Berlatih Syukur Meski WFH (Work Form Hospital)

oleh Ella Fitria
Berlatih Syukur Meski WFH
Sejak Senin hingga Sabtu pekan lalu, pergelangan tanganku ditusuk jarum infus tanpa ba bi bu. Ini hari ke tiga aku terbebas dari selang infus, kondisiku alhamdulillah membaik. Demam masih naik turun, tetapi sudah ada makanan yang masuk. Sebenarnya akhir-akhir ini badanku sering ngilu, tidur siang yang biasa nyenyak sama sekali nggak bisa terlelap. Badan sering tiba-tiba demam, pun dengan kepala pusing yang kadang menyerang. Ku pikir, “alah biasa”. Mungkin cuma kecapean. Tapi saat mencoba memutar waktu, kegiatanku akhir-akhir ini nggak begitu padat. Hanya beberapa pekerjaan sekolah yang mesti diselesaikan. 
Badanku ini memang nggak bisa bohong, saat cek darah hasilnya widal -1/320. Yap, tifus! Dokter langsung menyarankan untuk opname, tapi aku enyahkan. Demam, pusing, lemas masih bisa ditahan. Lagi-lagi batinku bilang, “cuma meriyang”. Ternyata Senin pagi demamku tak kunjung reda sedang obat dari dokter habis tak tersisa. Baiklaaah, sudah waktunya pasrah menyerahkan lengan kecil ini ditusuk jarum infus lagi. 
Sebentar, sebelum membahas lebih jauh mengenai tifus. Sakit tifus di saat kaya gini tuh serba bingung, nggak opname tapi kondisi memburuk, opname tapi dimana-mana isu covid-19 lebih mengerikan. Gustiii, cuma bisa bismillah, cuma bisa yakini kalau Gusti maha menyembuhkan, kalau Gusti ngasih sesuatu nggak mungkin sia-sia, kalau Gusti ngasih rasa dobel-dobel anggep aja karena Gusti sayang. Sesayang aku ke bapak dan mami. Pun sesayang mereka ke aku. Duhlaah, sudah mewek ini. Kali ini aku kembali berlatih mensyukuri, berlatih menerima, iya terima, terima, terima. Eh udah curhatnya, kita bahas dunia per-tifus-an aja hayuk. 

Apa sih Penyebab Tifus? 

Setahuku, tifus merupakan demam tifoid yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Yang suka jajan di luar mana suaranya? Aku bangeeet, tiap hari ikutan jajan anak-anak di kantin dan di babang pempek, siomay, pentol, cilok, dll. Kapok? Tetep nggak. 😭 
Masih sakit gini aja udah pengin jajan, pengin banget. Selain karena jajan sembarangan, pola hidup yang kurang sehat juga jadi faktor utama. Udah malas makan, sukanya mie ayam, tiap malam begadang, sering hujan-hujanan. Yaudah terima aja, kawusin diri sendiri aja udah. 

Gejala-gejala yang Dirasakan Ketika Sakit Tifus 

Gejala Tifus

Kemarin ada yang mengirim pesan singkat melalui Whatsapp, bertanya bagaimana gejala tifus yang kualami. Kebetulan yang bertanya lagi meriyang, udah 4 hari demam naik turun, mau periksa katanya takut dikira covid-19. Please, kalau demam udah lebih dari 2 hari bismillah periksa ke dokter, ya. Semua demi keselamatan kita. Apalagi gejala tifus ini demamnya naik turun, malam demam, pagi normal, siang demam, sore normal, gitu terus. Makanya ku kira meriyang biasa karena kecapean. 

Selain demam, badanku ngilu sengilu-ngilunya. Berasa abis naik gunung, mandi pun sampai duduk nggak kuat saking ngilunya. Tapi ngilunya tiba-tiba hilang sendiri, nanti datang lagi. Udah mirip siapa coba yang datang-ngilang-datang-ngilang? Ahahahaha embuh
Kebetulan kemarin sebelum memutuskan opname, mual/muntah nggak begitu terasa, cuma nafsu makan bener-bener hilang. Apalagi sakit gini, wong lagi sehat aja aku susah makan. Huhuhu. Kemarin yang lumayan terasa ya pusingnya, sakit perut juga nggak begitu. Malah kumikirnya ini sakit perut lagi menstruasi. Wkwkwk. Dasar bocah sukanya mengira-ira doang. 

Pemulihan Pasca Sakit Tifus 

Pemulihan Pasca Sakit Tifus
Serius, ini aku masih masa pemulihan. Kadang masih demam, mual, dan pusing. Tapi ya gimana, keburu pengin curhat sama kalian jadi tuh rebahan sambil ngetik. Sebenarnya kata dokter supaya cepat pulih tuh makan makanan yang bergizi, sedikit nggak apa-apa asal sering, makan yang lunak-lunak. Laaah bu doook, baru buat makan bubur sun satu sendok aja perut udah muter-muter pengin muntah. Sugestinya mesti kuat supaya makanan bisa masuk tanpa mual dan muntah. 
Pokoknya yang lagi kujalani sekarang adalah istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi meski sedikit dan kupaksa, berjemur biar segeran dikit, olahraga tapi belum full olahraga karena masih lemes dan pusing, terus jaga kebersihan terutama makanan (nggak ada kata jajan di luar dulu), dan terpenting adalah selalu positive thinking. Iya buat mikir yang baik-baik aja dulu, sugestiin ke diri sendiri kalau kita kuat, kita bisa, kita mampu. Berita di time line yang bikin tambah khawatir mah biarin aja. Udah fokus ke kesehatan dulu, katanya suruh latihan egois mikirin kesehatan dulu. 
Alhmdulillah, hari ini mulai ada perubahan. Semoga segera sehat, bisa buka laptop lagi, belajar banyak hal lagi, kerjain pekerjaan yang udah numpuk. Huhuhu 
Terakhir, kangen jajan lagi. *lalu dikeplak! Wkwkwk
Btw, isi artikel ini berisi apa yang aku alami dan atas dasar pengetahuanku saja, ya. Jadi kalau ada yang keliru, atau kurang boleh banget teman-teman tambahkan. Daya tahan tubuh seseorang juga berbeda-beda, jadi gejala sakit tifus bisa sama bisa beda pula. Semoga teman-teman sehat selalu, ya. Tetap jaga kondisi, jaga kesehatan, jaga kebersihan. Doaku selain semoga segera disembuhkan, semoga pula pandemic covid-19 segera diselesaikan oleh Tuhan. Aamiin
Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Arenapublik 14 April 2020 - 06:12

betul mba, sugesti pikiran itu penting utk diri sendiri. semoga selalu sehat

Balas
Ella Fitria 12 April 2020 - 23:38

Aamiin bang Day. Tengkyu yaa

Balas
Bang Day 10 April 2020 - 22:50

Semoga sudah sembuh dan penyakitnya gak balik2 lagi ya

Balas
Ella Fitria 10 April 2020 - 08:53

Aamiin mas Bara.. Aku mlah pas kecil nggak pernah sakit tifus, semenjak gede malahbjd sering masuk RS gara2 tifus. Hhh

Balas
Ella Fitria 10 April 2020 - 08:52

Kurang ajaaaar. Iya iya tau yg udah nikah tauuuu
Ya masa tantenya disamaain sm Keenan. Uhu

Balas
Bara Anggara 9 April 2020 - 09:38

semoga sehat terus yaaa..

aku dulu waktu kecil pernah beberapa kali tifus.. sekarang alhamdulilah gak pernah..

-Traveler Paruh Waktu

Balas
Riza Alhusna 9 April 2020 - 04:07

Masih mual mbak???

Wahh…. selamat ya mbak….

Wkwkwkwk

Nggak deng.

Jangan suka jajan sembarangan makanya. Udah gede juga gak mau kalah sama anak SD jajan mulu, ampun deh.

Banyak makan biar cepet sembuh. Kalo gak sembuh-sembuh nangis aja kaya Keenan.

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:56

Huhu iyaa. Aku udah tepar hampir 1 bulanan blm fit juga 🙁

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:54

Bener bgt kak. Lamaa bgt ini pulihnya. Huhu
Aamiin udah q paksa makan dan minum yg banyak

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:53

Malah pas kuliah q nggak pernah kena tipus. Wkwk

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:52

Hahaha iya mbaaak. Ini ke 3 kalinya masuk RS gara2 tipes.. Duh hati mah udah capek dr kmrin 🙁

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:51

Tengkyu mbaaakkk.. Aamiin pokoknya, semoga bisa ngerem jajan2 sembarangan huhu
Km stay safe juga ya mbaaak

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:49

Aamiin mas. Terima kasih doanya yaaa

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:49

Siaaap kak. Km juga yaaa

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:48

Siap mbak Rey, stay safe yaa..

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:48

KAMU KEK MACAN?

Balas
Ella Fitria 8 April 2020 - 09:47

Siappp maas.. Sudah agak enakan ini 🙂

Balas
1 2 3

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: