Privat Camping di Umbul Sidomukti Bandungan, Semarang

oleh - Agustus 30, 2021

Privat Camping di Umbul Sidomukti Bandungan, Semarang
Privat Camping di Umbul Sidomukti Bandungan, Semarang

Jujur, pasca kami dinyatakan positif Covid-19 rasanya campur aduk. Pergulatan batin tiap detik kami rasakan. Terlebih, tiap malam kami nggak bisa terlelap dengan tenang karena harus bergantian untuk mengecek suhu tubuh dan saturasi oksigen. Ah ya, masih diberi kesempatan untuk hidup hingga saat ini barangkali adalah hal terbesar yang pernah kami rasakan.

Setelah sebulan dinyatakan negatif Covid-19, pak suami mengajak privat camping. Ya, rencana ini memang sudah tertunda karena mempertimbangkan tempat camping yang ‘aman’. Setelah beberapa hari scroll media sosial untuk mencari info camping ground terdekat dengan tempat tinggal kami, akhirnya kami menemukannya.

Selain mempertimbangkan tempat yang nggak terlalu jauh, kami juga mempertimbangkan tempat yang menerapkan protokol kesehatan. Memang, kami bisa memilih camping di alam bebas tanpa ada penjaga, dll. Namun, demi kenyamanan dan keselamatan, kami memilih camping ground yang dikelola oleh petugas. 

Reservasi Jauh-Jauh Hari untuk Camping di Umbul Sidomukti

Privat Camping di Umbul Sidomukti Bandungan, Semarang
Privat Camping di Umbul Sidomukti Bandungan, Semarang
Sesaat aku meng-upload foto privat camping di instagram, beberapa DM langsung masuk. Padahal mah ini nggak di-endorse, murni karena memilih camping ground yang menurut kami aman dan nyaman. *yakali siapa aku di-endorse. Tapi memang sering kesal kalau ada yang komen, “wah senang ya di-endorse terus”. Padahal kan berbagi informasi nggak melulu karena di-endorse, Bambang!!!

Begitu kami mendapatkan kontak Ragentar Adventure (pengelola camping ground Umbul Sidomukti), tanpa basa basi kami langsung menanyakan prosedur camping di sana. Setelah yakin, kami langsung booking untuk camping tenda dome. Btw, di sana ada dua jenis tenda yang bisa dipilih, ada tenda panggung dan tenda dome. Sayangnya saat itu tenda panggungnya penuh, jadi kami memilih tenda dome.

Tenda Panggung di Umbul Sidomukti
Tenda Panggung di Umbul Sidomukti

Untuk reservasi harus jauh-jauh hari ya, karena pengunjung memang dibatasi. Reservasinya juga gampang kok, tinggal isi google form mengenai data diri dan screning terkait Covid-19. Lalu, transfer untuk DP minimal 50%. Setelah itu, tinggal datang ke kawasan Umbul Sidomukti (check in pukul 14.00 WIB dan check out pukul 12.00 WIB). Sudah macam di hotel saja ya, ada waktu check in dan check out-nya. Maybe, demi menghindari kerumunan sih.

Lokasi Camping Ground di Umbul Sidomukti

Lokasi Camping Ground di Umbul Sidomukti
Lokasi Camping Ground di Umbul Sidomukti
Kami menuju tempat camping sekitar pukul 17.00 WIB karena hari itu pak suami harus mengisi workshop terlebih dahulu. Perjalanan dari Ngaliyan ke Umbul Sidomukti memakan waktu kurang lebih satu jam. Nggak lupa kami juga mampir ke minimarket untuk membeli bahan makanan dan camilan. 

Oya, jalan menuju Umbul Sidomuktinya nanjak bangeeet. Bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat kok, tapi mesti driver yang biasa nanjak-nanjak, ya. Soalnya tanjakannya beneran sadis. Usahakan juga kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik. Untuk lokasi tepatnya ada di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti Desa Sidomukti, Kec. Bandungan, Kab Semarang. 

Suasana Camping Ground di Umbul Sidomukti

Suasana Camping Ground di Umbul Sidomukti
Suasana Camping Ground di Umbul Sidomukti
Sesampainya di gapura pintu masuk Wisata Umbul Sidomukti, beberapa mobil dan motor antre mengekor. Padahal kami sampai di sana sekitar pukul 18.00 WIB tetapi pintu masuk gapura justru masih ramai. Kami saling tatap, ikut mengantre di belakang sembari mencari sinyal untuk menghubungi petugas jaga di camping ground Ragentar Adventure.

Beberapa menit berselang, mobil dan motor di depan kami malah putar balik. Aku berinisiatif turun dari kendaraan untuk memastikan kenapa banyak mobil dan motor yang nggak bisa masuk. Ternyata pengunjung yang putar balik memang belum reservasi. Jadi, meskipun mereka sudah tiba di lokasi gapura, tetap tidak diizinkan masuk. 

Nah, begitu kami menunjukkan bukti reservasi, dua petugas tersebut mengarahkan kami menuju area camping ground. Gila sih, benar-benar sepiiii, sunyi banget. Untungnya, ada petugas camping ground yang menjemput kami. Setelah memarkirkan kendaraan, kami diantar menuju tenda yang sudah didirikan sejak siang tadi. 

Udara sejuk mulai kami rasakan, angin sepoi begitu menenangkan. Terlebih, hamparan kota Semarang terlihat dari atas sini. Sayangnya, malam itu sedikit mendung sehingga kami nggak bisa menikmati kerlap kerlip bintang. Namun, mendung dan gerimis di tengah malam nggak jadi masalah karena tenda dome yang kami gunakan oke banget. Jadi, air gerimis nggak mrembes atau tembus ke dalam tenda. Padahal aku sudah was-was khawatir hujannya tambah besar dan air mrembes ke tenda. Hahaha. Eh, alhamdulillah aman! 

Fasilitas Camping Ground di Ragentar Adventure & Training Umbul Sidomukti

Fasilitas Camping Ground di Ragentar Adventure & Training
Fasilitas Camping Ground di Ragentar Adventure & Training
Salah satu poin plus camping ground di Umbul Sidomukti adalah kami nggak perlu tracking lama untuk tiba di area camping. Terus nih, lahan parkirnya juga luas, bersih nggak ada sampah berserakan. Selain itu, beberapa titik terdapat lampu penerang dan keran air yang bisa digunakan untuk cuci tangan, sikat gigi, dan lainnya.

Uniknya, di camping ground Umbul Sidomukti ini ada dapur bersama. Kompor, panci, wastafel, dan sabun cuci piring. Ini mah jadi camping manja ala-ala, Hahaha. Oya yang nggak kalah penting adalah toiletnya juga lumayan bersih. Fyi, fasilitas tenda panggungnya juga keren sih. Ada toilet tiap tenda, ada matras, dan disediakan breakfast. Selain itu, kalau tenda panggung itu nggak bikin takut kalau hujan besar karena ada atapnya. Pokoknya kapan-kapan mau coba tenda panggung, ah.

Terus nih, yang bikin kami ingin kembali ke sana lagi adalah suasana pagi di area kolam Umbul Sidomukti. Soalnya area camping-nya nggak begitu jauh dari kolam, untungnya juga wisata Umbul Sidomukti ini ditutup untuk umum. Jadi, kami nggak begitu was-was adanya kerumunan, ya meskipun tetap ada pengunjung lain karena tamu dari villa dan hotelnya.

Harga Camping Ground di Umbul Sidomukti

Nah, karena banyak yang menanyakan berapa budget untuk camping ground di Umbul Sidomukti, aku kasih tahu nih, ya. Menurut kami dengan fasilitas yang lengkap dan pelayanan dari Ragentar Adventure yang ramah harga Rp. 200.000/tenda yang bisa dipakai 2-3 orang. Sudah include tenda dome, matras, sleeping bag, dapur bersama, dan toilet bersama. Kalau bau api unggunan juga bisa kok, tinggal komunikasikan dengan pihak Ragentar Adventure saja.

Oya, kalau mau BBQ pakai kompor sendiri juga bisa banget. Ada juga paket BBQ yang disediakan oleh Ragentar Adventure. Pokoknya kalau mau ngadem dari hiruk pikuk atau panasnya kota Semarang, bisa banget camping ke Umbul Sidomukti. Besok lusa kalau pandemi sudah kelar, kita camping ramai-ramai, yuk!

Kontak Ragnetar Adventure & Training

Kontak Ragnetar Adventure & Training
Kontak Ragnetar Adventure & Training

Kalau teman-teman membutuhkan info lebih lanjut bisa langsung menghubungi Ragentar Adventure & Training saja, ya. Berikut kontak yang bisa dihubungi: 

Whatsapp: 08112710690

Email: ragentar@gmail.com

Webiste: www.ragentar.com

Jangan lupa untuk tetap patuhi prokes dan stay safe, ya! Semoga pandemi segera berlalu biar bisa bebas traveling lagi. Aamiin

Mungkin Kamu Suka

18komentar

  1. Wiiiiih, udah sampe disana aja mbak ella.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan dekat dari tempat kita, mbak. hehe

      Hapus
  2. Besok lusa klo pandemi udah kelar kita camping rame-rame, yuk!Hayukkk lah..
    Pas banget, aku udah bertahun-tahun belum ke Bandungan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk mbak Hastin, kita seru2an api unggunan sambil BBQ-an yak

      Hapus
  3. yeaaaay, asyik banget ya Mbak, benar-benar kerasa ya private campingnya secara sepi gitu, meski masih ada pengunjung lain dan juga petugas, tapi cocoklah ya buat menyepi gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Diah, kl kata anak zaman sekarang bisa buat healing, ckckck

      Hapus
  4. Tjakep banget senjanya, Ya Allah. Harganya juga ternyata ramah ya Mbak Ell, yg penting jangan lupa reservasi. Ini mah enak buat self reward dan self healing, kaya bahasa anak sekarang wkwkkw seruuu:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mbak Marfa. Ramah di kantong banget nih harganya, apalagi view dan suasananya dapet banget

      Hapus
  5. Woa kak beb honeymoon nga glamping! Aku belum pernah kak kemping2 gini karena udah punya anak aku pengen staycation di hotel bintang 5 atau glamping aja dah hahah gamau ribet. Btw Semarang panas banget ya? Dulu aku ke Karimun Jawa sih lewat Semarang n Jepara... Semoga ada yang endorse aku buat glamping aamiin hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, belum kesampaian honeymoon nih mbak San.. iya bener, Semarang panas bangeeeet. bisa sampai 37 derajat kalau siang. apalah aku anak gunung yang tiba2 diajak hidup di Semarang yang panasnya allahu :(
      aamiin, semoga bisa ada kesempatan buat glamping ya mbak

      Hapus
  6. Belum punya pengalaman camping kecuali masa sekolah tetapi setelah baca tulisan ini kok jadi pengen nyoba bareng anak ABGku yaa..Apalagi akomodasinya ternyata cukup terjangkau. Cocok banget untukku yang suka menyepi dari hiruk-pikuk aktivitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus mbak, cobain kemping. seru, lho. asal jangan pas musim ujan aja ya. trauma aku tuh, tenda pernah bocor, ckckck

      Hapus
  7. Bulan madu ya mbaa hehe. Asyik banget bisa privat camping. Jadi keo juga di Malang ada gak yah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh belum sempat bulan madu mbak Dyah.. aaa, kami tuh ada rencana ke Malang sejak sebelum menikah tp blm kesampaian karena pandemi keburu datang.. padahal dulu udh beli tiket kereta api dan booking hotel

      Hapus
  8. Senengnya bisa privat camping berdua suami ya Mbak... saya baca artikelnya aja udah ikutan happy hehe... btw di Kisaran, Sumatra Utara ada juga kawasan namanya Sidomukti, tp pemukiman penduduk sih, nah di Semarang namanya Umbul Sidomukti ya, bisa buat camping juga, kereen... nice info Mbak Ella...sehat selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Mia, aamiin. mbak dan keluarga juga sehat2 selalu ya.. semoga suatu saat kita bisa meet up :)

      Hapus
  9. ahhhh aku maoooo juga camping disini hahahha
    pokoknya camping yang nggak perlu ribet ini ono dah, cuss kalau aku wkwkwk
    ehhh aku juga pernah dapet omongan, enak ya diendorse bisa kesini kesana,pdahal mah ga semua endorsan, dan kalau aku suka sama tempat atau apapun di tempat itu dengan senang hati aku share. Lumayan kan buat nambah jumlah feed hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan sama mbak Ainun. Kadang kl lg ga mood suka senewen sendiri. Dikira apa2 segalanya endorse kaliii. Gemes. Hhh

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti