Cek Asuransi Mobil terbaik untuk Harga Bekas Tertinggi

oleh Ella Fitria

Ketika menjual mobil tentu kita akan berpikir apakah harganya akan tinggi atau berada di taraf terendah? Semua itu tergantung pada bagaimana kondisi kendaraan bekas kita pada saat dijual. Apakah saat cek asuransi mobil, asuransi itu aktif dan termasuk asuransi mobil terbaik? Lalu, apakah performanya maksimal? Jika kendaraan masih memiliki performa maksimal, harganya pasti akan cukup tinggi dan tidak akan membuat kita rugi besar. Hal tersebut berlaku sebaliknya.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan apabila kita berminat untuk menjual kendaraan bekas. Mari perhatikan hal-hal ini supaya kendaraan kita bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dan tidak membuat kita rugi.

Melakukan Perbaikan Hal-Hal Minor

Pada mobil bekas, akan selalu ada kerusakan-kerusakan bahkan yang minor pada bagian luar. Misalnya, seperti cat yang mengelupas, bagian yang lecet, penyok, dan lain sebagainya. Walaupun hal itu tidak mempengaruhi performa kendaraan, tetapi penampilan kendaraan akan sangat dipengaruhi olehnya dan hal itu akan membuat pembeli mengubah persepsi tentang kendaraan kita. Untuk itu, apabila kita betul-betul ingin menjual kendaraan dengan harga yang tinggi, kita dapat memperbaiki kerusakan-kerusakan minor tersebut. Kita juga dapat melakukan pengecatan pada bagian-bagian yang catnya pudar.

Melakukan Pengecekan dan Perbaikan Mesin Kendaraan

Setelah kita mengecek bagian luar yang dirasa tidak estetik, kini saatnya kita melakukan pengecekan pada hal yang lebih penting pada bagian mesin. Kita harus memperhatikan apakah terdapat kerusakan apakah mesin itu kotor aus dan lain sebagainya. Karena, apabila mesin tidak baik, maka kendaraan pun tidak akan berjalan dengan maksimal.

Hal ini tentu bisa dicek oleh para calon pembeli. Calon pembeli akan menemukan kekurangan pada kendaraan kita. Oleh karena itu, pembeli tentu merasa enggan untuk membeli mobil kita dengan harga yang tinggi. Terlebih, jika mobil bekas kita dibeli oleh penjual kendaraan. Tentu ia akan lebih memahami tentang komponen-komponen di dalam mesin kendaraan.

Hal ini juga lebih penting apabila kendaraan kita pernah mengalami kerusakan sebelumnya. Misalnya, kecelakaan atau bahkan terendam banjir. Kita harus memastikan bahwa tidak ada komponen mesin yang rusak karena hal tersebut, bahkan melakukan penggantian apabila hal tersebut mempengaruhi performa kendaraan kita.

Lakukan Kebiasaan Baik Pada Kendaraan

Kita tentu tahu, bahwa suatu saat pasti kita akan menjual kendaraan yang kita miliki, apalagi jika kita ingin menggantinya dengan kendaraan baru yang lebih baik. Untuk itu, terapkan kebiasaan yang baik sejak awal kita membeli kendaraan. Lakukan pengecekan secara berkala dan lakukan perbaikan secara berkala. Terutama apabila kendaraan telah mencapai kilometer-kilometer tertentu.

Jangan pernah melupakan masalah pengecekan ini, ya. Walaupun kita merasa bahwa kendaraan kita baik-baik saja. Karena, apabila kita tidak melakukan pengecekan, kendaraan kita pun akan menurun performanya. Oleh karena itu, kendaraan kita tidak akan mencapai harga tertinggi pada saat kita menjualnya.

Selalu Lakukan Pengecekan Jika Pemakaian Ekstrem

Pemakaian yang ekstrem pada kendaraan akan membuat kendaraan menjadi menurun performanya. Terlebih, jika kendaraan kerap dipakai untuk bepergian ke luar kota. Kita harus melakukan pengecekan berkala dan perawatan yang lebih terhadap kendaraan kendaraan. Kebiasaan seperti ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga supaya kendaraan tetap baik bahkan jika kita menjualnya kembali di masa depan.

Pembersihan Interior Berkala

Bukan hanya masalah komponen mesin dan eksterior, interior kendaraan mesin penting untuk diperhatikan. Karena jika interior berbau tidak sedap, kotor, dan lain sebagainya, tentu akan mengurangi harga kendaraan dan membuat siapa saja yang berada di dalamnya merasa tidak nyaman.

Kitaa bisa melakukan pencucian atau pembersihan bagian dalam bahkan sampai ke sela-sela jok. Selain itu, kita juga bisa memeriksa apakah pendingin pada kendaraan kita kotor atau banyak debu-debu di dalamnya.

Debu-debu yang ada pada pendingin ruangan akan membuat kendaraan kita menjadi tidak dingin dan berbau tidak sedap. Pengecekan pada bagian dalam akan membantu untuk melihat apakah filter sudah kotor atau ada debu debu yang menyangkut pada bagian-bagian tertentu.

Periksa Komponen-Komponen Terkecil

Selain itu, kita juga harus memeriksa komponen komponen terkecil yang ada pada kendaraan yang kita miliki. Contohnya, melihat apakah ada mur atau baut yang dol pada kendaraan kita. Mur dan baut yang dol akan membuat kendaraan kita menjadi tidak maksimal. Selain itu, komponen mesin menjadi sulit dibetulkan karena ada mur atau baut yang dol.

Menggunakan Asuransi

Sejak awal saat kita membeli kendaraan, pastikan bahwa kita telah menggunakan asuransi kendaraan. Asuransi akan sangat membantu apabila terjadi kerusakan yang tidak disengaja pada kendaraan kita. Tentu kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita di tengah jalan, bukan?

Bisa saja kendaraan tak sengaja tertabrak oleh kendaraan lain, lecet, tergores, bahkan mengalami kerusakan komponen mesin karena faktor alam, seperti kemasukan air saat hujan atau banjir. Nah, dengan asuransi yang tepat, kita akan mendapatkan perawatan klaim kendaraan yang juga tepat. Kita juga bisa memperbaiki berbagai macam komponen kendaraan tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

Teman-teman bisa coba cek asuransi mobil terbaik di Qoa. Qoala merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai macam pilihan asuransi, termasuk asuransi kendaraan. Di Qoala, kita akan mendapatkan asuransi yang terpercaya dan juga bisa diklaim dengan mudah. Mengakses informasi mengenai asuransi yang ditawarkan oleh Qoala juga sangat mudah, lho. Kita hanya perlu masuk ke dalam homepage Qoala dan melihat informasi asuransi yang kita butuhkan.

Yuk, dapatkan asuransi terbaik sebagai pelindung kendaraan dan jual kendaraan bekas dengan harga tertinggi.

You may also like

Beri Komentar