Jualan di Blibli.com Makin Untung dengan Layanan Retur, Asuransi Pengiriman, dan Merchant Care

oleh Ella Fitria
Makin Untung Karena Solusi Layanan Retur, Asuransi Pengiriman, dan Merchant Care

Sebagai anak yang terlahir dari keluarga dengan profesi “pedagang”, rasanya kadang gatel banget ingin melanjutkan bisnis jualanku. Keuntungan dari berjualan seringkali berbuah manis. Apalagi saat aku jualan baju, selimut, atau sprei. Keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp. 20ribu/item. Tapi, ngomongin soal untung pasti ada juga kerugiannya dong? Ya pasti ada. Namanya juga jualan, kalau nggak dimanage dengan baik dan benar ya nggak bakal balik modal. 

Strategi berjualan memang harus selalu diupdate supaya nggak ketinggalan zaman. Saat ini tren belanja via online sangat digemari kaum milenial karena berbagai keuntungan, salah satunya adalah kepraktisannya. Sebagai seller, memang sudah seharusnya memiliki toko online untuk meningkatkan penjualan supaya makin untung. Namun, disisi lain aku masih khawatir dengan berbagai resiko saat berjualan online di sebuah marketplace. Salah satunya ketika mendapat retur produk dari pembeli, resikonya akan membuat pembeli kurang puas dan berujung dengan penilaian rating rendah terhadap toko kita. Aku sempat googling dan menemukan marketplace Blibli.com yang ternyata menyediakan fasilitas retur produk, sekaligus memberi solusi untuk penjual.

Layanan Retur serta Solusi untuk Seller

Retur merupakan proses pengembalian barang dari pembeli karena hal tertentu (rusak, produk tidak memenuhi spesifikasi, keterlambatan pengiriman atau customer yang berubah pikiran).
Pembeli dapat mengajukan pengembalian produk retur dalam waktu 15 hari sejak produk diterima, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim.

Proses Retur Produk

Cara Meretur Produk di Blibli.com

  1. Customer mengisi formulir pengajuan pengembalian produk.
  2. Customer mengirimkan produk ke Return Center Blibli.com. 
  3. Produk dicek oleh tim Quality Control Blibli.com.
  4. Bila hasil klaim yang diajukan oleh customer terbukti, maka tim Return Management akan langsung memberikan solusi sesuai dengan yang diajukan oleh customer. Paralel produk akan dikirimkan ke Merchant Partner menggunakan logistic partner yang ditentukan oleh pihak Blibli.com.

Fasilitas retur produk memang menjadi salah satu faktor yang membuat customer tertarik untuk belanja online. Namun kasus retur seringkali menjadi momok tersendiri bagi seller karena seller harus menanggung biaya operasional untuk menggantikan atau mengirimkan produk yang sesuai.

Nah, Berikut Ini Tips Mencegah Retur Produk Pembeli :

  1. Selalu update stok produk di MTA. Saat menerima pesanan, biasakan cek detail pesanan, jumlah dan jenis produknya dan ketersediaan stok. Usahakan jangan sampai kurang/salah memilih produk ketika menyiapkan pesanan.
  2. Packing pesanan dengan baik. Poin ini nggak kalah penting ya, jangan sampai produk yang dikirim rusak karena pengiriman nggak aman atau tidak sesuai prosedur. Kalau perlu tambah kemasan ekstra seperti bubble wrap untuk produk yang mudah pecah/rusak.
  3. Pastikan detail produk di toko sesuai dengan kondisi asli dan deskripsi produk. Mulai dari keterangan size, color, quantity, dll supaya customer tahu kesesuaian produk yang akan dibeli. 
  4. Cek ulang paket pesanan yang akan kirim. 
Jika sudah menerapkan tips di atas, namun masih ada pembeli yang “nakal” meretur barang, seller nggak usah khawatir karena ada ketentuan kebijakan pengembalian barang di Blibli.com. Kalau produk retur yang diterima seller dianggap nggak sesuai dengan prosedur atau bersifat merugikan seller, maka seller dapat melakukan sanggahan klaim Retur (Dispute) kepada Blibli.com. 

Berikut Proses Sanggahan Klaim Retur :

  1. Seller mengajukan sanggahan klaim dengan menghubungi Merchant Care di 021-57977777 setiap senin hingga jumat pukul 08.00-20.00 WIB atau email di [email protected].
  2. Seller menyiapkan data yang diperlukan pada saat mengajukan sanggahan klaim retur, seperti :
  • Nomor Order ID – Nomor Order Item yang diklaim
  • Nama Produk yang diklaim
  • Jumlah Produk yang diklaim
  • Kategori Dispute
  • Detail Sanggahan Seller
  • Nomor Telp dan Email seller yang dapat dihubungi
  • Foto produk yang diterima penjual
Selanjutnya Merchant Care akan menghubungi penjual. 

Aman dan Tenang dengan Layanan Asuransi Pengiriman Produk Blibli.com

Selain retur produk, permasalahan yang sering terjadi saat berjualan online adalah masalah pengiriman. Sudah barang tentu jika berjualan secara online nggak bisa terlepas dari jasa ekspedisi. Kabar baiknya, Blibli.com bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang memiliki layanan Asuransi Pengiriman untuk menjamin keselamatan produk yang dikirimkan.
Layanan ini nggak kalah menariknya untuk para seller dan customer, apalagi untuk kategori barang-barang elektronik. Adanya asuransi pengiriman produk membuat seller dan customer sama-sama tenang hingga barang sampai ke customer dengan selamat.
Asuransi pengiriman produk berlaku untuk meng-cover produk berikut: produk yang nilainya lebih dari Rp1.000.000,-, produk yang nilanya lebih besar 10 kali dibandingkan dengan ongkos kirimnya, dan dokumen-dokumen yang dianggap berharga.

Klaim Asuransi Pengiriman
Dalam proses pengiriman produk, asuransi produk berguna untuk melindungi kerugian berupa produk kiriman yang hilang, rusak, ataupun mengalami keterlambatan. Seller harus update dengan masalah yang satu ini, supaya kalau terjadi hal-hal tersebut maka seller bisa melakukan klaim dengan melampirkan dokumen berikut:
  1. Mengisi form klaim
  2. Resi pengiriman asli
  3. Copy identitas diri
  4. Invoice pembelian
  5. Bukti resi asuransi
  6. Scan/foto (paket yg rusak)
  7. Pastikan segera melakukan klaim ke jasa ekspedisi paling lambat 2 minggu setelah mendapatkan informasi dari pihak Blibli.com. 

Dengan Layanan Merchant Care, Bikin Jualan Makin Lancar

Permasalahan selanjutnya adalah seringkali seller menghadapi customer dengan segudang pertanyaan. Ya memang katanya pembeli adalah raja. Tapi suka gemas nggak sih, kalau melayani tipe customer yang cuma nanya-nanya doang tanpa membeli barang ke kita? Giliran membeli barang ke kita, komplainnya 7 hari 7 malam. Untungnya di Blibli.com ada layanan Merchant Care yang siap menjawab ribuan pertanyaan dari customer. Nggak cuma menjawab komplain doang, tetapi Merchant Care juga membantu seller dalam hal teknis dan penjualan.

Layanan Merchant Care via Live Chat
Kalau ada masalah yang terjadi baik dari pihak penjual maupun pembeli, pihak Blibli.com menyediakan layanan Merchant Care 24 jam yang siap membantu permasalahan antara seller dan customer. Seller dapat menghubungi Merchant Care di 3 channel yaitu Live Chat, Email dan Call Centre. Untuk informasi detail bisa menggunakan Live Chat pada MTA, atau Call Centre 021-57977777 dan email [email protected]. Pelayanan operasional dari hari setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Jualan Untung Nggak Tanggung-tanggung di Blibli.com

Kekhawatiran pasti makin kecil ketika memutuskan terjun di dunia bisnis online dengan memilih marketplace yang tepat. Permasalahan yang sering terjadi di kalangan seller ternyata bisa diselesaikan dengan layanan dari Blibli.com. Selain ketiga layanan di atas, ada banyak layanan pendukung yang membuat jualan kita makin untung. 

Berikut Keuntungan Berjualan di Blibli.com

1.  Keleluasaan Pilihan Produk 

Bagi seller keleluasaan pilihan produk untuk dijual memang sangat menarik, seller bisa menjual barang dengan berbagai kategori. Ada sekitar 16 kategori belanja yang disediakan oleh Blibli, mulai dari kebutuhan rumah tangga, barang elektronik, perlengkapan olahraga, perlengkapan bayi, fashion, hingga kosmetik.

2. Gratis Foto Produk

Modal utama berjualan online supaya bisa menarik customer adalah dengan menampilkan foto produk yang bagus. Untuk menghasilkan foto yang bagus dan bening dengan kualitas tinggi dibutuhkan alat fotografi yang lengkap. Nah di Blibli.com ada layanan gratis foto produk, seller nggak perlu repot memotret produk sendiri. 

3. Gratis Kemasaan

Beragam ukuran dan jenis kemasan blibli.com

Salah satu hal yang nggak kalah penting adalah keamanan pengemasan produk yang dikirim ke customer. Setiap produk yang dikirimkan ke berbagai tujuan memiliki cara pengemasan dan standar pengemasan yang berbeda. Ada produk yang rentan pecah dan mudah tumpah. Namun nggak perlu khawatir, Blibli.com menyediakan kemasan gratis. Untuk mendapatkan kemasan gratis, seller cukup login menggunakan akun Merchant ke Merchant Tool Application ( MTA) Blibli. Dengan layanan ini, sudah pasti keuntungan seller akan bertambah karena seller nggak perlu menyediakan kemasan sendiri. 

4. Gratis Biaya Kirim

Layanan gratis biaya kirim (free ongkir) ke seluruh Indonesia dapat dinikmati oleh seller ataupun customer. Layanan ini tentunya akan menguntungkan seller karena dapat menarik pembeli berbelanja.

5. Kemudahan Proses Pengiriman

Kalau jualan di Blibli.com, seller nggak perlu repot memilih dan menentukan jasa ekspedisi karena semua pengiriman sudah dihandle oleh pihak Blibli.com yang sudah bekerjasama dengan puluhan jasa ekspedisi.

6. Asuransi Pengiriman Produk

Blibli.com menyediakan layanan asuransi pengiriman produk untuk menjamin keamaman dan kenyamanan para seller dan customer saat melakukan transaksi jual beli di Blibli.com.

7. Layanan Merchant Care

Kalau ada masalah yang terjadi baik dari pihak penjual maupun pembeli, pihak Blibli.com menyediakan layanan Merchant Care 24 jam yang siap menjawab segudang pertanyaan dari seller dan customer.

8. Terdepan dalam Inovasi Store

Di era digital seperti sekarang ini, inovasi sangat diperlukan untuk mengimbangi teknologi yang ada. Blibli.com menyediakan layanan khusus bagi Merchant agar dapat menjual produk offline dengan menikmati fasilitas pembayaran online. Menariknya Merchant akan selalu dipantau dan dibantu untuk mengoptimalkan toko serta produknya di pasaran dengan adanya workshop atau pelatihan yang diadakan oleh Blibli seller. 

Dua Langkah Mudah Membuka Toko Online di Blibli.com

Setelah mempertimbangkan banyak hal, akhirnya aku memutuskan membuka toko online di Blibli.com. Cara bergabung menjadi seller di Blibli.com juga mudah dan praktis banget, yang perlu disiapkan adalah dokumen pribadi seperti KTP, Nomor Rekening, NPWP kalau ada. Nah caranya sebagai berikut :

1. Lakukan Pendaftaran 

Pendaftaran melalui website www.blibli.com, lalu pilih menu Jual di Blibli.com. Selanjutnya buat username dan password serta lengkapi data-data yang diperlukan seperti KTP, NPWP, data rekening dan mengisi alamat toko atau gudang. 

2. Tunggu Proses Verifikasi

Untuk mendapat verifikasi toko online, seller harus login ke MTA menggunakan username dan password yang dibuat saat registrasi online ke link https://merchant.blibli.com/MTA/. Seller diminta untuk melengkapi dokumen yang belum lengkap. Setelah dokumen sukses terupload tinggal menunggu proses verifikasi selama 2-4 hari kerja.

Yuk, Mulai Jualan di Blibli.com

Berbagai layanan yang menguntungkan seller membuat aku yakin untuk mendaftar sebagai seller di Blibli.com. Bismillah aja dulu, siapa tahu memang rejekinya lewat Blibli.com. Marketplace Blibli.com memberikan solusi bagi permasalahan yang sering dihadapi seller, mulai dari solusi retur barang, asuransi pengiriman produk, hingga layanan Merchant Care yang siap membantu para seller. Yuk, yang pengin buka toko online. Daftar aja di Blibli.com!

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
sofyan Ya-an
10 Desember 2019 14:22

Emmm mau jual apa ya…

Agus Warteg
11 Desember 2019 08:13

Saya belum pernah belanja di Blibli dot com, seringnya belanja di toko online warna hijau atau orange itu soalnya banyak voucher gratis ongkir dan cashback.

Rudi Chandra
11 Desember 2019 11:42

Makin keren aja fitur-fitur yang tersedia di Blibli, sayangnya aku masih jarang belanja online sih, soalnya paketnya selalu jemput ke kantor, nggak nyampe ke rumah. -_-

thya
12 Desember 2019 04:47

wah, cepet banget mba artikelnya udah jadi aja.. hehe
semoga menang yaa mba ella.. Amiiinnn..

Agus Warteg
12 Desember 2019 10:14

Kalo aku malah belum pernah jemput paket kang Rudi, kiriman selalu diantar ke rumah. Mungkin beda kurir beda caranya kali

Evi Erlinda
12 Desember 2019 10:14

Boleh juga ni gabung di sini, gratis kemasan.

Lantana Magenta Hermosa
13 Desember 2019 04:53

Dari dulu saya pengen banget punya usaha kecil-kecilan, sepertinya tempat ini bsa dijadiin sandaran sebagai wadah buat ngejual. makasih info dan ulasannya mbak.

AuL Howler
14 Desember 2019 10:27

Belum pernah belanja di blibli, tapi sering bgt liat orang pakai bli bli.

Kapan2 coba sendiri ah

Aorlin
15 Desember 2019 03:55

Makasih sharingnya mbak.. jadi kepikiran untuk jualan nih.. hehe

Ikrom Zain
15 Desember 2019 03:55

bukuku yang baru juga udah dijual di blibli sama penerbitnya
enak lebih cepet dan murah banget jadinya

Movierall
16 Desember 2019 03:02

Wah, si Blibli makin keren aja nih, jadi pengen buat berniaga di Blibli juga nih kalo kayak gini, tapi jualan apa.an ya ?

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:17

Yg penting jangan jual hati, Mas. Wkwk

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:18

Di blibli juga ada voucher gratis ongkirnya juga lho

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:19

Kas Rudi. Lho kenapa ga smpe rumah, Mas?

Mas Agus. Sama, aku juga blm pernah ambil paket, paket selalu diantar ke rumah. Hhh

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:20

Wkwkwk.. Aamiin mbaak, makasih doanya

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:20

Yap bener, gratis kemasan juga

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:21

Hayuk jualannnn, asal jangan jual hati ya. Wkwk

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:21

Iya mbak. Coba daftar aja, kmrin ku juga daftar. Udh aktif tokony, tinggal upload foto2 prodok

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:22

Huumb kudu nyoba sendiri deh

Ella Fitria
16 Desember 2019 22:23

Iya kak, sama2.. Yok jualan yok