Cara Memoles Mobil dengan Benar agar Kinclong

oleh Ella Fitria

Merasa tidak pede dengan tampilan mobil yang kusam? Jika pergi ke tempat pencucian atau bengkel, biaya poles mobil cukup mahal. Mengapa Kamu tidak melakukannya sendiri? Memoles tidak harus dilakukan di tempat profesional, Kamu pun bisa melakukannya di rumah.

Selama melakukannya dengan benar, tampilan mobil luar dan dalam bisa mengkilap tidak kalah dengan hasil pekerjaan profesional. Jauh lebih hemat dan hasil tetap bisa optimal, simak apa saja tipsnya di sini.

DIY Memoles Mobil Sendiri sampai Kinclong

Kegiatan memoles bodi mobil penting untuk menyamarkan atau menghilangkan goresan, membuat tampilan mobil lebih bersih dan mengkilap. Kamu pun jadi lebih percaya diri untuk pergi ke mana saja menggunakan kendaraan kesayangan.

Pemolesan juga jadi salah satu tahapan perawatan yang menjaga bodi mobil tetap baik. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memolesnya dengan benar. Baik bahan poles dan alatnya tidak bisa dipilih sembarangan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Kamu ikuti untuk mendapatkan tampilan bodi mobil yang tetap mengkilap.

  1. Mempersiapkan Cairan Poles

Tahapan pertama yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mencari cairan poles khusus bodi mobil. Pilih cairan poles yang kualitasnya terjamin, untuk urusan harga tidak masalah. Hindari produk poles yang murah dengan kualitas tidak menjanjikan.

Cairan poles ini biasanya tidak mengeluarkan bau yang mengganggu jadi Kamu tidak perlu khawatir ketika mengaplikasikannya. Kamu bisa memilih cairan poles untuk tingkat kilap terbaik atau untuk memberikan perlindungan saja.

  1. Mempersiapkan Alat Memoles

Pada dasarnya pemolesan mobil ini hanya membutuhkan dua jenis kain yaitu kasar dan juga halus. Soal alat Kamu bisa menggunakan mesin poles khusus jika ada atau hanya mempersiapkan kainnya saja.

Bedanya jika menggunakan alat Kamu bisa segera menyelesaikan pekerjaan memoles. Namun jika melakukannya manual Kamu harus siap meluangkan waktu yang banyak. Belum lagi dengan tekanan memoles juga harus sama agar hasil merata.

  1. Cuci Bersih Mobil Bagian Eksterior dan Interior

Alat dan bahan sudah siap, saatnya bagi Kamu untuk mencuci bersih mobil. Bersihkan bagian luar dan dalam agar tidak menempel debu apalagi pasir yang bisa menciptakan baret pada mobil ketika pemolesan.

Bagian dalam atau kabin juga wajib dibersihkan, karena Kamu juga bisa memoles atau membersihkan jok agar tampak mengkilap kembali. Sebelum mengaplikasikan Kamu bisa meneduhkan mobil agar permukaan plat besi tidak terlalu panas.

  1. Menggosok Lembut Permukaan Bodi Mobil

Mulailah dengan menggosok bodi mobil dengan cairan poles. Gosok menggunakan kain yang kering dan juga halus. Kamu bisa terlebih dahulu menuangkan sedikit cairan di satu bagian mobil.

Baru setelah itu ratakan ke seluruh permukaan bodi mobil dengan kain yang halus tadi. Cara menggosok harus sampai seluruh bahan hilang atau menipis dan tidak terlihat kembali.

  1. Lap dengan Kain Microfiber

Tahapan poles belum selesai, Kamu masih harus mengelap semua bodi mobil yang sudah dipoles dengan kain microfiber. Kain ini berfungsi untuk membersihkan sisa pasta yang menempel dan meratakan cairan yang digosok tadi.

Mengapa kain microfiber, karena kain ini memiliki permukaan yang lembut sekaligus mudah menyerap air. Jadi jika ada bagian cairan yang berlebihan akan langsung diserap dengan baik.

Teknik memoles juga bisa mengandalkan alat seperti spons khusus. Busa memiliki daya serap dan menghantarkan bahan dengan merata. Kamu juga bisa dengan mudah memegangnya.

Pilihlah spons yang kering dan juga bersih, Kamu bisa menuangkan cairan poles sedikit demi sedikit ke spons ini. Lebih mudah juga untuk mengatur area mana yang terlebih dahulu dipoles dibandingkan menggunakan kain.

Mobil yang sudah selesai dipoles bisa langsung digunakan. Jika Kamu ingin cat mobil lebih awet jangan terlalu sering parkir di tempat panas. Pilih tempat teduh yang aman.

Masih merasa ragu dengan hasil polesan sendiri? Tidak perlu khawatir karena Kamu bisa melakukannya juga di bengkel resmi Suzuki berikut ini:

Suzuki Dealer Sun Motor Jakarta – https://suzukisunmotor.com

Suzuki Dealer Citra Buana Asri – https://suzukidealercab.co.id

Suzuki Dealer Trimitra Sejahtera Mobilindo – https://suzukitrimitra.co.id

You may also like

Beri Komentar