4 Tips Menerapkan Strategi Online Marketing untuk Bisnis Kuliner

oleh - Januari 21, 2021

4 Tips Menerapkan Strategi Online Marketing untuk Bisnis Kuliner
 4 Tips Menerapkan Strategi Online Marketing untuk Bisnis Kuliner

Kamu pasti setuju memiliki online presence bagi sebuah bisnis, baik skala besar maupun kecil kan? Ya pasti setuju dong, karena di era teknologi seperti saat ini memiliki online presence sangat penting. Namun nyatanya, sebagian besar bisnis kuliner skala kecil banyak belum memiliki website atau laman online lainnya.

Bukan tanpa alasan, banyaknya bisnis kuliner yang belum memanfaatkan digital marketing dilandasi oleh kurangnya pengetahuan mereka akan manfaat dan kiat penerapan dari strategi digital marketing. 

Menjalankan strategi digital marketing nggak boleh dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, kali ini aku akan sharing beberapa kiat menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis, khususnya bisnis kuliner.

Pemasaran lewat Search Engine (Mesin Pencarian)

Langkah pertama yang paling relevan kamu lakukan untuk mendapatkan pelanggan secara online adalah dengan memungkinkan seseorang untuk mencari produk kamu pada search engine seperti Google. Cantumkan keyword yang berhubungan dengan restoran atau bisnis kamu sesering mungkin pada website kamu. Semakin banyak dan bervariatif kata kunci yang kamu gunakan, maka semakin besar kemungkinan pencari menemukan restoran kamu di mesin pencari.

Manfaatkan juga blog yang membahas topik yang relevan dengan bisnis kamu, lalu arahkan blog tersebut menuju website kamu untuk menambah traffic website.

Mengelola Akun Social Media

Mengelola Akun Social Media
Mengelola Akun Social Media
Kamu melewatkan peluang yang besar untuk memasarkan bisnis kuliner kamu jika kamu nggak memiliki atau menggunakan akun social media. Masyarakat Indonesia terkenal gemar menggunakan media sosial loh. Menurut Statista, Indonesia menempati urutan ketiga negara dengan pengguna Facebook terbanyak sedunia di tahun 2020, dengan jumlah 140 juta pengguna. Bayangkan ada berapa calon pelanggan yang bisa kamu raih jika bisnis kuliner kamu memiliki akun media sosial.

Maka dari itu, buatlah akun media sosial khusus untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu. Unggah foto-foto terbaik yang menampilkan suasanya dan menu yang kamu miliki. Gunakan akun media sosial kamu juga untuk menjaga interaksi antara bisnis kuliner kamu dengan pelanggan setia.

Membuat Iklan Video

90% dari pengguna media sosial mengatakan bahwa mereka lebih dapat menerima pesan yang disampaikan oleh sebuah brand jika pesan tersebut disampaikan dalam format video, jika dibandingkan dengan teks semata. Fakta tersebut menunjukkan bahwa video merupakan format beriklan paling efektif jika dibandingkan dengan format iklan lainnya. Maka sebaiknya kamu membuat iklan dengan format video untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu.

Buatlah video iklan yang berkualitas profesional untuk menampilkan restoran kamu sebaik mungkin. kamu juga bisa memanfaatkan video untuk memperkenalkan menu baru di restoran kamu.

Bekerja Sama dengan Influencer

Strategi yang ini merupakan salah satu yang sedang tren saat ini. Undanglah beberapa influencer untuk datang bersantap di restoran kamu. Influencer tersebut nantinya akan membagikan konten tentang pengalaman mereka mengunjungi restoran kamu, dengan harapan followersnya juga akan ikut berkunjung ke bisnis kuliner kamu. Maka dari itu, pastikan influencer yang kamu undang memiliki followers yang banyak.

Demikian beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan dalam mempromosikan bisnis kuliner kamu. Sebagai catatan, menerapkan semua strategi di atas bukanlah sesuatu yang wajib. Namun, tentu akan lebih baik jika memang seluruhnya dikerjakan agar bisnis kuliner kamu dapat dikenal orang banyak dengan lebih cepat.

Jika kamu merasa masih belum memiliki kapasitas untuk mengelola strategi-strategi digital marketing di atas, kamu bisa juga menggunakan jasa digital marketing agency untuk membantu kamu menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis kuliner kamu. Saat ini telah banyak digital marketing agency yang berpengalaman dalam mengurus strategi marketing untuk bisnis kuliner di berbagai daerah di Indonesia. 

Misalnya, jika restoran kamu berada di Jakarta, carilah digital marketing agency Jakarta yang memang sudah berpengalaman dalam menjalani kampanye-kampanye digital marketing untuk restoran. Semoga bermanfaat!

Mungkin Kamu Suka

24komentar

  1. Yang rada susah mungkin di poin ketiga, bikin iklan video. Apalagi jika bisnisnya masih merintis, untuk jalanin strategi ketiga ini perlu merogoh saku agak dalam lagi. Tapi selama iklannya tepat dan mengena, pasti ampuh bikin bisnis naik sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap bener kak, membuat video produk supaya terlihat menarik memang susahnya. kudu punya skill videografy. hihi
      semoga sih banyak pembisnis sadar untuk menerapkan strategi marketing online :)

      Hapus
  2. Memasarkan lewat online dengan cara seo spertinya menarik di kalangan pedagang. Tapi kudu memberikan sosialisasi bagi yang nggak ngerti ini kak. 🙂 Semoga pada tambah pinter para pedagangnya. Soalnya era nya udah ganti pada pakai internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap kak, semoga banyak pelaku usaha yang mampu menerapkan strategi online biar omset mereka naik karena dengan strategi online bisa menjaring konsumen lebih luas :)

      Hapus
  3. Memasarkan lewat online dengan cara seo spertinya menarik di kalangan pedagang. Tapi kudu memberikan sosialisasi bagi yang nggak ngerti ini kak. 🙂 Semoga pada tambah pinter para pedagangnya. Soalnya era nya udah ganti pada pakai internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, pedagang juga nesti pintar cari strategi :D
      di tempatku yang notabenya desa, pedagang udah mulai pd adaptasi dengan digital, jadi seneng aja rasanya :D

      Hapus
  4. Kalo di daerah saya ada grup FB kuliner se kecamatan gt Mbak Ella, skala lebih luas lg juga ada jadi para pedagang tinggal up dsana dan kita misal mau beli tinggal milih ja mau apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus banget ya, di tempatku juga ada mbak grup fb kecamatan, sayangnya nggak begitu aktif. hanya anak2 mudah yg suka iseng2 share2 hal yg kurang penting, hhh

      Hapus
  5. Bikin iklan dengan tulisan siap saya jabanin, tapi bikim video?
    Auuu...belum pintar dan belum berani juga.Btw, bekerja sama dengan influencer semakin gencar ya sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahah, sama. tos dulu kita. hayuk aja kl tulisan, tp kl video effortnya berlipat2 karena memang buatku membuat video produk kudu punya ide, konsep, dan trik yang bisa bikin orang auto tertarik melihat videonya

      Hapus
  6. Kalau untuk bisnis Kuliner selain mempromosikan dengan foto melalui video memang dapat juga feel nya ya, soalnya daku kalau melihat ada yang promosikan Kuliner dengan video bikin ngiler hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak Fenni, makin kesini makin banyak orang yang lebih tertarik dengan video daripada harus baca tulisan :D

      Hapus
  7. Aku pingin banget pake influencer tp bayarnya mahal enggak sih? Biasanya yg udah byk followernya yg sdh terkenal, pernah yoba tp Mahal bener jadi mindur deh, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku tergantung deh mbak, ada kok teman2 influencer yang mau bantu UMKM buat up produk2nya, kadang juga ada yang unpaid promote :D

      Hapus
  8. Wah, ternyata vidio juga pengaruhnya banyak ya mbak.... Marketing ini memang akar dari produk bisa dikenal. Dan biayanya nggak murah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku pengaruh banget sih mbak, apalagi saat ini banyak orang yang lebih suka menonton video drpd membaca tulisan. hhh
      yap benar, biaya nggak murah tapi bisa diakali dengan belajar pelan2 biar kita mahir membuat konten2 digital :)

      Hapus
  9. Strategi onlinenya ok semua nih Mba, tetapi untuk pelaksanaannya butuh orang yang ahli. Jadi hasilnya juga bisa memmuaskan sesuai harapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap mbak Asih, atau bisa juga kita belajar membuat konten2 yang menarik. tp kl memang ada budget buat bayar orang kenapa nggak? hhh

      Hapus
  10. info penting buat saya ini mbak.. terimakasih pencerahannya. Walau masih maju-mundur ini untuk iklan di web untuk barang jualan saya, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Sayyidah, semangat ya. sukses untuk bisnisnya :)

      Hapus
  11. Nah ini tips yang sangat bermanfaat. Terima kasih Bu.

    BalasHapus
  12. Saya rasa poin ketiga memang sangat tepat untuk digunakan pada market INDONESIA.
    Bukan tanpa sebab, masyarakat INDONESIA lebih mudah mencerna informasi lewat visual video.
    Sedangkan informasi lengkap melalui tulisan yang pendek sekalipun masih banyak yang salah menafsirkan.

    Thank you mbak untuk 4 tips pengetahuannya.
    Salam

    BalasHapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti