DIY : Membuat Pot Dari Barang Bekas

oleh Ella Fitria
Membuat Pot Dari Barang Bekas

Berawal dari drama mencari pot sebelum hari raya kemarin, dibela-belain keluar masuk toko tapi tak kunjung mendapatkan pot seperti yang kumau. Padahal nyari pot doang ribetnya kaya nyari jodoh! Nyari potnya juga nggak muluk-muluk kok, pot ukuran kecil berbahan plastik yang biasa buat tempat es krim pot. Tapi ukuran yang kumau nggak ada di toko-toko dekat rumahku. Trus ibuku nyletuk “beli di online shop aja  kenapa mbak, kaya nggak biasanya apa-apa syofi, syofi, syofi!

Ketahuilah ibuuuu, aku sudah berusaha mencari pot di online shop, memilah memilih lalu memasukkannya ke keranjang, tapi ternyata total belanjaanku nggak memenuhi minimal pembelajaan, jadilah ada ongkirnya. Tapiku tak kehabisan cara dong, kusabar menunggu keesokan harinya supaya bisa klaim free ongkir. *dasar sobat misqueeen.
Dan taraaa, setelah berjuang mengalahkan ratusan ribu user pengklaim free ongkir, akhirnya kudapatkan voucher free ongkir tanpa minimal pembelian. Yass! Buru-buru kubuka menu keranjang, tapi ternyata nggak bisa cekout karena toko keburu TUTUP lebaran. IYA TUTUP! Ngelus dada wislah!
Tapi keinginan memiliki pot kecil masih  menggebu banget. Ya biar kaktus-kaktus  hasil merampasan ke tentangga nggak mubazir. Akhirnya kumenemukan ide membuat pot dari botol bekas. Alah biasa banget, anak TK aja bisa bikin pot dari botol bekas. Iya tau iya.
Tidak lain tidak bukan, karena ku mencintai bumi, alam, dan kamu. Eh ora ding. Memang lagi berusaha banget diet  dari segala jenis plastik, lagi pengin memanfaatkan barang-barang yang udah nggak kepakai biar jadi bermanfaat. Apalagi botol plastik nggak bisa hancur selama 450 tahun, Akhi, Ukhti. Bayangin aja kalau tiap hari kita beli minuman botol plastik. Berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya botol-botol plastik itu hancur. Plislah mulai sekarang kalau kalian pergi bawa tumbler ya, ya, ya! Kita mulai dari hal kecil bareng-bareng. ❤
Btw, pot dari botol bekasnya dibalut dengan karung goni bekas biar cantik, yaa. IYA BEKAS LAGI! Karung goninya bisa dibeli di pasar cuma Rp. 9 ribuan, dapet ukuran karung yang guedeee pisan! Udahlah daripada curhat mulu mending kalian siapin alat dan bahannya, ya. Demi bumi makin bersih dari sampah. 😭

Alat dan Bahan yang harus disiapkan

Membuat Pot Dari Barang Bekas
  1. Lem tembak
  2. Gunting
  3. Botol bekas (usahakan yang warnanya bening)
  4. Karung goni

Cara Membuat Pot Dari Bahan Bekas 

  1. Siapkan botol bekas yang berwarna bening, eh emang ada warna bening ya? Ya bodo amat, pokoknya botolnya jangan berwarna hijau, merah, dll. Kenapa? Ya jadi jelek karena nanti bakal keliatan pot dari botol bekas. Setelah itu, botol dipotong sesuai keinginan. Kira-kira motongnya separuh dari ketinggian botol. Botol bagian atas yang ada tutupnya bisa dibikin pot juga. Tapi kita fokus bikin pot dari botol bagian bawah yas. Jangan lupa botol bagian bawah dilubangi, atau cukup disobek dikit pakai cutter.
    Membuat Pot Dari Barang Bekas
  2. Ukur karung goni untuk menutup bagian luar botol. Bagian bawahnya biarkan melompong ya, soalnya biar pas nyiram tanaman airnya bisa keluar.

    Membuat Pot Dari Barang Bekas

  3. Rekatkan karung goni menggunakan lem tembak, oya lem tembaknya jangan sampai kepanasan karena bisa bikin botol ngelun (peot kepanasan). Mulailah mengelem dari tepi botol bagian atas, terus lanjut ngelem bagian tepi botol bawah. Rapihkan pinggiran karung goni supaya terlihat lebih cantik.

    Membuat Pot Dari Barang Bekas

Yaay, siap diisi tanah dan tanaman. Btw kemarin sempet bikin sekitar 15 pot dari botol bekas, toples bekas, dan kaleng cat bekas. Caranya sama persis kaya di atas. Tinggal kumpulin botol atau kaleng bekas, lalu dipoles dikit pakai karung goni. Atau mungkin kamu punya tutorial selain menggunakan karung goni untuk menutupi botol bagian luar? Share dong. Jiwa bercocok tanamku lagi menggebu nih. Tapi kok ini gara-gara bercocok tanam jadi pengin cepet berrumahtangga sih? Toyor kepala, apa hubungannya woi!!! Awkwkwkwk

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 18 Juni 2019 - 03:36

aku iseng nyari di shopee juga mahal mbak, dijual permeter gitu.. tp kl q beli di pasar tradisional emg kadang kotor, berdebu, tp ya nggkpapa. murah banget, hihi

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 03:35

duhhh kujualan gini aja gmn mas? wkwkwk

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:58

iya mas, waktu itu juga agak susah nyari karung goninya. tp ternyata di pasar tradisional ada banyaaaak… pas iseng nyari di shopee malah bgt dijual permeter, huhu

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:35

sama mbak kl mood lg oke seneng bgt bikin DIY macam gini, tp kl lg malas juga hm.. cm lg kepikiran diet plastik aja sih, coba2. eh lucuk juga jadinya

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:33

asal kaktus dapat pencahayaan yg cukup trus jgn sering disiram insya allah tanaman ini bakal tumbuh subur, soalnya kaktus bukan tanaman yang kudu telaten tiap hari disiram mbak..

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:25

bagaimana kalau aku jualan pot ini? tp km yg beli, wkwkwk

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:22

cobain aja mbak, aku aja ketagihan bikin. huhu
sayangnya karung goninya abis nih

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:21

MASSS pengen ku tampol pakai kaktus ya? WKWKWK
weh di sini banyak banget tanaman macam gini, jodoh nggak bisa di DIY tapi bisa jadi yang tinggal di DIY (DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARAT). hahahha
NGAREP!

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:19

iya mas, kemarin ada temen main trus liat kaktus di meja trus nanya beli pot di mana, dia pengeeen, wkwkwk

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 01:17

yap emg lucuk banget hasilnya, uwww
itu kan dibagian botol bawah dikasih lubang, bisa cukup dengan disayat pakai cutter.. sepengalamanku biar kaktus nggak mati, jangan terlalu sering disiram, trus pencahayaannya juga mesti cukup.. alhamdulillah kaktus2 rampasan dari tetangga masih pd seger nih

Balas
Sabda Awal 18 Juni 2019 - 00:17

haislnya cakep, bahannya mudah, gampang banget dibikin nih di rumah

Balas
Vicky Cahyagi 17 Juni 2019 - 13:41

Kreatif, memanfaatkan barang bekas. Saya juga memanfaatkan tiang kanopi, sisa semen, & batu bata untuk alat fitness hehe..

Balas
Adi Pradana 17 Juni 2019 - 07:03

apik banget mbak, hasilnya oke punya. bisa dicoba di rumah nih.

Balas
Ursula Meta Rosarini 17 Juni 2019 - 07:03

Wah lucu bngt, adopsi barang bekas emang hasilnya lebih bagus ya, ga ada loh yg punya pot kaya gini. Waktu itu aku beli kain goni selebar saputangan harganya mahal bgt, cuma buat properti foto doang hahaa

Balas
Agus rusdi 16 Juni 2019 - 22:22

sangat cantik mbak Ella cuma susah sekarang cari karung goni seperti itu

Balas
dudukpalingdepan 16 Juni 2019 - 13:06

Tak jadi beli, bikin sendiripun jadi ya mbak. Kreatif pisan. Kepikiran deh pengen tanam kaktus juga, pernah lihat di CFD-an ada yang jual, cantik-cantik kelihatannya. Tapi ngerawatnya susah nggak saya? saya bukan orang yang telaten bertanam.

Balas
Rani Bon Bon 16 Juni 2019 - 09:01

Wah jadi bagus potnya!!
Hmm… kalo dijual mayan nih…
Aku mau coba ah buat kaktus aku 😀

Balas
Evi Erlinda 15 Juni 2019 - 22:45

Creative and inspire banget ni mbak Ella, saya juga hobby ngerjain upcycle beginian.
Ntar saya cobain, kebeneran bahan-bahannya ada semua di rumah…:)

Balas
Nugraha Fauzi 15 Juni 2019 - 17:47

Kek nya abis lebaran pada jadi plantingholic semua orang yg kukenal wkwkwkwk

Anw, lagi nyari bibit namnam ini, di sumedang ga ada katanya di daerah timur sana banyak huhu

Wkwkwk, tutup toko berbuah kreatifitas nih, ntaps! Etapi inget ya, cuman barang yang bisa di DIY, jodoh mah kagak bisa. Wkwkwkwk

Balas
dunia kecil indi 15 Juni 2019 - 09:05

Ih, lucu banget lho hasilnya. Eh, OOT nih, cara rawat kaktus biar ga cepet mati gimana ya? Emang bisa ya ditanam di pot yang gak ada lubang di bawahnya? Aku sempet punya dan baru sebulan mati, dong 🙁

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: