktu itu dan sampai sekarang belum tercapai untuk berkunjung, hehehe.

Tuteh
30 September 2018 09:54

Borobudur! Hehe. Yah cuma tahu itu, dan tempat makan deket2 situ yang ada sate kelincinya (tapi waktu itu nggak makan euy karena nggak tega sama kelinci :p)

wongcrewchild
2 Oktober 2018 04:21

gereja ayam ini yang belum kesampaian, penasaran, ntar deh klo ke magelang

wuri nugraeni
11 Oktober 2018 02:45

nomer 1,2,4 belum pernah huhuhu

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:30

aku nggak begitu suka kupat tahu, eheheh
lebih milih sop senereknya, segeer

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:30

Ajaaaakiiiin, ke Kopeng aja nggak ngjak2

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:31

Mas Bumi : Karena mirip ayam duduk jd orang2 pd nyebutnya ayam. wkwkwk

Mas Aris : beneeer mas

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:33

Aku SD nggak pernah piknik ke Magelang pak Guru. heheh
wah iya, salam sehaaaat juga yaaa… terima kasih selalu menginspirasi

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:34

Hahahha, tos dulu sini cah nggunungggs

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:34

MAAAAAS! minggir kamu

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:35

ikuuut kl ke candi Selogriyooooooo

Ella Fitria
11 Oktober 2018 05:36

Wkwkwkwk, kl ke Jogja sempetin mlipir ke Magelang mbak