Tambah Penghasilan Ngeblog dengan Bergabung di Situs Freelancer Indonesia DigiMart

oleh Ella Fitria
Ilustrasi Seorang Freelancer

Ngomongin zaman digital seperti sekarang memang nggak ada ujungnya, berbagai kemudahan dan kemajuan teknologi berdampak bagi kehidupan sehari-hari, seperti halnya aktivitas jual beli. Masyarakat makin gemar berburu produk/jasa melalui Marketplace Produk dan Jasa Digital. Perubahan di era modern ini tentunya menguntungkan berbagai pihak. Mulai dari penjual, pembeli, hingga penyedia layanan produk/jasa.

Ella Fitria (Blogger & Freelancer)

Aku termasuk salah satu orang yang kecipratan rezeki dari pesatnya kemajuan teknologi. Dibilang freelancer tapi kerja di sekolah swasta, dibilang bukan freelancer tapi sering dapat job dari menulis. Gimana dong? Ahahaha. Jujur, aku membangun blog ini dilandasi dengan hati, dipupuk dengan kasih sayang yang tulus tanpa mengharap imbalan. Dulu, boro-boro punya pikiran bisa menghasilkan uang dari ngeblog, wong nggak ada visitor juga nggak peduli. Asal nulis, klik publish lalu ada kepuasan batin yang dirasakan. Lambat laun, ternyata dari blog bisa menambah uang jajan. Ya siapa sih orang yang nggak mau punya hobi dibayar?

Mendapat fee dari hobi (ngeblog) memang membahagiakan, selain bisa menambah uang jajan, juga bisa mengasah kemampuan. Terus gimana supaya bisa menghasilkan uang dari ngeblog? Eh sebentar, meski aku akan share dari mana penghasilan ngeblog, tapi usahakan niat ngeblog bukan untuk mencari uang, ya. Anggap aja uang sebagai bonus dari ketulusan kita berbagi dengan orang lain. Sebelum monetize blog, kita harus menyiapkan berbagai hal mulai dari performa blog hingga konten yang berkualitas. Lalu biasanya blogger dapat uang dari mana? Yuk kita bahas:

Pundi-pundi Rupiah Seorang Blogger

Google Adsense

Buat para suhu-suhu, google adsense itu dewa banget, passive income yang menjanjikan. Ya secara kita nggak perlu repot tiap hari kerja, tinggal menunggu visitor klik-klik iklan di laman blog maka dolar terus bertambah. Eh tapi jangan salah, untuk optimasi adsense butuh keahlian yang mumpuni supaya tiap bulan menerima gajian.

Endorsement Produk/Jasa

Kebanyakan blogger memiliki kemampuan persuasif untuk menggiring opini publik mengenai suatu produk/jasa. Biasanya blogger yang mendapat endorsment adalah mereka yang memiliki insight tinggi di media sosial. Senangnya tuh kalau dapat endorsment dari brand yang loyal, kita akan dikirim produk untuk dicoba terlebih dahulu sebelum direview. Tapi please, usahakan reviewnya sesuai realita, jangan karena endorsment dan kita dibayar terus reviewnya dibagus-bagusin, ya.

Jasa Menulis Artikel (Copy Writing)

Blogger nggak bisa lepas dengan hal yang berbau tulis menulis, makanya nggak heran kalau sebagai blogger banyak tawaran copy writing. Tapi please lagi, kalau niche tulisan di luar tema yang kita kuasai jangan dipaksa untuk menuliskan, kecuali memang ada kemauan besar belajar mendalami tema yang sudah ditentukan oleh klien.

Mengikuti Blog Competition

Memang nggak semua blogger tertarik untuk ikutan blog competition. Dulu akupun nggak pernah melirik lomba blog, tapi mulai tahun lalu ketagihan ikut kompetisi menulis. Kalau menang hadiahnya lumayan, tapi kalau kalah rasanya tetap senang karena menambah konten di blog.

Bergabung dengan Situs Freelancer

Nah kalau cara-cara di atas belum bisa dilakukan karena berbagai faktor, solusi termudah untuk menambah penghasilan blog yakni bergabung dengan situs Freelancers Marketplace Indonesia DigiMart. Bergabung dengan Situs Freelancer Indonesia akan lebih memudahkan kita (sebagai penyedia produk/jasa) bertemu dengan pihak yang membutuhkan produk/jasa kita. Ya sadar diri aja, kalau mau nunggu dilirik brand besar seenggaknya kemampuan dan kualitas konten blog juga kudu meningkat kan? 

Kenapa Situs Freelancer DigiMart?

Situs Freelancer DigiMart

DigiMart merupakan situs marketplace jual beli produk dan jasa digital dengan berbagai kemudahan yang bisa dinikmati baik oleh penjual maupun pembeli. DigiMart berkomitmen selalu memastikan keamanan dalam transaksi, menjaga kualitas dari semua produk/jasa yang disediakan. Bertransaksi melalui DigiMart akan terhindar dari oknum nakal yang menggunakan jasa kita tetapi kabur tidak menyelesaikan pembayaran.

DigiMart hadir sebagai wadah bagi penyedia produk/jasa digital dengan keamanan transaksi yang terjamin, sebab DigiMart menggunakan sistem rekening bersama. Jika produk/jasa yang kita kerjakan sudah selesai, maka pembayaran akan langsung masuk ke saldo kita.

Keuntungan Bergabung dengan Situs Freelancer DigiMart

Berbagai Keuntungan Bergabung di Digimart

Seperti yang kubilang tadi, menjalani profesi sebagai freelancer akan menghadapi berbagai resiko, mulai bertemu dengan klien yang menunda pembayaran hingga klien yang tidak melakukan pembayaran. Untuk terhindar dari hal semacam itu, DigiMart memberikan solusi serta keuntungan yang bisa dirasakan freelancer.

1. Memiliki Berbagai Kategori Produk/Jasa

Situs Freelancer DigiMart menyediakan berbagai kategori produk/jasa yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman, lho. Yang jago Desain Grafis bisa banget gabung, yang jago Script & Pemrograman juga bisa. Terus ada juga freelancer untuk kategori Digital Marketing, Logo & Poster, hingga Jasa SEO. Lengkap banget kan?

2.  Biaya Layanan Terjangkau 

Biaya layanan atau service fee pada setiap transaksi di DigiMart murah banget, fee pembeli dan penjual menggunakan sistem fix yakni berapa pun harga produk/jasa yang kita tentukan, fee layanannya cuma Rp. 5 ribu yang dipotong dari pembeli. Mau harga produk/jasanya 2 juta, tetap aja fee layanannya Rp. 5 ribu doang. Untuk penjual sendiri Rp 0,-. Jadi penjual gak dipotong biaya layanan apapun. Untung banget kan? Kalau menurutku sih lebih enak pakai sistem fix seperti ini, kalau penghasilannya gede lumayan banget kan gak kena biaya layanan.

3. Proses Penarikan Dana Mudah dan Cepat

Penarikan dana minimal sebesar Rp. 125 ribu dengan proses kurang lebih 2×24 jam. Lebih cepat dari situs Freelancer pada umumnya ya, karena biasanya pembayaran fee dilakukan setiap bulan di minggu ke dua, tapi kalau situs Freelancer DigiMart bisa menarik dana kapanpun. Selanjutnya jika proses sudah berhasil, dana akan masuk otomatis ke akun paypal atau bank yang kita daftarkan.

4. Adanya Program Affiliasi

Keuntungan yang satu ini merupakan passive income yang bisa dinikmati freelancer dengan cara memberikan link id referral. Kalian juga bisa melihat jumlah statistik referral pada menu Pembayaran – Affiliasi Report. Ketentuan fee yang didapatkan dari program afiliasi adalah dari setiap pendaftar baru, dari pendaftar baru yang menjual produk/jasa, dari setiap pendaftar referral yang produknya laku terjual, dan dari setiap pendaftar referral yang membeli salah satu produk di DigiMart. Nah pembayaran akan langsung masuk ke saldo akun kita.

Berikut 4 langkah bergabung di Situs Freelance DigiMart :

4 Langkah Mudah Bergabung di Digimart

Untuk bergabung di Situs Freelancer DigiMart prosesnya sangat mudah, pastikan teman-teman memiliki email aktif untuk melakukan pendaftaran, lebih jelasnya sebagai berikut :

  1. Buat akun di website Digimart.co.id, lalu isikan email, password, serta nomor telpon yang aktif.
  2. Lalu cek email untuk aktivasi akun. Setelah aktivasi, bisa langsung login dan mulai berjualan.
  3. Langkah pertama setelah login adalah, klik menu Produk/Jasa – Buat Baru, lalu lengkapi bagian deskripsi mengenai produk/jasa yang kita tawarkan.
  4. Terakhir klik simpan, tunggu pihak DigiMart mengecek kelayakan produk/jasa yang kita tawarkan, jika sudah disetujui maka secara otomatis produk/jasa yang kita tawarkan akan terpublish di DigiMart.

Cara Kerja Situs Freelancers Marketplace Indonesia DigiMart

Mulai Berjualan. Setelah mengisi deskripsi produk/jasa yang kita jual, langkah selanjutnya adalah menunggu tim DigiMart mengecek keseluruhan produk/jasa yang kita jual barulah produk/jasa kita akan terpublikasikan. Proses untuk pengecekannya nggak lama kok, kemarin aku hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam dan pihak DigiMart langsung menyetujui produk/jasa yang aku jual.
Komunikasi Pembeli dan Penjual. Jika produk/jasa kita sudah terpublikasikan, langkah selanjutnya adalah menanggapi semua pertanyaan dari pembeli, serta berikan solusi dan bantuan jika pembeli mengalami kendala supaya memudahkan proses selanjutnya. 
Tunggu Pembeli Melakukan Pembayaran ke DigiMart. Setelah pembeli melakukan pembayaran, selanjutnya selesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang sudah kita targetkan.
Reputasi. Terakhir, pembeli akan memberi rating untuk produk/jasa yang kita kerjakan. Jadi, usahakan memberi layanan semaksimal mungkin, supaya rating kita akan terus naik.
Jadi, buat teman-teman yang memiliki keahlian membuat produk/jasa bisa langsung gabung di DigiMart ya, lumayan bisa buat nambah uang jajan dan skin care-an. Eheheheh

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
morishige
18 Februari 2020 22:55

Menarik sekali nih, Mbak Ella. Bisa buat nambah-nambah jajan. Hehehe…

https://www.ratutips.com
18 Februari 2020 22:55

Wah ni baru lagi y k ella.. kemarin ada raja traffic blm nyoba.. gar fsh nyoba skalian ini juga smga jaman rrzekknya disana

CREAMENO
18 Februari 2020 22:55

Era digital sekarang memang sangat memudahkan ya mba, bahkan untuk produk-produk digital pun bisa didapat dari website freelancer yang ada 🙂 padahal dulu mau cari freelancer itu lumayan susah karena kebanyakan perusahaan yang buka iklan, jadi harus tunggu freelancernya datang melamar baru bisa ketemu dua pihak ~

Sekarang dengan adanya berbagai macam situs freelancer, salah satunya seperti Digimart ini membuat bukan hanya freelancer lebih mudah dapat job, tapi perusahaan pun akan jauh lebih mudah untuk mencari freelancer yang tepat. Thanks for reviewing mba 😀

Nasirullah Sitam
19 Februari 2020 01:54

Makin banyak cara biar dapat banyak cuan, jadi jangan ngeblog terus. Tinggal dolan dulu, biar uangnya nggak menumpuk haaaaa

devina
19 Februari 2020 10:10

ya mbak memang harus dilandasi dengan hati, karena kalau dilandasi dengan lainnya kadang timbul rasa bosan. Tapi menjaga hati itu lebih susah dibandingkan lainnya hehehehe

kenangya
19 Februari 2020 10:10

Wah sekarang mah zamannya serba mudah ya.. Kalo punya keahlian bisa nih nyiba disini, e tapi sy mah baru sekedr nulis aja mbak.. Lagian campur aduh gitu.. Baru se kali dpt kerjaan itupun ga nyangka aja wk wk..

Khanif
19 Februari 2020 13:18

menarik sih, kalau dari apa yang kita sukai bisa menghasilkan uang, tapi masalahnya semua itu gak mudah, memang kelihatanya saja yang mudah, tapi kalau di praktekan susah bet 😀

t h y a
19 Februari 2020 14:14

ini ide nya keren banget si mba ella.. pengambilan sudut pandangnya dari seorang blogger.. keren-keren. nyangkut lagi sih ini, yakin deh akuu..

Good luck mba ellaa.. :*

Fajarwalker.com
19 Februari 2020 14:14

Kayaknya salah satu yang prospek bagus adalah kombinasi blog + youtube, hehehe.
Tapi balik lagi sih, tetep butuh ketekunan. Karena pundi-pundi uang dari arah manapun ga akan muncul kalau kitanya ga konsisten.

Fajarwalker.com

Rudi Fahrizal Putra
20 Februari 2020 02:43

Gak bisa dipungkiri finansial itu krusial banget di kehidupan. Di era digital ini ada banyak cara memperbaiki keadaan keuangan sambil terus berkarya dan menginspirasi. Reviewnya menarik sekali:)

Rifan Jusuf
20 Februari 2020 02:43

Fantastic post as always. Kemarin sudah kepo2 webnya, dan tentu bermanfaat bgt buat para pegiat kreatif digital yang nyari job freelancer atau butuh jasa.

krn saya baru di dunia blogging, sampai sekarang masih sebatas sharing hobby dan sharing momentum, belum menghasilkan. Ada iklan ads tp baru kemarin. kepikiran juga nih dengan ide2 ini.

Suka bgt dengan gagasan "asal nulis, dan nggak peduli visitor. yang penting ada kepuasan batin".

SEO sekarang memang berbeda ya dengan dulu. dan tentu saja dari milyaran website dan konten yang bejibun di internet, kita harus tetap punya ciri khas, unik dg menjadi diri sendiri. Thanks for sharing mbak…

Riza Alhusna
20 Februari 2020 06:38

Keahlianku makan mbak. Masuk kategori mana dong???

Anggie
20 Februari 2020 08:09

Cobain ah, lumayan buat nambah2 uang saku 😀

Vicky Cahyagi
20 Februari 2020 12:24

Nice info bisa dicoba nih situsnya. Menarik dengan tulisan bagian endorsement, kalau review sesuai realita jangan dilebih2kan, jangan hiperbola. Mungkin, supaya job dari perusahaan yang sama hehe…

Arenapublik
21 Februari 2020 02:33

wah belum pernahh daftar yang seperti iini, mungkin nanti hehe. karena rencana mau orang lain yang menawarkan hihi. nice info mba