Situs Freelance untuk Bekerja Online

oleh - September 10, 2020

Situs Freelance
Situs Freelance untuk Bekerja Online

Mungkin pekerja online ini nggak banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari ya. Tetapi kalau lagi iseng membuka situs-situs freelance di Indonesia maupun dunia, ternyata banyak juga freelancer yang bergabung dengan situs-situs tersebut lho.

Fyi, Situs freelance ada yang merupakan situs freelance khusus wilayah Indonesia dan ada juga yang merupakan situs freelance luar negeri dengan market global. Kalau situs freelance Indonesia, otomatis bahasa yang digunakan Bahasa Indonesia dan klien terbatas dari Indonesia saja dong. Sedangkan, situs freelance global menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di semua aktivitas, tetapi mempunyai klien yang sangat besar.

Situs Freelance Indonesia

Berikut ini ada berbagai situs freelance khusus wilayah Indonesia yang bisa teman-teman coba, ya. Siapa tahu butuh pendapatan buat menambah uang jajan, silakan kepo-kepo situs berikut ini:

  • Sribulancer
  • Projects.co.id
  • Sribu
  • Fastwork
  • Freelancer.co.id

Freelancer sebenarnya platform freelance global. Akan tetapi di Indonesia, freelancer juga mempunyai website khusus berbahasa Indonesia lho.

Situs Freelance Global

Sedangkan untuk situs freelance global yang menggunakan bahasa Inggris bisa kita temui di situs-situs berikut ini :

  • Freelancer.com

Freelancer adalah situs freelance terbesar di dunia. Ada situs freelancer.co.id yang menggunakan bahasa Indonesia dan ada juga situs freelancer.com yang merupakan situs globalnya dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Meskipun yang terbesar, situs freelance ini bukanlah yang terbaik akibat kurangnya kontrol dari pengelola platform sehingga lumayan banyak scammer.

  • Upwork

Secara jumlah, Upwork mempunyai lebih sedikit klien dan freelancer dibandingkan dengan freelancer.com. Tetapi secara kualitas klien, Upwork jauh lebih baik. Bukan tanpa alasan jumlah freelancer di situs ini lebih sedikit, karena setiap ada freelancer yang mendaftar nggak selalu diterima oleh Upwork.

  • Toptal

Berbeda dengan situs freelance lainnya, Toptal ini hanya menerima senior programmer dan senior designer lho. Tiap pendaftar akan mendapat review terlebih dahulu untuk mengcek keahliannya, kira-kira sudah sesuai dengan standar requirement Toptal atau belum.

  • Fiverr

Situs freelance yang satu ini cukup dikenal karena menawarkan cara kerja yang berbeda dengan situs freelance lainnya. Jika di situs freelance pada umumnya, klien yang membuka project dan freelancer melamar project dari klien kan? Namun di Fiverr, freelancer sendiri yang membuat paket jasa dan klien membeli jasa yang sudah di bundling dalam satu paket.

  • PeoplePerHour

Situs PeoplePerHour hampir sama seperti Upwork nih, tetapi dalam skala yang lebih kecil baik dari jumlah klien maupun jumlah freelancer.

Pekerjaan di Situs Freelance

Pekerjaan di Situs Freelance
Pekerjaan di Situs Freelance 
Nggak semua pekerjaan pada umumnya bisa dijadikan profesi freelance online ya. Nah berikut ini, beberapa profesi umum di dunia freelance online:

  • Desain grafis
  • Programmer
  • Sales dan Digital Marketing
  • Virtual Assistant
  • Penulis
  • Penerjemah
  • Guru Les Online

Tips Sukses Bekerja di Situs Freelance

Pekerja freelance online sangat jarang ditemui karena untuk sukses berkarir sebagai freelance online nggak mudah lho. Kudu banget dijalani dengan konsisten dan semangat yang kuat. Berikut ini beberapa tips agar sukses di situs freelance online:

  • Asah Keahlian

Bekal menjadi freelance bukan hanya mendaftar dan langsung mendapat pekerjaan online. Tetapi harus sering mengasah kemampuan termasuk upgrade skill. Bahkan di beberapa situs freelance, mendaftar menjadi freelancer saja nggak bisa karena permintaan skill yang cukup tinggi.

  • Mempelajari Tips Tiap Situs Freelance

Setiap situs freelance mempunyai cara kerja dan aturan sendiri. Untuk dapat diterima di platform freelance tersebut atau bisa mendapatkan pekerjaan freelance harus sering membaca atau melihat tips-tips di sosial media, blog atau forum yang biasanya dijelaskan oleh senior freelance pada situs tersebut.

  • Portofolio

Untuk profesi desain grafis, programmer, digital marketing, penulis atau guru les online, portofolio memberi nilai lebih di saat melamar pekerjaan dari klien. Dan klien bisa memutuskan memberi pekerjaan atau nggak dari portofolio.

  • LinkedIn Profile

LinkedIn profile diperlukan terutama untuk pekerjaan online yang nggak bisa menggunakan portofolio sebagai bukti keahliannya. Seperti posisi sebagai virtual assistant.

  • Lengkapi Profil di Situs Freelance

Setiap situs freelance selalu meminta data dari freelancer yang mendaftar di situs tersebut. Pastikan mengisi profil dengan lengkap di setiap situs freelance yang didaftari ya.

  • Buat Daftar Riwayat Hidup

Membuat daftar riwayat hidup untuk freelancer pemula sangat penting. Karena hasil kerja online belum terlihat, maka daftar riwayat hidup dibuat untuk menjelaskan keahlian dan pengalaman kerjanya selama ini. Penampilan daftar riwayat hidup yang menarik, membuat kemungkinan daftar riwayat hidup dibaca klien semakin tinggi. Membuat daftar riwayat hidup yang menarik bisa menggunakan template-template online, seperti template daftar riwayat hidup di Canva.

  • Jangan Mudah Putus Asa

Auto nyanyi lagunya D'Masive jangan menyerah nih, wkwkwk. Pokoknya seperti yang kusebutkan di awal artikel, untuk memulai pekerjaan freelancer di situs freelance nggak mudah. Banyak yang menyerah sebelum memperoleh pekerjaan pertama. Syarat utama untuk pemula freelancer adalah nggak mudah berputus asa. Belajar lagi tentang keahlian dan tips-tips untuk sukses di situs freelance yang dituju.

Nah itu tadi beberapa situs-situs freelance yang bisa teman-teman coba ya, siapa tahu rejeki kalian ada di sana kan. Semangat terus, meski kasus pandemi terus meningkat semoga kita selalu sehat ya. Aamiin


Mungkin Kamu Suka

12komentar

  1. Menarik ini, kali aja mau jadi pekerja lepas hahahahahaa. Kan jadi petani sekaligus pekerja lepas juga cocok.

    BalasHapus
  2. Saya lagi coba di freelancer.com mbak. Eh coba-coba aja gitu sih, taunya banyak project yang berbahasa inggris. Sayang banget padahal project yang diinginkan sesuai banget sama gaya gue (eh saya) hiks sedih sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, coba masuk ke freelancer.co.id mbak karena di sana projectnya bahasa Indonesia, kl yg freelancer.com memang kebanyakan pke bahasa Inggris, hihi

      Hapus
  3. Banyak juga ya situs untuk para freelancer. Cocok banget nih infonya untuk yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Siti, ku juga sering iseng coba2 daftar hihi. ya siapa tahu rejeki kan ya

      Hapus
  4. Penasaran banget mau coba. Buat tambah"an pas lg pandemi gini. Makasih mba infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mbak Karina, coba applay aja siapa tahu rejeki ya :)

      Hapus
  5. Huhu, jadi tau nih. Semoga bisa jadi jalan rejekiku. Lumayan kan kalau bisa jadi rejeki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwww iya kak Ikaaaaa, sok atuh cobain daftar.. siapa tahu rejeki

      Hapus
  6. beberapa platform diatas udah aku cobain buat joint. yang lagi pengen gabung yaitu di upworks
    kalau joint di platform freelance seperti ini secara gak langsung membuat kita kudu update skills ya mbak, seperti yang mbak ella bilang tadi, dan itu juga termasuk tantangan. memang agak berat, tapi kudu dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren nih mbak Ainun. aku baru coba beberapa aja sih, hihi
      bener banget, kl dafatr di platform freelance memang secara nggak langsung kudu upgrade skill, :)

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti