10 Manfaat Kuliah Sambil Kerja, Bisa Perluas Networking!

oleh Ella Fitria
Kuliah Sambil Kerja

Dewasa ini, kerja nggak harus menunggu selesai kuliah terlebih dahulu. Kamu bisa menjalankan kuliah dan kerja secara berbarengan, tanpa ada salah satunya yang harus dikorbankan. Hal itu dimungkinkan dengan adanya kelas khusus untuk para karyawan, di mana pembelajarannya bisa dilakukan secara online. Yuk simak berikut ini, apa saja sih manfaat dari kuliah sambil kerja tersebut.

1. Ada Jajan Tambahan

Salah satu alasan utama mengapa seseorang memilih atau memutuskan untuk kuliah sembari bekerja adalah agar bisa memperoleh jajan atau uang tambahan. Bagi yang memang sudah mendapat jajan yang cukup dari orang tua, penghasilan yang diperoleh dari bekerja saat kuliah bisa dijadikan sebagai jajan tambahan untuk membeli keperluan lainnya, di luar kebutuhan wajib.


Sementara itu, bagi mahasiswa yang memang mengalami kesulitan finansial, bekerja sambil kuliah akan bisa meringankan beban finansial yang ditanggung oleh keluarganya. Dengan uang yang diperolehnya dari bekerja, dia bisa membeli keperluan wajib kuliahnya, membeli barang yang disenanginya, bahkan hingga membayar biaya kuliahnya sendiri tanpa merepotkan keluarga.

2. Memperluas Networking

Networking yang dimiliki oleh orang yang sudah terjun ke dunia kerja saat dirinya masih kuliah, bisa dibilang akan lebih luas dibandingkan dengan yang baru terjun ke dunia kerja setelah kuliahnya selesai. Bekerja di suatu tempat memungkinkan seseorang untuk bertemu dengan banyak orang, membangun koneksi antara satu sama lain, serta membangun hubungan profesional.

Networking yang sudah terbangun sejak dari zaman kuliah ini, nantinya bisa dimanfaatkan sesuai kuliah, untuk memperoleh kesempatan kerja lainnya yang lebih strategis. Bisa jadi juga, pekerjaan yang dilakukan di saat kuliah membuat pihak yang mempekerjakan merasa terbantu dengan skill yang dimiliki, sehingga bisa direkomendasikan untuk posisi yang lebih bagus lagi.

3. Memperoleh Pengalaman Profesional

Bekerja akan membuat seseorang memperoleh pengalaman profesional, sesuai dengan bidang kerja yang digelutinya. Pengalaman inilah yang begitu diperlukan, setelah seseorang berhasil menyelesaikan pendidikannya di jenjang kuliah. Saat teman yang lain masih disibukkan dengan urusan tugas kuliah saja, kamu sudah mengecap bagaimana tugas di bidang profesional itu.

Adanya pengalaman ini terutama sekali akan sangat membantu jika bidang pekerjaan yang digeluti sejalan dengan bidang kuliah yang dipelajari. Nantinya, pengalaman tersebut akan memperluas wawasan dan pandangan kamu seputar karier yang jangka panjang yang akan dipilih dan dijalani.

4. Mengasah Keterampilan Mengelola Keuangan

Kuliah sambil kerja juga akan mengasah kemampuan dalam mengelola keuangan. Adanya uang tambahan bisa saja membuat kamu jadi foya-foya, namun tidak jika memang pengelolaannya dilakukan sebaik mungkin. Uang yang diperoleh dari bekerja bisa dialokasikan ke tabungan, membeli keperluan lain, atau pun membeli hal yang diinginkan dalam rangka apresiasi diri.

5. Memperoleh Soft Skill

Soft skill merupakan keterampilan yang sangat jarang sekali diajarkan secara formal di bangku sekolah ataupun kuliah. Padahal keterampilan satu ini sangatlah dibutuhkan di dunia kerja nanti, apalagi jika pekerjaan yang dilakukan nanti mengharuskan seseorang untuk turun ke lapangan dan bertemu dengan banyak orang.

Apa saja soft skill tersebut? Beberapa contoh dari keterampilan ini seperti kemampuan komunikasi, kepemimpinan, kerja sama, dan pengelolaan waktu. Seseorang yang sudah bekerja dari masa kuliahnya, akan bisa dengan lebih cepat memperoleh keterampilan tersebut dan terus mengasahnya. Nantinya, selepas kuliah selesai, dirinya akan makin siap untuk menjalani pekerjaannya.

6. Track Record yang Bagus

Jika kamu melaksanakan kuliah sembari bekerja, maka akan bisa memberikan track record yang bagus pada pengalaman berkarier kamu. Tak semua orang sudah memiliki pengalaman bekerja sesuai lulus kuliah, tetapi kamu bisa melakukannya karena memilih untuk kuliah sekaligus bekerja. Dengan begini, tentu ada nilai tambah yang kamu miliki dibandingkan dengan orang lain.


Track record karier yang bagus inilah yang nantinya bisa jadi pertimbangan bagi perusahaan atau tempat kerja untuk mengangkat kamu sebagai karyawannya. Selain karena kamu sudah memiliki pengalaman kerja di bidang yang memang berhubungan dengan perusahaan tersebut, kamu juga pasti sudah memiliki soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

7. Mengasah Kemampuan Mengelola Waktu

Orang yang bisa menjalankan kuliah dan pekerjaannya secara beriringan merupakan orang yang bisa mengelola waktu dengan baik. Bagaimana tidak, fokus yang harusnya diberikan pada satu aktivitas saja, malah harus dipecah ke dalam dua aktivitas sekaligus yang keduanya sama-sama memiliki tanggung jawab yang besar.


Meskipun sulit di awal, namun dengan penyesuaian di sana dan sini, memungkinkan kuliah dan kerja yang dilakukan saling dilakukan beriringan. Malah, orang yang menjalankan dua aktivitas ini sekaligus bisa lebih fokus, mengingat alokasi waktu untuk kedua aktivitas tersebut memang dikelola dengan baik dan tidak diganggu gugat, karena sedikit saja dilanggar maka bisa mengacaukannya.

8. Membentuk Diri Jadi Lebih Independen

Kuliah sembari bekerja bisa membentuk kamu jadi pribadi yang lebih independen dan mandiri. Jika sebelumnya kamu hanya berharap pada orang tua untuk mencukupi kebutuhan semasa kuliah, sekarang kamu sudah bisa membelinya dengan uang hasil jerih payah sendiri. Bahkan, tak jarang kamu juga bisa memberi tambahan uang sedikit banyaknya untuk keluarga.

9. Memperoleh Tempat untuk Refreshing

Bagi sebagian orang yang kuliah sembari bekerja atau bekerja sembari kuliah, satu di antara aktivitas yang dilakukannya tersebut bisa menjadi tempat untuk menghilangkan kepenatannya. Bagi yang merasa mumet dengan tugas kuliahnya yang seabrek, pekerjaan yang disenanginya bisa menjadi tempat untuknya menyegarkan pikiran, begitu juga sebaliknya.

10. Bertemu Banyak Teman Baru

Bagi kamu yang senang bertemu dengan orang baru, kuliah sembari bekerja bisa dibilang merupakan pilihan yang tepat, apalagi jika pekerjaannya mengharuskan kamu berinteraksi dengan banyak orang. Jika dahulunya teman kamu hanya sebatas teman yang duduk di kelas kuliah yang sama, namun setelah bekerja kamu bisa bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang.

Kuliah Sembari Bekerja di Kelas Karyawan yang Fleksibel

Saat memutuskan untuk bekerja saat kuliah atau sebaliknya, salah satu hal penting yang harus kamu pikirkan adalah memilih kampus atau universitas yang menawarkan kemudahan untuk melakukan kedua hal tersebut secara berbarengan. Pastikan memang ada kelas yang ditujukan untuk para mahasiswa yang bekerja, seperti kelas karyawan yang dimiliki oleh BINUS UNIVERSITY.

BINUS UNIVERSITY menghadirkan BINUS Online Learning yang menghadirkan program pembelajaran jarak jauh berupa kelas karyawan, yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah, tanpa mengganggu aktivitas pekerjaan lainnya. Metode pembelajaran yang fleksibel, baik dari segi waktu dan tempat, memungkinkan mahasiswa berhasil mencapai gelar tanpa mengorbankan pekerjaannya.

Nah, itulah tadi 10 manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menjalankan kuliah sambil kerja. Selain memang dengan keinginan diri sendiri, pastikan juga sistem perkuliahan memungkinkan kamu untuk melakukan pekerjaan, misalnya dengan menghadirkan metode pembelajaran jarak jauh pada BINUS Online Learning. Gelar bisa digapai dan karier pun bisa dilakukan secara bersamaan.

You may also like

Beri Komentar