Mau Coba Jadi YouTuber? Yuk, Cek Peralatan Apa Saja yang Dibutuhkan!

oleh Ella Fitria

Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Ada yang ingin mencoba menjadi Youtuber nggak nih? Memang ya, di era serba digital ini berprofesi sebagai Youtuber terkenal menjadi impian bagi banyak orang, entah itu orang dewasa, remaja hingga pelajar. Selain untuk menghibur para subscriber dengan konten-konten menarik yang kita buat, menjadi Youtuber juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang, bahkan sampai jutaan rupiah. Maka nggak heran, jika sekarang ini banyak orang yang mau mencoba peruntungan menjadi Youtuber untuk mendapatkan penghasilan. Untuk menjadi Youtuber memang nggak gampang, butuh yang namanya kerja keras, usaha, kesabaran, dan kreativitas dalam membuat konten keren untuk bisa dinikmati banyak orang. Kita juga tentunya perlu memberi konten yang berkualitas, bermanfaat dan juga menghibur.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menjadi Youtuber, ada beberapa alat penting yang perlu kamu miliki. Berikut ada beberapa alat penting yang berguna untuk menunjang aktivitas vlog kamu jadi lebih berkualitas. Yuk, intip apa saja peralatannya!

1. Kamera

Sumber: pinterest.com
Kamera tentunya menjadi alat penting yang perlu dimiliki karena dengan kamera kita bisa merekam segala aktivitas vlog yang kita buat. Ada beberapa jenis kamera yang umum digunakan para Youtuber terkenal, mulai dari DSLR, Webcam dan Mirrorless. Pilihlah kamera yang sesuai dengan konten vlog yang ingin ditampilkan di channel milikmu. Kalau memang belum ada dana buat membeli kamera khusus vlog, jangan khawatir. Pakai kamera smartphone juga tetap oke lho. Tapi, pastikan kamera smartphone kamu punya resolusi tinggi. Karena untuk mendapatkan video yang berkualitas dan menarik tentunya membutuhkan kamera yang beresolusi tinggi pula.

2. Tripod

 Sumber: pinterest.com
Biar video konten kamu bisa ditonton dengan baik dan nggak bikin pusing penonton dengan tampilan video yang goyang-goyang, maka kamu perlu menyiapkan tripod untuk penyangga kamera saat membuat konten. Hasil video yang didapat dengan menggunakan tripod juga akan tampak lebih profesional dan terbebas dari kualitas video amatir. 

3. Microphone

Sumber: pinterest.com
Selain kualitas gambar yang bagus, Youtuber juga perlu memperhatikan kualitas suara pada konten video yang mereka buat. Untuk mendapatkan kualitas suara yang jernih dan jelas, tentunya dibutuhkan sebuah microphone. Apalagi kalau konten yang dibuat perlu narasi atau mengandung dialog yang banyak di depan kamera.

4. Lighting

Sumber: pinterest.com
Membuat konten di luar ruangan atau di tempat yang memiliki pencahayaan bagus, mungkin lighting nggak dibutuhkan. Namun, lain halnya jika kamu shooting di area gelap atau dengan pencahayaan yang minim, lighting tentunya dibutuhkan sekali bukan? Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu menyiapkan peralatan lighting untuk menambah penerangan jika dibutuhkan. Kalau dana terbatas, opsi yang tepat adalah memilih lampu dengan jenis LED.

5. Laptop

Sumber: pinterest.com

Biasanya para Youtuber nggak langsung meng-upload videonya begitu saja, mereka juga perlu menyunting videonya agar tampak lebih keren dan profesional. Untuk mengedit video yang kece, tentu dibutuhkan alat pendukung seperti laptop. Mengedit video di laptop itu terbilang lebih mudah dibandingkan menggunakan HP. Maka dari itu, jika kamu punya banyak dana, membeli laptop untuk mendukung konten menarik di channel milikmu nggak ada salahnya lho. 

Laptop Asus X555QA-BX101T ini cocok banget buat Youtuber pemula untuk mengedit video. Laptop ini menawarkan performa yang sangat tangguh untuk memenuhi kebutuhan multimedia maupun kerja. Dibekali dengan prosesor AMD A10-9620P dan juga VGA AMD Radeon R7. Nggak ketinggalan, RAM sebesar 4GB dan 1TB HDD harddisk membuat performa pada laptop ini semakin kencang. Harga laptop Asus satu ini kisaran Rp 5.3 jutaan yang bisa kamu jumpai di Asus Official Store atau toko jual laptop terdekat.
So, itu dia alat-alat yang dibutuhkan oleh Youtuber pemula. Semoga bermanfaat!
Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Reyne Raea / Rey 21 Agustus 2020 - 22:54

Ayooo di gunakan peralatannya 😀
Saya pernah liat vidio Ella loh, bagus!

Nanti berkembang jadi vlogger nih 😀

Balas
Ella Fitria 17 Agustus 2020 - 02:39

yuk ah mangaaatssss, padahal mah draft video mentah masih banyak banget, blm sempat ngedit. (mau ngomong malas tapi nggak jadi, ampun), xixixi

Balas
Ella Fitria 17 Agustus 2020 - 02:38

kudu tekun dan telaten banget memang mbak, hhh

Balas
duniamasak 14 Agustus 2020 - 02:59

yess, kalo aku benda paling penting adalah kamera dan lighting 😀 semangat untuk para creators 😀

Balas
Ella Fitria 11 Agustus 2020 - 14:10

hihi, silakan berkunjung ke chanel youtubeku ya mbak. isinya masih receh2 video nggak jelas, wkwk

Balas
Ella Fitria 11 Agustus 2020 - 14:09

bener banget kang Agus, aku juga lebih suka menulis nih, eh tp suka rekam2 juga, malas editnya. wkwkwk
lah mending setahun dapat 200rb drpd nggak dapat sama sekali, eh

Balas
Ella Fitria 11 Agustus 2020 - 14:08

bener bangeeeett, sesekali pernah iseng nyoba2 eh tp nggak slse2 editnya, keburu mager. masih enakan nulis, eh

Balas
dear anies 11 Agustus 2020 - 05:16

yalah… part edit video pun kena ada skill juga… yang tu pun kena belajar… hehehe

Balas
Ainun 10 Agustus 2020 - 18:17

hahaha tos duluu
aku sendiri sampe heran, pengennya yutub diisi apa gitu, receh gapapa, gimana mau receh kalau ngeditnya aja kok ya mager 😀
kadang kalo liat video orang lain, meskipun terlihat simple, tapi hati sendiri mikir "kapannnnn…."

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: