Ingin Ajukan Kredit Tanpa Agunan? Kenali Suku Bunga dan Jenisnya

oleh Ella Fitria
Ingin Ajukan Kredit Tanpa Agunan? Kenali Suku Bunga dan Jenisnya

Beberapa nasabah mungkin sudah akrab dengan apa itu suku bunga bank. Namun, tidak bisa dipungkiri jika beberapa orang di sekitar kita masih belum mengenal lebih jauh tentang suku bunga bank. Padahal, sangat penting untuk mengetahui dan memahami seluk-beluk suku bunga kredit tanpa agunan sebelum mengajukan pinjaman di bank.

Dengan memahami secara lebih jelas tentang apa itu bunga bank, maka kamu pun akan lebih mudah dalam mengatur kondisi keuangan serta melakukan penghitungan pembiayaan kredit.

Apa Itu Suku Bunga Kredit?

Sederhananya, suku bunga bank bisa diartikan sebagai harga yang harus dibayarkan oleh para debitur untuk bank karena telah memberikan pinjaman. Sementara itu, suku bunga bank bagi bank dianggap sebagai harga jual yang dibebankan kepada para nasabah yang mengambil kredit.

Jadi dapat dikatakan bahwa suku bunga kredit tanpa agunan merupakan balas jasa yang diberikan oleh pihak bank kepada debitur karena telah membeli produk yang mereka pasarkan. Dengan kata lain, kehadiran suku bunga bank juga memberikan keuntungan yang cukup besar kepada perbankan.  

Kamu juga perlu mengetahui bahwa pada dasarnya kebijakan suku bunga dari Bank Indonesia juga berpengaruh pada suku bunga dasar kredit perbankan. Penurunan suku bunga atas kebijakan Bank Indonesia dapat direspon oleh para pihak perbankan dengan menurunkan suku bunga dasar kredit.

Apa Saja Jenis-Jenis Suku Bunga Kredit?

  • Suku Bunga Tetap (Fixed)

Suku bunga tetap bisa diartikan sebagai jenis suku bunga kredit tanpa agunan yang memiliki nilai yang tetap alias tidak akan berubah hingga batas waktu jatuh tempo. Kebanyakan nasabah menggunakan fixed rated untuk kebutuhan Kredit Kepemilikan Rumah, Rumah Bersubsidi dan Kredit Kendaraan Bermotor.

Kelebihan suku bunga tetap dapat dilihat dari jumlah cicilan yang tetap setiap bulannya sehingga tidak akan ada yang namanya perubahan suku bunga meskipun kondisi pasar mengalami peningkatan. Sebaliknya, meskipun suku bunga di pasaran mengalami penurunan, maka suku bunga pinjaman yang harus kamu bayarkan tidak akan berubah.

  • Suku Bunga Mengambang (floating)

Berbeda dengan suku bunga tetap, suku bunga mengambang adalah jenis suku bunga yang akan selalu berubah sesuai nilai suku bunga yang terjadi di pasaran. Jika nilai suku bunga mengalami kenaikan maka suku bunga mengambang juga akan naik.

Suku bunga mengambang ini banyak digunakan saat pengajuan pinjaman KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah untuk jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan suku bunga tetap selama 2 tahun lalu, pada periode selanjutnya kamu menggunakan sistem floating.

  • Suku Bunga Flat

Jenis suku bunga kredit tanpa agunan selanjutnya adalah suku bunga flat. Proses penghitungan kredit menggunakan sistem bunga flat mengacu pada jumlah pokok kredit di awal pinjaman untuk setiap periode pembayaran angsuran.

Bisa dibilang, suku bunga flat memiliki mekanisme penghitungan yang sangat sederhana jika dibandingkan jenis suku bunga lainnya. Oleh sebab itu, banyak pihak yang menggunakan jenis flat saat melakukan pinjaman jangka pendek seperti handphone, laptop, dengan bunga Kredit Tanpa Agunan yang rendah.

  • Suku Bunga Ffektif

Banyak nasabah yang menganggap jika mekanisme penghitungan suku bunga efektif lebih fair di antara jenis suku bunga lainnya. Hal ini dikarenakan oleh proses penghitungan sisa jumlah pokok kredit setiap bulannya yang terus menyusut. Sehingga, semakin sedikit pokok pinjaman, maka semakin berkurang pula suku bunga kredit tanpa agunan yang akan dibayar.

  • Suku Bunga Anuitas

Jenis suku bunga yang terakhir adalah suku bunga anuitas. Jenis suku bunga yang satu ini mengelola jumlah cicilan pokok serta cicilan bunga yang dibayar agar tetap memiliki nilai yang sama setiap bulannya. Umumnya, porsi bunga kredit tanpa agunan di masa awal pembayaran  akan sangat besar jika dibandingkan dengan porsi angsuran pokoknya.

Proses Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Jadi Lebih Mudah Bersama digibank KTA

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Komitmen ini didukung dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS yang semakin memudahkan para nasabah melalui keunggulan berikut:

https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-people-shaking-hands-8112172/
  • Online 24 jam, 7 hari seminggu

Kamu bisa melakukan pengajuan kredit tanpa agunan secara online dari mana saja dan kapan saja lewat website go.dbs.com/kta maupun Aplikasi digibank by DBS.

  • Approval Dalam 60 Detik

Tanpa perlu waktu lama, proses pengajuan kredit kamu hanya membutuhkan 60 detik.

  • Kredit Hingga Rp. 80 Juta

digibank KTA menawarkan modal kredit hingga Rp. 80 juta kepada setiap nasabahnya.

  • Bunga Kompetitif Mulai Dari 0,95%

Kamu juga bisa menikmati Kredit Tanpa Agunan dengan nilai bunga rendah mulai dari 0,95%.

  • digibank KTA Telah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Berbagai jenis transaksi pengajuan kredit lebih aman dan nyaman. kamu tak perlu ragu-ragu lagi saat ingin mengajukan modal pinjaman.

Proses Pengajuan digibank KTA

  • Bagi yang Belum Menjadi Nasabah
  • Silahkan mendaftar lewat situs go.dbs.com/kta
  • Pengajuan hanya membutuhkan waktu selama 60 detik
  • Lanjutkan dengan mengunduh Aplikasi digibank by DBS
  • Lakukan Verifikasi Biometrik dengan agen digibank
  • Kamu akan langsung menerima modal hingga Rp. 80 juta lewat rekening digibank by DBS
  • Bagi yang Telah Menjadi Nasabah
  • Masuk ke menu utama Aplikasi digibank by DBS lalu pilih Personal Loan
  • Lengkapi data diri
  • Proses konfirmasi akan berlangsung selama 60 detik
  • Silakan memilih limit pinjaman serta tenor yang diinginkan
  • Dana akan langsung cair secara real-time hingga senilai Rp. 80 juta

Pengajuan kredit tanpa agunan tanpa ribet dan tanpa kumpulan berkas-berkas yang menumpuk bisa kamu nikmati bersama digibank KTA.Semuanya menjadi lebih mudah dan tentu lebih cepat.

You may also like

Beri Komentar