Halodoc Konsultasi Dokter: Pengalaman Berobat Online

oleh - November 21, 2019


Obat Halodoc
Obat Halodoc
Sudah hampir dua bulan, aku merasakan bibir kering sekering-keringnya. Rasanya buat ngomong aja sakiiiittt bangeeeeeet, apalagi buat senyum dan ketawa. Gustiii, berasa mau sobek terus berdarah-darah kulit bibirku ini. Padahal kalau dilihat sekilas kulit bibirku baik-baik aja, tetapi rasa perih dan kaku nggak bisa ku tahan lagi sampai akhirnya memutuskan menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter.

Selama dua bulan ini bibirku sudah ku olesi minyak zaitun, lip care, lip balm, hingga tender care tetapi nggak ada hasil. Banyakin minum air putih udah, banyakin makan buah udah, minum vitamin c juga udah. Tapi kenapa bibir rasanya ndower, kaku, perih, dan berasa berdarah? Mau langsung cek ke dokter kudu izin kerja, belum lagi rumah sakit di daerahku yang ada dokter spesialisnya lumayan jauh, malas antre. Untung sekarang kemudahan ada di genggaman tangan, aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter membantu banget buatku, bisa konsultasi dengan dokter spesialis kapanpun di manapun tanpa ribet dan antre.

Halodoc Konsultasi Dokter Aplikasi Apa, Sih?

Kenapa Harus Halodoc Konsultasi Dokter
Kenapa Harus Halodoc?
Nah, Halodoc ini merupakan terobosan baru di bidang teknologi dan kesehatan. Cukup dengan unduh aplikasi Halodoc di play store, atau unduh Halodoc di Apps Store semua orang bisa dengan mudah melakukan konsultasi dengan ratusan dokter umum ataupun dokter spesialis tepercaya. Dokter, apotek, rumah sakit, dan asuransi yang terintegrasi dengan Halodoc akan memudahkan kita dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Aplikasi Halodoc membuat pelayanan kesehatan terasa makin mudah, aman dan nyaman sehingga kebutuhan kesehatan dapat ditangani lebih cepat, apalagi aplikasi ini dapat diakses kapan pun dan di mana pun sesuai dengan tagline Halodoc Simplifying Healthcare.

Fitur Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

Fitur Apps Halodoc Konsultasi Dokter
Fitur Apps Halodoc
Aplikasi Halodoc memiliki fitur yang lengkap, mulai dari konsultasi dokter hingga pembelian obat yang dikirim dalam waktu kurang dari 1 jam. Praktis banget nggak sih? Yuk kita bahas fitur aplikasi Halodoc satu-satu.

Bicara dengan Dokter

Seperti yang udah kubilang tadi, baik dokter umum maupun dokter spesialis yang tergabung di Halodoc merupakan dokter yang sudah berpengalaman dan terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Cukup dengan menunggu kurang dari 60 detik, kita akan langsung terhubung dengan dokter yang sudah kita pilih. Nah, dokter di aplikasi Halodoc juga siaga 24 jam lho, macam sift-siftan gitu. Kalau dokter yang kita pilih sedang offline, kita bisa konsultasi dengan dokter yang lain atau menunggu jadwal dokter tersebut online.

Gratis Tanya Jawab dengan Dokter

Setahuku, dulu ketika mau konsultasi dengan dokter di Halodoc nggak gratis lho. Eh lha, ternyata untuk konsultasi dengan dokter umum maupun dokter spesialis gratisss tissss. Terhitung udah tiga kali ini aku konsultasi dengan dokter spesialis gratis tanpa ada biaya konsultasi.

Beli Obat di Halodoc Konsultasi Dokter

Menurutku, fitur beli obat ini sangat membantu karena adanya layanan 24 jam serta pengiriman obat yang cepat. Gratis ongkos kirim pula, bakal diantar sampai ke alamat kita. Nah kurang apa coba? Halodoc bekerja sama dengan apotek terdekat dengan tempat tinggal kita. Jadi nggak usah khawatir karena resep obat kita akan diterima langsung oleh apoteker.

Kunjungi Rumah Sakit

Di aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter kita juga bisa menggunakan fitur janji temu dokter di rumah sakit yang kita pilih. Kita akan mendapatkan layanan prioritas di rumah sakit tanpa harus ribet mengantre. Fitur ini membuat pasien menghemat waktu ketika konsultasi dengan dokter di rumah sakit. Pastikan sebelum membuat janji dengan dokter, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Nah, pendaftaran ini juga bisa menggunakan BPJS. Selain bisa langsung bertemu dengan dokter tanpa harus mengantre, kita juga bisa menebus obat tanpa antre di rumah sakit, karena obat dikirim langsung ke alamat kita menggunakan mitra ojek online dalam waktu kurang dari satu jam. So, setelah selesai konsultasi dengan dokter di rumah sakit, kita bisa langsung pulang.

Pemeriksaan Laboratorium

Jujur baru kali ini tahu kalau kita bisa cek laboratorium di rumah, iya di rumah kita bukan di rumah sakit. Wkwkwk. Sayangnya lokasi pemeriksaan laboratorium baru ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Surabaya, Medan, Denpasar, Manado, dan Semarang. Mekanismenya tuh kita pilih paket pemeriksaan yang kita butuhkan, terus tentukan tanggal pemeriksaan, kita tinggal duduk manis di rumah lalu staf Halodoc akan datang ke lokasi kita. Tanpa antre, mudah, dan hasil lab langsung diterima melalui aplikasi bisa didiskusikan dengan dokter Halodoc.

Reminder di Halodoc Konsultasi Dokter

Yang jomblo mana suaranyaaaaa. Yohohoho minum obat tanpa ada yang ngingetin rasanya gimanaaa? BIASA AJA SIH, UDAH BIASA. wkwkwk
Namanya minum obat mesti teratur dan nggak boleh terlewat. Nah, di aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ada fitur reminder atau pengingat untuk minum obat. Jadi nggak ada alasan lagi buat lupa minum obat ya.

Catatan Kesehatan

Fitur catatan kesehatan nggak kalah penting, lho. Kenapa? Ya karena semua percakapan saat Bicara dengan Dokter, Beli Obat, dan hasil Pemeriksaan Lab bisa kita akses lagi. Siapa tahu lupa sama keluhan dan resep obatnya kan?

Artikel Seputar Kesehatan

Selain bisa #tanyadokterasli dan merasakan kemudahan kesehatan, kita juga bisa membaca berbagai artikel seputar kesehatan di aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter dengan beragam kategori. Mulai kategori seks, makanan sehat, kecantikan, kehamilan, pola asuh anak, pertumbuhan anak, pertumbuhan balita, hingga diet dan nutrisi. Fitur artikel seputar kesehatan lumayan bermanfaat buat menambah pengetahuan kesehatan.

Metode Pembayaran

Pilihan metode pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Halodoc sangat beragam. Ada Halodoc Walet, Gopay dan Kartu Debit/Credit. Bisa juga menggunakan virtual acount Mandiri dan BCA. Nah, buat kamu yang memiliki asuransi kesehatan nggak usah khawatir, karena di aplikasi Halodoc bisa langsung terhubung dengan 14 asuransi mulai dari Mandiri Life, BRI Life, Prudential, AXA, Alianz, dll.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

Langkah Mudah Menggunakan Halodoc Konsultasi Dokter
Langkah Mudah Menggunakan Halodoc
Tampilan Awal Aplikasi Halodoc
Tampilan Awal Aplikasi Halodoc

Pertama: Download Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter

Kita harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Nah, setelah aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter sukses terinstal, langkah selanjutnya adalah membuat akun dengan email yang masih aktif. Prosesnya nggak lama kok, cuma hitungan detik tampilan halaman awal aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter akan muncul. Kemudian memilih menu "bicara dengan dokter", kita pun bebas Tanya Dokter dan memilih dokter untuk konsultasi sesuai dengan poli apa yang kita butuhkan. Karena kemarin keluhanku berhubungan dengan kulit bibir, makanya langsung kucari dokter spesialis kulit.

Kedua: Buat Janji Dokter

setelah memilih dokter langkah selanjutnya adalah Buat Janji Dokter. Kita cukup menunggu kurang dari 60 detik akan langsung dihubungkan dengan dokter untuk memulai konsultasi. Beruntung banget tiga kali menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter selalu disambut ramah oleh dokter yang kupilih. Kita nggak usah ragu atau takut dengan dokter-dokter yang ada di Halodoc ya, karena mereka adalah dokter berpengalaman yang tergabung dengan IDI, profil masing-masing dokter juga sangat lengkap mulai dari nama dokter, tempat praktik dokter, alumni perguruan tinggi dokter, hingga nomor STR. Bisa menjadi bahan pertimbangan saat kita memilih dokter.

Ketiga: Mendapat Resep

Setelah selesai sesi konsultasi, kita akan mendapat resep obat dari dokter. Kebetulan kemarin aku konsultasi dengan dr. Putri Anitasari, Sp.KK beliau memberi resep obat Carmed 20% sebagai pelembab bibir untuk meredakan dermatitis di bibirku, beliau juga dengan sabar menjawab pertanyaanku. Ya iya lah, apalagi nemu pasien super cerewet kaya aku. Wqwqwq.
Meski sudah tiga kali konsultasi, aku baru mencoba memesan obat sesuai resep dari dr. Putri di Halodoc. Ternyata cara memesannya cukup mudah, kita bisa langsung upload resep dari dokter di kategori beli obat, praktis banget kan? Oiya, setelah upload resep obat, otomatis akan muncul harga dan keterangan detail mengenai obat tersebut.

Keempat: Pembayaran

Lakukan pembayaran. Pembayaran transaksi di Halodoc bisa dilakukan dengan beberapa metode, kemarin aku mencoba membayar menggunakan gopay. Setelah pembayaran dikonfirmasi, obat akan langsung dikemas oleh apotek terdekat alamat kita yang sudah bekerja sama dengan Halodoc. Nah, berhubung layanan antar obat nggak menjangkau ke alamat rumahku alhasil kukirim ke alamat kantor cuma dalam hitungan menit.

Kelima: Terima obat

Terima obat dalam keadaan baik. Senang banget saat menerima obat dikemasan tertulisan "jangan terima jika kemasan rusak". Berasa diperhatikan banget sama Halodoc.
Konfirmasi Pembayaran Obat Halodoc
Konfirmasi Pembayaran Obat Halodoc
Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter menurutku sangat mudah digunakan oleh pengguna baru seperti aku, tampilan aplikasi yang user friendly memudahkan untuk digunakan. Doaku semoga kita semua selalu sehat dan bahagia ya, semoga juga masyarakat Indonesia bisa terus mengikuti perkembangan teknologi supaya bisa hidup lebih mudah. Aamiin
Eh doakan biar bibir ndower ini segera sembuh dong, biar bisa gincuan sesuaka hati.


Baca juga: Pengalaman Menghadapi Kista Ovarium Tanpa Operasi

Mungkin Kamu Suka

71komentar

  1. Apa beda lipbalm, lipcare, dan apa itu satu lagi, aku lupa namanya. Yang terakhir sendiri pokoknya?

    Sungguh, benar-benar, ya! Sekarang semua serba online dan mobile. Mau periksa sama konsultasi aja udah nggak usah ribet-ribet ngantre ke rumah sakit. Bahkan, obatnya pun bakal dikirim via ojek daring. *geleng-geleng kepala aja, udah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanya mbak pacar apa bedanya lipbalm, lipcare, dan tender care.. wkwkwk
      huumb semua serba online dan kilat, tapi sayangnya nggak bisa order jodoh di app halodoc. huhuhu

      Hapus
  2. Waah lengkap banget mbaa post tentang halodoc nya.
    Jujur saya juga terbantu banget sama halodoc ini.
    Pernah suatu hari saya sering lari, terus ada masalah di selangkangan wkwkwk karena malu berobat akhirnya konsul lewat halodoc. Terus ya jadinya dikasih resep salep dan bisa langsung dibeli dengan dianter gojek.

    Benar benar my saviour.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kl udah sembuh, mbak.. emg praktis dan memudahkan banget ya

      Hapus
    2. mau coba juga deh, semoga membantu

      Hapus
  3. Halodoc semakin mantap.
    Mungkin saya yang pertama kali membahas halodoc, yang saat itu masih berkecimpung dalam pengiriman obat.
    Salut buat halodoc, semoga semakin jaya terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwwww salim dulu sama suhuuuu.. memang ya kemaujan teknologi zaman sekarang bikin hidup lebih gampang

      Hapus
  4. Review nya sangat lengkap dan bagus, semangat dan berdoa biar bisa menang

    BalasHapus
  5. Sekarang apa2 makin gampang ya kak dengan hadirnya fasilitas Dokter online semacam Halodoc. Setidaknya, biaya konsultasi jadi lebih terjangkau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, malah udah 3 kali ini aku konsul gratis. wkwk

      Hapus
  6. bisa konsultasi online tanpa harus antri panjang di klinik ya, dan bisa baca banyak pengetahuan tentang dunia kesehatan pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, praktis banget kan.. nggak buang banyak waktu.. wkwkwk

      Hapus
  7. ikutan ya mbak ella, terbaik ini infographic nya mantul banget

    BalasHapus
  8. Pemanfaatan teknologi di Indonesia kian menunjukkan terobosan terbarunya..

    Banyak masyarakat yang berada jauh dari tempat berkonsultasi kesehatan, tapi dengan hadirnya aplikasi Halodoc.. Wah, luarbiasa untuk di apresiasikan..

    Terimakasih Kak Ella!
    Semoga sehat dan sukses selalu. 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget, kemajuan teknologi emg bikin geleng2 kepala.. hh
      km juga ya, semoga sehat selalu dan sukses selalu :)

      Hapus
  9. Menarik ulasannya. Bagi yang malas dan alergi berlama2 rumah sakit, ini adalah solusi yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi buat pekerja yang susah izin kerja, kl sakit tinggal buka app halodoc beres semua..

      Hapus
  10. Oh jadi tanpa periksa (ketemu ) langsung dg dokternya, kita bisa mendapat obat yg pembeliannya pun via online y.. wih mantul banget sih..
    BTW, semoga lekas sehat kembali ya La..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mbak Mechta, iya nih praktis banget.. lumayan lah dr pada harus antre di RS, apalagi RS gede di daerahku nggak ada, mesti ke kota dulu.. hhh

      Hapus
  11. Sering dengar tentang Halodoc, tapi gara-gara artikel ini aku jadi kenal mendetail dengan halodoc. Kalau sakit nanti bisa mencobanya, tapi mudah-mudahan sehat terus. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga sehat selalu yaaa... kl sakit tinggal buka app halodoc aja, eheheh

      Hapus
  12. Kalo konsultasi bisa gratis, penghasilan mereka dari mana yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakan ada tarifnya nggak selamanya konsultasi gratis bang Day

      Hapus
  13. Walaupun nggak berharap sakit, tapi penting sekali nih aplikasi halodoc

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, semoga sehat selalu ya Mas.. kl sakit cus instal app halodoc aja, hhh

      Hapus
  14. beneran halodoc bisa cek lab dirumah? sungguh, jaman sudah semakin canggih aja yaa..
    btw, ada dokter spesialis anak juga ya? cucok nih. auto download ah biar bisa konsul tanpa ribet..

    makaciw ya mba infonya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaaaa mbakkk, tinggal klik menu cek lab aja.. tp dg catatan lokasi tempat tinggal mbak Thya udah terjangkau oleh tim halodoc yaaa

      Hapus
  15. Aplikasi halodoc, penting sekali yah, apalagi buat pasien yang mau berobat namun jaraknya cukup jauh dari Tekapeh.Kayak jarak antara kamu dan akoe, eaaaaa..eaaaa...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aakkkk untungnya jarak akoh dan dia nggak sejauh kaya mau ke RS, wkwkwk

      Hapus
  16. wah lengkap banget reviewnya mba..
    ternyata cukup mudah juga yaa kalau mau pakai halodoc

    btw, dulu saya juga pernah mengalami bibir kering pecah-pecah gitu, emang sih kalau pakai lip balm malah kadang tambah kering. saat itu solusinya, setiap mau tidur pakai madu dan itu bekerja sih mba kalau di aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dah coba pakai madu juga, tp diaku nggak ngefek huhuhu
      semoga ini sembuh sih, karena keingnya dah paarah tingkat dewa

      Hapus
  17. Baru aja hari ni order obat buat bayi via halodoc.. ongkirnya murah gak kaya yang satu lagi.. dan enaknyadicariin paling dket dan yang pasti si murah diongkos ya ka ella

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah semoga dede bayiknya sehat terus ya mbak.. huumb, freeongkir malah. ekekek

      Hapus
  18. Menarik deh, keren ya jaman sekarang, semuanya serba praktis :)

    BalasHapus
  19. solusi nih buat banyak orang mbak, di banyak case mau ke dokter mesti izin kantor bahkan cuti cuma untuk konsultasi. Nah pakai aplikasi bisa konsultasi online, hemat waktu dan biaya. ditambah konsulnya memang ke speasialis yang udah berpengalamanan. Keren apps nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget pke app halodoc nggak perlu izin kerja dan antre di rumah sakit.. hemat semuanya deh pokoknya

      Hapus
  20. Kasihan bibirnya mbak Ella, sampai seksi dower gitu, haha
    Untung ya ada halodoc dengan segala pelayanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaak, buat ngomong, mangap, senyum duh ampun sakitnyaaaaaaaa

      Hapus
  21. Wah ini enak banget sih ya mbak, ga perlu repot2 ke puskes atau klinik, smua serba online, praktis banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, wush wush semua serba dimudahkan karena inovasi teknologi

      Hapus
  22. kalau saya sih belum pernah tu mbak chat online ama dokter, pernah nyoba tapi ngak di balas2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ngchat nggak dibalas di aplikasi apa, Mas? Kl di halodoc udah langsung otomatis tersambung dengan dokter pilihan kita, meskipun menunggu balasan paling hanya beberapa menit

      Hapus
  23. Yaa seperti yang telah dijelaskan diatas secara gamblang Halodoc bisa juga mengantar pesanan obat kita kerumah tanpa harus kita yang mengambil. Dan biayanya pun Relatif murah.😄😄

    BalasHapus
  24. Wow. Jujur ini emang salah satu aplikasi penyelamat gue pas lagi tewas sendirian. Muehhehe. Jadi nggak perlu keliling2 apotek nyari obat kita. Tinggal cek di appsna, dia auto nyarii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, udah pernah nyoba tah? semoga sehat2 yaaa

      Hapus
  25. Balasan
    1. ya dong, bisa milih sendiri.. tinggal mau pilih poli apa

      Hapus
  26. Benar2 sudah era online, pilih dokter bisa online, tinggal pencet obat sudah sampai rumah hehehe

    BalasHapus
  27. Wah berobat sekarang jadi murah dong...konsultasi gratis cuma bayar obatnya saja...bisa jadi saingan serius dokter praktek nih...apalagi yg spesialis mahal banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, tp memang ada tarif konsultasinya kok.. cm kemrin dh 3 kali konsultasi, masih gratis, yuhuyyy

      Hapus
  28. Zaman memang semakin berubah ya hahaha
    dulu, janjian sama dokter repotnya minta ampun. sekarang, semua sudah begitu gampangnya dengan aplikasi seperti HaloDoc ini. Kita bahkan tidak perlu bergerak dari tempat duduk kalau cuma sekadar konsultasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bangeeet, semua serba praktis, nggak perlu antre2an lagi, nggak perlu jauh2 ke rumah sakit. hhh

      Hapus
  29. gampang banget ya berobat sekarang ga perlu antre puanjang di rumah sakit. lebih murah lagi. mantap tenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaw nggun, praktis banget emg.. tp smga kita selalu sehat trus yaa

      Hapus
  30. jaman sekarang digitalisasi merasuk kesemua sektor

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap bener banget, era digital kaya sekarang memang memudahkan di semua bidang..

      Hapus
  31. Semoga sih bisa lebih meluas lagi buat cek laboratorium. Enggak cuma di kota-kota besar aja

    Saya belum pernah pakai buat konsultasi, tapi baca artikelnya cukup sering untuk baca-baca pencegahan atau solusi tentang penyakit ringan apa gitulah. Kemarin-kemarin di Twitter, saya lihat malah ada yang konsultasi tugas kuliah. Dokternya bersedia menjawab pula. Baiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mas, semoga ya..
      Eh iya, aku juga kmrin smpet baca yg konsultasi tugas kuliah, njuk di jawab sm dokternya. Direspon dg baik.. Hhh

      Hapus
  32. Eciehhh, yang sekarang jadi anak kekinian....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak gituuu, emg dr dulu dah jd anak kekinian :p

      Hapus
  33. Untuk konsultasi sama dokternya saya belum pernah, tapi kalo mampir di webnya langsung udah pernah. Yah... Nyari gejala2 penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sehat selalu yaa, biar nggak perlu konsultsi dg dokternya :)

      Hapus
  34. wahhh bagusnya ada service mcm ni!!

    BalasHapus
  35. Wah bisa ya pakai halodoc. Jaman udah makin canggih aja, konsultasi bisa lewat online sekalian obatnya

    BalasHapus