Semoga Tidak Hanya Datang, Tinggal, Lalu Menghilang

oleh Ella Fitria

Tulisan pertama di tahun 2019. Tulisan pertama juga di 24 tahun aku menghabiskan hidup. Pun tulisan pertama yang lahir setelah sibuk dengan perasaan baru, hati baru, dan kebahagiaan baru. Kedip kursor seolah menungguku untuk melanjutkan huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf yang bisa kamu baca. Siapa saja kamu yang nggak sengaja mampir ke sini, atau kamu yang rutin pulang, atau justru kamu yang sekedar stalking. Yah mulai kepedean tingkat akut. *padahal niat mau nulis blogpost yang serius dikit tapi nggak bisa, gimana dong?

Hari ini tepat dua tahun lalu, kamu datang, tinggal, hingga akhirnya menghilang. Menyisakan janji kehidupan yang sudah tertinggal, entah bisa dikejar atau hanya akan berakhir menjadi kenangan. Setidaknya, terima kasih sudah berkabar melalui noted. Terima kasih sudah mendo’akan dengan segenap rasa. Karenamu, aku bisa belajar perihal merelakan.

Tepat hari ini pula, ada seseorang yang berusaha meyakinkan perihal kehidupanku. Semoga niat baiknya dilancarkan Tuhan, do’akan ya supaya masa lalunya segera terselesaikan. Untuknya, terima kasih sudah membantu menghapus mimpi yang pernah aku dan kamu rencanakan. Perlahan tapi pasti, semoga tidak keliru, pun tidak tertukar. Tugasku hanya meyakini sepenuhnya dengan janjiNya, dengan ketentuanNya, dan dengan rencanaNya.

Semoga lagi, hanya ada satu hati yang dituju, hanya satu semesta tempat berpusat. Karena rasa memang nggak bisa dipaksa, entah bagaimanapun caranya. Rasapun nggak bisa datang secara tiba-tiba, apalagi hilang dengan sendirinya.

Udah bahas cinta-cintaannya, ya. Takut kalian mual 😭

Btw, kalian pernah dido’akan seseorang biar kalian cepat “mati” nggak? Iya mati, meninggal. *pengin ketawa tapi takut mati. Hahahaha, yah keceplosan ketawa. Duh! Mati nggak nih, ya? 😂

Padahal di luar sana, banyak banget orang yang sedang berjuang untuk bertahan hidup, entah bertahan karena sedang melawan penyakitnya, melawan depresi, melawan sakit hati, atau melawan diri sendiri. Tapi justru banyak orang yang gampang mempermainkan do’a. Ngeri nggak sih kalau do’a jelek justru balik ke kita? Ke keluarga kita? Ke orang yang kita sayang? Sebenci-bencinya kita ke makhluk Tuhan, semoga senantiasa do’a baik yang selalu keluar dari mulut kita, ya!

Eh, tadi ngomongin melawan diri sendiri, jadi pengin bertanya (ke diri sendiri). Sudah berapa lama nggak pulang ke diri sendiri, ya? Sudah berapa lama nggak menengok diri sendiri, ya? Sudah berapa lama nggak berterima kasih kepada diri sendiri, ya? Sudah berapa lama nggak meminta maaf kepada diri sendiri, ya?

Ah iya! Cara tiap orang untuk pulang, untuk menengok, untuk berterima kasih dan untuk meminta maaf kepada dirinya sendiri memang berbeda-beda. Ada yang cukup duduk manis liat sunset sambil nglekor, ada yang cukup menyendiri membaca buku di tempat yang sunyi, ada yang sengaja membiarkan tubuhnya diguyur hujan, bahkan ada yang harus rela menempuh perjalanan jauh sendirian, ada pula yang harus menginjakan kaki di pasir pantai sambil mendengarkan gemuruh ombak, atau ada yang cukup menyendiri merasakan bahwa hidup nggak melulu soal pekerjaan, soal karir, soal jodoh, soal perasaan, soal kesehatan, soal mengejar, soal memiliki, soal kehilangan, soal tersakti, dan soal bahagia. Bukan hanya itu, tapi hidup lebih ke soal bagaimana kita bisa bermanfaat untuk orang lain.

Terlepas dari itu semua, semoga kita mampu selalu jujur dengan diri sendiri, selalu bisa memeluk erat diri sendiri bagaimanapun kondisinya. Bagiku, semakin sering pulang menengok diri sendiri maka semakin waras dalam menjalankan hidup ini.😍

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Bang Day
29 Januari 2019 22:11

Kok didoakan mati sih mba
Jahat banget orang itu

Nasirullah Sitam
30 Januari 2019 02:55

datangnya lama, barengnya lama banget, eh taunya menghilang.

Jery Yanuarlan
30 Januari 2019 06:46

Untuk yang cinta-cintaannya, aamiin…semoga yang terjadi kedepan adalah yang terbaik.

Dan untuk yang seterusnya…emmm sungguh menginspirasi! saya sekarang jadi terpikir untuk memberikan service untuk diri sendiri, ngopi dulu ah

Pramudya Dhio
31 Januari 2019 03:37

cuma 4 paragraf doank kata kata keren nya ? lagi serius serius serius baca padahal 😀

Eksapedia
31 Januari 2019 16:50

Wah mantep mbak… tak kira tulisan ini bakalan full ngebahas soal cinta cintaan gitu, Heee..
..
bahagia dari hati kita sendiri, kitalah yang bisa membahagiakan diri sendiri,, makanya ada hastag #JanganLupaBahagia,, Heee

Andrie Kristianto
31 Januari 2019 16:50

Selalu bersyukur dan koreksi diri sendiri aja deh, gak perlu iri terhadap orang lain pastinya

Matius Teguh Nugroho
12 Februari 2019 09:12

Duh, jahat banget yang mendoakan kamu mati 🙁
Btw, penulisan "do'a" yang betul itu nggak usah pake tanda apostrof setauku

Niki s
5 Februari 2019 22:09

saya tiap hari pulang ke diri sendiri mba
karena apa mba? karena saya masih idup

Kalo nengok ke diri sendiri susah neng
kalo abang nengok ke neng baru bisa

Kartikanofi
12 Februari 2019 09:12

Duh baca paragraf paragraf awal jadi galau.
Iya bener kalau lagi patah hati memang kita cenderung menjauhkan diri dari diri sendiri.
Cara terampuh mengobatinya yah balik lagi memeluk diri.
Thank you for reminding us to always love our self, Mbak.

Agus rusdi
12 Februari 2019 09:12

sepertinya udah dekat jadi penuls novel ini sis tulisannya bikin aku haru biru

Mas Donda
12 Februari 2019 09:12

Satu-satunya "penyakit" terburuk bagi manusia adalah merasa kesepian di tengah keramaian. Dan merasa jenuh saat sebenarnya apa yang ada sudah tercukupi. Salam.

Ella Fitria
13 Februari 2019 01:05

mbakk, kenapa ngenes sih? cup cup cup. wkwk

Ella Fitria
13 Februari 2019 01:11

wkwkwk, iya nggak papa kang.. penting doakan balik yang baik2

Ella Fitria
13 Februari 2019 01:12

APA MAS? NGOMONG LAGI SINI

Ella Fitria
13 Februari 2019 02:13

wkwkwk tos dulu siniiii

Ella Fitria
13 Februari 2019 02:15

hahahha, mau lagi?

Ella Fitria
13 Februari 2019 02:16

yasss, hesteknya kaya cah cinta mas. wkwkwk

Ella Fitria
13 Februari 2019 02:17

betuulllll, tos dulu sini mas

Ella Fitria
13 Februari 2019 02:18

eh iya po mas? oke makasih koreksinya yaaww

Ella Fitria
13 Februari 2019 02:18

MAS NIKI GA USAH KOMEN DEH