Kuliner Melegenda di Purbalingga : Es Durian Kombinasi Pak Kasdi

oleh Ella Fitria
Es Durian Kombinasi Pak Kasdi

Purbalingga, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang nggak asing buatku. Ya gimana, 5 tahun KTPku beralamatkan di kota ini, padahal tinggalnya di Purwokerto, trus kalau mudik ke Banjarnegara, tapi KTP Purbalingga, sungguh ora cetho tenan uripku. Eh dulu sempat kepikiran kalau besok lusa nikah mau tinggal di rumah Purbalingga. Trus muncul pertanyaan dong, emang mau nikah sama siapa? Yang jelas bukan nikah sama mantan atau pacar orang. Ehehehe

Bicara kota Purbalingga, ada banyak sekali kuliner yang melegenda. Mulai dari Gule Melung, Sate Ayam, Mie Ayam, Soto Bancar, hingga Es Durian Bancar. Kesemuanya itu punya ciri dan cita rasanya yang bikin nagih. Kaya ketagihan video call kamu pagi-pagi, matanya masih kedip-kedip nyengir nahan silau lampu, duh ya ganteng banget. Yahahahaha, balik bahas kuliner aja sini lah, bahas pacar orang nggak ada selesainya. Takut nanti digalakin sama mbaknya. Hahaha. Mending tak ajak es durian aja sini mbak, sama masnya diajak sekalian. 😂

Lokasi Depot Es Durian Kombinasi Pak Kasdi

Kalau dari alun-alun Purbalingga jaraknya sekitar 2 KM kearah Timur, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 menitan. Depot Es Durian Kombinasi Pak Kasdi ini terletak di sekitar tugu Bancar, dekat jembatan sungai Klawing, Bancar, Purbalingga, Jawa Tengah. Untuk menikmati semangkuk Es Durian nggak jarang kita harus mengantri cukup lama, selain rukonya kecil, depot Es Duren ini satu-satunya yang ada di Purbalingga. Depot Es Durian Kombinasi Pak Kasdi juga buka cabang sih, tapi di Banyumas udah beda kabupaten. Lokasinya ada di depan GOR Satria Purwokerto.

Rasa Es Durian Kombinasi Pak Kasdi

Es Durian Kombinasi Pak Kasdi

Sejak tahun 1980 Pak Kasdi sudah menggeluti dunia per-es durianan. Apa sih, dunia per-es durianan coba? Hahaha
Jadi tuh dalam semangkuk Es Durian, disajikan daging buah durian dengan tekstur lembut dan berserat, tanpa biji durian lho ya. Lalu ditambah dengan serutan es batu, disiram dengan gula merah cair dan santan kelapa segar, disiram lagi dengan susu kental manis dan sesendok cokelat panas. Duuuuh, ini sih gila ngilernya. Sambil nulis mumpeng banget pengen ngees durian lagi. Fufufufu

Kalau aku makan Es Durian mesti diaduk dong, beda dengan makan bubur ayam (team no aduk)😅
Kalau udah diaduk tuh segernya nggilani, manisnya pas, ada asin-asinnya dikit, coklat panasnya berguna supaya santan dan duirannya nggak terlalu pekat, buah duriannya seger, lembut, empuk, berserat. Dulu pernah di Yogyakarta makan es durian legitnya kebangetan, bikin mual. Padahal enak, cuma karena kemanisan aja. Kalau Es Durian Pak Kasdi ini menurutku rasanya passsss. Harga semangkuk es durian Rp 18.000.

Sebenarnya di Depot ini nggak hanya menyajikan Es Durian, tapi ada juga es campur, bisa dikombinasi juga dengan serutan Kopyor. Kalau aku sih lebih suka es Durian tanpa Kopyor. Kaya lebih suka kamu tiba-tiba dijemput tanpa ngabarin dulu. Akakakaka

Suasana di dalam ruko Es Durian Kombinasi Pak Kasdi

Eh ya, soal pelayanan di Depot Es Durian Kombinasi Pak Kasdi dari zaman aku masih SD sampai udah tua kaya sekarang masih aja sama, pelayanannya kurang ramah. Nggak mau senyum, atau emang bawaanya gitu. Tapi ya gimana, enak sih es duriannya, kalau nggak enak we aku malas ke sana lagi. Meh tak ajarin senyum lima senti ndak saru. Wkwkwk
Rukonya juga terlalu sempit, cuma ada 4 meja panjang. Kadang makan es duren sambil sikut-sikutan sama yang lain. Bukan berkelahi lho ya, tp senggol-senggolan siku doang😂

Depot Es Durian Kombinasi Pak Kasdi buka setiap hari, jam 09.00-17.00 WIB tapi kadang sebelum jam 17.00 WIB juga udah habis. Jadi, kapan kamu mau kesini? Tak ajakin ngees Durian wees, pacarmu gowo sisan kene. *mulia banget hati BIDADARI kan ya, uwww*

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ainun 10 Juli 2020 - 19:24

segernyooo apalagi kalo diminum siang siang, lama juga ga liat es beginian di kotaku

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2019 - 03:02

weh, nggak doyan durian po mbak? dudududu, temenku juga ada sih yg nggak doyan durian, pernah sampai sakit gara2 salah makan permen rasa durian, wkwkw

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2019 - 02:56

udah pernah, mas?

Balas
Awijiastuti 11 Januari 2019 - 07:03

Sepertinya enak itu yah, seandainya saya doyan durian pasti langsung ngilerrr ckckckckck

Balas
Aris Armunanto 8 Januari 2019 - 09:32

Kesannya senyum itu mahal harganya ya mbak,…dulu waktu ksana dtg agak awal dan mereka lagi siap2, tapi mukanya kok gitu ya? hehehe….

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: