Cara Membuat Handycraft Dari Pelepah Pisang

oleh - Mei 06, 2019

Vas Bunga dari Pelepah Pisang
Pelepah pisang alias (gedebogan)? Memang bisa dibikin apa sih? Bukannya pelepah pisang cuma bisa digunakan untuk pembungkus tembakau? Atau bisa digunakan untuk pembungkus luka hatimu? Ciahaha 

Serius nih, awalnya aku kira pelepah pisang hanya bisa dimanfaatkan untuk pembungkus tembakau, saat duduk di bangku sekolah dasar seringkali diajak mbah kung ke pasar membeli tembakau (mbako), tetapi ternyata di tangan-tangan kreatif pelepah pisang bisa dijadikan sesuatu yang bernilai tinggi.

Sejak tahun 2017, Mas Jono pemuda Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara memulai usahanya dibidang handycraft berbahan dasar pelepah pisang. Berbekal chanel youtube, Mas Jono mulai mengolah pelepah pisang basah hingga menjadi pelepah pisang kering dan siap digunakan untuk membuat berbagai produk, diantaranya ; gantungan kunci, kotak tisu, kotak jam tangan, kotak seserahan, kotak batik, kotak cincin, kotak kado, vas bunga, hingga bros. Harga pun bervariasi mulai dari Rp. 5rb.

Alat dan Bahan Pembuatan Handycraft Berbahan Dasar Pelepah Pisang

Siapa tahu ada yang ingin mencoba membuat kreasi pelepah pisang kering sambil menunggu waktu buka puasa, alat dan bahannya mudah ditemukan kok. Yang sulit itu nguwel-uwel pelepah pisang menjadi bentuk yang diinginkan. Berikut alat dan bahan yang harus disediakan. 

Alat :
1. Cutter/pisau
2. Gunting
3. Lem
4. Pernis
5. Kuas

Bahan :
1. Pelepah Pisang Basah
2. Kotak tisu/ring gantungan kunci/peniti untuk bros, dll.

Proses Pembuatan Handycraft Berbahan Dasar Pelepah Pisang

Mas Jono memanfaatkan pohon pisang yang sudah diambil buahnya, katanya daripada mubazir dibiarkan membusuk lebih baik dijemur supaya bisa diolah menjadi handycrat.
Kreasi dari Pelepah Pisang
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan pelepah pisang basah dari batang pisang, dikletek setiap lapisan, lalu dijemur 2-3 hari tergantung cuaca matahari. Setelah kering, kemudian disayat-sayat menjadi lembaran-lembaran. Cukup pelepah pisang yang disayat, hatiku jangan! Eak!

Proses penyayatan ini menurutku rumit banget, butuh ketelatenan dan kesabaran dobel-dobel. Ceroboh dikit bisa-bisa pelepah pisang yang sudah kering sobek. Ya gimana, kita harus membuang serat-serat horizontal pakai cutter. Kalau cuma ngeliat doang sih gampang, lha giliran nyoba sendiri malah pelepah pisangnya langsung brebet sobek. Wkwkwk

Setelah pelepah pisang kering sudah disayat, maka proses selanjutnya adalah membentuk atau membuat pola pelepah pisang. Udah siap pakai, tinggal berkreasi sesuka hati. Kalau mau bikin kotak tisu berarti mesti menyediakan kotaknya dulu, baru tepi luar kotak tisunya ditempelin pelepah pisang dengan bantuan lem. Kalau pengin lebih cantik lagi, pelepah pisang bisa dipernis. Pun kalau mau bikin gantungan kunci, pelepahnya tinggal disesuaikan aja mau bentuk kupu-kupu atau bentuk hatiku juga bisa. Akakakak
Bros Pelepah Pisang
Btw, handycraft pelepah pisang ini bisa dijadikan souvenir pernikahan lho. Siapa tahu mau nyari souvenirnya dulu, daripada nyari jodohnya nggak ketemu-ketemu. Ciahahaha 

Silakan bisa langsung kepoin akun instagram @craft_pelepah_pisang. Nggak tahu kenapa, setiap ketemu sama orang yang peduli lingkungan, bisa menghasilkan sesuatu yang unik. Rasanya ikutan bangga. Semoga makin banyak orang kreatif di luar sana yang menginspirasi, yaaa! 💛


Mungkin Kamu Suka

51komentar

  1. gokillll.....banget mbekayu Ella...ku suka bacanya palagi baca hatimu aku lebih sangat suka....ciaaa......pakh...pakh...pakh...mantull

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, kapan-kapan mau belajar bikin ii lagiiii

      Hapus
  2. wah kreatif bener nih kakak, pelepah pisang bisa dijadikan handycraft yang cantik dan bernilai, jadi pengen cobain juga nih bikin sendiri, semoga berhasil :D

    BalasHapus
  3. Gedebogan, kalo dalam bahasa sunda disebutnya gebog cau mbak el hehe
    Dan ternyata, gebog cau yg dulu suka dibikin rakit untuk balapan di sungai ditangan orang kreatif bisa disulap jadi handycraft yg luar biasa ... So inspiring!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini iya mas, di tempatku juga dulu waktu kecil suka mainan gedebogan yang dibikin rakit.. tp anak zaman sekarang mana ada yang mainan begitu, hehe

      Hapus
  4. Ya ampun ternyata gedebogan bisa jd hasil karya yg luar biasa ya, kalu di kampungku gedebogan cuma tergeletak di pinggir jalan sampe membusuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, sama mbak.. paling dijemur trus dibuat bungkus tembakau sama penjual tembakau, hhh

      Hapus
  5. E-Wow.....artikelnya kali ini beda banget yach Mbak...Penuh dengan Inspirasi dan Edukasi. :)

    Lihat Kotak Seserahan, Awalnya saya pikir Mbak sedang " SESERAHAN HATI " dengan Seseorang. ternyata masih ingin fokus kuliah dulu yach... :) #Maaf saya kepo banget, hahahah........

    Bentuk kupu2 dari pelepah pisangnya unik dan menarik. Cocok jika Mbak ingin coba coba berbisnis di bidang ini.

    #ohy..Tengkyu yah Mbak, krn dah koment di blog saya, walau koementya pakai PAKET HEMAT kata - kata, hahahah.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Nataaaa, wkwkwk
      besok tunggu undangankuuuuu
      paket hemat komplit mumpung bulan puasa, kekeke

      Hapus
    2. saya pikir undangan poernikahan..hahah......jauh mah kalau mau datang.hahaha.....

      Hapus
    3. huuuus ....kok undangan pernikahan sih...emang nikah ama lho....

      Hapus
    4. awas aja tunggu tanggal mainnyaaaaaaa

      Hapus
  6. Wah, kreatif banget... Kepo nih, cus deh ke IG

    BalasHapus
  7. Ini mah kerjaan anak yang kreatif. Gw mah apa, bikin kerajinan nempelin beras ke gambar aja udah seneng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas. Bikin kolase anak2 SD bagus2 giliaran q nyoba amburadul. Wkwk

      Hapus
  8. asik cara bikinnya mudah ya kak..

    jad pengen nyoba ah kalau bayik lagi tdur kayanya mudah yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Tp mesti jemur pelepah pisangnya dlu sekitar 3 harian.. Baru deh siap diolah

      Hapus
  9. Kreatif mba. Dan lebih ramah lingkungan yah. Saya suka bagian nyayat2nya mba.. nyayat hati hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan suka nyayat hati, Bang Day. Bahaya, nanti kena karma. wkwk

      Hapus
    2. justru saya sering jadi korban kok :(

      Hapus
  10. mantul nian ini mbak ella dari bahan pelepah pisang bisa jadi masterpiece seperti ini

    BalasHapus
  11. Unik sih ini, sekilas kalau dari jauh gak terlihat seperti dari pelepah pisang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal nggak terlihat seperti mantan yang sedang ngajak balikan, Mas. ekekekek

      Hapus
  12. ternyata masih bisa dibuat seperti ini
    gak kepikiran
    tapi jadi lebih berguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong, kujuga taunya cuma buat bungkus tembakau, wkwkkw

      Hapus
  13. prok-prok-prok *applause*. Kreatif banget yang bikin bisa memanfaatkan bahan dari alam sekitar yang mudah didapat. Di belakang rumah saya juga banyak pohon pisang. Nggak kepikiran lho kalau gedebongnya bisa jadi aneka kerajinan yang cantik dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, aku juga nggak kepikiran bisa dibuat macem2.. biasanya cuma dibiarin busuk gitu aja pelepahnya

      Hapus
  14. bagus juga ya, seratnya unik. kretif mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus banget mas, apalagi kalau udah dikasih sentuhan pernis.. Kece

      Hapus
  15. Hasilnya bagus ya, gak kepikiran sebelumnya pelepah pisang jadi benda bermanfaat seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguuus, unik. masih jadi barang langka di sini mbak

      Hapus
  16. Dulu pernah punya teman di Purwokerto yg bikin handycraft dari gedebogan pisang dan beli juga beberapa darinya, seperti tempat tisue, tempat foto....emang jadinya bagus dan unik sih cuma nggak awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak dipernis po mas? atau nggak awetnya kenapa?

      Hapus
  17. dibutuhkan kreatifitas dan kesabaran ya kak untuk menciptakan hadycraft yang unik, menarik dan keren ya, cocok banget ini bisa dicoba untuk membuka usaha bisnis yang tidak banyak orang yang mau ya kak karena potensi nya cukup besar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, Mas.. kudu sabar dan tekun.. iya kaya mas Jono itu dia udah buka usaha handycraft dari pelepah pisang sejak tahun 2017

      Hapus
  18. post nya sangat menginspirasi untuk segera saya membuat berbagai pernak pernik yang bahan bakunya pelepah pisang kering ya....

    wah saya lihat contonya bagus....seperti gucci mungil gitu lhoo

    BalasHapus
  19. wihh hasilnya cantik-cantik ya :)
    Tertarik kepengin nyobain nih membuat pernak pernik dari pelepah daun pisang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja kak, tp kudu sabar dan tekun.. hhh

      Hapus
  20. Menarik dan kreatif, sebagai pengganti plastik tentu kulit pisang lebih baik karena berbahan organik. Fotonya kurang banyak hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl mau liat foto yg banyak bisa langsung kepoin IGnya ya kak, @craft_pelepah_pisang..

      Hapus
  21. unik dan kreatif. bisa jadi rekeomendasi juga nich untuk bisa buat dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau lagi ada waktu luang bisa dicoba nih, drpd pelepah pisangnya busuk nggak berguna

      Hapus
  22. Ya ampuuuunnnn Kak Ellaaaa jari-jari tangan saya jadi gatal pengen cobain bikin juga! Hahaha. Ini kreatif banget mah dan butuh kesabaran tingkat tinggi untuk menunggu pelepahnya mengering. Makasih informasinya, kak.

    BalasHapus
  23. Wah..menarik nih, kebetulan di daerahku banyak sekali tanaman pisang....sementara ini pelepahnya dibiarkan saja setelah panen.

    BalasHapus
  24. Wahh gak nyangka bisa dibuat kaya begini
    Bisa di coba dirumah nih biar ada kegiatan hihi :)
    Terimakasih infonya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus