Menjelajah Dunia Digital untuk Jadi Lebih

oleh Ella Fitria
Menjelajah Dunia Digital untuk Jadi Lebih
Menjelajah Dunia Digital untuk Jadi Lebih
Barangkali aku adalah salah satu di antara ribuan orang yang sangat bergantung dengan kecanggihan teknologi. Sungguh, meski tinggal di pedesaan nggak membuatku tertinggal dari perkembangan zaman. Adanya internet dan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat hidupku terasa makin mudah. Aku yakin, tanpa adanya internet aku nggak akan bisa seperti sekarang.

Peran Internet bagi Kehidupan Masa Kini 

Dari waktu ke waktu, pengguna internet di Indonesia semakin meningkat. Hampir segala aktivitas yang kita lakukan berkaitan dengan dunia digital seperti belanja online, mengikuti kelas online, mencari sumber informasi, mencari alamat lengkap dengan tepat, kebiasaan membayar menggunakan metode cashless, hingga konsultasi dengan dokter online sekalipun. Nggak hanya itu, tanpa kita sadari gaya hidup kita juga sudah mulai beralih ke dunia digital. Peran teknologi masa kini memang sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari, apalagi di masa pandemi ini semua hal dilakukan secara virtual. 
Banyak hal yang bisa kita lakukan meski di rumah saja dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Buatku, mengisi waktu luang di tengah ketidakpastian ini dengan kecanggihan teknologi dan jaringan internet yang memadai adalah sebuah kemewahan. Aku bersyukur banget masih bisa mengikuti berbagai webinar untuk meningkatkan skill, masih bisa menyelesaikan pekerjaan meskipun di rumah saja, pun masih bisa menghasilkan pendapatan melalui platform digital ini.

Dunia Digital Memberi Banyak Peluang

Peluang dunia digital
Dunia Digital Memberi Banyak Peluang
Sungguh, peluang dunia digital ini wajib dimanfaatkan. Sekecil apapun, jika kita konsisten dengan hal baik pasti akan ada hasilnya. Ya, siapa sih yang nggak mau menambah penghasilan? Kalau ada niat, ada usaha, ada kemauan untuk mengupgrade skill, dan bisa memanfaatkan peluang aku jamin pasti bisa survive dalam kondisi dan situasi apa pun.  
Dunia digital memang erat kaitannya dengan anak muda, kreativitas, dan juga teknologi. Maka, nggak heran jika saat ini banyak anak muda yang memiliki ide dan kreativitas tanpa batas. Kita juga bisa memanfaatkan peluang dunia digital dengan menjajal berbagai profesi yang digemari oleh anak muda zaman sekarang lho, di antaranya:

Menjadi Content Writer

Beberapa tahun yang lalu, profesi Content writer sering dipandang sebelah mata. Namun dengan seiringnya perkembangan dunia digital yang semakin pesat, pekerjaan Content Writer justru paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat copywriting berkualitas yang dapat menarik pembaca. 

Freelance

Bagi sebagian orang menjalani profesi sebagai freelance adalah impian karena bisa bekerja sesuai dengan hobi dan passion, selain itu waktu kerjanya pun fleksibel, nggak terikat dengan perusahaan.  Hanya saja, jika memang ingin mencoba apply job di situs freelance wajib menguasai skill tertentu, seperti desain grafis, copywriting, web develop, content creator, editing video, dll.

Berjualan Online

Kalau jualan online ini rasanya hampir tiap orang bisa melakukannya ya. Jualan online ini sama halnya seperti jualan offline, hanya saja treatment kepada pembelinya berbeda karena semua sistemnya berbasis online. Di era digital seperti sekarang, jika kita hanya mengandalkan berjualan dengan sistem konvensional lama-kelamaan kita akan tersingkir oleh pesaing yang bisa menjangkau konsumen lebih luas dengan berjualan online.

Blogger dan Youtuber

Buatku, profesi blogger ini bisa dibilang sama dengan content writer, hanya saja blogger menulis konten di blog pribadinya sedangkan content writer menulis konten di platform lain ataupun untuk suatu perusahaan. Pun menjadi youtuber hampir mirip dengan blogger, bedanya blogger menghasilkan konten melalui tulisan, sedangkan youtuber menghasilkan konten melalui video.

Desain Grafis

Nah, profesi yang satu ini agak berbeda dengan keempat profesi di atas. Meski sama-sama berkaitan dengan dunia digital. Menjadi seorang desain grafis harus memiliki skill yang mumpuni dan wajib menguasai software editing. Untuk mendapatkan job, seorang desain grafis bisa memanfaatkan platform digital dalam mempromosikan jasanya. Selain itu, bisa juga dengan meng-apply di situs-situs freelance.

Yuk, Manfaatkan Dunia Digital untuk Memaksimalkan Pendapatan

Dunia Tri
Sebenarnya masih banyak peluang dunia digital yang bisa kita manfaatkan, tinggal sesuaikan saja dengan hobi dan passion kita supaya dalam menjalani pekerjaan nggak merasa terbebani. Dan yang paling penting dalam menghasilkan sebuah karya adalah dukungan jaringan internet yang memadai. Seperti 3 Indonesia yang selalu mendukung kreativitas generasi muda dengan “Dunia Tri”. Penyedia layanan telekomunikasi 3 Indonesia ini mengoperasikan jaringan yang semakin luas dan kuat dengan jaringan 4.5G Pro lho.
FYI, ada 7 produk Dunia Tri yang bisa memanjakan penggunanya, apalagi semua produk di ekosistem Dunia Tri memiliki jaringan baru 4.5G Pro yang lebih luas. Salah satu produknya adalah Kuota Unlimited Internetan selama 24 jam nonstop hanya mulai Rp. 1.000. Layanan telekomunikasi mana lagi yang memberikan kemudahan isi ulang mulai Rp. 1.000 saja? Dengan Rp. 1.000 bisa untuk membeli kuota Unlimited Chatting 24 jam hingga mengakses berbagai aplikasi seperti aplikasi streaming, media sosial dan gaming tanpa batas. Keren banget nggak sih? Tentunya masih banyak lagi yang bisa kita jelajahi di Dunia Tri ini. 
Dunia Tri dapat membantu dan mendukungmu untuk menemukan passion dan menjalankannya. Buat yang penasaran dengan produk Dunia Tri bisa langsung mengunjungi https://tri.co.id/DuniaTri ya!
Yuk ah, mulai berkarya semaksimal kita dan manfaatkan peluang dunia digital yang ada. Waktunya kamu dan aku jelajahi #DuniaTri dan temukan potensimu, inspirasimu, dunia barumu! This is me, this is my world, now is your turn, you have the power, now make the world yours! Jadi Lebih dengan Dunia Tri karena menjelajah dunia digital akan lebih akutal. Saatnya tinggalkan dunia lama, ayo gabung dengan Dunia Tri. #DuniaTriKekuatanKu #JaringanLuasdanKuat
Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Kangg Mas Joe
10 November 2020 02:59

MAnteppp nih mbak. Aku juga pengguna kartu Tri loh 😀
UDah setia sejak zaman sma sampe skrng, emang harganya cukup ramah di kantong anak muda hahaa

Ella Fitria
10 November 2020 03:37

waaaah mantap banget mas Dodo, setianya nggak diragukan lagi nih. wkwkw

Prisca Aditya
12 November 2020 07:31

3 bisa dipake ga ya di Denpasar? segala macem internet nih tergantung banget tempatnya kl di Bali haha padahal bayar yang termahal tercepat tapi yaaaaaaa begitulaa adanya -_-

Ursula Meta Rosarini
12 November 2020 09:33

Tri ini emang juara banget kalau buat paket data ya el, selama kos hampir 6 th aku pake tri cuma buat paketan karna emang murah banget sih, eh pindah kerumah sendiri di bekasi malah ga ada sinyal blas, jan kesel aku.

Ella Fitria
13 November 2020 04:09

coba aja dlu mbak Prisca, siapa tahu di Bali lancar sinyalnya. Bisa buat jelajah dunia makin wush wush

Ella Fitria
13 November 2020 04:12

iya murahnya kebangetan mbak, apalagi masa aktifnya on terus 😀
Coba sekarang cek lagi mbak, siapa tahu jaringannya sudah oke

Ainun
15 November 2020 06:01

setujuuu sekecil apapun yang dilakukan, kalau dikerjakan dengan konsisten maka hasilnya juga akan besar
zaman sekarang dikit dikit teknologi, ini itu pake teknologi, semua serba canggih. apalagi kalau didukung dengan jaringan yang baik..makin sayang deh

Erin Herlina
16 November 2020 04:29

Terjun di dunia digital memang lebih baik sesuai passion biar gak terlalu berat menjalaninya. Beda jika sesuai hobi atau hal yang disukai dalam pengerjaannya pasti menyenangkan dan tetap enjoy walau DL tinggal beberapa jam lagi. Terpenting tetap fokus dan menggunakan jaringan internet yang baik.

Ella Fitria
18 November 2020 10:57

sayang aku atau sayang siapa nih mbak Ainun? ahaha
yak, segala sesuatu kalau konsisten memang bakal ada manisnya. kaya lagi nginget2 kenangan sm dia gitu, lah apaan. wwkkwk
pokoknya yuk ah semangat buat berkarya, sekecil apapun selagi hal positif gas terus dong!

Ella Fitria
18 November 2020 11:02

sepakat banget sih mbak Erin, semua pekerjaan yang didasari dengan passion memang lebih enteng ya, karena lebih menikmati. aku pun blm lama menemukan passionku ini, berasa nggak ada capeknya kalau urusan ngblog, hihihi
yg pasti memang mesti selalu terhubung ke jaringan internet 😀

Rahma Ayu
19 November 2020 11:58

Karena pandemi memang sekarang apa-apa serba online, salah satunya belajar. Belajar online gak cuma siswanya yg belajar, tapi juga para orangtua harus belajar jadi guru di rumah.
Terkadang, internet adalah jalan ninja mereka supaya bisa menjawab soal-soal dari guru. Setiap hari mereka juga membutuhkan paket data untuk belajar, memang 3 juara banget buat belajar online. Tapi sayang banget di rumahku tidak ada jaringannya, mbak huhu

Yustrini
19 November 2020 14:29

Dulu aku pake tri, internetnya ngebut banget sih. Murah lagi. Aku juga merasakan manfaat internet jadi bisa menghasilkan meski di rumah saja.

Fenni Bungsu
20 November 2020 05:39

Daku buat internetan memang menggunakan Tri, Kak ella, karena pilihan kuota internetnya tiap bulan banyak, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Diah Alsa
22 November 2020 01:24

Bisa hemat banget dong ya Kak kalau pakai 3 ini, secara isi ulangnya pun bisa mulai dari Rp 1000 aja ya, keren.
Sayang nih, 3 belum menjangkau di tempatku jadi belum bisa cobain langsung.

Andina
22 November 2020 05:59

Di era digital, provider yang bisa diandalkan itu penting. Kalau ga salah dulu aku pakai tri, cuma nomornya hilang 🙁

Sarieffe
23 November 2020 13:08

Aku termasuk salah satu pengguna Tri mba, karena di daerahku Tri yang punya jaringan internet yang cukup bagus

Ella Fitria
28 November 2020 07:55

nggak usah curhat bunn, lalu aku dikeplak, wkwkwk
nah iya, pembelajaran daring gini kalau nggak ada kuota yaudah ngalamat nggak bakal berjalan lancar atuh.. dudud, sayang banget nggak ada jaringan 3 di sana ya, coba pindah ke sini bunnd,

Ella Fitria
28 November 2020 07:56

iya mbak Yus, paketnya murah bangett yaaak.. nggak ada lawan deh, hhh

Ella Fitria
28 November 2020 07:56

wahahah tos dulu mbak Fenni, selain paket kuotanya murah. kenceng juga ya buat internetan

Ella Fitria
28 November 2020 07:58

iya mbak Diah.. wah sayang banget ya, semoga jangkauan 3 bisa segera sampai sana ya.. btw, tinggal di mana mbak Diah?