ASUS VivoBook Ultra A412DA : Notebook Stylish Seringkas Bagpack

oleh Ella Fitria
ASUS VivoBook Ultra A412DA
ASUS VivoBook Ultra A412DA

Kalian bisa nggak sih sehari aja nggak nyentuh laptop? Kalau aku selagi sehat, sehari aja nggak buka laptop rasanya separuh jiwaku hilang kabur kanginan. Sungguh, merasa nggak bisa apa-apa. Walaupun sekarang kecanggihan smartphone juga nggak kalah dengan laptop, tetapi tetap aja berbedaaaaa. Ya masa mau mengisi data di microsoft excel, mengupload dokumen segambreng, dan mengentry ratusan data online menggunakan smartphone? Kapan mau kelar coba?

Berprofesi sebagai operator data tuh enak-enak nggak ngenakin. Enaknya merasa puas kalau bisa menyelesaikan deadline tepat waktu nggak perlu lembur-lembur, nah nggak enaknya tuh kalau ada deadline tapi laptop nggak bisa diajak kerja. Padahal udah kutambah SSD juga, ya namanya laptop zaman kapan tetap beda performanya dengan laptop zaman generasi milenial.
Eh bentar, ini kenapa aku ngebet banget #GantiLaptop2019 sih? Selain aktivitasku mengupdate data, aku juga suka traveling disela-sela enam hari kerja. Sialnya kalau lagi traveling sering banget dimintain data. Mau nggak mau kudu ngegendongin laptop kemana-mana. Saat traveling juga butuh untuk membackup foto & video, kan nggak mau gara-gara memori kamera penuh trus nggak jadi foto-foto. Ih menyedihkan. Maunya juga kalau lagi traveling tetap produktif nyicil-nyicil tulisan, ya demi kepuasan batin dengan tetap merawat blog ini. Tapi kalau bawa laptop saat traveling resikonya pundak bakal pegal linu karena laptopku lumayan berat, sekitar 2,8 Kg. Dibawa jalan 500 meter aja udah kebayang beratnya kan. Lah maklum badanku kurus. Huhuhu
Selain berat, laptopku juga lumayan gede dan tebal. Memakan tempat banget, ransel ukuran 18 liter cuma bisa diisi laptop, carger, mouse, dan dompet. Kurang ringkas, apalagi kalau dibandingin sama notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA. Beeeh! Laptopku ketinggalan berapa generasi coba? Beda kasta udahlah😭
Btw, ASUS telah menghadirkan tipe VivoBook colorful paling ringkas dikelasnya. Diperkuat dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, baik Ryzen 3 ataupun Ryzen 5 di Indonesia. Hadir dengan pilihan warna warni sesuai dengan style kita, colorful. Ada empat varian warna, yaitu Transparent Silver, Slate Grey, Coral Crush, dan Peacock Blue. Kalau punya notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA kujamin bisa menikmati dan merasakan hal-hal berikut :

Barang Bawaan Traveling Menjadi Lebih Ringkas

Traveling bawa notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA? Uww udah pasti lebih ringkas lah, nggak kaya laptopku yang dulu menuh-menuhin isi tas. Walaupun notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA merupakan notebook paling kecil dikelas VivoBook dengan beragam warna tetapi nggak mengurangi performa kecanggihannya dong, karena dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen dan grafis Radeon™ Vega yang tangguh.

Tahu nggak? Notebook ASUS ViviBook Ultra A412DA memiliki layar 14” dengan panjang bodi 32 cm dan lebar 21 cm serta ketebalan kurang dari 1”. Beratnya cuma 1.5 Kilograaaam. Bakal enak dan nyaman banget kalau dibawa kemana-mana. Nggak makan tempat, nggak bikin pundak pegal linu karena tipis dan bobotnya ringan.

Dulu setahu aku, notebook tipis cuma sanggup untuk pekerjaan kantoran aja, tapi ternyata meski tipis notebook A412DA juga powerfull, simpel, ringkas, dan on the go.

Apalagi ditambah dengan tampilan NanoEdge Display, tampilan layar bezel-less ala smartphone kekinian. Memiliki screen-to-body ratio hingga 87%. Trus ada fitur EyeCare Protection juga biar mata nggak cepet lelah. Lelahnya cukup lihat gebetan jalan sama pacarnya aja.

Tampilan layar NanoEdge – screen-to-body rasio 87%

Nggak Akan Bersentuhan Lagi Dengan Notebook Lemot

Apa kabar notebook yang berumur 4 atau 5 tahun yang lalu? Udah pasti lemot kan? Nah si notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA menghadirkan performa 48% lebih kencang dibandingkan notebook berumur 3 tahun lalu. Yaiyalah berkat ketangguhan otak AMD® Ryzen™ 3 3200U dilengkapi dengan grafis Radeon™ Vega 3, serta varian AMD® Ryzen™ 5 3500U yang dilengkapi grafis Radeon™ Vega 8, kita bisa melakukan berbagai produktivitas tanpa kendala bahkan bermain berbagai game eSports dengan lancar walaupun dalam mode baterai. Lebih efisien juga karena dukungan fitur power-saving pintar AMD SenseMI dan diproduksi menggunakan fabrikasi 12nm FinFET terbaru.

ASUS VivoBook 14 A412DA - AMD Ryzen
ASUS VivoBook Ultra A412DA dibekali Prosesor AMD Ryzen dan Grafis Radeon Vega
Kita bakal merasakan performa produktivitas dan multitasking yang lebih responsif karena dukungan fitur akselerasi grafis AMD APP pada grafis Radeon™ Vega yang dapat meningkatkan performa berbagai aplikasi produktivitas modern. Selain itu, netbook ini memiliki RAM yang lega, bayangin 4GB DDR4 (Ryzen 3 3200U) dan 8GB DDR4 (Ryzen 5 3500U) yang dapat diupgrade sampai 12GB. Dan fitur keren lain di notebook ASUS Vivobook Ultra A412DA yaitu dilengkapi dengan slot SSD M.2. Jadi bisa ditambah penyimpanan ekstra yang bisa bikin performa lebih cepat dan lebih responsif dibandingkan hardisk. Laptopku dulu kupasangi SSD sendiri biar nggak lemot, lha ini malah udah dilengkapi slot SSD terbaru M.2 yang bisa support NVMe. Nggak bisa diragukan lagi nih, pasti buat buka Windows cuma sepersekian detik doang.

Nggak Khawatir Notebook Diakses Orang Tak Dikenal 

Btw, notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA udah terinstal Windows 10 Home. Jadi kita nggak perlu beli Windows apalagi menginstalasikan software bajakan. Uwwww. Berbagai fitur modern pada Windows 10 juga keren banget, salah satunya ada fitur keamanan Windows Hello™.
Gila nggak sih, ternyata notebook sekelas ASUS VivoBook Ultra A412DA udah dilengkapi sensor fingerprint dan pemindai wajah via Windows Hello. Makanya aman saat berpergian nggak perlu khawatir notebook diakses orang nggak dikenal.

ASUS VivoBook 14 A412DA - Windows Hello
Login Windows hanya dengan sekali sentuh – Windows Hello

ASUS VivoBook 14 A412DA - Windows Hello
Tampilan antarmuka Windows Hello

Semakin Produktif Sepanjang Hari 

Pernah punya pengalaman baterai laptop jebol nggak? Baru satu jam nyalain laptop dalam keadaan baterai full eh tiba-tiba muncul peringatan baterai low? Trus ngechargenya lama. Padahal kita lagi jauh dari stop kontak dan lagi nyelesein deadline. Ujian banget kan?

Berbeda dengan notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA ini karena memiliki kapasitas baterai 2 Cells 37 Whrs polimer-lithium yang mampu mencukupi kebutuhan daya dalam waktu yang cukup lama. Dilengkapi dengan fitur fast charging juga. Fitur ini cuma membutuhkan waktu 49 menit untuk mengisi baterai 60% dengan didukung ASUS Baterai Health untuk memastikan proses charging aman untuk perangkat dan pengguna. Nah lhoo. Nggak sampai 50 menit baterai udah isi 60%.

ASUS VivoBook 14 A412DA - Baterai Sepanjang Hari
Baterai sepanjang hari untuk semua produktivitas

Bersantai Mendengarkan Musik Jadi Lebih Asyik

Brand ternama seperti ASUS bekerjasama dengan beragam ahli audio demi menghadirkan ASUS Sonic Master™, solusi audio premium antara software dan hardware didukung dengan beragam profil audio yang bisa sesuai gaya kita. Kita bisa mengatur mode audio sesuai keinginan. Misal saat mendengarkan musik, kita atur ke music mode supaya suara yang dihasilkan lebih nyata dan original seperti suara studio musik. Makin dimanja nggak sih. Hayo siapa yang sering dengerin musik saat kerja? Atau suka marathon nonton drakor? Kuyakin audio yang dihasilkan bakal bikin nyaman karena teknologi ini. 

Lebih Powerful Dengan Port Konektivitas Yang Lengkap

Demi mendukung produktivitas agar lebih optimal, notebook ini dilengkapi port konektivitas yang lengkap. Mulai dari USB 3.1 Type C (bisa nancep bolak balik), USB 3.1 yang 10 kali lebih cepat dari USB 2.0, Output HDMI, audio jack, USB 2.0, security slot, dan microSD card reader. Gimana? Lengkap buanget kan?

ASUS VivoBook 14 A412DA - Connecting The Possibilities
ASUS VivoBook Ultra A412DA – Dilengkapi port yang mendukung produktivitas

Mengetik Banyak Jadi Lebih Enak

Demi kenyamanan produktivitas, notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA berinovasi menghadirkan fitur ErgoLift dimana engsel yang dirancang untuk memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang paling nyaman secara otomatis ketika layar dibuka. Kalian nggak akan kelelahan lagi ketika sedang mengetik. Nggak cuma itu, rancangan yang eksklusif ini juga mengoptimalkan sistem pendinginan (cooling pad). Mekanisme ErgoLift menciptakan ruang tambahan sirkulasi udara di bagian bawah notebook. Pun dapat mengoptimalkan performa audio agar lebih bagus. Suara akan disalurkan dengan lebih optimal dan efisien.

ASUS VivoBook 14 A412DA - Ergolift
Nyaman mengetik menggunakan fitur Ergolift
Selain itu, ASUS Vivobook Ultra A412DA dilengkapi dengan chiclet keyboard serta diuji memiliki daya tahan hingga 10.000 kali penekanan. Trus buat kamu yang suka mengetik di ruang yang kurang cahaya nggak usah khawatir, karena notebook ini dibekali dengan backlit keyboard.

Chiclet Keyboard yang dilengkapi backlit
Chiclet Keyboard yang dilengkapi backlit

Tabel Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA

Biar lebih jelas kukasih tabel spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA aja yak. Nyoh…

Layar 14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
Processor AMD® Ryzen™ 5 3500U
AMD® Ryzen™ 3 3200U
Grafis Radeon™ Vega 8 Graphics
Radeon™ Vega 3 Graphics
RAM 8 GB terpasang, Tersedia 1x Slot Upgrade Kapasitas Total 12 GB
4 GB DDR4 2400MHz terpasang, Tersedia 1x Slot Upgrade Kapasitas Total 12 GB
Storage 1TB 5400 rpm SATA HDD. 1x slot Upgradable M.2 SSD
Konektivitas Combo BT 4.2 + Wi-Fi AC (2×2)
Webcam HD 720p
I/O 1 x COMBO audio jack
1 x Type-A USB2.0
1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1)
1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2)
1 x HDMI
Baterai 2 Cell 37 Whr
OS Windows 10 Home
Fitur  Unggulan Illuminated chiclet keyboard (optional), Fingerprint, Windows Hello, Fast Charging, Asus SonicMaster.
Dimensi dan Berat 322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT)
1.5 Kg Termasuk Baterai

Nah gimana? Notebook ASUS VivoBook Ultra A412DA cocok banget buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi, kan? Udah ringkas, small, nggak berat, tipis, dan banyak pilihan warnanya sesuai dengan style kita. Untuk AMD Ryzen 3 dibandrol dengan harga Rp. 6.599.000, sedangkan untuk AMD Ryzen 5 dibandrol mulai dari Rp. 8.599.000. Doakan, yaa. Semoga tahun ini bisa memiliki si Colorful Netbook ini. Aamiinin bareng yang kenceng dong!!! *maksa.

Source:
ASUS Indonesia

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Delonix Vanesta
23 Juli 2019 14:19

Seger… Auto ngiler ini laptop. Pengen coba Windows Hello nya. Sayang gak punya perangkat yang mendukung. Btw desain illustrasinya keren.

Djangkaru Bumi
23 Juli 2019 14:19

Saya baca speknya sungguh luar biasa ya, mantap deh. dan ringan pula.
Jadi ingin beli nih.

Kresnoadi DH
24 Juli 2019 08:17

Buat orang yang sering berurusan sama ngetik, ergolift-nya itu sih yang bikin juaraa. Pergelangan tangan jadi nggak pegel2 lagi deeh.

ratutips.com
24 Juli 2019 16:12

wah sama saya juga sehari ga megang laptop serasa ada yang kurang gtu ya kak ella.. btw ini adalah laptop asus kepengen aku nih.. cuma skg juga aku pake asus tapi seri a456u dan alhamdulilah sangat suka dengan performanya

Nucky
25 Juli 2019 04:14

Laptopnya bikin pengen memiliki ya hehehe.. fiturnya bagus sebagus harganya heheh..

Sabda Awal
25 Juli 2019 20:50

woahh saya suka sekali sama desain yang yang bersahabat kalau dibawa kemana-mana, kombinasi berat dan kapasitas btrai jadi paket komplit buat saya pribadi

Agus rusdi
26 Juli 2019 01:35

AAMIINN mbak ella semoga semakin semangat ngeblognya

Rani Bon Bon
26 Juli 2019 05:16

Hmmm… aku suka nih review laptop ringkes tipis gini.
Laptop jaman sekarang makin keren aja…
ya iya lah ya, kan makin berkembang masa makin mundur.. -_-
Rata2 udah 1 TB ya gede banget…
jadi ga perlu upgrade lagi.

Wisnu Tri
26 Juli 2019 15:11

Ya Allah, ngedraft e cepet banget. Aku padahal baru tau info lombanya kemarin-kemarin itu. Ini anak udah mublish tulisan aja.

Paling nggak enak emang pas kitanya ambil cuti apa liburan, eee jobdesk dari tempat kerja masih aja ada yang nggantung. Apalagi suruh ngerjain / dimintai file pas lagi asyik-asyiknya liburan. Kutaksanggup, ferguso!

Untung sih ini, Asus ada varian laptop tipis sekece semlohai kaya A412Da. Diajak mobile oke, kinerjanya pun mantab jiwa!

Goodluck, La. Yen menang aku jajakne dawet ayu, ya xD

Bang Day
27 Juli 2019 11:09

Pakar data rupanya mbak ini. Pekerjaan yg paling dibutuhkan di era 4.0 saat ini

Mugniar
29 Juli 2019 02:14

Aaah Mbak Ella, postinganmu bikin diriku pengen juga sama ASUS VivoBook Ultra A412DA.
Asyik ya performanya.

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:32

yayayadonggg… kujuga penasaran sm windows hellonya

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:32

yuk yuk beliii, wkwkwk
aku beliin satu bang

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:34

iya bener banget, kl ngetik naskah atau artikel nggak pegel2 lagi karena ada fitur ergoliftnya

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:35

yaw mbak, aku juga pengin bgt si A412DA.. desain yg elegan dengan pilihan warna yg colorful, wuuuuwww

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:46

wkwkwk, cemungut ngumpulin cuaaaaan.. biar bisa beli laptop idaman, uwww

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:47

fiturnya wah banget sih dengan harga segitu..

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:49

yap mas, ini desainnya elegan banget.. bobotnya juga ringan, baterainya juaraaa..ada fitur fast cargingnya

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:50

uwww makasih udah diaminin.. yap, kudu makin semangat dong

Ella Fitria
29 Juli 2019 05:51

iyap bener.. dengan harga segitu udah dapat laptop dengan fitur juara