Inilah Alur Barang dari Luar Negeri Hingga Sampai ke Tangan Kamu

oleh - Juli 07, 2021

Inilah Alur Barang dari Luar Negeri Hingga Sampai ke Tangan Kamu
https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-catatan-internet-matematika-teknologi-7111551/

Pembelian barang dari luar negeri semakin banyak diminati. Apalagi sekarang ini sudah disediakan layanan remittance untuk beberapa bank tertentu, sehingga semakin mudah dalam melakukan transaksi pembayaran. Namun, pastinya banyak yang masih bingung bagaimana alur pembelian barang dari luar negeri, bukan?

Berikut ini alur pengiriman barang yang kamu beli dari luar negeri. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar barang yang kamu beli dari luar negeri bisa aman sampai ke tangan.

Alur Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Pengiriman barang dari luar negeri pastinya akan melalui tahapan dari mulai pengantaran ke Indonesia, kemudian dicek oleh Bea dan Cukai. Nah, berikut ini alur barang yang kamu beli setelah melakukan transfer valas pembayaran produk dari ecommerce.

  • Kamu membeli barang dengan metode pembayaran yang sudah dilakukan. Pembayaran ini meliputi harga barang hingga biaya kirim.
  • Dari luar negeri barang tersebut akan dikirimkan ke Indonesia.
  • Di Indonesia barang tersebut akan dibongkar dari kapal pengangkutan dan dipindahkan ke gudang.
  • Di gudang inilah ada petugas pengiriman yang membawa, dan dilakukan pemeriksaan oleh petugas Bea dan Cukai.
  • Pemeriksaan ini akan dipilah-pilah mana barang yang nilainya kurang dari atau sama dengan USD3. Pemilahan itu dilakukan untuk nilai barang per orang. Jika di bawah atau sama dengan USD3, maka barang akan langsung dikirim ke alamat penerima.
  • Sedangkan untuk barang yang harganya lebih dari USD 3 harus melakukan pelunasan pembayaran bea masuk dan juga melakukan pembayaran pajak impor. Setelah semuanya selesai barang tersebut baru akan diantar ke alamat penerima.

Proses Pengiriman Barang dengan Nilai Lebih dari USD 3

Saat pemeriksaan ternyata barang yang kamu beli memiliki nilai lebih dari USD 3, maka harus ada kewajiban yang diselesaikan terlebih dahulu. Nah, berikut ini alurnya dan caranya untuk membayar pajak bea masuk maupun pajak impor.

1. Pengiriman yang Dilakukan Melalui Perusahaan Jasa Pengiriman

  • Semua pembayaran terkait dengan bea masuk dan pajak impor akan dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman terkait.
  • Dilakukan koordinasi antara petugas jasa pengiriman dengan konsumen. Biasanya koordinasi tersebut terkait dengan NPWP.
  • Perusahaan jasa akan menalangi semua biaya yang diwajibkan. Seperti bea masuk dan pajak impor, karena barang memiliki nilai lebih dari USD 3.
  • Perusahaan jasa pengiriman akan menagih biaya bea masuk dan pajak impor tersebut langsung ke konsumen sebelum barang akan diantarkan. Setelah semua proses selesai produk baru diantarkan ke alamat pembeli.
2. Pengiriman yang Dilakukan Melalui POS Indonesia

  • Jika pengiriman menggunakan jasa POS Indonesia, barang yang sudah masuk ke Indonesia akan langsung diantarkan ke kantor POS.
  • Pihak dari POS Indonesia akan segera memberikan pemberitahuan kepada pembeli, serta memberikan beberapa biaya tagihan. Mulai dari bea masuk dan juga pajak impor.
  • Penerima akan melakukan pelunasan di kantor POS terdekat.
  • Setelah semua kewajiban pembayaran selesai, maka penerima bisa mengambil barang tersebut.

Alur barang dari luar negeri ke Indonesia ini membutuhkan waktu shipping yang bervariasi. Ada yang bisa sampai hanya dalam waktu dua minggu saja, dan ada juga yang harus menunggu hingga 42 hari.

Apalagi jika kamu menggunakan layanan jasa pengiriman gratis, yang pastinya akan memerlukan waktu yang cukup lama. Karena pihak dari jasa pengiriman juga akan memproses pengiriman sehingga lebih murah.

Gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk Kirim Valas Gratis 

Dalam Aplikasi digibank by DBS ini disediakan produk remittance yang akan memudahkan kamu dalam mengelola keuangan ke luar negeri. Kamu bisa mengirim uang tanpa beban biaya tambahan, ada valas yang bisa digunakan ke lebih dari 20 negara, dan lain sebagainya.

Lebih lengkapnya, berikut 4 USP keunggulan dari produk digibank by DBS yang bisa kirim uang ke luar negeri dengan mudah dan cepat:

  • Akses 24/7 tanpa batas waktu

Dengan aplikasi yang disediakan kamu bisa menggunakannya selama 24 jam penuh. Lewat smartphone, kamu bisa membayar produk dari luar negeri dengan sangat mudah. 

  • Gratis biaya transfer uang ke luar negeri

Dengan aplikasi ini kamu di rumah juga bisa kirim uang ke luar negeri bebas biaya. Ada lebih dari 20 negara yang bebas biaya transfer, terutama bagi negara dengan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.

  • Nilai tukar yang sangat kompetitif

Nilai tukar valas yang bisa didapatkan juga sangat besar, jadi kamu tidak akan merasa kehilangan uang.

  • Proses cepat, bahkan sampai di hari yang sama

Tak perlu menunggu lama, cara transfer uang ke luar negeri ini sangat cepat, hanya dalam sehari. Jadi tidak perlu khawatir harus menunggu lebih lama lagi, caranya dengan melakukan pemrosesan sebelum pukul 17.00 WIB.

Setiap negara tujuan transfer juga telah disesuaikan batas waktu prosesnya. Seperti Australia akan diproses sebelum pukul 09.30 WIB, Singapura sebelum 12.30 WIB, Inggris dan negara Eropa 13.30 WIB, Hongkong pada 14.30 WIB, Kanada dan AS pada pukul 16.00 WIB.

Itulah alur barang yang kamu beli hingga sampai ke tangan. Dengan layanan remittance dari digibank by DBS, pastinya semakin memudahkan kamu dalam transaksi pembelian barang di luar negeri.


Sumber:

https://www.cekaja.com/info/pajak-pembelian-barang-online-dari-luar-negeri


Mungkin Kamu Suka

12komentar

  1. alur yang kayak gini yang aku nggak paham juga, taunya masuk bea cukai, terus selanjutnya kudu gimana gimana nggak paham betul
    kadang kalau liat pengusaha exporter atau impoter gitu jadi mikir, pengen jadi pengusaha kayak mereka, kudu tau alur dan caranya, biar nggak ketipu ketipu juga sama calo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, mesti paham seluk beluknya dulu ya mbak Ainun. Biar nggak boncos kena tipu๐Ÿ˜…

      Hapus
  2. Sy pernah nyoba beli brg di LN, via alibaba.
    Jadi ada 2 hal yg diperhatikan:
    1. Kita transaksi dg penjual itu sendiri, qt beli k penjual, itu perjanjiannya sprti apa, CIF atau FOB atau dll. Krn itu berhubungan dg gmn brg itu smpai ke tgn qt. Kita hrs tau itu.

    Biasanya qt transaksi hny beli brg, tp memastikan brg dri negara pnjual hingga sampai ke negara kita, kita urus sndiri.

    2. Pilihlah fowarder atau kurir yg tepat. Dsini qt hrs memilih kurir atau fwrder yg tepat atas dsr harga, kecepatan, keamanan. Biasanya urusan bea masuk nanti oleh fwrder yg urus, mrk pny price list trsndiri dimana biaya itu include ddlm nya.

    Setau sy seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, mas. Bener bgt, kita bisa pilih jasa ekspedisi yg kita kehendaki. Yg pasti kudu jeli dan teliti biar barangnya aman sampai di rumah

      Hapus
  3. Wah, begitu ya Mba alurnya. Baru tahu aku. Selama ini cuma terima-terima kiriman aja dari luar negeri. Belum pernah ngirim ke luar negeri juga sih selain surat-menyurat. Itu pun dulu.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sering surat menyurat nih mbak? *malah dibahas. Wkwkwk

      Hapus
  4. Nah, sejujurnya aku masih agak takut ketika membeli barang dari luar. Namun bagaimanapun juga harus mencoba ya mba agar pernah memiliki pengalaman. Trims mba informasinya bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kl udah tahu alurnya ketika butuh barang dr LN nggak bingung untuk prosesnya :)

      Hapus
  5. Wow makasi infonya kak aku suka belanja online dari luar negeri juga hehe sejak ada sopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl pakai sopi tinggal duduk manis nggak perlu urus sana sini ya mbak. Wkwk

      Hapus
  6. aku pernahnya beli barang dari luar negeri ini di shopee. hihi. lumayan sih harganya murah dan malah free ongkir. bingung juga kok bisa ya? apa kalau barang dari cina ongkosnya murah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ya, malah kalau beli di shopee bisa freeongkir. Cuma nunggunya lumayan lama. Eh tp skrg ada kebijakan nggak bisa beli barang LN lewat shopee kan ya?

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti