Dari Tuhan, Kembali Ke Tuhan

oleh Ella Fitria

Derit gerbong mulai terdengar nyaring saat kereta mulai melaju, awalnya pelan tapi lama kelamaan cepat. Aku sandarkan kepalaku ke jendela kaca, pikiran terus ramai membayangkan kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu terjadi. Di luar sana matahari masih malu-malu menampakkan dirinya. Perjalanan 3,5 jam akan menjadi rutinitasku pekan ini.

Teh panas yang kupesan sudah mendarat di tangan kananku, aku melemparkan pandangan ke arah jendela sambil menggenggam cup teh. Lagu Sorai yang keluar dari headsetku terdengar lebih syahdu dari biasanya. Baru mendengarkan bait pertama, telepon whastapp berdering. Namun sengaja tak kuangkat.

Setibanya di stasiun tujuan, aku melangkahkan kaki perlahan, menuruni pernon dengan senyum mengembang. Atmosfir stasiun ini masih sama seperti dulu, tak banyak yang berubah. Hanya saja sekarang yang menjemput sudah berubah. Eh tapi ya masih sama-sama makhluk Tuhan, sih.😹

Mobil kami melaju pelan menembus kemacetan, masih sekitar 1 jam lagi appointment dengan dokter Obgyn. Ah ya, sakitku ini menggemaskan, kalau siang sehat wal afiat, berasa mampu menakhlukkan gunung dan laut, tapi kalau malam seolah seperti bayi yang baru lahir (tidak bisa berkutik, hanya bisa nyengeng) dan berujung keluar keringat dingin segede jagung. Sampai akhirnya memberanikan diri mengumpulkan kekuatan untuk USG kembali.

USG? Kan belum nikah? Kan lagi nggak hamil, kok USG? Puluhan pertanyaan serupa memenuhi chat whatsapp. Aah ya, USG itu bukan hanya untuk ibu hamil, atau ibu muda yang sudah menikah. USG itu digunakan untuk memeriksa dan mengamati gerakan organ tubuh, seperti hati, jantung, kandung empedu, limpa, pankreas, ginjal, dll. Jadi keliru banget, kalau kalian berpikir USG hanya digunakan untuk melihat janin.

***

Aku berusaha meluruskan punggung sembari menunggu antrean, meski sudah membuat appointment, tetap saja harus sesuai dengan prosedur rumah sakit. Tak apa, setidaknya bisa memastikan bertemu dengan dokter. Mataku sesekali melirik monitor, tertera 4 pasien lagi giliran aku dipanggil. “sakit, nduk?” pertanyaan itu hampir kudengar 10 menit sekali, aku hanya menggelang dan tersenyum.

Tak sengaja mata kami saling beradu, aku baru merasakan tatapan yang kosong, sepi, tak ada kehangatan lagi. Buru-buru aku kembali menatap buku yang sedang kubaca. Pertanyaan yang sama kembali terdengar, kali ini aku menjawab pelan “jangan diteruskan jika ragu, selesaikan dulu masa lalumu” baru selesai aku bicara, namaku dipanggil, pertanda aku harus segera masuk ke ruang periksa.

Setelah cek tensi darah, cek berat badan, dan cek darah, aku diperintah untuk tiduran. Di sampingku terdapat monitor dan alat USG. Sebelum dilakukan USG, perutku diberi sejenis lotion, lalu dokter dengan sabar menggerakan alat USG di perut bagian bawah, aku bisa melihat hasil USG di layar monitor yang terpasang di dinding. Meski tidak bisa membaca hasilnya, tapi ada rasa haru saat melihatnya. Padahal udah puluhan kali USG, masih aja kagum.

Ketika dokter membacakan hasilnya, aku sudah menduga. Tidak heran sih, karena akhir tahun ini pola makan, tidur, dan olahraga berantakan semua. Sedikit kaget saat dokter memberi resep obat Visanne yang harus diminum selama 60 hari berturut-turut, tidak boleh terlewat. Visanne ini semacam obat pengontrol hormon, harganya juga lumayan dan susah dicari. Tapi tidak apa-apa, bismillah aja, sing penting yakin!

Setelah menyelesaikan administrasi, kami kembali duduk di ruang tunggu apotek. Beberapa menit kemudian, dia menyodorkan botol minum sambil melontarkan pertanyaan yang sama, lagi-lagi aku hanya menggelang dan tersenyum. Bagaimana aku mengkhawatirkan hidupku, jika semua milik Tuhan akan kembali ke Tuhan? Sama sekali tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

***

Sepanjang jalan dia hanya berbicara dengan ibuku, aku memilih memejamkan mata. Menyerahkan semua rasa pada Tuhan. Mungkin ini cara Tuhan mengenalkan bagaimana sejatinya berdamai dengan diri sendiri. Menuntun jemariku mengetik kalimat melalui direct message twitter hingga kami bertegur sapa, (semoga) dia bisa memenuhi janji kehidupan yang sudah tertinggal. Meski sesuatu yang pernah hilang kemudian pulang, rasanya tidak akan sama lagi. Tak apa.

Oya. Saat ini, kami satu kota, tapi kami memutuskan untuk tidak saling sapa. Semoga isi doa kami sama. Aamiin

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Djangkaru Bumi
12 Februari 2019 20:21

Saya baru tahu tentang USG, ternyat bukan hanya sekedar cek kehamilan. Semoga cepat sehat. Sakit pertanda disuruh istirahat, jangan terlalu banyak pikiran dan kerja berat dulu.

Agus rusdi
13 Februari 2019 09:32

kalau kita sudah menyerahkan semua kembali kepada Allah maka tidak ada lagi duk NESTAPA KARENA SEMUA BERJALAN SESUAI rel destiny darinya dan yakinlah Allah selalu memberikan yang terbaik kepada Hambanya. semangat terus DEk

Mei Sintiya
13 Februari 2019 09:32

Syafakillah Ella 🙂 semoga sakitnya menjadi penggugur dosa-dosa kecil. Satu tahun lalu saya pun mengidap penyakit yang tidak bisa terlepas dari obat setiap harinya tidak pula telat setiap waktu sampai saya pasang alaram untuk minum obat selama satu tahun. Tapi alhamdulillah dengan sabar dan teruas ikhtiar Allah beri kesembuhan sekarang 😉

Viral
13 Februari 2019 17:34

setidaknya kita tahu bahwa apa yg diberi akan tiba saatnya akan diambil, baik secara sadar maupun tak sadar, hukum alam

Dwira
16 Februari 2019 06:23

Tuhan memberikan cobaan bukan berarti tidak sayang pada hambanya. Karena Tuhan ingin melihat seberapa besar usaha dan doa kita kepada-Nya. Karena kita tahu semua itu pasti ada hikmahnya.

Yani
16 Februari 2019 06:23

Syafakillah ya mba, Allah tidak akan menguji hambanya jika ia tak sanggup menghadapinya, kuncinya tetap hidup sehat dan serahkan semuanya pada Allah, salam kenal ya mba 🙂

Wisnu Tri
16 Februari 2019 06:23

Aku langsung googling obat visanne.

Syafakillah, La. Semoga cepet sembuh. Beberapa minggu kemaren (kalau nggak salah) aku sempet baca tulisanmu tentang sakit ini juga. Bukan e dulu udah dinyatain sembuh, ya?

KUAT – KUAT, LA'…

Tuteh
18 Februari 2019 02:17

Kakak Ella, semoga lekas pulih, banyak istirahat, dan jangan sampai terlewatkan minum Visanne ya, Kak. Istirahat itu sangat penting kak, kondisi setiap orang memang beda-beda, tapi istirahat yang cukup adalah obat utamanya *peluk hangat*

Anggara Wikan Prasetya
25 Februari 2019 09:02

Dari Tuhan, Kembali ke Tuhan.. Begitu juga kesehatan..
Semoga Allah SWT pun segera memberikan kesehatan dan kesembuhan.. Agar bisa menjelajah lagi…

Intinya jangan menyerah ya..

Intan Sudibjo
25 Februari 2019 11:19

segala jalan kehidupan pasti ada hikmahnya ya mas, seperti seorang jomblo yg punya banyak waktu, itupun hikmah jg wkwkwk

Kang Nata
25 Februari 2019 11:19

saya tau tidak mudah diposisi yg embak alami…..saya cuma kasih saran via email.Mudah2an embak ada waktu untuk membacanya.

mudah2an dua atau tiga hari setelah koment ini dipost, sarannya saya kirim.

Ursula Meta Rosarini
26 Februari 2019 14:41

Aku langsung browsing apa itu Vissane, cepat pulih ya mbak, yang penting tetap semangat dan jangan menyerah

Kang Nata
1 Maret 2019 22:19

Kemarin saya mau kasih saran via email Mbak, tapi saya lihat kanan kiri di blog ini ngak ada email milik Mbak ? kalau berkenan mohon minta emailnya Mbak, siapa tahu saran saya berguna.

Riza Alhusna
6 Maret 2019 09:20

Moga cepet sembuh mbak…

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:54

Aamiin, Mas.. bener bgt USG bukan cuma buat cek kehamilan 🙂

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:55

syemangaaattt terus dooong!!! 🙂

Ella Fitria
11 Mei 2019 00:59

Aamiin Mbak Mei, duh peluk jauh.. semangatnya kudu ditularin ke aku nih

Ella Fitria
11 Mei 2019 01:00

sepakat banget pokoknyaaa

Ella Fitria
11 Mei 2019 01:02

Satria MWB : terima kasih, Mas…

Intan Sudibjo : jomblo lagi, jomblo lagi 🙁

Ella Fitria
11 Mei 2019 01:03

Aamiin Mas Dwira, terima kasih ya