Cara Membuat Handycraft Dari Pelepah Pisang

oleh Ella Fitria
Vas Bunga dari Pelepah Pisang
Pelepah pisang alias (gedebogan)? Memang bisa dibikin apa sih? Bukannya pelepah pisang cuma bisa digunakan untuk pembungkus tembakau? Atau bisa digunakan untuk pembungkus luka hatimu? Ciahaha 
Serius nih, awalnya aku kira pelepah pisang hanya bisa dimanfaatkan untuk pembungkus tembakau, saat duduk di bangku sekolah dasar seringkali diajak mbah kung ke pasar membeli tembakau (mbako), tetapi ternyata di tangan-tangan kreatif pelepah pisang bisa dijadikan sesuatu yang bernilai tinggi.
Sejak tahun 2017, Mas Jono pemuda Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara memulai usahanya dibidang handycraft berbahan dasar pelepah pisang. Berbekal chanel youtube, Mas Jono mulai mengolah pelepah pisang basah hingga menjadi pelepah pisang kering dan siap digunakan untuk membuat berbagai produk, diantaranya ; gantungan kunci, kotak tisu, kotak jam tangan, kotak seserahan, kotak batik, kotak cincin, kotak kado, vas bunga, hingga bros. Harga pun bervariasi mulai dari Rp. 5rb.

Alat dan Bahan Pembuatan Handycraft Berbahan Dasar Pelepah Pisang

Siapa tahu ada yang ingin mencoba membuat kreasi pelepah pisang kering sambil menunggu waktu buka puasa, alat dan bahannya mudah ditemukan kok. Yang sulit itu nguwel-uwel pelepah pisang menjadi bentuk yang diinginkan. Berikut alat dan bahan yang harus disediakan. 
Alat :
1. Cutter/pisau
2. Gunting
3. Lem
4. Pernis
5. Kuas
Bahan :
1. Pelepah Pisang Basah
2. Kotak tisu/ring gantungan kunci/peniti untuk bros, dll.
Proses Pembuatan Handycraft Berbahan Dasar Pelepah Pisang

Mas Jono memanfaatkan pohon pisang yang sudah diambil buahnya, katanya daripada mubazir dibiarkan membusuk lebih baik dijemur supaya bisa diolah menjadi handycrat.
Kreasi dari Pelepah Pisang
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan pelepah pisang basah dari batang pisang, dikletek setiap lapisan, lalu dijemur 2-3 hari tergantung cuaca matahari. Setelah kering, kemudian disayat-sayat menjadi lembaran-lembaran. Cukup pelepah pisang yang disayat, hatiku jangan! Eak!
Proses penyayatan ini menurutku rumit banget, butuh ketelatenan dan kesabaran dobel-dobel. Ceroboh dikit bisa-bisa pelepah pisang yang sudah kering sobek. Ya gimana, kita harus membuang serat-serat horizontal pakai cutter. Kalau cuma ngeliat doang sih gampang, lha giliran nyoba sendiri malah pelepah pisangnya langsung brebet sobek. Wkwkwk
Setelah pelepah pisang kering sudah disayat, maka proses selanjutnya adalah membentuk atau membuat pola pelepah pisang. Udah siap pakai, tinggal berkreasi sesuka hati. Kalau mau bikin kotak tisu berarti mesti menyediakan kotaknya dulu, baru tepi luar kotak tisunya ditempelin pelepah pisang dengan bantuan lem. Kalau pengin lebih cantik lagi, pelepah pisang bisa dipernis. Pun kalau mau bikin gantungan kunci, pelepahnya tinggal disesuaikan aja mau bentuk kupu-kupu atau bentuk hatiku juga bisa. Akakakak
Bros Pelepah Pisang
Btw, handycraft pelepah pisang ini bisa dijadikan souvenir pernikahan lho. Siapa tahu mau nyari souvenirnya dulu, daripada nyari jodohnya nggak ketemu-ketemu. Ciahahaha 
Silakan bisa langsung kepoin akun instagram @craft_pelepah_pisang. Nggak tahu kenapa, setiap ketemu sama orang yang peduli lingkungan, bisa menghasilkan sesuatu yang unik. Rasanya ikutan bangga. Semoga makin banyak orang kreatif di luar sana yang menginspirasi, yaaa! 💛

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 14 Juli 2020 - 22:31

Iya mbak Rey. Jd punya nilai jual juga 🙂

Balas
Ella Fitria 14 Juli 2020 - 22:30

Kata iya. Cm aku blm sempat main ke sana, hhh

Balas
Ella Fitria 14 Juli 2020 - 22:30

Iya mas Arif, bisa buar ngisi waktu luang dan memanfaatkan limbah 🙂

Balas
Reyne Raea 4 Juli 2020 - 02:29

Jadinya lucu-lucu banget ya handycraft dari pelepah pisang ini, padahal ya mungkin kalau dibiarkan bakal jadi sampah aja, dengan gini malah jadi kreasi yang bermanfaat:)

Balas
1 2 3 4

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: